Penjelasan dan Arti Dari Lambang ASEAN

Pengertian ASEAN
Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) adalah sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regionalnya, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai.

ASEAN meliputi wilayah daratan seluas 4.46 juta km² atau setara dengan 3% total luas daratan di Bumi, dan memiliki populasi yang mendekati angka 600 juta orang atau setara dengan 8.8% total populasi dunia. Luas wilayah laut ASEAN tiga kali lipat dari luas wilayah daratan. Pada tahun 2010, kombinasi nominal GDP ASEAN telah tumbuh hingga 1,8 Triliun Dolar AS. Jika ASEAN adalah sebuah entitas tunggal, maka ASEAN akan duduk sebagai ekonomi terbesar kesembilan setelah Amerika Serikat, Cina, Jepang, Jerman, Perancis, Brazil, Inggris, dan Italia.Wikipedia.org Nah Untuk anda yang ingin lebih mendetail apa Itu ASEAN mari kita simak urainnya berikut ini mengenai arti lambang ASEAN dan juga keterangannya:

Penjelasan dan Arti Dari Lambang ASEAN
Penjelasan dan Arti Dari Lambang ASEAN

Penjelasan dan Arti Dari Lambang ASEAN

Gambar dari ASEAN merupakan logo atau lambang ASEAN yang kita sering jumpai dibuku-buku atau media-media lainnya seperti internet, koran, poster, dan lain sebagainya. Dari gambar tersebut terlihat 10 barang padi yang terikat yang menggambarkan persatuan, kesatuan dan persahabatan dari ke-10 negara-negara yang menjadi anggota ASEAN (Organisasi negara-negara di Asia Tenggara).

Adapun untuk warna yang berada pada lambang tersebut memiliki arti dan makna tersendiri. Warna biru memiliki arti perdamaian dan keamanan, warna merah memiliki arti keberanian dan dinamika, warna putih memiliki arti kesucian, dan warna kuning memiliki arti kemakmuran dan kesejahteraan. Sedangkan lingkaran yang ada melambangkan persatuan antara negara-negara anggota ASEAN.

Ketahuilah bahwa pada awalnya ASEAN hanya terdiri dari 5 negara saja, mereka adalah negara-negara pemrakarsa ASEAN yang terbentuk pada 8 Agustus 1967, negara-negara tersebut antara lain adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina. Namun saat ini jumlah anggota ASEAN bertambah banyak menjadi 10 negara yang berada didalam kawasan yang luasnya 6 juta kilometer persegi. Dan inilah 10 negara ASEAN beserta dengan nama ibukotanya, silahkan disimak:
  • Indonesia, negara ini memiliki ibukota di Kota Jakarta.
  • Malaysia, negara ini memiliki ibukota di Kota Kuala Lumpur.
  • Thailand, negara ini memiliki ibukota di Kota Bangkok.
  • Singapura, negara ini memiliki ibukota di Kota Singapura.
  • Filipina, negara ini memiliki ibukota di Kota Manila.
  • Brunei Darussalam, negara ini memiliki ibukota di Kota Bandar Seri Begawan.
  • Vietnam, negara ini memiliki ibukota di Kota Hanoi.
  • Kamboja, negara ini memiliki ibukota di Kota Phnom Phen.
  • Laos, negara ini memiliki ibukota di Kota Vientiane.
  • Myanmar, negara ini memiliki ibukota di Kota Naypyidaw.
Demikian artikel saya tentang penjelasan lambang ASEAN beserta keterangannya secara lengkap, dalam tulisan ini juga dicantumkan nama-nama negara yang ada dikawasan Asia Tenggara beserta dengan nama ibukotanya. Semoga tulisan ini bisa memberikan wawasan dan pengtahuan seputar ASEAN kepada kalian semua, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan kamu.


Subscribe to receive free email updates: