Wisata Jalan Dago Bandung 2017

Wisata Jalan Dago Bandung 2017
Sepanjang Jl. Dago, dengan hiasan PJU klasik, serta bunga-bunga yang indah
 Wisata Jalan Dago Bandung 2017 -- Hi teman-teman apakah anda pernah ke Kota Bandung? atau sama sekali belum pernah. Saya rasa dimanapun anda berada sekali-kali maksain dong melancong ke Kota Bandung ini. Kenapa harus ke Kota Bandung !!! ya karena Kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan wisatawan di Indonesia, baik lokal maupun asing. Apalagi setiap weekand Kota Bandung selalu dipadati oleh wisatawan. Eh.. bukan hanya weekand teman-teman, hari-hari biasa juga Bandung selalu dipadati wisatawan, terutama para wisatawan yang memburu kuliner khas Kota Bandung, pakaian, wisata pendidikan, ataupun yang hanya sekedar jalan-jalan menelusuri tempat-tempat yang penuh romantis.

Nah, salah satu tempat favorit dikunjungi wisatawan yaitu wisata sepanjang Jalan Dago Kota Bandung. Jalan Dago ini sangat populer sekali di Kota Bandung, bahkan terkenal sampai ke mancanegara. Walaupun sebenarnya masih banyak jalan di Kota Bandung yang terkenal dengan pariwisatanya.

Ada pameo yang menyatakan: 
Apabila anda ke Bandung dan belum pernah ke jalan Dago berarti anda sama sekali belum pernah ke Bandung! 
Ha ... ha ... lucu sekali pameo tersebut. Kenapa ya! ... berarti anda yang pernah ke Bandung bahkan sering, tapi belum pernah ke Jalan Dago bearti sama saja anda belum pernah ke Kota Bandung.

Sekilas Sejarah Jalan Dago Kota Bandung

Awal mula kawasan Jalan Dago ini merupakan hutan belantara yang penuh binatang buas dan sepi, sehingga banyak begal. Jalan Dago pasa saat itu merupakan satu-satunya akses jalan ke pasar di pusat kota bagi para petani dari asal Coblong (Lembang). Untuk menyiasati situasi ini mereka hanya berani dan mau melewati kawasan Dago ini apabila berkelompok. Karena kalau tidak berkelompok tentunya sangat membahayakan. Sebelumnya kelompok terbentuk mereka harus saling menunggu; dalam bahasa Sunda = Silih Ngadagoan (saling menunggu) yang diserat dari kata Dago = Menunggu.

Wisata Jalan Dago Bandung 2017
Pembangunan di Dago dimulai pada tahun 1905 oleh Andre van der Brun, dimana ia membangun rumah peristirahatan. Rumah tersebut masih berdiri hingga sekarang letaknya bersebelahan dengan Hotel Jayakarta. 

Sedangkan pembangunan jalan Dago sendiri dimulai pada tahun 1915 dan diberi nama Dagostraat yang dirubah pada tahun 1970 menjadi Jl.Ir. H.Djuanda. Walaupun demikian bagi penduduk maupun pengunjung kota Bandung sampai saat ini hanya menyebut Dago; Dago tetaplah Dago!

Jalan Dago semakin hari semakin mengubah wajahnya tanpa menghilangkan identitas aslinya. Sebagai salah satu jalan yang penuh dengan sejarah, jalan yang penuh romantis terutama bagi kawula muda Kota Bandung yang selalu memunculkan kreatifitasnya, dan jalan yang menjadi favorit wisatawan akhirnya terus berbenah dan berbenah. Dan lihat hasilnya sekarang melalui tangan dingin Wali Kota Bandung Bapak Mochamad Ridwan Kamil jalan Dago sekarang semakin cantik dan sangat memanjakan sekali terutama kenyamanan bagi pejalan kaki.
Wisata Jalan Dago Bandung 2017
Pedestrian Cantik, Jl. Dago Bandung
Lihatlah sekarang Jalan Dago setelah direvitalisasi oleh pemerintah Kota Bandung, lebih tertata, lebih rapih, lebih cantik, dan lebih nyaman sekali terutama bagi pejalan kaki. Untuk lebih lengkapnya inilah beberapa destinasi wisata jalan Dago Bandung.

Wisata Pedestrian sepanjang jalan Dago

Sengaja pedestrian ini saya pilih karena sekarang pemerintah Kota Bandung sedang gencar-gencarnya merevitalisasi pedestrian di setiap penjuru kota, salah satunya jalan Dago. Tentunya dengan biaya yang tidak sedikit, tapi gak apa-apalah karena lihatlah sekarang hasilnya sangat keren sekali.
Wisata Jalan Dago Bandung 2017
jl. Dago malam hari dengan PJU klasiknya
Sepanjang jalan ini anda akan dimanjakan dengan pedestrian yang sangat berkelas sekali, kelas dunia kalee.Anda akan semakin nyaman ketika menelusurinya cukup dengan berjalan kaki. Anda juga akan semakin nyaman, karena mata anda dimanjakan oleh penerangan jalan umum (PJU) bergaya klasik, orang Bandung menyebutnya "si maung" karena memang ujung PJU tersebut ada patung maung/harimau yang siap menerkam anda.. he..he. 

Disepanjang pedestrian juga telah disediakan kursi-kursi bergaya klasik, dengan penataan yang begitu apik, sehingga ketika anda lelah menelusurinya, anda tinggal duduk manis istirahat sejenak sambil minum kopi dan aktivitas lainnya. Anda juga tidak perlu khawatir ketika istirahat, karena sudah disediakan batu-batu bulat yang salah satu fungsinya sebagai pengaman dari kendaran yang menerobos ke trotoar, disamping fungsi utamanya sebagai penghias pedestrian.

Artikel terkait: Selesai direvitalisasi, trotoar jalan Dago lebih cantik

Begitu romantis sekali jalan Dago ini, lebih romantis lagi ketika malam hari, disertai gemerlapnya lampu-lampu PJU klasik, pepohonan yang rindang, dan disertai hawan dingin yang menusuk tubuh. Rasanya anda sedang berada di Eropa.

Wisata Belanja di Factory Outlet Jalan Dago

Bandung memang terkenal dengan wisata belanjanya. Dari wisata belanja kelas menengah kebawah sampai kelas atas, semuanya tersedia di kota ini. Dan salah satunya ialah wisata belanja di FO.

Shopping di sederetan Factory Outlet Jalan Dago ini memanglah sangat menarik sekali, terlebih dengan adanya banyak alternatif Factory Outlet di jalan ini. Demikian banyak baju lelaki serta wanita ataupun anak ada disana untuk penuhi keperluan fashion anda. Mengingat terkenalnya tempat ini, artis-artis dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Eropa, Amerika dan negara lainpun banyak yang belanja disini. Salah satunya mungkin anda, atau sama sekali belum ..he..he.
Wisata Jalan Dago Bandung 2017
Salah satu FO Jl. Dago Bandung
Nah, supaya anda tidak penasaran, di bawah ini sebagian Factory Outlet di jalan dago yang dapat anda kunjungi seperti :
 

1. Grande Factory Outlet, -- JL. Ir. H.Juanda, No. 118, Bandung, 40135
2. Central Branded Outlet, -- Jl Ir. H. Djuanda (Dago) Bandung, Indonesia
3. Blossom Factory Outlet, -- Jl. Ir. H. Djuanda No. 112, Bandung, 40132, Indonesia
4. Level Factory Outlet, -- Jl Ir H Djuanda 138, Bandung, Indonesia
5. Glamour Factory Outlet, -- JL. Ir H Juanda 108, Cipaganti, Coblong, Bandung, 40131
6. Gossip Factory Outlet, -- Jl Ir H Juanda 111 Dago, Bandung 40135
7. Raffles Factory Outlet, -- Jl Ir H Juanda 106 Dago, Bandung, Indonesia
8. Runway Factory Outlet, -- Jl. Dago No. 94 Dago, Bandung, Indonesia
9. Jetset Factory Outlet, -- JL. Ir. H. Djuanda, No. 116, Bandung, Indonesia
10. Happening Factory Outlet


Dan masih banyak lagi FO yang lainya. Karena memang FO ini setiap tahunnya terus bertambah. Semakin bertambah maka semakin banyak pilihan bagi anda ketika berbelanja di FO ini.

Tips buat anda yang mau liburan ke Kota Bandung, khususnya ke jalan Dago Bandung

Siapkan uang saku anda,lantaran untuk penggemar fashion, godaan beragam jenis yang di tawarkan sangatlah banyak, serta bisa-bisa anda bakal terasa kekurangan duit saat ada di jalan Dago ini, mengapa ? Harga yang ditwarkan juga relatif murah. Beberapa barang yang dipajang juga adalah fashion yang berkualitas serta kwalitas bagus sampai sangatlah Bagus.

Ok, cukup teman sekian dulu info Wisata Jalan Dago Bandung 2017 semoga bermanfaat, ayoo ke Kota Bandung. Kota yang nyaman, kota agamis, kota wisata, kota seni dan Budaya, kota kreatif, kota musik, kota artis, kota belanja, dan kota yang selalu dicintai oleh warganya.


Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Wisata Jalan Dago Bandung 2017"

  1. sejak ditangani langsung oleh bapak Ridwan memang kota bandung semakin berkembang pesat bahkan sudah dilirik di kancah internasional, top markotob dah bapak Ridwan.. nice artikelnya gan. salam satu jiwa

    ReplyDelete
  2. Mau ngetrip, cuma dana belum mencukupi. Kayaknya tempat tersebut enak buat dikunjungi. Thanks infonya. :D

    ReplyDelete
  3. Baca jalan dago jadi keinget itu salah satu tempat di bandung yg dijadiin latar novel Dilan.. ah, kenangan dilan dan milea begitu terbayang disitu

    ReplyDelete
  4. belum pernah kesana tapi agak kepengen sih

    ReplyDelete
  5. Bandung udh kayak singapura sekarang

    ReplyDelete
  6. Klo ane punya uang lebih ane kesana deh eheh

    ReplyDelete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tidak membuat spam, dan jangan lupa, tinggalkan saran, atau masukan teman-teman di kolom komentar. Terimakasih