Cara Kompres Video Ukuran Besar Tanpa Merubah Kualitas

Cara Kompres Video Ukuran Besar Tanpa Merubah Kualitas - Mempunyai file video saat ini bukan hal aneh karena siapa saja bisa memilikinya terutama jika punya momen-momen indah bersama keluarga, teman, bahkan kejadian apapun yang sifatnya penting, dan menarik maka bisa di rekam dengan aplikasi video yang sudah ada di smartphone Anda.  Terlebih jika punya akun Youtube, atau yang bergelut dengan video editing, maka mempunyai video sudah merupakan suatu keharusan.

Biasanya video yang telah Anda rekam ukuran filenya besar-besar. Misalkan saya merekan video dengan menggunakan smartphone Andromax R2 resolusi kamera Full HD, ketika merekam dengan durasi 5 menit saja, maka hasil ukuran filenya ternyata besar sekali yaitu 600 MB. Coba jika Anda merekam sampai satu jam pasti ukurannya sangat besar sekali.

Dengan ukuran video yang sangat besar pastinya tidak nyaman sekali ketika video tersebut akan Anda upload ke Youtube, atau hanya sekedar disimpan di Komputer dan android pastinya memerlukan ruang penyimpanan yang besar pula.

Nah, apakah video dengan ukuran besar bisa dirubah jadi ukuran kecil? Sangat bisa, caranya dengan proses kompres video. Proses kompres video ini akan merubah atau memperkecil ukuran video tanpa merubah kualitasnya. 

Cara kompres video sebenarnya sangat mudah sekali, kebetulan cara yang saya pakai ini dengan menggunakan aplikasi HandBrake. Jika belum punya silahkan download di situs resminya. Berikut ini Cara Kompres Video Ukuran Besar Tanpa Merubah Kualitas:

1. Buka aplikasi HanBrake, klik File lalu klik Choose Source untuk menganmbil file video

Cara Kompres Video Ukuran Besar Tanpa Merubah Kualitas

2. Cari file video yang telah disimpan sebelumnya, misal di file Data, klik Open

Cara Kompres Video Ukuran Besar Tanpa Merubah Kualitas

3. Setelah video masuk ke Aplikasi HanBrake, seting terlebih dahulu Output videonya

Cara Kompres Video Ukuran Besar Tanpa Merubah Kualitas

Keterangan Gambar:
1. Memilih resolusi output video
2. Pilih Browse, artinya dimana hasil kompres video nanti akan disimpan
3. Seting output video codec, jika hasilnya mau standar pilih MPEG4, jika hasilnya dengan kualitas bagus maka pilih H.264. 

Kasus: Saya coba kompres video ukuran 600 MB Resolusi 1080p menjadi 720p dan hasilnya menjadi 90 MB. Sebenarnya bisa saja menjadi 65 MB tapi kualitasnya terlalu standar jika mau di upload ke Youtube.

4. Jika telah diseting, saatnya proses kompres video. Klik Star Encode, tunggu proses sampai dengan selesai

Cara Kompres Video Ukuran Besar Tanpa Merubah Kualitas

5. Selesai. Lihatlah hasilnya apakah video telah berhasil di kompres? jika berhasil pasti ukurannya akan menjadi kecil dan kualitas videonya tidak berubah.

Itulah bagaimana Cara Kompres atau mengecilkan Video Ukuran Besar Tanpa Merubah Kualitasnya. Mudah bukan! Silahkan coba semoga berhasil.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Kompres Video Ukuran Besar Tanpa Merubah Kualitas"

  1. wihh handbrake adalah salah satu render yang ane suka nih + di tambah pennjelesannya makasih yaaa artikelnya :D

    ReplyDelete
  2. Bagus juga nih buat alternatif, biasanya saya winx hd.

    ReplyDelete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tidak membuat spam, dan jangan lupa, tinggalkan saran, atau masukan teman-teman di kolom komentar. Terimakasih