2 Langkah Cara Mengubah (Mengganti) Template Pada Blog

2 Langkah Cara Mengubah (Mengganti) Template Pada Blog -- Bismillah, halo sobat sekalian bagaimana kabarnya ! mudah-mudahan dalam keadaan baik, amiin. Pada artikel sebelumnya telah dibahas bagaimana cara memasang widget di blog, maka kali ini cariduit-dot akan membahas bagaimana cara mengubah/mengganti template blog. Kenapa template diganti sob? .......ya tentu karena beberapa alasan, salah satu faktor kenapa template diganti mungkin sudah merasa bosan dengan template default dari google lalu ingin diganti dengan template pihak ke-3 agar tampilannya lebih menarik, lebih segar, lebih cantik sehingga akan menarik pengunjung termasuk sobat sendiri ...he..he...

Apa sih template itu ?

Secara sederhana template itu ialah letak halaman blog/web yang memuat struktur/susunan bagian-bagian isi dari blog/web dengan menggunakan kode-kode script dan juga HTML, yang kegunaannya untuk untuk menggambarkan penyajian suatu blog kepada para pengunjung blog/web.

Template apa yang cocok buat blog kita ?

Pada dasarnya semua template itu sama, karena sebetulnya ketika kita memilih template tergantung selera kita masing-masing yang terpenting sesuai dengan tema/konten blog kita sendiri. Misalnya blog sobat mengupas tentang pendidikan, lalu sobat memilih template berwarna pink, latarnya dihiasi dengan bunga-bunga tentunya ini tidak nyambung dengan tema blog sobat sendiri, tapi sebenarnya boleh saja karena mungkin itu selera sobat ..he..he.Yang paling penting ketika memilih template, maka gunakanlah template yang ringan, menarik, SEO friendly, dan tentunya responsive. Banyak sekali situs penyedia template baik itu yang gratis atau premium, salah satunya bisa sobat downlaod di btemplates.com, soratemplates.com. Kalau sobat mau benar-benar serius dalam mengelola blog disarankan menggunakan yang premium, kenapa ? tentunya banyak kelebihan didalamnya.


Mengubah Template Cara pertama:
1. Login dengan akun sobat ke blogger.com
2. Masuk ke dashboard sobat, lalu klik "template" lalu klik Edit HTML
Cara mudah mengubah template pada blog blogger

3. kemudian klik "pulihkan/cadangkan"

Cara mudah mengubah template pada blog blogger

4. Klik "unduh" sebagai cadangan template asli sobat

Cara mudah mengubah template pada blog blogger

5. Dan selanjutnya untuk mengambil template yang sobat download file (file aslinya berbentuk rar) tinggal klik "Browse", Cari file Template di komputer sobat, misalkan di Disk D, lalu klik open. Maka secara otomatis akan mengganti template awal.


Cara mudah mengubah template pada blog blogger

6. Selamat template sobat sudah berubah ... dan lebih keren dan seo.

Setelah pemasangan template dengan cara pertama. Berikut ini bagaimana cara mengubah template dengan cara kedua, ikuti langkahnya dibawah ini:

Mengubah Template Cara kedua:
1. Seperti biasa sobat login dulut ke blogger.com
2. Masuk ke dashboard blog sobat
3. Klik template, kemudian sobat klik edit HTML
4. Setelah masuk kode HTML,  blok seluruh kode htmlnya dengan cara CTRL A kemudian delete.(membuang template pertama )

Cara mudah mengubah template pada blog blogger


5. Pada tahapan ini sobat cari file template yang telah di download, lalu klik templatenya, pilih open with, dan buka dengan Notepad.

Cara mudah mengubah template pada blog blogger

6. Kemudian blok template yang di notepad dengan CTRL A, lalu copy dan pastekan di tempat kode HTML tadi yang telah di buang untuk dirubah dengan template yang baru. 


Cara mudah mengubah template pada blog blogger


Selamat template blog sobat sudah berubah, mudah kan ...!

Demikianlah 2 Langkah Cara Mengubah (Mengganti) Template Pada Blog, silahkan sobat coba dan semoga berhasil. Terus kunjungi blog cariduit-dot. Sampai berjumpa lagi pada artikel selanjutnya. Wassalam.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "2 Langkah Cara Mengubah (Mengganti) Template Pada Blog"

  1. Wow sangat simpell dan mudah di pahami min

    ReplyDelete
  2. mantap gan , infonya sangat membantu

    ReplyDelete
  3. Oh gtu selama ini berarti salah , pke cara ini lebih baik dan simple rupanya :D

    ReplyDelete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tidak membuat spam, dan jangan lupa, tinggalkan saran, atau masukan teman-teman di kolom komentar. Terimakasih