Perbedaan Penayangan (Page View) dan Visitor Blog

Pengertian, Perbedaan Jumlah Penayangan (Page View) dan Visitor Blog - Dalam istilah blog ada yang disebut jumlah penayangan (page view) blog, ada juga jumlah pengunjung (visitor) blog. Melihat trafik penayangan dan pengunjung blog penting sekali untuk mengukur sejauh mana popularitas sebuah blog. Jika jumlah trafik keduanya tinggi maka dipastikan blog tersebut banyak peminatnya, banyak dibaca dan banyak dikunjungi. Secara sederhana blog yang jumlah penayangan dan pengunjungnya banyak pasti tampil dihalaman pertama search Google.

Nah, yang jadi pertanyaan, apakah istilah penayangan dan pengunjung itu sama, ataukah berbeda? pertanyaan ini seringkali muncul terutama bagi blogger baru. Sekilas memang dua istilah ini kelihatannya sama, padahal jelas sekali artinya berbeda. Biasanya blogger pemula hanya melihat statistik jumlah pengunjung di dashboard blog saja sehingga mengklaim, oh ternyata banyak juga pengunjungnya, hehe walaupun blog masih baru.

Jika dilihat dari pengertiannya, inilah Perbedaan Penayangan (Page View) dan Visitor Blog

Penayangan (Page View) ialah jumlah halaman artikel blog yang dilihat atau dibuka oleh pengunjung, sedangkan Visitor ialah jumlah orang yang masuk mengunjungi blog, baik itu datang dari pengunjung organik Google, dari media sosial seperti facebook, twitter, atau link yang telah Anda share di media lainnya, sehingga para mengunjung membuka langsung artikel anda.

Dari pengertian diatas jelas sekali perbedaan apa itu jumlah Penayangan (Page View) dan Visitor pada blog. Agar lebih jelas kita ilustrasikan dibawah ini:

Jika dalam satu hari blog cariduit dikunjungi 100 orang, maka jumlah Visitornya pasti tetap 100 orang.  Sebaliknya jika 100 orang tadi ketika mengunjungi blog cariduit rata-rata membuka 3 halaman artikel maka jumlahnya menjadi 300. 300 inilah yang disebut dengan jumlah penayangan.  

Jelas sekali perbedaannya, bahwa jumlah penayangan blog akan lebih banyak dibanding jumlah pengunjung blog.

Visitor blog juga karakternya berbeda. Ketika mengunjungi blog ada yang hanya sekedar mencari informasi yang ia butuhkan pada hari itu, ada juga yang memang sedang menggali dan mempelajari setiap artikel yang ada di blog tersebut sehingga 1 kali Visitor bisa membuka 100 halaman.

Contoh sederhana statistik jumlah penayangan pada blog. Cara membukanya mudah sekali lihat didashboard blog, lalu klik statistik, disana ada ikhtisar, pos, sumber lalu lintas dan pemirsa.

Perbedaan Penayangan (Page View) dan Visitor Blog

Jika dilihat statistik diatas bahwa jumlah penayangan hari ini hanya 126, angka yang sedikit sekali untuk ukuran blog yang sudah berumur, namun untuk ukuran blog baru lumayan juga. Kalau kita simpulkan jumlah penayangan dalam satu hari 126, maka kemungkinan Visitornya hanya sekitar 80 Orang.

Bagaiamana cara melihat jumlah visitor blog Anda?

Melihat Visitor blog sangat penting sekali, karena untuk mengukur sejauh mana keberhasilan blog kita sehingga diminati banyak pembaca, dan artikel mana saja yang paling banyak dibaca oleh pengunjung blog.

Untuk melihat berapa sih jumlah pengunjung/Visitor blog, caranya integrasikan blog anda ke Google Analytik, histats, similar web atau statshow, caranya silahkan daftarkan terlebih dahulu blognya ke situs tadi.

Untuk melihat jumlah visitor blog bisa juga dengan cara yang paling cepat, cara ini juga bisa melihat jumlah pengunjung / visitor blog orang lain. Bagus sih untuk lebih memotivasi kita jika visitornya lebih banyak dan punya visitor langganan.

Caranya kunjungi situs Statshow DISINI

Kesimpulan

Jumlah penayangan blog dengan jumlah visitor blog jelas sekali sangat berbeda. Jumlah penayangan  (Page View) akan lebih banyak dibanding dengan jumlah Visitor Blog. Jika sudah mempunyai blog, maka tingkatkanlah pengunjungnya sehingga trafiknya akan tinggi dan semakin populer.

Demikian artikel tentang Perbedaan Penayangan (Page View) dan Visitor Blog, semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Perbedaan Penayangan (Page View) dan Visitor Blog"

  1. wah jadi PV ane gede bukan visitor nya, ane kira visitor nya itu wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Saya baru tau kalau PV dan Visitor itu beda, tak kirain visitor yang banyak

    ReplyDelete
  3. Lumayan lah buat newbie, mantap artikelnya.

    ReplyDelete
  4. info sangat top banget...

    http://ngeposinfo.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  5. Jadi sebenarnya mana yg lebih menguntungkan?? Visitor banyak ato pv yang banyak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih menguntungkan Visitor palagi visitor organik dari pencarian kata kunci Google

      Delete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tidak membuat spam, dan jangan lupa, tinggalkan saran, atau masukan teman-teman di kolom komentar. Terimakasih