Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[4 Langkah Mudah] Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot

[4 Langkah Mudah] Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot - Cara membuat blog di blogspot tidaklah sesulit yang kalian Fikirkan. Dengan Menggunakan Blogger, beberapa langkah saja blog yang anda inginkan sudah jadi dan bisa berselancar di Internet. Nah bukan cuma hanya cara membuat blog gratis di blogspot saja yang akan dijelaskan oleh cariduit-dot, dsini saya akan berikan juga bagaimana cara menghasilkan uang dari blog itu sendiri. Dengan Blog, anda juga bisa berkomunikasi dengan sesama pengguna blogger, bayangkan betapa sangat bermanfaat sekali yah blogger ini. melalui blog yang kamu kelola seluruh dunia bisa tahu postingan atau artikel yang kita buat. Tentunya setelah blog kita sudah di SEO kan yah...  

Artikel : Cara Membuat Blog Lebih SEO Frendly

Membuat blog biasa nya orang untuk memenuhi kebutuhan nya di dunia internet, ada yang membuat blog untuk keperluan tugas sekolah, ada juga orang membuat blog untuk iseng saja, bahkan ada yang sengaja orang membuat blog hanya untuk menghasilkan uang saja. 

Sebelum kita lanjut soal cara membuat blog sebaiknya kamu sedikit melihat ke belakang terhadap defenisi atau pengertiannya. Kami share pengertian blog dari Wikipedia, menurut wikipedia, blog adalah kependekan dari kata weblog dimana ini untuk menamakan aplikasi berbentuk web yang isinya lebih cenderung pada tulisan atau artikel yang umumnya tulisannya ditampilkan dalam bentuk berurutan mulai dari artikel terbaru hingga yang paling lama yang telah dipublish postingannya. Nah bedanya dengan website adalah pada blog tidak statis atau sering berubah, namun dengan adanya update artikel setiap saat yang juga mempengaruhi pada tampilan antar mukanya.

Inilah 4 Langkah Cara Membuat Blog di Blogspot


Jika kamu belum mempunyai akun gmail, silahkan buat dulu. Akun gmail ini sangat penting sekali, karena jika tidak mempunyai akun gmail maka tidak bisa membuat blog. Bahkan tidak bisa mendaftar facebook, upload video, daftar youtube, dan lainnya.

Untuk tutorial kali ini cariduit | Dot akan memberikan panduan untuk yang menggunakan platform blogger. dan di artikel selanjutnya akan dilengkapi tatacara khusus untuk blog yang menggunakan WordPress. Kami juga akan memberikan tips bagaiman cara membuat blog masuk halaman 1 google, sampai dengan bagaimana cara menghasilkan uang dari blogspot gratisan dengan google adsense. Langsung saja yah cara membuat blognya,,, Perhatikan dengan seksama agar kamu tidak bingung.

1. Langkah Pertama ( Membuat Akun GMAIL )

Jika kamu belum mempunya gemail silahkan ikuti belajar cara membuat email Gmail terlebih dahulu. kenapa begitu ? hmm yaahh karena saat kita akan login di blogspot, mau pun mulai daftar ke tempat bikin blognya, yaitu Blogger.com, syarat paling awalnya adalah kamu harus sudah memiliki akun gemail email (ini bukan email seperti yahoo, hotmail dan yang lainnya). tidak hanya untuk tujuan membuat blog, namun kamu bisa juga untuk keperluan yang lain, seperti untuk daftar facebook, untuk upload video di Youtube, dan yang lainnya, jadi satu akun gmail untuk semua produk google. nah teman-teman gak akan ada ruginya bila kita membuatnya, apalagi kamu bisa memanfaatkannya sebagai alat komunikasi.

Sekarang ini dari email ( GMAIL ) bahkan bisa dibuat sebagai alat untuk mencari penghasilan dari internet dengan mengikuti beberapa program periklanan yang memang khusus untuk mempromosikan produk lewat email tersebut, dan untuk hal ini, kami akan kita bahas secara lebih dalam lagi pada sartikel bloggiet.com selanjutnya. 



2. Langkah Ke 2 ( Kunjungi Situs www.blogger.com )

Ketikan di pada jendela url google crome, mozila firfox atau yang sejenisnya dengan www.blogger.com, atau dengan cara masuk ke pencarian google dengan mengetikan blogger

Setelah kamu membuka alamat situs resminya maka anda akan melihat gambar seperti di bawah (jadi ketika anda masuk yang diketik adalah blogger.com, namun nantinya setelah jadi bagian akhir alamatnya urlnya akan berubah menjadi blogspot.com) Silahkan isi data kamu dengan alamat email, gmail dan kata sandi email yang telah kamu buat sebelumnya, lalu klik ‘Masuk’ :  

http://cariduit-dot.blogspot.com/2016/09/cara-membuat-blog-di-blogspot.html
Pada baris yang pertama isi dengan alamat email yang sudah kamu buat, sedangkan pada  baris berikutnya dengan kata sandi yang kamu pakai saat login ke akun gemail kamu. coba kamu Pastikan jangan salah ketik karena huruf besar dan kecil dibedakan jika menggunakan password. lihat dan perhatikan juga pada keyboard komputer kamu.Apakah caps lock pada keyboard komputermu tidak diaktifkan karena akan menyebabkan semua huruf yang diketik akan menjadi huruf besar.
3. Langkah ke 3 ( Membuat Blog di blogspot )

Setelah kamu login, langkah selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman seperti yang di tampilkan  di bawah ini, silahkan kamu klik tombol di sebelah kiri yang bertuliskan “Blog Baru”  

http://cariduit-dot.blogspot.com/2016/09/cara-membuat-blog-di-blogspot.html


4. Langkah ke 4 ( Buat URL Blog Yang Kamu Inginkan)

Kemudian akan muncul halaman di mana terdapat 4 langkah singkat pembuatan blog di dalamnya seperti di bawah ini :


Keterangan :
  • Judul – Di bagian cara membuat blog gratis di blogspot ini isi dengan judul blogmu, sebaiknya yang sesuai dengan temanya agar mudah terindeks Google. Tapi ini bisa diganti kapan saja setelah blognya jadi.
  • Alamat – Pada kolom ini anda harus pilih alamat blog gratisan yang belum digunakan orang lain, mislanya bloggue.blogspot.com dan sebagainya.  Jika sudah dipesan orang maka akan terlihat tanda seru (!) berwarna kuning seperti yang terlihat pada gambar atau kalau belum ada yang gunakan sama sekali maka akan tampak tanda benar atau centang berwarna biru. Jika sudah begitu lanjutkan ke step berikutnya.
  • Template – Tampilan beberapa gambar yang terlihat ini adalah bentuk tampilan blogmu nantinya. Tapi tidak perlu khawatir karena ini masih bisa dirubah dengan yang lebih menarik dan keren dengan cara mempercantik nya melalui file template yang didownload di situs penyedianya yang gratis. Atau kalau belum paham, silahkan baca Cara Mengganti Template Blog yang sudah kami terangkan secara jelas bagaimana langkahnya hingga memiliki tampilan seperti web profesional dan berbayar.
  • Klik ‘Buat Blog’ – Ini untuk men-save nama dan tampilan yang sudah dipilih dan blog gratisan sederhana anda pun telah jadi dan siap diisi berbagai artikel maupun penawaran bisnis di dalamnya.
Tambahan : Sebelum lanjut, luangkan waktu buat Logo secara Online di Logaster agar di bagian header blogmu menampilkan brand unik yang lebih menarik atau kalau belum tahu bisa baca tutorialnya di sini : Cara Membuat Logo Online Gratis  
Cara Mengisi dan Menulis Artikel di Blog

Menulis untuk buku dengan web sangat jauh bedanya, terlebih karena artikel blog tujuannya bukan hanya dibaca oleh manusia tapi juga mesin pencari yang punya standarnya masing-masing untuk menentukan mana yang terbaik dan layak ditempatkan pada halaman pertama.

Mengenai ini sudah kami ulas tuntas pada artikel sebelumnya, yakni Cara Menulis Artikel SEO Friendly Agar Mudah Masuk Halaman 1 Google (linknya ada di paragraf ke 4 dari bawah, tepatnya di langkah ke 6 di bawah ini). Di dalamnya kamu bisa baca semua rahasia para master dalam mengelola setiap postingannya agar gampang terindeks dan bahkan Rank #1 di berbagai hasil pencarian dengan kata kunci yang saingannya hingga jutaan.

Cara Menghasilkan Uang dari BLOG

Ini sebenarnya langkah terakhir setelah kita melakukan berbagai usaha pada blog kita dan pengunjungnya sudah bisa mencapai hingga ribuan per harinya (minimal 5000 pageview per hari). Jadi sebenarnya dalam membangun sebuah website ada beberapa tahap yang harus dilakukan, mulai dari mempersiapkan, membangung, mengoptimasi hingga me-moneysasi atau menguangkannya, dan untuk ini ada beberapa alternatif yang bisa saya rekomendasikan:

Google Adsense

Google AdSense Ini tergolong simpel dalam cara menghasilkan dollar lewat internet, karena syaratnya kita hanya butuh blogspot gratisan saja dan sejumlah artikel di dalamnya yang diusahakan bisa mendatangkan pengunjung hingga manimal 5000-an kunjungan laman per harinya. Dan adapun cara menghitung penghasilannya adalah dengan melihat berapa jumlah klik yang dihasilkan yang mana setiap kliknya memiliki penghasilan yang berbeda, tergantung harga iklan dari katakuncinya.

Cara google membayar pengiklannya adalah bisa dengan melalui cek maupun Western Union, tapi yang banyak digunakan saat ini oleh para blogger adalah lewat Western Union karena bisa diambil lewat pos dan tanpa biaya sama sekali. Sedangkan sistem kerja dari pengiklanan google ini adalah yang mana google sebagai perantara dari pebisnis yang mau memasang iklan, sedangkan anda sebagai pemilik blog adalah tangan kedua yang diserahkan tanggungjawab untuk mempromosikan iklan dari pebisnis tersebut. Caranya, mendaftar jadi member terlebih dahulu, setelah itu akan diberi berupa kode yang akan dipasang di blog, adapun kodenya ia akan bekerja secara otomatis menyesuaikan jenis iklan yang muncul, tergantung dari jenis apa artikel yang ditampilkan dari blog tersebut, namanya iklan kontekstual. Untuk lebih jelasnya soal ini, silahkan lanjut baca Cara Menghasilkan Uang Lewat Blog Gratisan
  

Kerjasama Penjualan

Ini juga yang paling menguntungkan menurut saya jika kita sudah paham cara membuat blog gratis melalui blogger maupun WordPress, karena kita bisa mengulas produk orang lain di dalamnya sekaligus menyertakan link afiliasi dari pemilik barang tersebut yang kita buat saat jadi member. Jadi, sistem kerjanya adalah cukup dengan mamasang tautan dalam blog yang menyertakan nomor atau kode anda sebagai pihak yang diajak kerjasama, dan bila ada yang mengunjungi tautan itu dan melakukan pembelian maka anda akan dicatat oleh sistemnya telah melakukan penjualan. Biasanya bayarannya bisa sampai 50% dari harga. Beberapa yang direkomendasikan adalah soal ebook cara cepat hamil dan belajar bahasa inggris. Silahkan anda cari di google sudah banyak sekali yang menawarkannya soalnya.

Dengan TOKO ONLINE

Jangan salah, anda juga harus tahu cara merubah blogspot jadi .com karena dengan cara itu web anda akan terlihat profesional, sekalipun masih menggunakan platform blogspot. Yang berubah hanya domainnya (alamatnya) saja, sedang pengaturannya di bagian dalamnya tetap sama.
Setelah domainnya berubah, maka selanjutnya adalah merubah templatenya seperti toko online, sekarang ini sudah banyak sekali tampilan blogspot yang bentuknya bahkan mengalahkan website yang menggunakan CMS lain yang berbayar. Dan untuk mendapatkannya kamu bisa mengetikkan di google soal ini, misal “Tempalete Blogger untuk Toko Online” dan sebagainya. Adapun langkah dalam merubahnya kamu bisa lihat bagian nomo 4 di atas, silahkan kunjungi tautan pada keterangannya soal bagaimana proses penggantian tempalate blogmu. Jadi tujuan menghasilkan uang dari blog ini maka usahakan melakukan 3 hal, yakni merubah domainnya, tampilannya dan usahakan agar bisa juara di google. Mengenai semua ini sudah ada tautannya dalam artikel yang anda baca sekarang. 

Itulah sobat, bagaimana turotialnya ? semoga bisa di mengerti dan tentunya bisa bermanfaat yah ,,, gampang bukan cara membuat blog itu ? jika kalian ada yang di tanyakan mengenai blog silahkan berkomentar yah ,,, semoga membantu kalian yang sedang belajar blogging. Sukses selalu untuk kalian yah ,,