Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Total Klik Blog Pada Search Analytics Google Webmaster Tools ?

Apa itu Total Klik, Search Queries pada Search Analytics Webmaster Tools - Bagi blogger pemula yang pertama kali membuat blog penting sekali mengintegrasikan blognya ke webmaster tools. Caranya cukup mudah dan ikuti langkah-langkahnya disini. Salah satu tujuan Mendaftarkan blog ke webmaster tools  yaitu untuk memudahkan Anda memantau perkembangan blog tersebut baik itu dari jumlah klik atau pengunjung blog, jumlah permintaan kata kunci, jumlah kata kunci yang menjadi halaman pertama mesin pencari Google, dan masih banyak statistik lainnya.

Hal tersebut menjadi poin penting untuk diketahui agar blog Anda bisa terpantau secara terus-menerus di webmaster tools. Lebih jauhnya lagi agar usaha membuat blog yang SEO lebih mudah lagi dan lebih semangat membuat artikel atau postingan yang berkualitas. Jika blog yang kualitasnya baik maka akan semakin populer di mata pengunjung blog dan jumlah pengunjungnya/visitor akan semakin melimpah. 

Coba bayangkan saja, jika blog baru sudah terkenal jumlah visitornya 1000 maka kira-kira berapa penghasilan perharinya? itu juga apabila sudah kerjasama dengan pengiklan seperti Google AdSense hehe.

Apa Itu Total Klik, Queries, dan Impression Pada Search Analytics Webmaster Tools-?

Apa Itu Total Klik Pada Search Analytics webmaster Tools ?

Nah, bagi pemula mungkin istilah diatas sedikit asing padahal sebenarnya artinya sangat mudah dipahami. Hanya tiga pengertian saja yang akan saya jelaskan disini yaitu total klik, Impression dan Queries. 

Lalu bagaimana cara melihat jumlah posisi kata kunci/artikel di mesin pencarian google, apakah posisinya di halaman ke 1, ke 2, ke 3 dan seterusnya, pelajari disini.

Apa Itu Total Klik?

Clicks adalah jumlah total pengunjung blog Anda atau visitor blog yang berasal dari search engine / mesin pencari Google selama periode tertentu dari jumlah total impressions blog Anda. Misalkan blog Anda didaftarkan ke webmaster, lalu daftar ke Google Analytics pada tanggal 1 Januari 2017 sampai sekarang misal tanggal 21 Juni 2017, maka itulah jumlah total klik / jumlah pengunjung blog Anda.

Itu kan hanya jumlah total klik keseluruhan, bagaimana cara melihat visitor/pengunjung per hari? mudah sekali, lihat kurva dibawah lalau klik, maka akan terlihat berapa kira-kira jumlah klik perhari blog Anda.

Apa Itu Total Klik Pada Search Analytics webmaster Tools ?

Bisa dilihat bahwa jumlah klik pada tanggal 16 Juni 2017 hanya 359 Klik, angka yang lumayan bagi blog baru. Perlu diketahui biasanya Google Analytics akan menjumlah total klik perhari tidak sesuai dengan hari itu juga. Misalkan dalam satu minggu, maka perhitungannya baru dijumlah 4 hari atau selisih 3 hari.

Baca Juga: Perbedaan Page View dan Visitor Blog

Lalu, apa itu Impression?

Impression merupakan jumlah total tampilan dari blog yang berasal dari search result Google selama periode tertentu. Sebenarnya periodenya sama dengan Total Klik, jumlahnya saja yang beda. Dari segi jumlah Impression akan lebih banyak daripada total klik, karena bisa saja seorang visitor menampilkan beberapa laman blog Anda.


Apa Itu Total Klik Pada Search Analytics webmaster Tools ?

Dari statistik diatas jelas sekali jumlah Impression kata kunci Spesifikasi PES 18 dalam satu hari lebih berlipat daripada jumlah klik. Total Klik perhari= 356, sedangkan Total Impression = 4.071

Apa Itu Queries?

Queries adalah jumlah total dari hasil pencarian google (search result) dalam waktu tertentu. Bisa anda lihat di statistik diatas tadi.

Sebenarnya masih banyak yang belum dijelaskan terutama istilah dalam webmaster tools diatas, seperti melihat CTR, Position. Saya yakin Anda pasti mengerti istilah lainnya dan tak perlu penjelasan panjang lebar. Yang paling penting menurut saya mengetahui jumlah klik dan Impression. Karena disanalah kata kunci yang terlihat ramai dikunjungi.

Bagaimana Cara Meningkatkan Queri Agar Trafik Blog Naik?

Sebenarnya banyak cara untuk meningkatkan queri blog terlebih agar trafik blog naik tajam. Namun disini Saya tidak akan menjelaskan lebih detail insyaAllah dibahas pada kesempatan lain. 

Apapun yang kita cari di mesin pencari Google (Search Google) maka itulah permintaan (Queri) yang sedang dicari oleh para netizen. Mereka sedang mencari apa yang saat itu pula dibutuhkan apapun artikelnya. 1 (satu) klik permintaan saja, maka mesin Google akan menampilkan ratusan queri dalam bentuk artikel yang relevan dengan apa yang mereka cari. 

Nah, dengan beberapa Queri tersebut apakah artikel kita muncul dan jadi solusi sehingga bisa muncul ke halaman pertama Google? Jika masuk halaman pertama dengan queri tersebut maka peluang mendatangkan trafik sangat tinggi.

Bisa dibuktikan jika artikel tampil pada halaman pertama Google, maka Saya jamin trafik akan naik secara drastis. 80% trafik blog naik jika tampil di halaman pertama dan posisi urutan 1 atau 2.

Solusi

Segera analisa queri apa saja yang trafiknya tinggi di Google Webmaster. Terutama artikel-artikel yang nongkrong di halaman pertama Google. Dengan queri tersebut akan jadi peluang jitu untuk meningkatkan trafik blog Anda. 

Contoh: Jika queri (permintaan) materi pendidikan trafiknya tinggi dan tampil pada halaman pertama Google, maka buatlah beberapa artikel pendidikan lainnya yang lebih relevan dengan artikel tersebut kemudian terapkan SEO nya. Insya Allah trafik blog akan meningkat tajam, aamiin.


Kesimpulan

Mengetahui Total klik, Impression dan Queries di Webmaster Tool penting sekali buat blogger, baik pemula ataupun mastah, karena dengan cara tersebut blog kita akan terus terpantau sehingga grafik dan trafiknya akan terukur dan menjadi bahan evaluasi kekurangan dan kelebihan blog kita. Akhir kata semoga bermanfaat.

4 comments for "Apa Itu Total Klik Blog Pada Search Analytics Google Webmaster Tools ?"

  1. Gan mau nanya nih , kenapa total klik pada webmaster saya malah semakin hari semakin menurun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya memang gak stabil gan jika bisa hanya terus dengan membuat artikel terutama yang viral yang banyak dicari

      Delete
  2. Gan mau nanya nih , kenapa total klik pada webmaster saya malah semakin hari semakin menurun?
    klik disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak faktor sih gan kenapa trafik turun salah satu penyebabnya adalah jarang update artikel, perubahan algoritma Google, atau juga ada beberapa page Not Found 404, bahkan bisa juga kehilangan Backlink. Periksa kesehatan blog seperti kecepatan loading, SEO dll. Silahkan coba dibenahi saja Gan faktor diatas. Saran Saya coba cek dulu SEOnya ntr ketahuan kekurangannya. Trims sukses selalu

      Delete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tinggalkan saran, atau masukannya