Cara Mengukur Pertumbuhan Ekonomi Negara Dengan Tepat


Cara Mengukur Pertumbuhan Ekonomi Negara Dengan Tepat - Mengukur pertumbuhan ekonomi suatu negara terkadang suka terfikir dalam benak saya, bagaimana sih kita bisa mengetahui pertumbuhan ekonomi suatu negara ? Nah Apalagi ketika anda adalah searong TRADER yang selalu memperhatikan faktor FundamenTal... Tetapi bisa juga anda adalah seorang siswa/ siswi SMU yang sedang mencari jawaban nya untuk tugas sekolah yang di berikan oleh guru anda.

Faktor yang selalu di perhatikan adalah Produk Domestik Bruto ( PDB ), atau dalam istilah internasional sering di sebut sebagai Gros Domestic Product ( GDP ). Gros Domestic Bruto ( GDP ) Adalah keseluruhan total barang ataupun jasa yang di hasilkan dalam kurun waktu tertentu di suatu Negara/ Wilayah. Nah selain itu ada istiah yang menyebutkan bahwa ada istilah pendapatan nasional dalam satuan harga nominal. Nilai nya akan terus berubah sesuai dengan keadaan waktu ke waktu sesuai dengan perubahan jumlah produksi barang dan jasa.

Cara mengukur pertumbuhan Ekonomi adalah dengan rumus sebagai berikut :

g = { [PDBs-PDBk] / PDBk } x 100%
Keterangan Rumus :
g : Tingkat pertumbuhan ekonomi dalam persentase
PDBs : PDB real dalam kurun waktu sekarang
PDBk : PDB real dalam kurun waktu kemarin

Example :

PDB Negara Amerika pada tahun 2014 adalah 500 Milyar, dan PDB Negara Amerika Pada tahun 2015 adalah 400 Milyar, pertumbuhan ekonomi negara amerika pada tahun 2014 adalah :

g = { [PDBs-PDBk] / PDBk } x 100%

Secara garis besarnya yang dibutkan pertumbuhan ekonomi bisa dianggapmengacu pada peningkatan nilai total barang dan jasa pada suatu perekonomian di suatu wilayah/ Negara.

Itulah tadi penjelasan tentang cara mengukur pertumbuhan ekonomi di suatu negara dengan tepat, semoga dapat membantu anda dengan tepat juga. Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.. salam sukses untuk anda...

Subscribe to receive free email updates: