Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Program Ekstrakurikuler Bahasa Arab (Arabic Club) MTs/SMP, MA/SMA Terbaru


Contoh Program Kerja Ekstrakurikuler Bahasa Arab (Arabic Club) MTs/SMP Terbaru 2019 - Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang paling banyakj diminati siswa baik di SD/MI, SMP/MTs maupun SMA/MA adalah ekstrakurikuler bahasa arab. Bukan hanya di MTs saja ternyata disekolah yang sudah menerapkan boarding school (sekolah yang khusus tinggal diasrama) eskul bahasa arab merupakan eskul wajib yang harus diikuti siswa-siswinya terutama sekolah terpadu yang sistem pendidikannya terintegrasi dengan pesantren.

Kegiatan ekstrakurikuler arabic club merupakan kegiatan eskul yang dilaksanakan diluar jam pelajaran dengan waktu dan sistem pembelajaran yang sedikit berbeda. Materi ektrakurikuler bahasa arab lebih mengedepankan materi terapan ketimbang materi teori seperti percakapan sehari-hari (muhadatsah), panduan ceramah dan lainnya.

Materi-materi eskul bahasa arab diatas sangat cocok sekali diterapkan terutama percakapan sehari-hari yang masih menjadi kendala di madrasah formal maupun dipesantren yang lebih mengkhususkan kajian grammer daripada terapan.

Dengan metode dan media yang menyenangkan maka kegiatan ekstrakurikuler bahasa arab diaharapkan dapat menjadi solusi terbaik saat ini terutama bagi siswa-siswi yang masih lemah dalam memahami dasar-dasar bahasa arab. Dengan dasar bahasa yang kuat (literasi dasar) maka semakin memudahkan mempelajari bahasa arab ke jenjang berikutnya.

Kegiatan ektrakurikuler bahasa arab tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan apabila tidak dibuat program yang baik, yang terencana, sehingga menmghasilkan lulusan yang baik. Maka salah satu yang harus dibuat oleh pembina/pelatih eskul adalah program kerja bahasa arab.

Untuk memudahkan pembuatan program ekstrakurikuler bahasa arab, saya sudah membuat contoh program yang simpel dan tentunya masih banyak kekurangan didalamnya. Program yang ideal adalah program yang terdiri dari beberapa bab terutama jadwal program kegiatan eskul dalam 2 semester.

Contoh program kerja bahasa arab silahkan unduh disini.

Program kerja bahasa arab yang sudah anda unduh silahkan kembangkan sesuai dengan kebutuhan disekolah masing-masing. Dengan program dan pembinaan yang terencana, terjadwal maka tidak mustahil akan melahirkan siswa-siswi yang lebih mahir lagi menggunakan bahasa arab dimanapun berada. Terima kasih semoga bermanfaat, aamiin.

Post a Comment for "Contoh Program Ekstrakurikuler Bahasa Arab (Arabic Club) MTs/SMP, MA/SMA Terbaru"