Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Bermain Pokemon GO di Smartphone Android

Cara Bermain Pokemon GO di Smartphone Android - Membahas tentang Game pokemon go memang sedang hangat-hangatnya yah ,,, nah mungkin sebagian sudah tahu apa itu pokemon go ? Game yang satu ini memang menarik perhatian masyarakat indonesia. Bagi kalian yang belum tahu bagaimana cara bermain pokemon go berikut ini saya akan bercerita tentang bagaimana cara bermain pokemon go di handpone android :

Nah, untuk menangkap Pokemon pertama anda harus mencari dulu Pokemon disekitar anda. Pokemon tidak akan muncul dengan sendirinya di layar smartphone anda, jadi anda harus mencari dengan berjalan-jalan, berkeliling lingkungan tempat tingga anda.

Bukalah permainan Pokemon Go. Pokemon biasanya bersembunyi di lokasi-lokasi tertentu. Jika ada Pokemon di dekat anda, maka ponsel (atau tepatnya permainan/aplikasi ini) akan memberitahu anda kalau ada Pokemon disekitar anda. Ketuk pada Pokemon yang muncul di Peta, maka anda akan masuk ke antarmuka untuk menangkap Pokemon.

Di antarmuka ini anda akan melihat Pokemon dikelilingi cincin berwarna. Tergantung warnanya, warna ini menunjukkan seberapa sulit menangkap Pokemon tersebut:

Hijau: mudah
Kuning: Menengah
Merah: sulit
Karena Pokemon Go bekerja secara augmented reality (realitas tertambah), Pokemon yang muncul di layar seakan-akan seperti berada di depan mata kita. Anda bisa menangkap Pokemon menggunakan Pokeball. Cukup arahkan Pokeball  ke arah Pokemon dan tembak Pokemon tersebut. Jika tembakan anda tepat, maka Pokemon akan masuk ke Pokeball.

Dengan pergi atau berjalan ke lokasi yang lebih jauh, biasanya anda akan menemukan Pokemon yang berbeda-beda pula dan jarang anda temui. Jadi jangan malas untuk bergerak untuk mendapatkan Pokemon yang lain.

Nah, level Kekuatan Tempur (CP atau Combat Power) Pokemon ini berbeda-beda. Namun jangan minder dengan lemahnya kekuatan tempur Pokemon yang anda dapatkan. Karena anda adalah pelatih, anda bisa meningkatkan  kekuatan tempurnya, namun dalam Pokemon Go anda meningkatkannya menggunakan dua sumber yaitu:

STARDUST, yang bisa anda dapatkan bersama Pokemon yang anda tangkap, dan
Candy, yang bisa anda dapatkan dengan menangkap duplikat dari Pokemon yang ingin anda naikkan levelnya.
Untuk meningkatkan level Pokemon “Zubat” misalnya, anda harus menggunakan STARDUST dan CANDY, lebih banyak jumlah STARDUST dan CANDY yang anda gunakan maka akan semakin kuat CP-nya.

Pokéstops

Pokéstops adalah landmark penting yang ditandai pada peta yang biasanya berupa kotak biru yang bisa anda singgahi untuk mendapatkan dan mengumpulkan lebih banyak item. Jika anda berada di dekat Pokéstops, maka ikon ini akan berkembang dan berubah menjadi ikon Pokeballs yang berputar. Tekan atasnya untuk mendapatkan berbagai item seperti Pokeballs, Candy, Potions, Egg, dan berbagai item lainnya. Ngomong-ngomong soal telur (Egg), untuk menetaskannya anda harus berjalan-jalan, jadi bukan ngangkrem di kamar seperti ayam ya. 😀

Beberapa item dalam Pokéstops hanya bisa dibeli menggunakan Pokecoins, Pokecoins ini bisa diperoleh melalui pertempuran gym. Cara paling mudah tentu dengan membelinya langsung melalui fitur pembelian dalam aplikasi (in-app purchase) yang sudah menjadi bagian dari fitur Pokemon Go.

Bagaimana Cara Meningkatkan Level Karakter Trainer?
Bukan Cuma Pokemon saja yang bisa ditingkatkan kekuatannya, karakter anda juga bisa ditingkatkan. Namun umumnya meningkatkan kemampuan anda sebagai seorang trainer bisa melalui setiap kegiatan dalam permainan seperti menangkap Pokemon, bertarung di gym dan mengunjungi Pokestops.

Setiap mencapai level baru, anda akan diberi hadiah item. Lalu setelah mencapai level 5, anda diberi kesempatan untuk masuk ke dalam tiga tim (faksi) yang dibedakan dengan kode warna. Tim tersebut adalah merah untuk Team Valor, kuning untuk Team Instinct, dan biru Team Mystic. Dengan begini anda memiliki kesempatan untuk melakukan pertempuran bersama trainer lainnya dalam gym.

Dari Tadi Ngomongin Gym, Apa sih Gym?
Gym ini bisa dibilang sebagai pusat pertarungan atau atau melatih Pokemon, namun biasanya berlokasi di tempat-tempat besar di dunia nyata, ya intinya berhubungan dengan tempat di dunia nyata. Dalam peta, gym ini ditandai dengan tower yang menjulang tinggi berwarna emas dan silver. Disini anda bisa bertempur atau melatih Pokemon lainnya. Jika gym dipegang oleh tim anda, maka anda bisa memilih satu Pokemon dan melatihnya bersama anggota lain yang sama-sama ada di faksi/tim anda, juga mengadu Pokemon anda. Namun gym ini biasanya dijaga oleh trainer lain dengan Pokemon lain yang lebih kuat.

Ini juga akan meningkatkan jumlah prestise yang berhubungan dengan gym, yang pada gilirannya akan memberikan bonus harian berupa STARDUST dan Pokecoin yang lebih tinggi. Anda juga bisa menjaga benteng gym dengan menambah satu Pokemon lagi dari koleksi Pokemon anda. Oh ya, bertarung di gym juga memberikan pengalaman kepada Pokemon yang bisa meningkatkan CP, XP dan HP mereka.

Pertempuran Pokemon ini sebenarnya tidak ada bedanya dengan permainan dalam game boy klasik, namun lebih sederhana. Kita bisa menggunakan dua serangan saat bertarung dengan trainer lain dalam gym, yaitu serangan dengan dampak yang rendah yang bisa dilakukan dengan men-tap (ketuk) pada Pokemon lawan, dan serangan lain dengan dampak yang lebih kuat bisa dilakukan dengan “tap dan tahan” pada Pokemon lawan untuk mengeluarkan serangan spesial.

Musuh tentu juga bisa menyerang Pokemon kita. Nah, kita bisa menghindarinnya dengan menggesek ke kiri dan kanan. Kita juga bisa menyembuhkan Pokemon kita yang terluka menggunakan item yang kita beli di Pokestops. Pertempuran akan terus berlanjut sampaisalah satu Pokemon yang bertarung pingsan.

Tips:
Dalam bertarung, pastikan anda memilih Pokemon yang kuat atau berkebalikan dengan jenis Pokemon lawan anda. Misalnya, jika Pokemon lawan anda berjenis Pokemon Air, maka anda harus menggunakan Pokemon api. Begitu pula sebaliknya. Pokemon Api juga efektif terhadap Pokemon rumput.

Berbagai Item di Pokemon Go dan Cara Mendapatkannya
Pokéball / Great Ball / Ultra Ball: Bola Pokemon yang menjadi senjata anda untuk menangkap Pokemon. Masing-masing bola Pokemon ini akan terbuka berdasarkan level yang anda capai. Level awal anda hanya bisa mengandalkan Pokeball, level 12 anda bisa menggunakan Great Ball, dan level 20 anda bisa menggunakan Ultra Ball. Jika level anda sudah tercapai. Pokeballs biasa bisa anda beli di Pokestops menggunakan Pokecoins.
Potion / Super Potion / Hyper Potion: Ramuan yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan Pokemon selama pertempuran dengan Pokemon lain, bisa dibeli di Pokestops.
Revives: Kalau anda kalah dalam pertarungan Pokemon dan Pokemon anda pingsan setelah bertempur, anda bisa membangunkannya menggunakan item ini.
Lucky Egg: Item ini bisa menggandakan pengalaman yang akan anda dapatkan setengah jam setelah menggunakannya. Item ini bisa anda peroleh menggunakan Pokecoins di toko.
Razz Berries: Item tingkat tinggi yang bisa anda peroleh jika anda sudah level 8. Item ini bisa digunakan untuk Pokemon yang levelnya sudah tinggi untuk membantu agar tidak melarikan diri. Jika anda sudah mencapai level 8, anda bisa menemukan Razz Berries di Pokestops.
Egg Incubator: Inkubator untuk telur (biasanya berisi Pokemon langka) anda agar lebih cepat menetas. Ini digunakan untuk menetaskan telur. Namun untuk permulaan anda hanya dibekali satu inkubator saja secara gratis yang gunanya pun terbatas. Jika ingin menggunakan lebih banyak inkubator anda bisa menemukannya di Pokestops atau membelinya menggunakan Pokecoins. Telur ini akan menetas dalam incubator selama anda berjalan kaki dengan jarak tertentu, yang biasanya 2-5 kilometer.
Lure Module: item yang bisa digunakan sementara, bisa diterapkan di Pokestops. Dengan item ini, kemungkinan anda menemukan Pokemon liar di Pokestops untuk semua pengguna didekatnya. Anda bisa menemukannya di Pokestops atau membelinya menggunakan Pokecoins
Incense: Item yang bisa digunakan sementara untuk meningkatkan kemungkinan pengkodean Pokemon liar untuk pengguna item selama setengah jam berikutnya setelah digunakan. Item ini bisa ditemukan di Pokestops atau bisa juga dengan membelinya di Pokecoins.
Tips untuk Pelatih Pokemon
Belilah baterai ekstra, Pokemon Go sangat menguras baterai perangkat anda.
Tidak seperti dalam anime-nya yang memiliki Pokemon Center, yang satu ini tidak akan anda temukan dalam permainan. Sehingga untuk menyembuhkan Pokemon anda tetap harus menggunakan Potions.
Kembangkan terus Pokemon anda sampai setidaknya level 10.
Tidak harus berjalan, menggunakan sepeda juga bisa jadi cara lain menetaskan telur anda.
Jangan sampai dehidrasi saat Berburu Pokemon
Melihat langsung Pokemon di dunia nyata lebih menyenangkan. Jadi sering-seringlah mematikan antarmuka augmented reality. Namun ini akan membuat kamera ponsel anda aktif, sehingga lebih cepat menguras baterai. Gerakan secara tiba-tiba juga membuat Pokemon lebih sulit ditangkap.
Perhatikan lingkungan sekitar saat Berburu Pokemon. Jangan sampai menyeberang jalan yang padat lalu lintas hanya demi menangkap Pikachu yang berada di kolong truk.
Hemat konsumsi baterai ponsel anda dengan mengunduh dan menginstal langsung Google Maps. Karena Pokemon Go mengandalkan peta langsung Google Maps.