Cara Membuat Label Postingan Di Blogger

Cara membuat label postingan di blogger. Apa itu Label? Label postingan pada blogger artinya kita mengelompokkan sejumlah postingan artikel yang telah dibuat sesuai dengan kategori pembahasan yang berkaitan dengan judul menu labelnya. Misalkan menu labelnya pendidikan, maka judul postingannya seperti: pendidikan dasar, pendidikan menengah, atau pendidikan atas. Nah, Ketika kita membuka menu label pendidikan, maka label-label postingan artikelnya akan muncul dalam satu halaman blog.

Membuat label postingan di blogger ini sangat diperlukan, karena untuk memperbudah para pengunjung blog ketika mencari artikel yang dituju. Dengan memakai label juga maka blog kita akan memberikan kesan yang elegan, rapih dan enak dipandang mata ketika membuka tampilan blog.

Nah sobat, itulah sedikit penjelasan tentang pengertian label dan kegunaannya. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah bagaimana cara membuat label atau membuat kategori postingan pada blog berikut ini:

1.  Log in ke blogger.com dengan akun sobat
2.  Siapkan bebarapa artikel yang sudah dibuat sebelumnya
3.  Setelah masuk dashboard blog, klik menu “post” selanjutnya pilih beberapa postingan artikel yang akan diberi label. Lalu klik “edit” pada artikel.



Cara Membuat Label Postingan Di Blogger

4.  Selanjutnya klik “label” dan beri nama artikel tersebut misalkan dengan label “tutoaril” dan klik selesai. Maka hasilnya postingan artikel tadi sudah ada labelnya.
 

Cara Membuat Label Postingan Di Blogger

5. Maka inilah hasilnya, postingan artikel sudah diberi label tutorial

Cara Membuat Label Postingan Di Blogger

6. Untuk membuat menu halaman label, maka cari dulu URL label postingan yang telah dibuat. Caranya: pada artikel klik “lihat/view”, setelah halaman artikel muncul klik label “tutorial”, lalu copikan urlnya, atau simpan di notepad. Contoh url nya:




7. Lalu pada menu dashboard blog klik “tata letak” dan klik “tambahkan gedget”. Setelah itu akan muncul beberapa tampilan gedget. Lalu pilih gedget "laman" dengan mengklik tanda +



Cara Membuat Label Postingan Di Blogger


8. Setelah muncul konfigurasi daftar laman, maka Klik "tambahkan tautan eksternal"


Cara Membuat Label Postingan Di Blogger

9.  Langkah selanjutnya, pada judul laman isi dengan menu judul lamannya, misalkan judulnya tutorial. Nah setelah itu pada alamat web/url, isilah dengan url yang telah tadi persiapkan diatas. Dan selanjutnya sobat klik simpan tautan


Cara Membuat Label Postingan Di Blogger

10.  Maka pada urutan daftar menu label, menu label tutorial sudah jadi, selanjutnya sobat klik simpan



Cara Membuat Label Postingan Di Blogger

11. Inilah hasilnya tampilan halaman depan blog kita dengan kategori menu label tutorial. Ketika kita mengklik menu label tersebut, maka pada halaman blog akan muncul judul-judul label postingan artikel yang telah kita kelompokkan sebelumnya.

Demikian artikel tentang Cara Membuat Label Pada Postingan/Artikel Blog. Terima kasih atas kunjungannya, Semoga bermanfaat dan bisa anda coba sendiri.


Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Cara Membuat Label Postingan Di Blogger"

  1. tutorialnya keren gan,, biasanya para pemula masih bingung bila akan membuat menu label.. happy blogging..

    ReplyDelete
  2. Boleh diterapin di blog ane nih , makasih gan tutornya (y)

    ReplyDelete
  3. Kalau mau hapus label tapi artikelnya gak ikut terhapus caranya gimana ya? Capek ane ngedit artikrl satu satu :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan ke postingan aja klik edit artikel, pada menu label hapus aja nama judul labelnya. Trims

      Delete
  4. cara itu udah saya gunakan dah lama hehehe

    ReplyDelete
  5. Terima kasih gan sangat bermanfaat, lengkap penjelasanya

    ReplyDelete
  6. sangat bermanfat sekali cara iye om...ijin sedot ilmu ye

    ReplyDelete
  7. Tutorialnya simple aja kok.Buat blogger baru yang ingin membuat label,bisa mengikuti tutorial diatas.Yuk aplikasikan.

    ReplyDelete
  8. waaah makasih gan sangat membantu sekali

    ReplyDelete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tidak membuat spam, dan jangan lupa, tinggalkan saran, atau masukan teman-teman di kolom komentar. Terimakasih