Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membangun Backlink Berkualitas untuk Meningkatkan Traffik Blog

cara membangun backlink berkualitas pada blog

Cariduit-dot – Link Building adalah cara backlink dari website ataupun blog lain ke website/blog kita. Membangun baclink berkualitas membantu meningkatkan trafik website atau blog. sederhana nya begini, Apabila blog anda ingin mempunyai banyak pengunjung (visitor) maka blog anda harus menempati posisi paling atas di search engine Google. Caranya adalah selain submit Bing dan submit Google anda perlu membangun backlink agar blog anda di perhatikan di mesin pencari search engine Google dan bisa bersaing dengan blog lain (blog kompetitor).

Begitulah yang saya pahami selama ini tentang backlink. Backlink sangat perlu untuk memperkuat sebuah situs walaupun algoritma Google selalu berubah dan update. Dan tak sembarangan juga dalam membuat backlink karena ada kalanya malah menurunkan reputasi blog dimata Google.
Anda Bingung? Jangan khawatir.

Tenang saja sobat, biasanya semua berawal dari bingung, dari cemas, dari pengen tahu yang sangat kuat, kemudian anda semakin penasaran untuk menggali lebih dalam dan akhirnya jadi mastah juga hehe…

Saya kasih pembuktian dulu deh, sebagaimanan kutipan dari Matt Cutts:

" Apabila strategi utama dari link building anda adalah menulis komentar di banyak website sampai-sampai sebagian besar link yang anda punya hanya berupa komentar, dan tidak ada orang lain yang betul-betul memberikan link untuk anda, maka suatu saat ini bisa dikategorikan sebagai strategi yang licik."

Jika melihat kitupan diatas mungkin anda juga sedikit bingung, bahwa membuat backlink yang benar dan berkualitas itu harus seperti apa? Padahal cara-cara tersebut selalu kita maksimalkan dalam mencari backlink, ternyata menulis komentar di berbagai website yang PA DA nya tinggi bukan solusi utama untuk membangun backlink blog.

Berarti cara kita selama ini salah kok? Gak juga. Membangun backlink dengan blogwalking benar juga namun jangan dijadikan strategi utama. Lalu bagaimana solusi terbaik dalam membangun backlink yang berkualitas?

Pernah gak kepikiran, jika artikel yang anda buat selama ini merupakan artikel yang berkualitas dan tentunya dihujani traffik? Mesin pencari Google juga akan memberikan jaminan ranking terbaik dihalaman Google jika benar artikel anda berkualitas dengan syarat bisa bersaing dengan blog ternama dan kata kunci yang sama dan banyak dicari.

Jaminannya Apa? Artikel tampil dihalaman pertama Google

Maka, artikel yang berkualitas itulah yang akan memberikan backlingnya sendiri secara natural. Secara tidak sadar blog kompetitor memberikan link atau rujukan kepada blog anda sebagai salah satu blog rujukan.

Jika anda blogger pemula, maka jangan terjebak dengan artikel-artikel yang manis dengan tips dan trik cara membuat backlink apalagi peringkatnya masih rendah.

Sebagai informasi, berikut yang dikategorikan backlink yang tidak baik ( Black-hat ). Ingat !!! jangan lakukan teknik link building ini:

  • Private blog network
  • Redirect 301
  • Guest blog secara massal di website berkualitas rendah
  • Submit artikel ke direktori & Press Release
  • Web 2.0 yang hanya berisi 1-2 post
  • Membeli backlink (menggunakan jasa backlink)
  • Linkwheel, pyramid, dan tiered link
  • Spam di forum
  • Spam komentar blog
  • Submit ke social bookmarking secara massal


Backlink alami itu berarti susah ya!

Saya katakan ya, dan memang benar susahnya minta ampun jika dibandingkan dengan backlink black hat. Makanya, dengan teknik yang benar kita tidak bisa mendapatkan banyak backlink sekaligus.
Tapi coba anda pikirkan baik-baik. Apa yang akan anda pilih jika ada dua pilihan seperti ini:

  1. 1.Sedikit backlink >> rangking naik dengan cepat >> tanpa resiko
  2. 2.Banyak backlink >> rangking naik perlahan >> resiko tinggi

Kira-kira Pilih 1 (white hat) atau 2 (black hat)?

Sebagai orang yang ingin membangun bisnis yang serius untuk jangka panjang, pilihan nomor 1 pasti jauh lebih menarik.

Lagipula kita hanya butuh sedikit backlink.

Untuk persaingan mudah sampai menengah, biasanya hanya butuh SATU backlink dengan metode di bawah untuk bisa mencapai halaman pertama.

Satu backlink untuk masuk halaman satu!

Tidak percaya?

Artikel yang sedang anda baca saat ini sekarang menempati peringkat 1-3 untuk beberapa kata kunci utama seperti “cara mendapatkan backlink”, dengan persaingan yang sangat sulit.
Padahal backlinknya hanya 1 (berdasarkan Moz).

Dengan menggunakan teknik yang akan saya ajarkan berikut ini, artikel tersebut bisa mendapatkan peringkat 5 hanya dari 3 backlink. Padahal persaingannya sangat tinggi.

Strategi nya gimana ?membangun backlink berkualitas

Silahkan contek cara yang saya lakukan untuk mendapatkan hasil serupa seperti screenshot di atas. Seperti yang sudah dijelaskan tadi:

Mendapatkan backlink seperti ini sedikit lebih sulit, tapi anda tidak butuh banyak dan website anda akan 100% aman dari resiko penalti.

Ingat, strategi di bawah ini tidak langsung seketika menghasilkan backlink, tidak seperti menulis komentar blog atau spam forum.

Ada persiapan-persiapan yang harus anda lakukan sebelumnya. Tetapi manfaatnya sangat besar ketika berhasil dilakukan.

Sediakan konten yang berkualitas sebagai pondasi. Semua praktisi SEO pasti sepakat, mustahil bisa mendapatkan backlink berkualitas tanpa memiliki konten yang berkualitas. Balik lagi ke konsepnya:

Backlink itu rekomendasi.

Logikanya, tidak akan ada orang yang mau merekomendasikan konten yang tidak bagus. Ya iyalah, ngapain juga share konten yang jelek. Ya kan?
Tidak hanya itu…

Google bisa menilai apakah konten anda berkualitas atau tidak. Ya, meskipun Google cuma mesin.

Menilai kualitas konten itu mudah. Misalnya, salah satu ciri-ciri konten yang tidak berkualitas: tidak dibaca lama-lama oleh pengunjung.

Lihat saja sendiri di Google, mustahil ada artikel yang tidak berkualitas di halaman 1 (kecuali kalau memang semuanya tidak berkualitas)

Itu sebabnya konten merupakan pondasi dari link building.

Konten yang berkualitas adalah pondasi BACKLINK

Artikel Alasan dasar pengusaha sukses menggunakan baju yang sama
Intinya begini:

  • Konten berkualitas bisa masuk halaman 1 dengan sedikit backlink
  • Konten tidak berkualitas, mustahil, meskipun backlinknya banyak

 

Apa sih memangnya maksudnya konten berkualitas?

Secara singkat, ciri-cirinya seperti ini:

  • Isinya jauh lebih baik daripada konten lain yang sejenis
  • Topiknya diminati oleh kalangan tertentu yang antusias
  • Menyelesaikan tuntas masalah yang dihadapi banyak orang
  • Disajikan dengan menarik sehingga mudah dinikmati


Nah bro, sekarang tinggal berusaha bersaing untuk mendapatkan rangking 1 di mbah google yahh ... selamat mencoba tips dari saya Membangun Backlink berkualitas Meningkatkan trafik blog

Post a Comment for "Cara Membangun Backlink Berkualitas untuk Meningkatkan Traffik Blog"