Apa Itu SEO? Pengertian dan Teknik Dasar SEO pada Website

Apa Itu SEO ? Pengertian dan Teknik Dasar SEO pada Website / Blog - Kali ini cariduit-dot akan membahas pengertian SEO dan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemilik blog/web, sesuai dengan judul yaitu Pengertian dan teknik dasar SEO pada blog/web. Kenapa teknik dasar SEO harus dikuasai ? Karena semenarik apapun blog kita, sebagus apapun blognya kalau tidak ada pengunjungnya, akan terasa lebih hampa dan sepi, jualan atau promosi kita tidak akan laku. 

Sebetulnya pembahasan SEO ini paling menarik sekali, karena didalamnya penuh dengan trik dan tips. Menguasa SEO itu diibaratkan orang yang sedang mengikuti sebuah kontes, dalam kontes tersebut siapakah yang akhirnya menjadi juara pertama, juara kedua, ketiga, dan juara yang paling terakhir.
 
Ketika sobat menulis sebuah artikel, lalu ingin disebarkan melalui blog/web, pastinya ingin tampil pada halaman pertama, banyak yang membaca, dan banyak yang komentar. Betulkan sobat ? Tapi buktinya, kok kenapa malah tampil pada halaman kedua, ketiga, atau paling akhir, bahkan sama sekali tidak terindex di Google. 

Baca juga: 5 Cara menjadikan ranking 1 di google
 
Nah, apa masalahnya kasus diatas tadi ?
Masalahnya, ketika pertama kali membuat blog/web, lalu menulis sebuah artikel, kemudian mempostingnya, ternyata tanpa mengetahui pengertian dan tentang teknik dasar-dasar SEO. SEO itu modal utama untuk untuk meraih kesuksesan.
Apa itu SEO ?
Apa Itu SEO? Pengertian dan Teknik Dasar SEO pada Website
Apa itu SEO Blog
SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman satu di mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing, dan Yahoo
 
Intinya SEO itu cara agar artikel/postingan blog berada pada halaman pertama di mesin pencarian. Bukan perkara mudah untuk menjadikan artikel kita nongkrong di halaman pertama, karena persaingannya sangat ketat sekali, tapi dengan menguasai teknik dasar SEO dan cara menentukan kata kunci yang benar, maka tidak ada yang mustahil.
 
Salah satu Contoh SEO Organik
 
Mengapa organik ? karena cara ini hasil pencarian alami tanpa bayar, dan tanpa iklan.
 
Misalkan Saya mempunyai artikel dengan kata kunci yang dibidik, “cara membuat quote posting Blog”, lalu saya optimasi dengan cara SEO supaya berada di halaman pertama Google. Maka hasilnya alhamdulillah walaupun berada pada urutan ke 8 tapi setidaknya masih ada di halaman pertama Google karena jumlah pencariannya juga sangat banyak. Contoh SEO organik:
Apa Itu SEO ? Pengertian dan Teknik Dasar SEO pada Website

Yang Saya perhatikan selama ini kunci SEO adalah buatlah artikel yang natural, tanamkan SEO nya, terbitkan, submit, lalu tunggu dengan sabar nanti juga muncul di Google, dan peringkat itu biasanya terus berubah, tergantung jumlah artikel relevan yang kita buat.
 
Contoh bukan SEO Organik
Apa Itu SEO? Pengertian dan Teknik Dasar SEO pada Website
Mengapa bukan organik? Karena cara ini tidak alami, dan tentunya berbayar
 
Keuntungan SEO untuk Blog/Web
Tentunya inilah ending dari hasil SEO yang telah kita terapkan, yaitu beberapa keuntungan buat blog/web kita. Sebetulnya banyak sekali keuntungan yang kita dapatkan, namun saya akan jelaskan beberapa saja, silahkan simak dengan baik-baik. Berikut ini beberapa keuntungannya:
 
1. Mendatangkan Trafik yang lebih Banyak
Trafik yang banyak harus menjadi target sebuah blog/web. Buat apa cape-cape membuat blog, lalu menulis artikel tanpa ada pengunjungnya, sepi kayak kuburan he..he. Maka dengan cara menguasai teknik dasar SEO, cerdik dalam menembak kata kunci misalkan dengan menggunakan Google Planner, Ubersuggest, maka semuanya akan terjawab. Blog kita akan berada di halaman pertama mesin pencari, dan akan dibanjiri para pengunjung.
 
2. Meningkatkan daya jual sebuah produk
Keuntungan ini sangat dirasakan sekali khususnya oleh situs-situs penjual produk, seperti bukalapak.com, lazada.co.id yang menjual beraneka ragam barangnya, seperti elektronik, komputer, kesehatan, kecantikan dan lainnya. Rata-rata situs penjualan seperti ini tampil dihalaman pertama mesin pencari. Sebetulnya kita juga bisa menjual produk sendiri asalkan benar dalam mencari kata kunci penjualannya.
 
3. Meningkatkan persaingan
Inilah yang menjadi tantangan berat bagi pemilik situs blog/web. Kita harus bisa masuk pada persaingan tersebut apabila situs kita ingin maju. SEO adalah persaingan yang sangat menantang, dan sebagai rebutan.
 
4. Meningkatkan popularitas Blog/Web
Tentu tidaklah mudah menggapai popularitas, karena membutukan pengorbanan, dan memerlukan waktu. Rasanya tidak mungkin blog baru bisa langsung terkenal. 

Lihatlah sobat, bloger bloger terkenal yang sudah merasakan manisnya.seperti: PanduanIM yang menjadi salah satu referensi atau ide-ide saya, Mas Sugeng, Eka Lesmana, Juragan Cipir, dan lainnya. Ternyata kuncinya ialah menguasai SEO. Itulah salah satu keuntungan yang didapatkan dari SEO.
 
Dasar/teknik SEO yang wajib Sobat kuasai
 
Menguasai dasar atau teknik SEO itu diibaratkan seperti pondasi yang menjadi penopang keberhasilan suatu Blog/Web. Apabila SEO nya kuat, maka Blog/Web tersebut akan kuat dimata pencarian Google.
Kita buktikan yuk, begini, Blog/Web yang kuat SEO nya, maka sulit sekali digeser atau terlempar dari halaman pertama. Sepertinya kayak diikat memakai tali. Berbagai kata kunci yang kita ketik di mesin pencarian, misalkan tutorial blog, maka yang akan keluar pasti situs yang sama.
Teknik SEO ini wajib difahami terutama para pemula di dunia search engine optimization karena hal tersebut merupakan suatu hal yang harus dan diterapkan. Itu juga jika ingin menjadi ahli seo atau membuat situs berada pada halaman/posisi satu google dengan kata kunci yang telah ditarget.
 
Teknik dasar SEO itu ada dua, namun ada juga yang berpendapat ada tiga, yaitu ditambah Riset Keyword. Sah-sah saja sebetulnya, karena pada dasarnya semuannya benar. Yang keliru itu yang sama sekali tidak memakai SEO.
 
Nah, untuk lebih jelasnya tentang pembagian SEO, mari kita bahas satu persatu berikut penjelasannya:
 
1. SEO on page
 
SEO on page ialah merupakan teknik mengoptimisasi halaman website dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget kedalamnya. 

Baca Juga: 15 Cara Optimasi SEO On Page Blog Yang Berkualitas

Keuntungan dari SEO on page ini yaitu situs kita akan lebih dinilai relevan oleh google, apalagi dengan memakai backlink, maka tidak mustahil akan nongkrong di halaman pertama Google.
 
Inilah teknik dasar SEO on page yang harus dikuasai:
  1. Title Tag
  2. Meta Description
  3. URL
  4. Heading (h1, h2, h3, h4, h5, h6)
  5. Image & Image ALt Tag
  6. Menambahkan Video
  7. Link to Site Authority
Tittle Tag
 
Title Tag itu sama seperti judul pada suatu postingan tetapi sedikit berbeda, umumnya title tag ini dibaca mesin pencari, jika title tag tidak diganti atau sama menyerupai judul posting maka yang muncul pada mesin pencari sebagai title tag yaitu judul postingan tersebut. 
Contoh gambar title tag:

Apa Itu SEO ? Pengertian dan Teknik Dasar SEO pada Website
Meta Description
 
Meta deskripsi adalah keterangan atau gambaran suatu halaman yang mendeskripsikan postingan halaman secara garis besar, meta deskripsi ini sangat penting untuk SEO bahkan pengaruhnya sangat besar sekali. 

Oleh karena itu, menggunakan dan mengoptimalkannya secara tepat akan menambah kekuatan SEO di search engine, atau setidaknya menjadi alat bagi blog untuk menarik pengunjung dari search engine

URL
 
Secara sederhana URL itu adalah rangkaian huruf yang membentuk sebuah link yang menuju halaman situs, contoh https://cariduit-dot.blogspot.co.id/2016/12/cara-membuat-quote-klasik-di-posting-blog.html. Jelas URL sangat berpengaruh pada SEO.
 
Untuk lebih jelasnya pengertian URL menurut wikipedia: baca disini
 
Heading
 
Heading ini merupakan salah satu teknik SEO yang harus dikuasai, dan harus diterapkan pada blog/web. Oleh sebab itu menerapkan tag heading dari h1 sampai dengan h6 sangat diperlukan. Sebetulnya banyak template blog yang sudah di optimasi SEO on pagenya saat ini. 


Untuk lebih memperjelas dan sebagai gambaran saja, inilah fungsi-fungsi h1,h2, h3, h4, 5 dan h6:
  1. Heading Tag H1 harus menjadi heading pada nama blog, dan juga judul postingan/artikel saat di halaman artikel.
  2. Heading Tag H2 sebaiknya dipakai pada judul artikel pada halaman beranda dan nama blog pada halaman artikel. Disarankan juga untuk deskripsi blog yang berada dibawah judul blog.
  3. Heading Tag H3 disarankan untuk judul widget, widget ini supaya lebih SEO terapkan di sebelah kanan sidebar
  4. Heading Tag H4 juga bisa untuk judul widget dan jumlah komentar pada blog
  5. Heading Tag H5 dipakai untuk nama pemberi komentar pengunjung
  6. Heading Tag H6 untuk link credit seperti Powered By Blogger
Image alt tag
 
Menambahkan image/gambar itu sangat penting sekali ketika membuat artikel, sebagai salah satu teknik SEO. Salah satu keuntungannya ialah halaman blog kita akan cukup mudah dikenali oleh mesin pencari Google.
Contoh gambar yang setelah diletakan image alt tag:

Apa Itu SEO ? Pengertian dan Teknik Dasar SEO pada Website

Keterangan:
Gambar yang telah diletakan Image alt tag, ketika membuka web gambar/image, maka akan keluar identitas gambar tersebut di search engine google.

Kenapa gambar itu sangat penting?
 
Begini, jika sobat membuat artikel yang kata kuncinya sangat ketat sekali dan cukup sengit dengan para pesaing sobat, maka memberi gambar adalah solusinya.
 
Nah, untuk optimasi gambar sobat harus meletakan Image alt tag. Caranya ketika gambar telah tampil pada halaman artikel, klik propertis pada image, lalu masukan judul artikelnya. Lebih bagus lagi gambar tersebut milik kita sendiri. Contoh gambar SEO:
 
Menambahkan Video
 
Jika memungkinkan, gunakanlah video untuk lebih memperkaya isi tulisan, memperkaya visualisasi, dan untuk lebih dikenal oleh mesin pencari Google.
 
Sehingga para pengunjung sangat dimanjakan dengan tulisan yang kaya informasi dan kaya visualisasi.
 
Mengutip dari Quicksprout.com, bahwa artikel yang disertai gambar  relevan, maka rata-rata dibaca 94% lebih banyak daripada konten tanpa gambar walaupun relevan.

Link to Authority Site
 
Apa itu Link to authority site? 

Link Authority Site merupakan sebuah posting yang di dalamnya terdapat link menuju situs – situs terpercaya / yang dipercayai google seperti youtube, wikipedia, facebook dan masih banyak lagi. Sebetulnya link ini sering kita gunakan ketika membuat referensi.

2. SEO Off Page
 
Apa sih SEO of page? Search Engine Optimization off page adalah cara mengoptimisasi suatu halaman dari luar situs (menggunakan backlink)

Apa itu Backlink ?
 
Backlink adalah link yang mengarah kepada situs web kita dari situs lain sehingga dapat meningkatkan SERP (Search Engine Results Page) pada Google.
 
Search Engine seperti Google sangat menyukai Backlink yang berkualitas yang artinya Backlink dari situs authority atau situs yang dipercayai Google dan mempunyai PR yang tinggi seperti Wikipedia, Twitter, WordPress, dan lain-lain.
 
Karenanya suatu situs akan di angkat posisinya oleh google jika mempunyai backlink dari situs authority tersebut, dan bahkan bisa menjadikan situs kita ranking tinggi dengan kata kunci yang di target jika mendapatkan backlink dari situs yang berPR tinggi.
 
Nah, Saya rasa sekian dulu artikel yang menjelaskan tentang: Apa Itu SEO ? Pengertian dan Teknik Dasar SEO pada Website.
 
Janganlah merasa cukup dengan satu referensi, semakin banyak referensi maka semakin banyak ilmu yang didapat.  Semoga bermanfaat, terima kasih atas kunjungan sobat sekalian, saya tunggu komentarnya, dengan komentar yang relevan dan membangun. 
 

Subscribe to receive free email updates:

43 Responses to "Apa Itu SEO? Pengertian dan Teknik Dasar SEO pada Website"

  1. weh penjelasan kumplit bener gan ,tapi sudah pake tehnik SEO pun kalau persaingannya banyak ya susah juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups,. bener banget bgitu komplit,.. dan sangat mudah untuk memahami :)

      Delete
  2. Kasih tips dong gan, cara optimasi SEo on page nya

    ReplyDelete
  3. Tehnik SEO itu kan berubah-ubah, karna logaritma google juga slalu berubah mas

    ReplyDelete
  4. Dulu waktu awal2 ngeblog saya tidak begitu memperhatikan tentang SEO tapi begitu tahu manfaat SEO, sekarang saya bisa sedikit-sedikit optimasi baik SEO On Page maupun SEO Off Page. :)

    ReplyDelete
  5. Ternyata SEO sangat penting buat kelangsungan dan kebaikan blog, saya coba praktekin satu persatu biar bisa nyusul blog seperti ini... Makasih min

    ReplyDelete
  6. ane praktekan langsung nih gan.... makasih banyak infonya :D

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Wah nice artikel nih.
    Pasti akan coba di praktekan nih.
    Walau masih newbie .
    H3h3 :D

    ReplyDelete
  9. berguna banget gan, mau langsung praktek, thanks

    ReplyDelete
  10. mantep nih gan infonya, menambah wawasan saya

    ReplyDelete
  11. terimakasih mas buat penjelasanya, walaupun belum begitu paham. harus belajar laagi nih, hehe

    ReplyDelete
  12. wahhh,, penjelasannya mantapp gan,, ini dia yg saya cari cari..
    smoga ini cocok bagii saya yang baru pemula. :)

    ReplyDelete
  13. sangat membantu saya ini artikelnya

    ReplyDelete
  14. Kalau heading apa benar benar berpengaruh ya? Padahal semua artikel saya tidak satupun memperhatikan yg satu ini :3

    ReplyDelete
  15. kayaknya emng sedikit susah nih buatku, apalagi belum punya pc, hadeuh,, tp tetap semangat belajar seo....

    ReplyDelete
  16. wah mksih gan,
    sangat membantu artikelnya-

    ReplyDelete
  17. Kalau ngomongin SEO memang bakal panjang sob... BTW ente punya trik SEO gak? Kalau punya bagi dong...

    ReplyDelete
  18. nice artikel gan, semoga blog ane bisa SEO :D

    ReplyDelete
  19. Makasi gan sangat bermanfaat untuk blogger pemula seperti saya

    ReplyDelete
  20. cukup membuat gambaran, namun pada intinya persaingan ngan ya ,emang susah banget tuh pengen nangkring di page one ,

    ReplyDelete
  21. tips nya bermanfaat :D tapi masih rada2 susah agar Naik PR..

    ReplyDelete
  22. sampai skrg saya belum terlalu paham dg seo, mgkin btuh refernsi lebih

    ReplyDelete
  23. sangat membantu dan bermanfaat sekali mas postingannya. :)

    ReplyDelete
  24. cocok nih buat saya yang lagi belajar seo boar blognya ada di page atas

    ReplyDelete
  25. trim gan untuk infonya semoga bermamfaat bagi pemula seperti saya

    ReplyDelete
  26. Sangat bermanfaat sekali, SEO yang paling berpengaruh adalah kualitas Konten . ITU

    ReplyDelete
  27. min..kalau gambarnya semakin banyak apa semakin bagus ya?

    ReplyDelete
  28. Susah nulis kalo mikirin seo gan wkwkwk

    ReplyDelete
  29. Makasih gan infonya, sekalian beri Tutorialnya donk kalo bisa? :D

    ReplyDelete
  30. Jdi dg menguasai teknik seo, blog kita akan makin baik.

    ReplyDelete
  31. bagus mas bsa diterapkan di blog saya

    ReplyDelete
  32. thanks gan, ini penting banget buat blog, sangat bermanfaat gan

    ReplyDelete
  33. Wah artikelnya sangat bermanfaat gan, tapi heading bukan untuk artikel ya ? agak bingung :3

    ReplyDelete
  34. Gan kira-kira kalau blog yang memiliki niche cerita fiksi atau semacamnya butuh seo gk gan?

    ReplyDelete
  35. ane masih baru dalam dulia blogging tapi saya akan praktekkan apa yang telah diajarkan di atas semoga blog saya bisa terkenal seperti blog anda

    ReplyDelete
  36. Makasih gan banyak membantu postingan ini. Bagi newbie seperti saya supaya tidak salah langkah

    ReplyDelete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tidak membuat spam, dan jangan lupa, tinggalkan saran, atau masukan teman-teman di kolom komentar. Terimakasih