Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Program LDKS dan PDLK SMP/MTs, SMA/SMK Terbaru

Contoh Program LDKS dan PDLK SMP/MTs, SMA/SMK Terbaru -- LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SEKOLAH (LDKS) & PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS (PDLK)
Membangun Pribadi Siswa Yang Islami, Kuat, Amanah, Jujur dan Bertanggung Jawab

Contoh Program LDKS dan PDLK SMP/MTs, SMA/SMK Terbaru

TAHUN PELAJARAN 2017-2018

A.    Latar Belakang
Pendidikan bukan hanya bagaimana cara untuk memperoleh pengetahuan. Namun, pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman, sikap, dan ketrampilan serta  perkembangan diri anak. Kemampuan atau kompetensi ini diharapkan dapat dicapai melalui berbagai proses pembelajaran di sekolah. Salah satu proses pembelajaran yang digunakan untuk mencapai kompetensi diatas adalah melalui pembelajaran diluar kelas (outdoor).
Pembelajaran outdoor  merupakan satu jalan bagaimana kita meningkatkan kapasitas belajar anak. Anak dapat belajar secara lebih mendalam melalui objek-objek yang dihadapi dari pada jika belajar di dalam kelas yang memiliki banyak keterbatasan. Lebih lanjut, belajar di luar kelas dapat menolong anak untuk mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki. Selain itu, pembelajaran di luar kelas lebih menantang bagi siswa  dan menjembatani antara teori di dalam buku dan kenyataan yang ada di lapangan. Kualitas pembelajaran dalam situasi yang nyata akan memberikan peningkatan kapasitas pencapaian belajar melalui objek yang dipelajari serta dapat membangun ketrampilan sosial dan personal yang lebih baik.

Contoh Program LDKS dan PDLK SMP/MTs, SMA/SMK Terbaru

Pembelajaran outdoor yang akan dilakukan adalah studi lapangan. Studi lapangan merupakan salah satu bentuk pembelajaran outdoor dimana terjadi kegiatan observasi untuk mengungkap fakta–fakta guna memperoleh data dengan cara terjun langsung ke lapangan. Studi lapangan merupakan cara ilmiah yang dilakukan dengan rancangan operasional sehingga didapat hasil yang lebih akurat. Dalam kegiatan studi lapangan, siswa diajak mengunjungi ke tempat dimana objek-objek geografi yang akan dipelajari tersedia disana.
 
Melalui kegiatan studi lapangan siswa akan memiliki pengalaman belajar yang tinggi karena berinteraksi dengan objek geografi secara langsung. Selain itu, siswa dapat belajar lebih dalam dengan kegiatan lapangan daripada belajar secara tekstual melalui buku-buku. Hal ini disebabkan berbagai fenomena nyata yang tidak terdapat di dalam buku dapat diamati secara langsung sehingga memunculkan rasa ingin tahu siswa. Rasa ingin tahu akan mendorong siswa untuk mencari jawaban/belajar lebih keras.

Contoh Program LDKS dan PDLK SMP/MTs, SMA/SMK Terbaru

Sementara itu beberapa kelebihan dari pembelajaran  outdoor dengan melalui studi lapangan yaitu:
1.    Pembelajaran di luar kelas akan meningkatkan pencapaian pembelajaran melalui kemampuan mengorganisasi, pendekatan yang lebih baik karena belajar dari obyek langsung merupakan satu hal yang utama. Hal ini terjadi karena dalam pembelajaran di luar kelas kita tidak hanya memikirkan apa yang kita pelajari, tetapi juga memikirkan
2.    bagaimana dan kapan kita belajar.
3.    Pembelajaran studi lapangan dapat meningkatkan sikap kearah lingkungan yang lebih baik.
4.    Keterlibatan dari setiap peserta lebih tinggi jika  dibandingkan pembelajaran secara klasikal.
5.    Materi/informasi yang diperoleh akan lebih lama diingat dan tidak segera ditinggalkan.

B.    Nama dan Bentuk
1.    Nama Kegiatan    : “ Membangun Pribadi Siswa yang Islami, Kuat, Amanah, Jujur dan Bertanggung Jawab ‘’
2.    Bentuk Kegiatan    : Kemah Bersama

C.    Dasar Kegiatan
1.    Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
2.    UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
3.    PP_No_55_th_2007 tentang pendidikan agama dan pendidikan keagamaan
4.    PP No. 74 tahun 2008 tentang guru
5.    PP No. 32 Tahun 2013 tentang standar nasional pendidikan perubahan No. 19 Tahun 2005
6.    Salinan Permendikbud No. 54 tahun 2013 ttg SKL
7.    Permendikbud No. 64 th 2013 ttg Standar Isi
8.    Permendikbud No. 65 th 2013 ttg Standar Proses
9.    Permendikbud No. 66 th 2013 ttg Standar Penilaian
10.    Permendikbud No. 68 th 2013 ttg ttg KD dan Struktur Kurikulum SMP-MTs
11.    PMA No. 16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan pendidikan agama di sekolah
12.    Program Kerja Sekolah yang dijabarkan dalam program kerja  bidang kurikulum dan Kesiswaan MTs Murul Falah tahun pelajaran 2017 - 2018

D.    TUJUAN KEGIATAN
1.    Membentuk karakter peserta sesuai dengan target dan sasaran kurikulum 2013
2.    Identifikasi dan ekplorasi nilai-nilai yang terkadung dalam pendidikan karakter bangsa
3.    Siswa dapat mengetahui Relevansi pembelajaran di dalam kelas dengan di luar kelas
4.    Siswa dapat merumuskan hasil pengamatan di lapangan dalam bentuk laporan.
5.    Siswa mendapat pengetahuan yang diperoleh langsung dari  objek belajar
6.    Melatih siswa untuk berorganisasi serta tanggungjawab, kreatif dalam melaksanakan tugasnya masing-masing.
7.    Siswa mendapatkan pengalaman untuk dikembangkan di masa akan datang

E.    MANFAAT KEGIATAN
1.    Memberikan pendidikan, wawasan, serta  pengalaman sehingga dapat dijadikan pemicu pembentukan karakter pemuda bangsa yang diharapkan.
2.      Pendidik dan peserta didik dapat mengetahui dan melakukakn observasi 18 nilai yang terkadung dalam pembelajaran karakter yang bersumber dari Agama, Pancasila, budaya  dan yujuan pendidikan nasional diantaranya : Jujur,  Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komunikatif, Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung Jawab dan religius  
3.    Pemahaman serta  siswa tentang teori dan relevansi (implementasi) di lingkungan.
4.    Siswa memiliki peluang untuk mengembangkan pengetahuan dan potensinya dengan melakukan aktivitas sehari-hari di dalam pembelajaran.
5.    Secara spesifik studi lapangan memiliki pengaruh positif terhadap memori jangka panjang dan secara alami lingkungan alami memperkuat memori.
6.    Studi lapangan yang efektif dan pengalaman individual (lokal) dapat mempengaruhi pertumbuhan individu dan peningkatan ketrampilan sosial.
7.    Dapat meningkatkan ranah afektif serta menjembatani pembelajaran tingkat tinggi (HOT).

F.    OBJEK KAJIAN LDKS & PDLK
LDKS & PDLK ini berlokasi di Bumi Perkemahan Taman Argo Wisata Gamboeng, Ciwidey Kabupaten Bandung.

G.    WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
PDLK  akan dilaksanakan pada :
Hari / Tanggal     : Kamis s.d Sabtu , 2 s.d 4 Nopember 2017
Waktu    : Pukul 07.00 WIB - selesai.
Tempat    : Taman Agro Wisata Gamboeng, Ciwidey Kab. Bandung
Acara    : Susunan acara (terlampir)

H.    PESERTA
Peserta LDKS/ PDLK diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 dan 8 dan kelas 9 MTs Nurul Falah Kota Cimahi dengan target minimal peserta sebanyak 400 siswa/i. Daftar dan jumlah peserta PDLK. ( Terlampir )

I.    SUSUNAN PANITIA
(susunan panitia Terlampir)

J.    GURU PEMBIMBING
Pendampingan dan bimbingan dilakukan oleh guru sesuai dengan mata pelajaran yang di-ampu dan relepan dengan objek pembelajaran
( daftar guru pendamping Terlampir)
K.    INSTRUMEN LDKS / PDLK
Alat tulis seperti buku catatan dan pulpen. Fungsinya disini adalah sebagai alat pencatat hal penting yang telah disampaikan oleh guru pembimbing PDLK dan juga mencatat hasi penelitian dari objek yang dilakukan penelitian.

L.    ANGGARAN BIAYA DAN PENDAPATAN
 (terlampir)
M.    LAIN-LAIN
Hal-hal lain yang belum tercantum dalam proposal ini akan ditentukan kemudian, Besar harapan kami agar proposal ini dapat diterima dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

N.    PENUTUP
Demikian proposal kegiatan ini kami susun sebagai bahan pertimbangan bagi semua pihak, semata-mata demi kemajuan dan perkembangan pembelajaran siswa kelas 7 dan 8 MTs Nurul Falah Kota Cimahi, kegiatan outdoor study LDKS & PLDK ini diakhiri dengan suatu bentuk laporan ilmiah sebagai pertanggung jawaban ilmiah siswa

Post a Comment for "Contoh Program LDKS dan PDLK SMP/MTs, SMA/SMK Terbaru"