Komponen RPP Kurtilas Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Edisi Terbaru
Komponen Penyusunan Format RPP Kurikulum 2013 Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Edisi Terbaru - Jika Anda seorang guru baik di sekolah dasar, sekolah menengah, dan sekolah atas, mempunyai RPP merupakan suatu kewajiban. Untuk meningkatkan mutu pendidikan maka RPP juga perlu terus dikembangkan sesuai dengan perkemabangan zaman. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Setiap pendidik berkewajiban menyusun RPP dengan lengkap dan sistematis agar pembelajaran berjalan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Format Baru Penyusunan RPP Kurikulum 2013 Permendikbud No. 22 Tahun 2016
RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih. Untuk lebih jelasnya inilah Format Terbaru Penyusunan RPP Kurikulum 2013 sesuai dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2016:
- Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
- Identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
- Kelas/semester;
- Materi pokok;
- Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
- Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
- Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
- Materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
- Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
- Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
- Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
- Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
- Penilaian hasil pembelajaran.
Itulah Format Baru Penyusunan RPP Kurikulum 2013 Permendikbud No. 22 Tahun 2016. Semoga bermanfaat
kalau RPP kurtilas ada penliaian 4 aspek yang harus dipenuhi
ReplyDelete