Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ternyata Usia Domain Blog Dapat Mempengaruhi SEO, Benarkah! Simak Ulasannya disini

pengaruh usia domain blog

Ternyata Usia Domain Blog Dapat Mempengaruhi SEO ! - Seberapa besarkah pengaruh usia domain terhadap SEO Blog?  Apakah blog anda domainnya sudah berusia atau memang masih seumuran jagung? Apa anda berpikir bahwa Usia Domain itu dapat berpengaruh terhadap SEO? Jawabannya, tentu sangat berpengaruh sekali. Karena domain yang sudah berumur akan lebih bagus di SERP Google. Sama halnya jika usia seseorang yang lebih tua, maka akan lebih dikenal, kira-kira begitu.

Mengapa usia domain ternyata dapat mempengaruhi SEO?

Umur Domain blog tentunya tidak lepas dari perjalanan awal Anda ketika pertama kali membuat blog, setelah membuat blog, Anda mulai membangun blog tersebut dengan mendaftarkan domain, baik domain yang gratisan, seperti blogspot, ataupun domain berbayar, seperti: com, net, id, co.id dan lainnya.

Baca juga: Pengaruh domain berbayar dan gratis terhadap SEO blog

Nah, apakah Anda berpikir bahwa Usia Domain itu dapat berpengaruh terhadap SEO?  Ada pepatah mengatakan “makin tua makin jadi”. Artinya domain juga apabila sudah berusia maka dipastikan akan mempengaruhi SEO. Domain yang berumur tentunya akan semakin kuat pada mesin pencarian google

Baca juga: Apa itu SEO? Pengertian dan Teknik Dasar SEO Blog


Mengapa Usia Domain Ternyata dapat berpengaruh terhadap SEO? Artikel singkat padat ini akan menjawabnya. Berikut ini adalah beberapa alasannya:

# Pertama, Usia Domain dan isi dari konten blognya

Tidak diragukan lagi bahwa domain yang sudah memiliki umur panjang tentu akan lebih bertanggung jawab terhadap konten blognya baik dari segi relavansi, authority, dan trust. Jadi intinya konten blog dari domain lama akan lebih dipercaya oleh search engine. Kalau diibaratkan seperti sebuah toko yang sudah lama buka, maka pasti akan lebih dipercaya oleh para konsumennya sehingga toko tersebut akan terus menjaga kualitas barang dagangannya.

# Kedua, Usia Domain dan Trust

Trust atau bahasa Indonesianya adalah kepercayaan. Kepercayaan ini dibangun melalui waktu yang relatif lama dan memerlukan pengorbanan. Kepercayaan konsumen merupakan faktor paling vital dalam membangun blog.


Jika kita memposting artikel setidaknya harus memberikan solusi bagi netizen. Solusi inilah harga jual blog kita yang memang belum ada pada domain/blog lain.

Jika trust sudah terbangun maka jangan harap Anda bisa santai setiap harinya. Mereka para konsumen akan terus membanjiri blog kita setiap waktu karena kepercayaan yang sudah dibangun.

Search Engine seperti google akan melihat apakah metode membangun linknya itu dengan SPAM atau bukan, konten blognya hasil kopi paste dari konten lain atau bukan, dan apakah dari domain tersebut informasi melalui artikel-artikelnya dapat dipercaya atau tidak.

# Ketiga, Usia Domain dan Link Building

Lebih tepatnya disebut Link Age atau usia link. Bila anda melakukan tukar link pada teman - teman blogger lalu link anda di blog teman anda itu ternyata dapat bertahan lebih dari 3 tahun! Apa yang terjadi? Maka dipastikan Search Engine akan lebih percaya pada domain anda karena usia link tersebut. Dengan begitu domain anda akan mendapatkan Trust dan Otoritas!

# Keempat,  Usia Domain dan Kecepatan Index 

Usia domain umunya mempengaruhi kecepatan index oleh mesin pencari. Mengapa? Karena domain lama biasanya sudah terlepas dari ancaman Google Sandbox. Tidak percaya? Silahkan coba posting artikel di domain lama dan baru, lalu lihat seberapa cepat artikel tersebut sudah di index oleh search engine.

Apa itu google sandbox? secara sederhananya Google Sandbox ini adalah keadaan dimana posting/web kita tidak terindeks (sementara) oleh google.

Kesimpulan
 
Usia domain hanyalah salah satu dari beberapa faktor yang mempengaruhi SEO Blog. Domain yang lebih berumur yakin akan memiliki beberapa celah untuk search engine Google. Domain yang lebih tua juga cenderung memiliki backlink lebih banyak dan juga mempunyai backlink yang natural, dikarenakan usia domain sudah bertahun-tahun diindex serta mempunyai otoritas yang baik dari pengunjungnya.
 
Untuk memperkuat domain, maka siasatilah dengan terus mengoptimasi SEO on-page dan juga SEO offpage. Tanpa anda lakukan kedua hal ini, rasanya tidak akan yakin kalau domain Anda mampu bersaing dengan blog lain dan akan sulit untuk menerobos ke halaman serp. Apalagi saat SEO akan terus berkembang dan selalu memperbaharui sistemnya. Tidak percaya??? Coba anda buktikan sendiri ….
 
Demikian artikel tentang Usia Domain Blog Dapat Mempengaruhi SEO!!! Sukses selalu semoga blog anda lebih baik lagi,berhasil dan tunggu di artikel selanjutnya.

8 comments for "Ternyata Usia Domain Blog Dapat Mempengaruhi SEO, Benarkah! Simak Ulasannya disini"

  1. thanks gan infonya , jadi tau saya ternyata ada pemgaruhnya juga ya jadi harus konsisten klo ngeblog

    ReplyDelete
  2. Bener banget ini gan, pengalaman juga sebenarnya pnya blog yg domainnya udah 3 tahun, dan sering bersyukur karena sering nangkrin di page one :)

    Nice info gan

    ReplyDelete
  3. blog ku masih terhitung muda,,,, berarti punya potensi masuk halaman 1 google,,,, makasih infony

    ReplyDelete
  4. Hhmm jadi umur domain pengaruh ke seo juga ternyata

    ReplyDelete
  5. ada benernya juga sih, blog ane yang usianya 1th+ mendadak artikel lama laku di SE

    ReplyDelete
  6. Mantap dpt pencerahan biar mkin semakin Menulis :D Emang klo membangun Brand itu butuh Waktu

    ReplyDelete
  7. Mantap gan, dapet pencerahan jadi semakin semangat menulis :D emang klo membangun Brand butuh waktu...

    ReplyDelete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tinggalkan saran, atau masukannya