Blog Anda Sepi Pengunjung? Inilah 13 Penyebabnya

Blog [Website] Anda Sepi Pengunjung? inilah penyebabnya - Haloo teman, apakah anda punya blog? jika punya, apakah blog anda pengunjungnya banyak atau sebaliknya blog anda malah sangat sepi pengunjung! sepi banget kayak kuburan ya..he he. Akhir-akhir ini memang banyak sekali keluhan terutama para blogger pemula, bahwa blognya sangat kurang sekali pengunjungnya, bahkan bisa jadi dalam satu hari gak ada pengunjung sama sekali. Wow... masalah yang sangat berat tentunya, dan harus segera diatasi apa penyebabnya, dan bagaimana solusinya.

Membuat blog itu memang sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama, dua menit juga jadi, tapi membuat blog yang disukai pengunjung, sehingga pengunjung betah berlama-lama menikmati blog anda, maka inilah yang sulit. Pengunjung blog banyak otomatis blog anda akan terdongkrak naik sehingga trafik blog anda akan semakin tinggi dan baik dimata google. Nah jika Trafik yang tinggi otomatis penghasilan juga tinggi. 


Blog Anda Sepi Pengunjung? Inilah Penyebabnya

Bisa anda buktikan sendiri, coba anda tanya berapa rata-rata penghasilan blogger indonesia perbulan? Saya rasa minimal 1 atau 2 juta perbulan itu dapat, ya maksimalnya bisa diangka 100 juta perbulan. Tentu angka yang sangat fantastis bagi kalangaan blogger Indonesia. Angka tersebut tentunya dihasilkan dengan usaha dan jerih panyah yang sangat maksimal. 

Nah, jika blog anda memang benar-benar sepi pengunjung dan kurang peminatnya, maka bisa jadi inilah penyebabnya:

1. Kualitas Konten Artikel Rendah dan kurang menarik
 Kualitas konten artikel dalam blog merupakan faktor paling utama dalam mendongkrak sebuah website sehingga mendapatkan pengunjung yang banyak. Sebaliknya jika kualitas artikelnya rendah maka dipastikan pengunjung blog akan turun drastis. Cara mengukur konten blog yang berkualitas bisa dilihat dari beberapa indikator.

Misalkan seberapa banyak pageview atau tayangan halaman pada blog anda, lalu rata-rata pengunjung blog anda dalam sehari. Kemudian lihat jumlah yang berkomentar, dan konten yang berkualitas biasanya menerima banyak pertanyaan.Sehingga konten tersebut hidup, ramai dengan pengunjung. Nah indikator diatas sebenarnya bukan sebuah ukuran pasti, karena masih banyak ukuran lainnya. Konten yang memberikan solusi pasti dong akan banyak pengunjungnya.

Konten anda harus baik, harus asli, bukan hasil kopi paste dari blog lain, banyak ide dan solusi sehingga masalah yang sedang dihadapi pembaca ada jalan keluarnya.

2. Kurang optimasi SEO onpage atau ofpage
Dalam membangun sebuah blog tentunya butuh trik tips agar blog tersebut melesat naik dan populer dimata google. Blog tidak akan bertahan lama jika tidak memperhatikan cara optimasi SEO baik onpage atau of page. Inti dari seo ialah bagaimana agar blog anda menjadi ranking 1 dalam pencarian google. Jika sudah ranking 1, maka dipastikan blog anda akan dibanjiri pengunjung. Saya rasa cara inilah yang paling sulit untuk para blogger, karena ketatnya persaingan di dunia seo.

Baca juga: 15 Cara optimasi seo onpage pada blog

3. Usia blog masih sangat muda
Kok kenapa ya blog saya sangat sepi! padahal artikelnya sudah ratusan. Ternyata usia blonya baru satu minggu. Blog usia 1 sampai 3 bulan rasanya cukup untuk meningkatkan trafik blog anda. Dan rasanya sangat cocokm untuk mendaftarkan ke google adsen

4. Jumlah artikel sangat minim
Jika blog anda kurang pengunjung, maka salah satu penyebabnya adalah jumlah artikel. Jumlah artikel paling ideal untuk meningkatkan trafik blog yaitu 300 artikel ke atas, bahkan jika bisa menembus angka seribu. Semakin banyak artikel maka semakin baik. Logikanya jika anda dagang maka biasanya orang akan melihat dulu banyaknya barang dagangan sehingga kesan warung tersebut laris. Begitu pula dengan blog, jika artikelnya banyak dan berkualitas pasti akan laris juga.

5. Update hanya 1 bulan sekali
Inilah penyakit para blogger malas mengupdate artikel. Masa blog baru update artikel hanya satu perbulan ..wk wk. Idealnya buat blog baru membuat artikel perhari dalam satu bulan. Bulan keduanya bisa satu artikel per tiga hari, dan begitu juga seterusnya. Namun update artikel juga tidak boleh secara prontal, misalkan dalam satu hari membuat artikel 20 lalu hari selanjutnya tidak tentu. Cara tersebut kurang bagus untuk mesin pencari google. Harusnya konsisten sehingga mesin pencari google teratur mengindexnya.

6. Hanya mengupas informasi yang sesaat
Jika blog anda isinya tentang informasi atau berita sesaat, maka jika tidak ada lagi artikel tidak mustahil pengunjungnya turun drastis. Karena informasi sesaat biasanya pengunjung bosan untuk membacanya. Sebaiknya buat blog dengan tema tutorial, pendidikan, agama, tips trik. Karena tema tersebut setiap saat akan terus dibutuhkan dan tidak lekang oleh waktu. Bagimana blog gado gado? bagus juga menurut saya..
 
7. Navigasi blog kurang baik
Navigasi blog merupakan petunjuk arah untuk mengakses sebuah blog, sehingga pengunjung tidak merasa bingung dan susah untuk mengaksesnya.Navigasi sangat penting bagi blog selain kualitas konten. Navigasi yang baik dan teratur terdiri dari: home, menu, label atau tag, pencarian, arsip blog, artikel arsip, artikel terbaru/populer. Saya rasa blog anda sudah menerapkan navigasi yang baik, karena template sekarang ini sudah seo dan menerapkan navigasi yang baik.

8. Loading blog sangat berat
Malas sekali rasanya jika membuka blog yang loadingnya lelet he he. Sebenarnya blog yang loadingnya lelet dan berat sangat pengaruh pada seo. Mesin pencari google akan memprioritaskan menampilkan blog yang loadingnya secepat kilat, sehingga tampil dihalaman pertama google. Penyebab loading berat salah satunya banyak menampilkan widget-widget yang tidak penting, kelihatannya sih untuk mempercantik blog, padahal malah memperburuk loading blog. 

Seberapa cepatkah blog anda, coba cek disini

9. Promosi tidak maksimal
Promosi blog sangatlah penting untuk meningkatkan pengunjung, tapi yang lebih penting adalah promosi konten. Kenapa promosi konten? karena kontenlah yang akan dibaca pengunjung sehingga trafik blog anda naik. 

Promosi konten bisa dengan email list, artinya setiap kali anda posting artikel maka bagikanlah via email. Lalu dengan membagikan konten anda ke media sosial seperti facebook, twitter, bbm, dan lainnya. Namun perlu diperhatikan ketika gabung dengan grup atau komunitas, maka gabunglah dengan blog yang topiknya sama. Misalkan blog tentang pendidikan gabunglah dengan blog pendidikan juga.

10. Blog belum terindex mesin pencari
Bisa jadi kenapa blog anda sepi pengunjung ternyata belum terindex mesin pencari google. Maka lakukanlah submit peta situ blog anda ke webmaster tool, tunggu beberapa waktu dijamin blog anda akan muncul.

Baca juga: Cara mendaftarkan blog ke Google, Yahoo dan Bing

11. Penalti dari Google
Jika blog anda sudah kena penalti google itu artinya blog sudah terpuruk dan akan hilang bak ditelan bumi. Apa sih penyebabnya?

Bisa jadi karena di blog anda kebanyakan Duplikat konten. Hati-hati dengan duplikat konten sebaiknya atasi dari sekarang, periksa lagi seluruh artikel blog anda. Banyak atau tidaknya duplikat konten coba cek disini.

Penyebab penalti google lainnya yaitu eror 404. Pastilah blog siapapun pernah mengalami eror 404 ini, namun yang paling penting segera atasi dari sekarang. Dan perhatikan eksternal link yang relevan

12. Template tidak menarik, responsive, dan SEO
Template itu diibaratkan rumah, jika rumah yang anda kunjungi itu menarik, tersusun rapih dan bersih saya jamin anda akan semakin betah. Begitu juga dengan blog, jika templatenya menarik, responnya bagus, dan seo maka pengunjung akan betah berlama-lama. Coba anda lihat template para mastah blogger, misalkan mas sugeng, panduanIM, juragan cipir, dan lainnya, simpel tapi selalu nomor satu.

13. Bolak balik ganti template blog
Saya rasa bolak balik ganti template pengaruh juga terhadap kenyamanan pengunjung, apalagi mesin pencari Google. Sehingga google akan menyesuaikan ulang ketika mengindex blog anda. Bolehsaja sih gonta-ganti template asal jangan terlalu sering.

Saya rasa cukup pembahasan tentang penyebab blog sepi pengunjung. Ternyata banyak sekali penyebabnya. 13 sebab diatas hanya sebgaian saja lebih dan kurangnya bisa anda tambahkan sesuai dengan pengalaman anda sebagai seorang blogger. Akhir kata semoga bermanfaat, sukses selalu...



Subscribe to receive free email updates:

15 Responses to "Blog Anda Sepi Pengunjung? Inilah 13 Penyebabnya"

  1. termasuk blog saya nih selalu sepi

    ReplyDelete
  2. Punya saya juga sepi, ijin coba

    ReplyDelete
  3. menarik artikelnya, jadi tau kenapa blog ane kadang sepi heheheheh

    ReplyDelete
  4. Oh begitu, banyak banget penyebabnya, ternyata ada beberapa yang saya belum lakukan. Terima kasih informasinya

    ReplyDelete
  5. wah ini dia nih karena sering ganti template, gara2 ganti template meta-meta key ku selalu ter-refresh yang buat artikelku gajadi2 ke-index

    ReplyDelete
  6. Wah, blog saya masih sangat muda makanya sepi 😂

    ReplyDelete
  7. Mantap gan artikel nya.
    Jangan lupa mampir di sofyan-setya.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. biasanya gonta ganti template pengunjung makin males gan

    ReplyDelete
  9. Gan gimana caranya agar pengunjung blog sampai 1000 perhari

    ReplyDelete
  10. Aduh bosen blog sepi ky kuburan mungkin karena blog masih muda

    ReplyDelete
  11. pantesan ane sering banget gonta ganti template

    ReplyDelete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tidak membuat spam, dan jangan lupa, tinggalkan saran, atau masukan teman-teman di kolom komentar. Terimakasih