Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Belajar Internet Marketing Dasar Gratis Untuk Anda

Bagaimana  Cara Mudah Belajar Internet Marketing ?
Belajar Internet Marketing - Internet Marketing adalah salah satu ilmu yang wajib dikuasai oleh para Marketer atau Wirausahawan jika tidak ingin bisnis atau usaha yang mereka jalankan kandas di tengah jalan. Ketergantungan masyarakat kepada internet (khususnya media sosial) seharusnya bisa membuka peluang baru bagi para wirausahawan untuk melebarkan sayap bisnis demi meraih pelanggan yang jauh lebih luas.

Berikut di bawah ini saya akan membagikan secara gratis untuk anda bagaimana Cara Mudah Belajar Internet Marketing Dasar Gratis Untuk Anda.

Masalah lain yang muncul, khususnya yang dialami oleh para Internet Marketers pemula adalah :

Anda Bingung Menentukan produk
Tidak tahu cara riset persaingan
Tidak mengerti dimana harus promosi
Teknik menguasai teknik promosi yang tepat

Keempat masalah tersebut yang sering kali dihadapi untuk para pemula yang ingin terjun ke dalam dunia Intenet Marketing. Dan beruntunglah Anda, karena di artikel ini saya akan mencoba membantu Anda untuk menyelesaikan keempat masalah tersebut.

Menentukan Riset Produk 

Hal pertama yang mutlak dilakukan oleh para internet marketers adalah melakukan riset produk. Riset produk disini meliputi Jumlah Pencari Produk dan Trend Produk. Jadi usahakan kita memilih produk dengan jumlah pencarian (peminat) yang banyak, dan yang tak kalah penting lainnya adalah pelajari juga Trend dari produk tersebut apakah diprediksi akan naik atau turun (ini penting untuk masa depan bisns anda). Untuk melakukan riset produk, kita bisa menggunakan tool ampuh yang disediakan secara gratis oleh Google, dan tool yang saya maksud tersebut adalah Gogle Keyword Planner. Dengan tool online tersebut, kita bisa melakukan kedua hal yang saya sebutkan diatas, dari mulai melihat jumlah pencarian produk per bulan, sampai dengan mengamati trend produk tersebut. Jika Anda masih bingung bagaimana cara menggunakan Google Keyword Plannerm, silahkan ikuti caranya di bawah ini.

1. Anda Buka https://adwords.google.com/KeywordPlanner

Cara Mudah Belajar Internet Marketing Dasar Gratis Untuk Anda


Log in dengan akun Google Mail Anda, jika baru pertama kali, maka Anda akan diminta untuk memilih Negara dan jenis mata uang, silahkan pilih Indonesia untuk negara, dan IDR untuk mata uang.

2.Masukan nama Produk


Cara Mudah Belajar Internet Marketing Dasar Gratis Untuk Anda



Pada kolom 'your product or service' silahkan masukkan jenis produk yang ingin kita lihat jumlah pencariannya. Dan pada kolom targeting isikan Indonesia. Setelah itu klik Get Ideas.

3. Klik Keywoard Ideas


Cara Mudah Belajar Internet Marketing Dasar Gratis Untuk Anda


Untuk melihat jumlah pencarian produk per bulan, dan juga trendnya, silahkan Anda klik keyword ideas (sebelahnya ad group ideas). Maka akan terlihat data seperti gambar diatas, yang menunjukkan jumlah pencarian per bulan dan juga trend produk tersebut dari waktu ke waktu.

Dalam riset diatas, dimana saya melakukan riset tentang produk baju korea, terlihat jelas jumlah pencarian per bulan dari produk tersebut mengalami penurunan, itu menandakan produk tersebut tidak bisa dijadikan sebagai usaha atau bisnis dalam jangka panjang, karena permintaan dipastikan akan menurun.

Riset Persaingan

Setelah melakukan riset produk, dan kita mendapatkan produk yang tepat. Maka kini saatnya kita mencari tahu jumlah persaingan dari produk tersebut, apakah ringan, sedang atau berat. Caranya adalah dengan menggunakan Google Search.

Oke, kita langsung saja praktek.

1. Silahkan Anda Buka https://www.google.co.id/

Cara Mudah Belajar Internet Marketing Dasar Gratis Untuk Anda


Perhatikan gambar diatas agar lebih jelas, fungsi &start=990 disini adalah untuk melihat jumlah persaingan yang sebenarnya, maka akan terlihat gambar seperti dibawah ini. 


Cara Mudah Belajar Internet Marketing Dasar Gratis Untuk Anda

adi akan terlihat jumlah persaingan untuk kata kunci produk 'baju korea' adalah 225 Situs. Dan untuk menentukan tingkat persaingan kita bisa menggunakan patokan berikut ini.

< 100 = Mudah
101 - 200 = Sedang
> 200 = Susah

Itu artinya kata kunci 'baju korea' termasuk dalam produk yang memiliki tingkat persaingan susah. Namun tetap ada kemungkinan untuk Anda dapat me-rangking-nya meskipun butuh waktu yang lama.

Tempat Promosi


Dalam dunia internet marketing, memilih tempat promosi yang tepat sudah menjadi sebuah kewajiban, ibaratnya Anda tidak mungkin menawarkan produk seharga miliaran rupiah (mobil mewah misalnya) kepada orang-orang di pedasaan, yang notabenya memiliki gaji kurang dari 10 juta per bulan.

Jadi wajib hukumnya untuk para internet marketers mengetahui dimana mereka harus promosi. Dan, untuk Anda yang masih bingung dimana harus berpromsi, daftar situs dibawah ini saya harap bisa menjadi solusi.

Cara Mudah Belajar Internet Marketing Dasar Gratis Untuk Anda



Teknik Promosi


Selain tempat yang tepat, Teknik yang tepat juga wajib Anda ketahui. Ini penting agar peluang untuk bisa melakukan closing jauh lebih besar.

Dalam Internet Marketing, kita mengenal 3 teknik, yaitu Opening - Closing - After Sales.

Opening

Sebelum memulai opening ada baiknya Anda mengetahui produk yang Anda jual, atau dalam dunia marketing sering disebut sebagai 'Product Knowledge'

Closing

Saat melakukan closing, jangan sampai menanyakan pertanyaan mengambang seperti :

jadi beli atau tidak ?

Tapi ubahlah menjadi :

jadi mau ambil produk a atau produk b pak ? penawaran ini terbatas.

Intinya buat calon pembeli untuk secepatnya memutuskan, jangan justru membuat mereka lama mendunda.

After Sales

Banyak para marketers yang berpikir bahwa tugas mereka hanyalah menjual produk, setelah itu selesai. Padahal dalam dunia marketing kita mengenal istilah After Sales (layanan purna jual). Jadi tetap berikan servis kepada mantan pelanggan Anda, siapa tahu dia akan melakukan repeat order.

Selain ketiga teknik marketing diatas, masih ada 1 teknik marketing rahasia yang bisa meningkat penjualan hingga 2x lipat. Teknik yang saya maksud adalah CrossSelling yaitu sebuah teknik mempromosikan produk tambahan yang berkaitan dengan produk utama teknik crossselling ini sering digunakan para seller atau dalam hal ini adalah internet marketer untuk menjual 2 barang dalam 1 penjualan.

Kuasai Software Internet Marketing


Dalam dunia bisnis internet marketing, kepandaian dalam promosi saja tidaklah cukup, dimana kita juga harus belajar software / aplikasi internet marketing untuk mempermudah pekerjaan kita. Kabar baiknya, terdapat banyak sekali software internet marketing gratis yang berguna untuk membantu menganalisa dan mempromosikan bisnis Anda.

Software yang maksud tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Cara Mudah Belajar Internet Marketing Dasar Gratis Untuk Anda


Aplikasi internet marketing pertama yang wajib untuk Anda miliki adalah Google Current. Singkatnya, google current akan menyajikan informasi tentang berita terkini, cocok untuk Anda para internet marketers yang bekerja di bidang bisnis / berita.


Cara Mudah Belajar Internet Marketing Dasar Gratis Untuk Anda



Aplikasi Buffer App akan memudahkan kita dalam membagikan konten di sosial media seperti Facebook, Twitter, Pinterest dan Google+. Cara kerjanya sangat sederhana, kita cukup menghubungkan buffer app dengan akun sosial media kita, lalu saat kita posting di Buffer App, maka postingan tersebut akan dibagikan ke seluruh akun media sosial yang kita miliki dengan 1x klik.

Itulah kedua software internet marketing yang patut Anda coba untuk meningkatkan omselt / penghasilan bisnis online....

Jika Anda menerapkan Ke Lima Ilmu Internet Marketing diatas, Maka kesuskesan untuk Meraih Bisnis internet Marketing Lebih Mudah didapatkan dan akan sangat terbuka Lebar. 
Semoga Artikel ini Membantu anda dalam berbisnis internet Marketing, Salam sukses selalu Untuk Anda, Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya

Post a Comment for "Cara Mudah Belajar Internet Marketing Dasar Gratis Untuk Anda"