17 Tempat Wisata Cimahi Yang Wajib Anda Kunjungi (Terbaru)

17 Tempat Wisata Cimahi Yang Wajib Dikunjungi Terbaru - Cimahi merupakan kota kecil di wilayah Jawa Barat. Walaupun secara luas wilayah terbilang kecil namun Cimahi diberi anugerah oleh sang Khalik sebagai penyangga atau terasnya ibukota Jawa Barat, yaitu Kota Bandung. Disamping sebagai penyangga ibukota Jawa Barat maka Cimahi tidak kalah kerennya dengan kota Bandung terutama dengan potensi wisata, seperti halnya wisata pendidikan, wisata kuliner, wisata sejarah, wisata budaya dan tentunya wisata alamnya yang begitu mempesona.

Tak jarang para wisatawan sengaja mengunjungi beberapa tempat wisata di Cimahi, misalnya dari Jakarta, Banten, Jawa, dan daerah sekitar Jawa Barat lainnya. Bila Anda dan keluarga berwisata ke Kota Bandung maka tidak ada salahnya mampir dong di Kota Kecil nan indah ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini saya sajikan beberapa destinasi tempat wisata paling ngetren, paling terkenal, paling ramai, paling banyak dikunjungi di Kota Cimahi Jawa Barat:

1.  Curug Cimahi

Orang Cimahi menyebutnya Curug Cimahi yang artinya air terjun Cimahi. Air Terjun Cimahi tingginya kurang lebih mencapai 85 meter. Kawasan air terjun Cimahi mempunyai pemandangan  yang indah ditunjang dengan udara hawa dingin khas daerah ketinggian sekitar curug Cimahi. Pokoknya dijamin anda dan keluarga betah berlama-lama di curug Cimahi ini. Nama curug ini sendiri diambil dari Sungai Cimahi yang mengalir di atas dari curug tersebut. Sungai Cimahi tersebut memiliki hulu di Danau Lembag dan mengaliri kota Cimahi.


17 Tempat Wisata Cimahi Yang Wajib Anda Kunjungi (Terbaru)

Akses Ke Curug Cimahi
Untuk menuju ke tempat ini mudah sekali, wisatawan bisa menggunakan beberapa akses. Yang pertama adalah menggunakan jalur Cimahi melalui jalur Cihanjuang dan Parongpong. Masih dari arah Cimahi, bisa juga melalui jalan Kolmas dimulai dari Masjid Agung Cimahi. Jika dari arah Bandung maka Jalur bisa ditempuh dari jalur Lembang Bandung. Menyusuri jalan ini akan membawa pengunjung menuju ke Cihanjuang dan juga Parongpong.

Alamat : Jalan Kolonel Matsuri, Kertawangi.

2. Alam Wisata Cimahi /AWC

Alam Wisata Cimahi atau AWC ini menawarkan wisata perpaduan antara pemandangan alam nan indah dengan arena bermain seru dan menarik. Cocok sekali untuk buah hati Anda dan keluarga. Alam Wisata Cimahi didirikan oleh CV Kebun Tanu Anugrah dimana menjadi wujud keinginan dari pengusaha itu untuk mengembangkan potensi pariwisata di bidang pertanian, peternakan dan juga kuliner.
 
17 Tempat Wisata Cimahi Yang Wajib Anda Kunjungi (Terbaru)

Alam Wisata Cimahi ini diresmikan sejak tanggal 18 Oktober 2009 oleh walikota Cimahi kala itu yaitu Ir. H. Itoch Tochija. Memang saat diresmikan fokus dari tempat wisata ini adalah kuliner namun seiring berkembngya AWC, berbagai macam fasilitas pun bermunculan. Beberapa permainan yang ada yaitu jembatan goyang dan flying fox. Fasilitas lainnya adalah kolam renang, kolam pemancingan, sampai dengan restoran dan tempat makan dengan menu beragam. Dan masih banyak lagi wahana keren lainnya
Alamat : Jalan Kolonel Matsuri Km 14.

3. Wisata Paku Haji
 
Tempat wisata selanjutnya yang tidak kalah menarik yaitu Taman Wisata Paku Haji yang berlokasi di Jalan Haji Ghofur. Di tempat ini anda bisa berkuda, halang rintang, sampai dengan permainan ATV. Selain itu anda dapat melihat aneka satwa di kebun binatang dan terdapat pula kolam renang. 

17 Tempat Wisata Cimahi Yang Wajib Anda Kunjungi (Terbaru)

Untuk ke lokasi wisata sedikit harus melewati jalanan yang ekstrim, tapi tidak menjadi masalah karena akan dibayar lunas saat anda sampai dilokasi dengan melihat hamparan hijau menyejukkan mata dan seketika stress anda hilang.
 

Karena lokasinya yang strategis, maka saat akhir pekan atau saat musim liburan tiba tempat wisata ini selalu dikunjungi oleh wisatawan dari dalam atau dari luar daerah. Fasilitas wisata yang ada di tempat ini lumayan banyak, bahkan tempat wisata ini sangat strategis dengan tempat wisata lainnya seperti wisata kota Lembang dan juga floating market Lembang.
 
4. All Abaout Strawberry

17 Tempat Wisata Cimahi Yang Wajib Anda Kunjungi (Terbaru)

Anda suka strawberry? Cocok sekali mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Kenapa? Karena semua hal yang berbau strawberry maka disinilah tempatnya. Sesampainya di obyek wisata yang lokasinya ada di Jalan Cihaunjang Km 2 ini, anda dapat merasakan pengalaman menarik memetik buah strawberry. Selain itu lokasinya sangat cocok untuk tempat santai dan menyegarkan pandangan anda yang selama ini sibuk di depan komputer, tv, polusi udara dan lainnya. Di sini suasananya begitu segar dengan dilengkapi area bermain untuk anak. Sebelum pulang, jangan lupa berbelanja beragam pernak pernik strawberry oleh-oleh untuk keluarga dirumah.
 
5. Kampung Adat Cireundeu
 
Nah ini salah satu keunikan wisata Cimahi, yaitu wisata budaya dan adat yang masih terjaga hingga saat ini, yaitu Kampung Cireundeu. Dari namanya juga sudah semakin penasaran. Lokasinya sebenarnya dekat dengan admin yaitu di Cimahi Selatan.
 

Kampung Cireundeu merupakan kampung yang masih teguh dengan adat istiadat nenek moyangnya. Kehidupan masyarakat di sini pun unik karena makanan pokok mereka bukanlah nasi, melainkan singkong. Nah, di sini anda dapat melihat peninggalan sejarah, keindahan alam, adat istiadat yang semuanya tentu menarik perhatian para pengunjung atau wisatawan. Pantas kampung Cireundeu ini disejajarkan dengan kampung adat lainnya seperti Kampung Naga di Tasikmalaya, Kasepuhan Cipta Gelar, Banten Kidul.
 

17 Tempat Wisata Cimahi Yang Wajib Anda Kunjungi (Terbaru)
Asal-usul Nama kampung ini sebenarnya berasal dari Pohon Reundeu. Dulunya kampung ini banyak ditumbuhi dengan pohon reundeu sehinggaa desa ini disebut dengan desa Cireundeu. Di desa ini tidak dihuni oleh banyak orang layaknya desa umum lainnya. Desa Cireundeu ini hanya dihuni oleh 50 kepala keluarga atau satu RW kurang lebih 800 jiwa. Mata pencaharian penduduk yang ada disini adalah bertani ketela. Penduduk disini konsisten untuk memegang teguh apa yang mereka yakini dan mereka suka untuk melestarikan kebudayaan sampai sekarang.
Kepercayaan Kampung Cireundeu
 
30 persen Kepercayaan yang dipegang teguh ialah Sunda Wiwitan, walaupun sebenarnya sudah ada yang mengikuti kepercayaan lain.
 
6. Curug Malela
 

17 Tempat Wisata Cimahi Yang Wajib Anda Kunjungi (Terbaru)
Curug yang ketinggiannya antara 60 sampai dengan 70 meter ini lebarnya kurang lebih 50 meter. Dengan hulu sungai asalnya dari bagian utara Gunung Kendeng, lalu mengalir membentuk sebuah jaringan Sungai Cidadap, dan bermuara di Cisokan. Aliran air begitu deras, terkadang anda juga dapat melihat adanya monyet ekor panjang yang minum di bagian bawah Curug Malela. Curug Malela termasuk dalam rangkaian air terjun sepanjang 1 km. Yang jika diurutkan dari yang teratas adalah Curug Malela, Katumiri, Manglid, Ngebul, Sumpel, Palisir, dengan penutup Curug Pamengpeuk. Semua berlokasi di Desa Cicadas, Bandung Barat.
 
7. Taman Bunga Cihideung

17 Tempat Wisata Cimahi Yang Wajib Anda Kunjungi (Terbaru)
Cihideung adalah salah satu desa yang ada di Kecamatan Parongpong Bandung Barat, saya masukan ke salah satu tempat wisata Cimahi karena jaraknya berdekatan dengan Cimahi. Tempat ini sekarang telah berkembang jadi kawasan wisata bunga. Sebabnya adalah di sepanjang desa ada beragam jenis bunga yang ditanam. Sebagian besar penduduk Desa Cihideung bekerja sebagai petani bunga, baik itu petani bunga hias maupun bunga potong. Untuk bunga hias sendiri banyak dimanfaatkan sebagai tanaman yang mempercantik kebun atau halaman rumah, sementara bunga potong biasa dipergunakan untuk keperluan dekorasi ataupun acara-acara besar lainnya. Lokasi wisata Taman Bunga Cihideung ini sekitar 20 km dari Kota Bandung. Nah, untuk mencapainya dapat menggunakan angkutan umum atau pribadi.
 
8. Natural Hill
 
Natural Hill merupakan tempat wisata yang menyuguhkan panorama alam khas Jawa Barat yang berlokasi di Jalan Kolonel Masturi Belakang Pom Bensin Sukajaya Rt 02/06, Desa Sukajaya, Lembang, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.
Tempat wisata ini menawarkan banyak fasilitas wisata seperti untuk gathering, outbound dan Camping Ground lengkap dengan akomodasinya yang merupakan salah satu lokasi tempat Penginapan di Lembang yang Murah seperti Villa.
 

17 Tempat Wisata Cimahi Yang Wajib Anda Kunjungi (Terbaru)
Tempat ini cocok sekali untuk kegiatan workshoop, pelatihan, kamping bersama keluarga maupun kegiatan pendidikan lainnya. Bila lelah setelah beriwisata di tengah ko Bandung, coba sekali-kali pergi ke natural hill dan berkemah dengan keluarga dijamin menmgasyikan. Natural Hill selalu ramai setiap hari dan akan menjadi padat di saat libur akhir pekan apalagi saat musim liburan tiba, terutama oleh wisatawan yang berasal dari perkotaan seperti Jakarta yang ingin menghabiskan waktu liburan mereka di Bandung.
 
9. Plaza Taman Rakyat Pemkot Cimahi
 
Plaza Taman Rakyat Cimahi merupakan sarana baru untuk mengisi liburan Anda dan keluarga khsususnya warga Cimahi. Tempat ini selalu ramai terutama ketika hari Minggu. Tempat ini juga selalu digunakan berbagai even kawula muda Cimahi dan berbagai even lainnya, karena tempatnya sangat strategis berada di area Pemkot Cimahi.
 
10. Alun Alun Cimahi

Suasana sejuk dan rindang pepohonan menjadi ciri khas setiap taman kota, tak terkecuali Taman Alun-Alun Kota Cimahi, yang terletak di kawasan pusat Kota Cimahi.
Letaknya yang strategis, membuat taman ini menjadi salah satu fasilitas publik favorit warga untuk mengisi waktu senggangnya. Utamanya bagi para pekerja, saat jam istirahat kantor dan pertokoan tiba.
 

17 Tempat Wisata Cimahi Yang Wajib Anda Kunjungi (Terbaru)
Dekorasi dan fasilitas Taman Alun-Alun Kota Cimahi terbilang standar, biasa tersedia di taman kota pada umumnya, macam tempat duduk, lampu penerangan, dan tempat sampah. Namun bagi para pekerja, segarnya suasana taman dinilai mampu mengusir penat setelah beraktivitas sedari pagi.
 
Alun-alun Cimahi menurut pemerintah setempat akan segera di revitalisasi

11. Masjid Agung Cimahi
 
Cimahi memang menjadi salah satu kota yang bersejarah ini dibuktikan dengan banyaknya bangunan kolonial masa penjajahan Belanda, bahkan sampai sekarang bangunan tersebut masih terawat dengan baik. Sejarah Cimahi juga tidak lepas dari Masjid Agung Cimahi. Nah saatnya anda berwisata religi di Cimahi.
Jika Anda mengunjungi Masjid Agung Cimahi, sentuhan arsitektur gaya kolonial pun cukup terasa. Hal tersebut dapat dilihat dari model dinding masjid yang dibuat tebal, solid, dan kokoh seperti bangunan Eropa abad 19, meski tanpa meninggalkan ciri khas masjid citarasa Indonesia dengan atap tumpang bersusun tiga.

Masjid yang terletak di kelurahan Padasuka, Cimahi Tengah, ini dibangun tanpa tiang tengah. Atap masjid ditopang sedemikian rupa dengan susunan baja yang saling terhubung. Struktur atap yang sengaja didesain demikian menjadikan ruang utama masjid terasa lebih luas karena tidak terhalang oleh tiang yang umumnya menjadi blind spot view dari beberapa sudut.

Dibagian luar ada yang unik saat ini, yaitu payung besar yang sekali-kali dapat buka tutup. Payung ini terinspirasi dengan payung-payung besar masjid Nabawi di Madinah. Dengan keberadaan payung ini tentunya para jamaah lebih nyaman dan lebih berkesan lagi jika hendak melakukan ibadah di masjid yang penuh sejarah ini.
 
12. Brigif Kujang Cimahi

Kesan Hari Minggu memang cocok sekali untuk liburan dan olahraga. Di Cimahi sebenarnya banyak tempat liburan dan olahraga, namun ada tempat paling ramai dan banyak dikunjungi yaitu Brigif Kujang Cimahi. Jika minggu tiba tempat ini akan penuh berbagai aktivitas seperti halnya olahraga, belanja, nonton balap roadrace, ataupun hanya sekedar jalan-jalan biasa.
 

17 Tempat Wisata Cimahi Yang Wajib Anda Kunjungi (Terbaru)

Brigif Kujang Cimahi memang sangat terkenal sekali karena tempat ini selalu digunakan berbagai even nasional, seperti halnya balap motor, syuting film, konser-konser musik terkenal tanah air. Maka saya rekomendasikan jika anda sedang di Cimahi bertepatan dengan hari minggu tidak ada salahnya datang ke Brigif Kujang Cimahi.

13. Kolam Renang Tirtamulya Waterboom

Sedang mencari tempat wisata renang di Cimahi? Tirtamulya Waterboom bisa menjadi pilihanmu saat berada ke Cimahi. Wahana air yang berlokasi di daerah Bandung Barat ini menyediakan berbagai fasilitas yang bisa pengunjung dapatkan, misalnya seperti kolam renang, waterboom, arena olahraga, dan berbagai tempat rekreasi lainnya.
Alamat: Jl. Soemawinata No. 88, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
 
14. Kampung Buyut Cipageran

Kabuci atau Kampung Buyut Cipageran merupakan tempat wisata yang terletak di Jl. Kolonel Masturi atau KM 3 Kelurahan Cipageran Cimahi Utara.


17 Tempat Wisata Cimahi Yang Wajib Anda Kunjungi (Terbaru)

Kampung Buyut Cipageran sangat cocok untuk dijadikan tempat berkumpul dengan teman (reunian) atau kumpul bersama keluarga. Suasana yang sejuk dan tentram memang sangat pas untuk sekedar mengobrol santai. Di dalam tempat ini, terdapat sebuah saung biasa dijadikan sebagai tempat nongkrong bagi pengunjung. Di sekeliling tempat ini terdapat banyak pepohonan yang berdiri rimbun. Tak heran jika tempat ini memiliki udara yang cukup sejuk.

Alamat: Jalan Kolonel Masturi Km. 3, Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat
 
15. BITC (Baros Information Teknology Creative)

Dalam hal teknologi, Cimahi tidak kalah ketinggalan dengan kota lainnya, seperti Kota Bandung. Saat ini Cimahi mempunyai wadah dong untuk perkembangan industri kreatif khsusnya bidang teknologi yaitu gedung BITC yaitu Baros Information Teknology.

Gedung dengan arsitektur modern ini diresmikan pada 27 Desember 2010 oleh Menkominfo Tifatul Sembiring. Lantai dasar hingga lantai 3 boleh jadi kosong, tetapi di lantai 4 ada sebuah komunitas yang tergeliat di Kota Tentara ini, bernama Cimahi Creative Association.

BITC merupakan konsep jangka panjang Pemerintah Kota Cimahi yang akan menjadikan wilayah Baros sebagai pusat kegiatan baru di Kota Cimahi. Gedung BITC akan dijadikan pusat kegiatan kreatifitas sebagai tempat kegiatan dan pelayanan yang berskala nasional maupun internasional. Gedung ini antara lain akan difasilitasi ruang pelayanan publik atau ruang display informasi layanan umum dan tempat untuk mengenalkan dunia Informasi Teknologi (IT) kepada masyarakat, perdagangan, serta ruang penelitian dan pengembangan bidang industri telematika.

Cocok sekali BITC ini dikunjungi terutama wisata pendidikan khususnya bagi para pelajar di seluruh Indonesia.
 
16. Pandiga Edu Creation Sport

Pandiga EduCreation Sport Bandung menawarkan tempat wisata yang asri khas bumi parahyangan yang tepat bagi anda wisatawan asal perkotaan yang hendak meluangkan sejenak melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari.
 

Di sini anda bisa menikmati sajian istimewa pemandangan alam yang masih alami khas alam pedesaan dengan background pegunungan, sambil berwisata kuliner menikmati sajian spesial menu pilihan di salah satu Cafe di Bandung, yaitu Hanjuang Cafe & Resto.
Di Pandiga Edu Creation Sport disediakan banyak fasilitas terbaik yang akan menambah kecerian anda beserta orang-orang terbaik anda, mulai adanya salah satu Kolam Renang di Bandung yang refresentatif di sini.
 
Tidak hanya itu, di sini pun tersedia fasilitas untuk bermain di areal terbuka hijau, yang konsepnya adalah kawasan wisata terpadu, sehingga anda tidak perlu lagi membuang-buang waktu berharga anda berpindah-pindah lokasi wisata.

17. Pasar Pemkot Cimahi

Pasar tradisional memang pasar yang harus dipertahankan oleh pemerintah, salah satunya pasar pemkot Cimahi. Disamping untuk sekedar melepas lelah dan ngisi libur hari Minggu, pasar ini menurut saya sudah menjadi destinasi wisata. Setiap akhir pekan pasar ini selalu dipenuhi warga Cimahi dengan berbagai macam aktivitas. Karena ini pasar maka kegiatan belanja yang paling dominan, namun tidak ada salahnya anda dan keluarga berkunjung ke tempat ini.

Itulah beberapa destinasi tempat wisata Cimahi Bandung terbaru yang wajib anda kunjungi. Semoga informasi ini menarik dan tidak ada salahnya jika anda mengunjungi ke Kota Bandung, ya mampir kok ke Kota Cimahi, dijamin liburan Anda semakin mengasyikan.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "17 Tempat Wisata Cimahi Yang Wajib Anda Kunjungi (Terbaru)"

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tidak membuat spam, dan jangan lupa, tinggalkan saran, atau masukan teman-teman di kolom komentar. Terimakasih