Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Lengkap Membuat Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terbaru


Panduan Lengkap Cara Membuat Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terbaru - Membuat soal dengan keterampilan berfikir tingkat tinggi merupakan tantangan dan tuntutan guru saat ini terutama mengaktualisasikan pembelajaran kurikulum 2013. Guru dituntut lebih rensponsif terhadap ide, pemikiran serta gagasan dalam pembuatan soal HOTS untuk mengukur sejauh mana keberhasilan proses belajar mengajar (PBM) disekolah. Dengan soal yang levelnya tinggi maka kemampuan siswa akan lebih terukur dan terarah.

Mengapa asesmen lebih diarahkan kepada asesmen Higher Order Thinking Skills dan Tematik?

Pada dasarnya sistem pembelajan model kurikulum 2013 yang sudah didesain oleh pemerintah pusat melalui aturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia merupakan solusi terbaik menghadapi tantangan perkembangan zaman dunia pendidikan kedepannya. Baik itu tantangan internal dan tantangan eksternal atau tantangan arus globalisasi.

Tantangan global bisa melalui tantangan lingkungan itu sendiri, tantangan menghadapi kemajuan teknologi yang semakin tidak terbendung, lalu tantangan industri kreatif, dan tentunya tantangan kemajuan pendidikan nasional.

Pendidikan nasional akan maju dan berkembang dengan beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti penguatan konten dan sistem evaluasi yang baik dan terus menerus. Dengan latar belakang diatas, maka dianggap perlu membuat asesmen yang lebih HOTS dan tematik.

Pada abad ke 21 ini anak-anak Indonesia dituntut untuk lebih diberdayakan dan dikembangkan potensinya dengan dilatih berbagai kecakapan, seperti membuat perbandingan, membuat penilaian data, berpikir kritis, membuat kesimpulan, memecahkan masalah dan mengaplikasikan pengetahuannya kedalam konteks kehidupan yang sedang dihadapi saat ini.

Untuk itu pada usia 15 tahun anak-anak Indonesia harus sudah menguasai literasi dasar seperti membaca, matematika, dan sains. Tak cukup disekolah, literasi dasar tersebut harus terus diaasah dilingkungannya, baiuk dirumah maupun dimasyarakat.

Apa itu HOTS?

HOTS adalah kemampuan berpikir yang tidak hanya sekedar mengingat, menyatakan kembali tanpa melakukan pengolahan.

Berpikir itu apa?

Berpikir adalah menemukan, menganalisis, mencipta, merefleksi dan berargumen. Maka berpikir HOTS berarti sudah berpikir lebih kedalam tentang esensi suatu benda.

Pada abad ke 21 ini siswa dituntut lebih kreatif, mempunyai berbagai ide dan gagasan sendiri, bisa mendesain, membangun, menulis dan mengembangkan. Lalu harus bisa mengevaluasi sendiri, menyanggah dan memutuskan. Kemudian membandingkan, merefleksikan, mengkritisi dan menguji.

Contoh Soal HOTS
SOAL COOL SOAL HOT SOAL HOTTER
Sebutkan nama sungai pada peta ini! Sebutkan nama sungai lain yang memiliki peran sama dengan sungai pada peta ini! Dengan cara apa sungai dapat dikendalikan sehingga arusnya stabil!
Buatlah judul karangan sesuai dengan topik yang disajikan Buatlah kerangka karangan sesuai judul yang disajikan! Buatlah karangan sesuai judul yang disajikan!

Lebih lengkapnya silahkan unduh dibawah ini:

Download Panduan Penulisan Soal HOTS, disini
Download Buku Pegangan Pembelajaran HOTS, disini
Download Pengembangan Butir Soal, disini

Saya rasa guru bisa membuat soal HOTS sendiri sesuai dengan panduan diatas. Soal HOTS sudah mulai jadi panduan utama dalam pembuatan soal baik itu soal ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester. Soal HOTS bisa dibuat sebagai soal pilihan ganda dan soal essai. Dengan soal HOTS siswa tidak hanya hapal tetapi lebih paham apa yang sudah dipelajari disekolah kemudian diaplikasikan dalam kehidupannya.

Post a Comment for "Panduan Lengkap Membuat Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terbaru"