Cara Mudah Smartphone Android Dijadikan Modem Komputer Via Kabel USB

Cara mudah Smartphone Android dijadikan modem komputer via kabel USB -- Halo teman, apa kabar ! semoga baik-baik saja, amiin. Kali ini mediatoh akan share cara mudah bagaimana caranya agar Smartphone Android kita dijadikan modem untuk komputer memakai kabel USB. 

Teman punya Smartphone Android ? tentu pasti punya yah, karena penggunaan dan perkembangan android pada saat ini sangat pesat sekali dan semakin merajalela, teman lihat dimana-mana pasti punya Smartphone Android tidak terkecuali di perkampungan, bahkan dipelosok-pelosok daerah nun jauh disana. 

Cara Mudah Android Dijadikan Modem Komputer Via Kabel USB

Smartphone Android semakin hari semakin banyak peminatnya, bahkan di negara kita Indonesia menurut salah satu survei yang dilakukan oleh Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (PJII) dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 256,2 juta, sejumlah 132,7 juta penduduknya telah menggunakan internet. Angka yang sangat bombastis sekali. 

Teman, bayangkan dengan angka tersebut betapa ramainya, super sibuknya, (istilah bahasa sunda pasuriwet) sinyal yang ada di langit Indonesia.  Bisa-bisa macet kayak kendaraan he..he..

Perangkat dengan sistem operasi Android ini memang memberikan beragam fitur canggih yang memanjakan penggunanya. Apapun brandnya ataupun mereknya maka didalamnya telah di pasang fitur-fitur yang sangat canggih dan keren. 

Teman lebih memelih android dengan brand kelas atas atau dengan brand menengah kebawah ? 

Selain itu teman, Smarphone Android juga dikenal memiliki koneksi internet yang sangat cepat. Kalau dulu kita mengenal jaringan 3G HSDPA, maka sekarang yang lebih populer adalah jaringan 4G LTE (Long Term Evolution) . 

4G LTE ini merupakan teknologi jaringan telekomunikasi terbaru yang dikategorikan sebagai teknologi generasi keempat. LTE di sebut-sebut memiliki kelebihan pada kecepatan dan efisiensi jaringan, sehingga konsumen dapat menikmati layanan data yang lebih nyaman, cepat, dan efisien. Dengan kecepatan rata rata akses internet berkisar antara 7,2 Mbps hingga 42 Mbps. Bahkan ada yang mengklaim kecepatan 4G LTE nya mencapai 185 mbps ! wow kereen teman …. Gak kebayang kencengnya. 

Nah teman, dengan fitur canggih tersebut, apalagi Androidnya sudah mengusung 4G LTE bukankah akan lebih mudah apabila kita bisa memberdayakan Android tersebut untuk mengakses internet melalui komputer atau laptop kita. Atau istilahnya bagaimana Android kita dijadikan modem untuk komputer/laptop via usb

Kenapa pakai komputer atau laptop? Kalau saya alasannya tentunya lebih enak memakai PC/laptop ketika kita mengakses internet, seperti download, upload, dll. Apalagi data kuota internetnya masih banyak dan tidak terpakai dalam satu bulan. 

Lalu bagaimana caranya teman ? 

Sebetulnya caranya sangat mudah sekali, namun tentunya masi banyak yang belum bisa menggunakannya atau mensettingnya. Oleh karena itu kali ini mediatoh akan memberikan tutorial cara sederhana bagaimana Smartphone Android kita dijadikan modem PC/Laptop via usb. 

Inilah cara dan langkah-langkahnya: 

  1. Siapkan Smarphone Android 
  2. Kabel USB Android, lebih baik kabel bawaannya 
  3. Tentunya Android teman memiliki data internet, kalau tidak ada beli dulu paket datanya, he.. he..
  4. Hubungkan ponsel android dengan perangkat PC/komputer menggunakan kabel data bawaan. 
  5. Setelah terbaca oleh komputer maka akan ada notifikasi bahwa USB telah tersambung. 
  6. Lalu teman pilih “Pengaturan/setelan” yang gambar gerigi 
  7. Selanjutnya pada menu pengaturan/setelan, pilih penggunaan data, dan klik “lainnya” 
  8. Kemudian teman pilih “menambatkan & hotspot portable” 
  9. Dan langkah terakhir aktifkan “penambatan USB” 
  10. Tunggu beberapa saat, teman lihat di taskbar pojok kanan bawah maka akses internet telah tersambung. Mudah bukan teman …. !!!


Selamat mencoba terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Mudah Smartphone Android Dijadikan Modem Komputer Via Kabel USB"

  1. Wah, boleh dicoba ini gan lain kali.karena, lagi gk punya uang beli paketan untuk saat ini. hehe

    ReplyDelete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tidak membuat spam, dan jangan lupa, tinggalkan saran, atau masukan teman-teman di kolom komentar. Terimakasih