Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Agar Blog Menjadi Ranking 1 di Google

Inilah 5 Cara Agar Blog Menjadi Ranking 1 Di Google - Pertanyaan besar yang sering muncul dikalangan pemilik blog/website, baik itu blog tentang informasi, tutorial, game, pendidikan, bisnis, dan lainya, yaitu bagaimana caranya ketika kita membuat postingan/artikel bisa tampil dihalaman pertama atau menjadi ranking 1 di Google sesuai dengan kata kunci yang telah kita buat . Tapi saya pastikan bahwa tidak semudah membalikan telapak tangan ketika kita menjawab pertanyaan tersebut. Kenapa ? karena pasti para blogger terutama blogger pemula akan sedikit frustasi terlebuh dahulu dikarenakan ketatnya persaingan di dunia SEO.

Semakin hari semakin sulit saja agar blog atau postingan yang telah kita buat tampil di halaman pertama atau menjadi ranking 1 di mesin pencarian Google. Apalagi blog kita tergolong blog baru. Namun gak usah khawatir karena segala sesuatu pasti ada jalan keluarnya jika memahami tips agar blog ranking 1 Google, terutama memahami ilmu SEO. Tidak ada yang mustahil kok ...hehe.
5 Cara Menjadikan Ranking 1 di Google
Cara Agar Blog Menjadi Ranking 1 Google
Untuk memahami apa yang harus kita lakukan agar Blog menjadi cara ranking nomor 1 di Google, maka terlebih dahulu kita harus memahami dua hal yang berbeda:
Pertama, kita harus memahami faktor-faktor apa yang Google gunakan untuk menentukan halaman yang kita buat harus di peringkat nomor 1. Lebih jelasnya memahami algoritma google.
Kedua, kita harus mengetahui dan memahami semua alasan di balik itu, mengapa halaman yang menjadi ranking 1 google sekarang adalah peringkat yang lebih tinggi.
Jadi muaranya adalah sebelum kita menentukan judul artikel lalu membuat postingan apapun, maka muaranya ialah pemahaman kita terhadap google itu sendiri, dan memahami para pesaing kita.

Memahami Algoritma Google

Saya tidak mengklaim bahwa mengetahui setiap detail tentang algoritma peringkat Google. Tentunya yang mengetahui dan memahami algoritma google adalah tim algoritma engineering Google. 

Mereka adalah satu-satunya yang mengetahui setiap faktor yang ada di google. Selain itu, faktor peringkat berubah dari waktu ke waktu pula. Metode yang bekerja pada tahun ini mungkin tidak bekerja pada tahun berikutnya.
 
Algoritma Google adalah sebuah rancangan perhitungan yang sangat terstruktur tahap demi tahap untuk sebuah proses pencarian google. Pada sistem mesin pencari google terdapat beberapa algoritma yang telah ditanam untuk mengolah data dari setiap halaman web diantaranya memperoses nama domain, link, onpage, konten dan juga memproses popularitas blog/web itu sendiri.

Proses algoritma inilah yang kemudian akan memberikan peringkat pada setiap halaman blog/web menurut kueri yang dimasukan pencari. Demikianlah kira kira kinerja dasar dari sebuah algoritma.Untuk menjadikan ranking/peringkat nomor 1 di google tentunya ada beberapa faktor penting dan kemudian ada banyak yang melupakan faktor-faktor tersebut.
 
Dan faktor yang lebih penting ternyata google ketika melakukan pencarian, maka dengan caranya sendiri. Google akan mencari dan menunjukkan persis yang google cari dan mau.

Google akan mencoba menunjukkan halaman yang paling relevan dengan konten blog/web tersebut. Google juga ingin menunjukkan pencari halaman yang paling populer pada topik-topik pembahasan. Sehingga google menunjukkan bahwa halaman tersebut kualitasnya sangat tinggi.
 
Semua analisis yang dilakukan google ini tiada lain dalam upaya mereka untuk menentukan relevansi, popularitas (otoritas) dan kualitas.

Jika halaman kita peringkatnya tinggi, maka tentunya kita ingin meyakinkan ke Google bahwa halaman yang kita buat itu sangat relevan, blog/web kita populer, dan tentunya halaman yang kita buat berkualitas tinggi.
  • Lebih relevan = peringkat yang lebih tinggi
  • Lebih populer = peringkat yang lebih tinggi
  • Menjaga kualitas tinggi biasanya = peringkatnya akan lebih tinggi
Berikut ini 5 Cara Agar Blog Menjadi Ranking 1 di halaman Google:

1. Judul Halaman
 
Judul halaman sangatlah penting ketika kita membuat artikel, karena judul halaman merupakan gambaran deskripsi yang cukup akurat tentang apa yang ada dalam isi konten artikel tersebut. Jadi jika sobat menargetkan frase kata kunci tertentu dengan halaman tertentu, maka pastikan menggunakan frase kata kunci/keyword dalam html judul halaman.

Judul halaman setidaknya harus tiga kata utama dan juga harus memiliki kata-kata turunan yang benar jika hasilnya ingin maksimal. 

Usahakan juga judul mudah dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine pasti membaca judul dan deskripsi tulisan di search engine sebelum masuk ke blog.
 
Jika judulnya kaku dan tidak enak dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP, dan google jadi berfikir. Bisa jadi artikel tampil dihalaman pertama tapi kenapa sepi pengunjung, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

2. Teks pada halaman
 
Hal kedua yang menjadikan perbedaan besar adalah teks pada halaman. Search engine dapat membaca kata-kata dengan cukup mudah. Jika kita memiliki halaman dengan setidaknya beberapa ratus kata di atasnya, maka itu sangat mudah mesin pencari untuk memberitahu konten penting pada halaman tersebut.

Disarankan teks artikel yang kita buat setidaknya berjumlah 1.500 kata atau lebih.

Mengapa harus 1.500 lebih ? jawabannya: teks halaman yang jumlahnya 1.500 kata lebih, maka peluangnya lebih besar dikenal oleh mesin pencari google. Namun yang paling penting harus tetap menjaga kualitas kontennya.

3. Kata Kunci / keyword

Hal ketiga yang membuat perbedaan besar untuk menjadikan ranking 1 google adalah kata kunci/keyword. Peran kata kunci dalam SEO itu sangat vital sekali. Kata kunci ini biasanya kita letakan pada judul artikel, pada meta tag, pada lokasi-lokasi tertentu yang memang strategis didalam artikel.

Sebelum menentukan judul artikel, biasakan melakukan riset kata kunci agar artikel yang kita buat tidak sia-sia, dan supaya trafik blog terus naik secara signifikan.

Lalu dalam membuat kata kunci harus relevan dengan topik pembahasan. Buatlah kata kunci yang banyak diminati pengunjung, atau kata kunci yang sedang ngetren.

Kata kunci idealnya dua kata atau tiga, dan yang lainnya adalah long tail keyword atau sederhananya turunan dari kata kunci itu sendiri.

Saya ambil contoh sederhana, misalkan kata kunci Game Fifa 17, maka kita tulis untuk judul artikelnya seperti ini:
  • Jual game Fifa 17 terbaru di Bandung
  • Tips trik bermain game Fifa 17 di PC
  • Cara install game Fifa 17 original dengan mudah
Nah, dari contoh kata kunci tadi, kita bebas memilih mau yang mana judul artikelnya tergantung isi artikel yang akan kita buat. Kalau hemat saya dari contoh kata kunci diatas yang lebih bagus yaitu "Jual Game Fifa 17 Terbaru di Bandung"

Hal-hal yang perlu diperhatiakan ketika membuat kata kunci:
Tidak direkomendasikan kata kunci berulang-ulang dalam satu judul, Selanjutnya membuat dua judul dengan kata kunci yang sama dalam satu blog/web karena mesin pencari tidak menyukainya
Pengalaman saya pernah membuat dua judul yang sama akhirnya artikel tersebut entah kemana perginya. Dan ternyata masalahnya ada disini.

4. Kualitas Backlink

Ketika kita akan membangun rumah, maka pondasinya harus kuat dan teruji. Sama halnya dengan blog/web kita. Maka blog tersebut supaya berkualitas gunakanlah backlink yang berkualitas. Karena backlink berkualitas memang sudah menjadi hal yang sangat di butuhkan dalam dunia blogging.

Mempunyai backlink yang banyak menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemilik blog. Backlink berkualitas sangat di butuhkan untuk menunjang kemajuan blog itu sendiri. Backlink juga sangat berpengaruh terhadap pengunjung yang kita dapatkan nantinya.

Bagaimana cara membuat backlink yang berkualitas ?

Sebetulnya banyak cara untuk membuat backlink, namun cara membangun backlink yang berkualitas pastinya tidak mudah. Inilah tips sederhana membuat backlink yang berkualitas:
  • Carilah backlink yang berkualitas yang didapat secara alami. Jadi sobat misalkan kita mempunyai 200 backlink yang berkualitas, maka bisa jadi akan menggeser blog/web yang mempunyai 2000 backlink yang tidak alami.
  • Carilah backlink yang di dapat dari Blog Relevan. usahakan memberikan komentar pada blog yang mempunyai niche yang sama denagn blog Anda. Istilah lain one way backlink.
  • Carilah backlink dari blog/web yang berpagerank tinggi. Silahkan kita berkomentar di blog tersebut, namun jangan melakukan spam.
5. Menganalisa Pesaing

Bagiamana kita mau menjadi ranking 1 di google, apabila kita tidak mengetahui siapa pesaing kita sendiri. Karena keberhasilan blog kita salah satunya ialah memahami dan mengetahui pesaing kita. Apalagi blog/web kita umurnya baru 1-5 bulan saja, tentunya tidaklah mudah menjadikan peringkat 1 google karena akan berhadapan langsung dengan blog/web besar yang sudah punya nama, dan google belum percaya dengan blog baru kita.

Nah, setelah menganalisa dan mengetahui kata kunci yang akan kita tembak persaingannya ketat dan tidak memungkinkan, maka solusinya cobalah membuat judul artikel dengan mencari kata kunci yang persaingannya rendah.

Dengan cara tersebut, maka keuntungan bagi blog yaitu:

  • Akan berada di ranking ke 1 google,
  • Akan mendapatkan banyak pengunjung tanpa perlu menunggu lama
  • Dan yang paling penting adalah reputasi di google sedikit demi sedikit akan terbentuk
Demikianlah artikel 5 Cara agar blog menjadi Ranking 1 di Google. Sebetulnya banyak sekali faktor-faktornya, yang kita bahas diatas tadi hanyalah sebagian faktor penting.
 
Yang paling utama khususnya bagi blog/web baru, teruslah membuat postingan/artikel yang berkualitas, idealnya buatlah perhari satu artikel, kalau tidak mampu minimal 3 hari sekali. Karena saya rasa cara-cara diatas semuanya sudah mampu dan telah mengaplikasikannya.
 
Terima kasih atas kunjungannya, dan semoga bermanfaat. Silahkan berkomentar yang relevan dan tidak membuat spam.


51 comments for "5 Cara Agar Blog Menjadi Ranking 1 di Google"

  1. oh jadi begitu ya mas hanya tim algoritma engineering Google saja yang memahami , makasih deh infonya

    ReplyDelete
  2. makasih mas infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Dari sekian banyak ulasannya, gue belum pernah menerapkan dengan baik. Lebih sering gue abaikan.

    ReplyDelete
  4. Aku nulis cuma 300 kata gan perhari

    ReplyDelete
  5. Kalau saya sering banget ngasih beberapa keyword dalam satu artikel, apa bahayanya benar benar bisa diabaikan sama mesin pencari?

    ReplyDelete
  6. hadeh -_- sangat menambah wawasan banget , blog ane susah banget dapet rank 1 nya hehehhe :D tapi untung aja ada tips nya disini , jadi ane bisa belajar disini :) izin save ya gan :D

    ReplyDelete
  7. Betul banget nihhh makasih informasnya,,harus disebarluaskan infonya ke teman teman ane..nice gan

    ReplyDelete
  8. Mantap ulasannya, informasinya benar-benar bermanfaat.

    Jujur saya masih kesulitan urusan backlink sama kata kunci itu, terutama riset keyword. Jadinya yah harus belajar lagi dah biar nge-blog bisa berkembang.

    Thanks ya sharenya ....

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah, biasanya juga sering optimasi blog. Semoga tambah oke deh... Salam admin SURGA BLOGGING

    ReplyDelete
  10. saya yg belum ngerti2 adalah tentang meta tag & peletakan keyword pada sebuah artikel.

    ReplyDelete
  11. Bener bener info yang keren, patut untuk saya ikuti ini...makasih gan infonya

    ReplyDelete
  12. wah masih banyak belajarini tentang cara ranking 1 di google nice info gan

    ReplyDelete
  13. terimakasih atas ilmu nya gan.. susah bener biar blog bisa rank 1

    ReplyDelete
  14. sangat lengkap caranya mas, membantu banget buat saya yg masih newbie

    ReplyDelete
  15. Penjelasannya lengkap. Bermanfaat banget

    ReplyDelete
  16. mantap gan artikeul nya bermanfaat :) sering sering update artikel ya

    ReplyDelete
  17. Saya ada software yang boleh membantu anda untuk menaikkan ranking website di google sila contact saya di google plus dan nanti saya akan bagi link untuk mendapatkannya...tq

    ReplyDelete
  18. kuncinya ingin menjadi no 1 di google kita sudah terdaftar di webmaster, ketika sudah terdaftar kita harus rajin untuk publish dan perbaharui akun postingan yang kita punya, dengan lambat laun akan cepat di urutan pertama, sedangkan jika kita mau dapat nilai bagus di sekolah kita harus rajin untuk belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat setuju teman rajin terus update artikel jangan kopas dan selalu terapkan SEO nya

      Delete
  19. ternyata susah juga yah gan, hemem tapi patut dicoba dulu nih,, suwun :)

    ReplyDelete
  20. saya setuju dengan ini tapi harus di butuhkan Seo juga gan

    ReplyDelete
  21. Bermanfaat nih gan !! Thanks udah bagi tipsnya :D

    ReplyDelete
  22. Makasih Gan Artikel Nya sangat membantu

    Beri Pendapat blog saya gan
    amazing-bloggerr.blogspot.com

    ReplyDelete
  23. Gan punya say a kok kata kunci nya gak keluar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya gak keluar di google gan! belum submit mungkin

      Delete
  24. Wah Boleh di coba nih ilmunya siapa tahu ngalahin web besar... heheheheh :D

    ReplyDelete
  25. Terimakasih banyak pak. Infonya sangat membantu.

    ReplyDelete
  26. sangat membantu sekali...
    ijin bookmark dulu :)

    ReplyDelete
  27. wahh artikel bermanfaat nih, memang susah sekali menjadi ranking 1 di google

    ReplyDelete
  28. Kata kunci itu ngaturnya dimananya ya ? Post kah ? Atau dimana ? Jujur saya belom tau

    ReplyDelete
  29. ternyata susah juga agar blog bisa page one. terima kasih gan infonya

    ReplyDelete
  30. berguna nih buat blog saya. maksih mas infonya

    ReplyDelete
  31. ijin bookmark gan sangat membantu (y)

    ReplyDelete
  32. Sulit ya, entah kapan blogku bisa ada di peringkat satu-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar gan punya ana juga gak semua page one

      Delete
  33. 6 tips ini bagus bisa meningkatkan artikel di halaman no 1... Nice info

    ReplyDelete
  34. Wihihiih..Mudah Mudahan Blog Saya bisa rangking satu mas.. Amin

    ReplyDelete
  35. Wah, penting bgt ini .. artikelnya mantap gan

    ReplyDelete
  36. Nice info gan... Jadi tambah pengetahuan

    ReplyDelete
  37. Sangat bermanfaat gan! Makasih^-^

    ReplyDelete
  38. menganalisa pesaing maksudnya apa ya gan?

    ReplyDelete
  39. jangan lupa untuk riset keywords gan :D

    ReplyDelete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tinggalkan saran, atau masukannya