Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download 8 Standar Pendidikan Nasional (Dokumen Bukti Fisik Akreditasi Sekolah)

Download 8 Standar Pendidikan Nasional

Download Dokumen 8 Standar Pendidikan (persiapan akreditasi sekolah) terbaru -- Standar Nasional Pendidikan itu apa sih? SNP (Standar Nasional Pendidikan) merupakan kriteria standar minimum penilaian terkait pelaksanaan sistem pendidikan (sekolah/madrasah) diseluruh Indonesia. Salah satu fungsi Standar Nasional Pendidikan (SNP) ialah sebagai perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan melalui evaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Adapun Akreditasi sekolah merupakan suatu proses penilaian sekolah/madrasah secara sistemik dan menyeluruh (komprehensif) agar visi, misi dan tujuan sekolah tercapai secara maksimal.

Sekolah/madrasah akan dievalusi secara utuh baik evaluasi internal maupun evaluasi eksternal (melalui visitasi sekolah) dengan tujuan sejauhmana kinerja sekolah tersebut berjalan dengan baik. Pelaksanaan Akreditasi merupakan sebuah regulasi agar sekolah/madrasah tersebut mengetahui kekuatan dan kelemahan kedepannya sehingga menjadi lebih baik. Bisa dibuktikan dengan output (lulusan) siswa sekolah.

Terdapat 8 dokumen standar pendidikan yang akan dinilai sebagai bahan akreditasi nasional. ke 8 (delapan) Dokumen Pendidikan tersebut harus dibuktikan secara fisik. Setelah pelaksanaan akreditasi dengan memeriksa seluruh 8 Standar Pendidikan, sekolah akan mendapatkan nilai sesuai dengan bukti fisik 8 Standar Pendidikan melalui sertifikat akreditasi yang langsung dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M).

Tahapan akreditasi memang sangat melelahkan apabila dokumen 8 standar nasional tersebut tidak dibuat secara terencana terutama bukti fisik akreditasi. Setiap tahun ajaran baru sampai selesai tahun ajaran, disana waktu yang tepat untuk membuat bukti fisik akreditasi.

Nah, apa saja 8 STANDAR PENDIDIKAN yang wajib ada dalam proses akreditasi sekolah? BAGI GURU, ke-8 Standar Pendidikan ini harus sudah hafal karena akan ditanya oleh tim assesor (pengalaman admin).

Berikut ini 8 (delapan) Standar Pendidikan Sebagai Bukti Fisik Akreditasi:
  1. Standar isi,
  2. Standar Proses,
  3. Standar Kompetensi Lulusan (SKL),
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan,
  5. Standar Sarana dan Prasaran (SarPras),
  6. Standar Pengelolaan,
  7. Standar Pembiayaan, dan
  8. Standar Penilaian

Itulah 8 Standar Pendidikan Nasional, sebagai dokumen dan bukti fisik tahapan akreditasi sekolah/madrasah. Bukti fisik (dokumen) apa saja yang harus ada dalam 8 Standar Pendidikan? Yuk lihat pembahasannya dibawah ini:

Sebelumnya silahkan bisa unduh 8 Standar Pendidikan disini.

Dokumen 8 STANDAR NASIONAL (Bukti Fisik Akreditasi)

1. Standar isi,
Dokumen:
Melaksanakan KTSP (Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan) dengan 8 dokumen muatan kurikulum yang terdiri dari: pata pelajaran, muatan mokal (MULOK), kegiatan pengembangan diri, pengaturan beban mengajar, ketuntasan belajar, kenaikan kelas & kelulusan, pendidikan kecapaian hidup, pendidikan berbasis unggul.

Bukti Fisik yang harus ada seperti: KTSP, kalender pendidikan, jadwal pelajaran, berita acara rapat, notulen, daftar hadir guru, kepala, komite sekolah/madrasah, buku referensi pengemabangan kurikulum, SK pengembang TIM kurikulum, RPP, Bimbingan Konseling, tugas siswa baik terstruktur maupun tidak terstruktur, silabus.

2. Standar Proses,
Dokumen (Bukti Fisik) Standar Proses:
RPP,  Komponen RPP (KI, KD, Indikator, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dst.),  dokumen supervisi kepala sekolah, hasil penilaian, proses pembelajaran tindak lanjut, pengayaan, ramedial, dokumen tindak lanjut hasil evaluasi.

Untuk bukti lengkap standar proses sesuai dengan komponen dan instrumen bukti fisik, silahkan simak penjelasannya disini.

3. Standar Kompetensi Lulusan (SKL),
Dokumen:
Kegiatan pembiasaan, bukti kegiatan literasi, kegiatan kesiswaan, kegiatan workshop diluar/didalam kelas, lomba karya ilmiah, penilaian, tata-tertib sekolah, penghargaan siswa, dokumen pelaksanaan UN (Ujian Nasional).
 
4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan,
Dokumen (Bukti Fisik):
Bukti Ijazah Guru S1, Ijazah kepala sekolah, kepala perpustakaan, sertifikat kepala laboratorium, tenaga kependidikan (satpam, pesuruh,dll) Sertifikat Pendidik, Surat Keterangan mengajar (SK sekolah/yayasan),  dokumen mengajar (absensi siswa, daftar nilai, daftar siswa berpretasi, daftar nilai siswa, jumlah siswa, kompetensi pedagogik, guru BP/BK.

5. Standar Sarana dan Prasaran (SarPras),

6. Standar Pengelolaan,
Bukti fisik standar pengelolaan silahkan bisa baca disini.

7. Standar Pembiayaan, dan
8. Standar Penilaian
Bukti Fisik Standar Penilaian:
  1. Kumpulan Administrasi harian guru dengan siswa, seperti: kumpulan soal ulangan harian, analis ulangan harian, soal PAS dan PAT serta analisis, soal ulangan tengah semester (UTS) dan ulangan tengah semester genap.
  2. Soal rubrik dan potofolio
  3. KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) berdasarkan wawancara dengan siswa
  4. Buku Rapor Siswa yang sudah ditandatangani orang tua siswa
  5. Dokumen penetapan KKM melalui hasil musyawarah guru
  6. Dokumen hasil ulangan
  7. RPP
  8. Kisi-kisis PTS, PAT, PAS
  9. Aturan penskoran nilai siswa
  10. Nilai pengetahuan, nilai keterampilan, dan nilai sikap (tes lisan, tulisan, dan tugas siswa)
  11. Daftar nilai keterampilan, dibuktikan dengan: nilai praktik, nilai portofolio, nilai proyek. makalah dll.)
  12. Semua analisis butir soal seperti analisis PTS, PAT, PAS, dll)

Dokumen bukti fisik 8 standar tidak harus lengkap sempurna 100 persesn, yang penting ada sebagian data yang mewakili beberapa instrumen yang ada.

Demikian Dokumen 8 Standar Nasional Pendidikan. Data-data diatas masih banyak kekurangannya, silahkan jika ada yang kurang bisa tambahkan dan bisa cari referensi lain terutama dokumen akreditasi 8 Standar Pendidikan.

Kata Kunci:
  • 8 Standar Pendidikan
  • 8 Standar Pendidikan Nasional
  • 8 Standar Pendidikan (Persiapan Akreditasi)
  • 8 Standar Pendidikan Nasional

7 comments for "Download 8 Standar Pendidikan Nasional (Dokumen Bukti Fisik Akreditasi Sekolah) "

  1. Terima kasih atas info tentang 6 Standar Nasional Pendidikan semoga berkah dan sehat selalu

    ReplyDelete
  2. Terimakasih informasinyasangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Terimakasih informasinya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Terimakasih informasinya sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tinggalkan saran, atau masukannya