15 Cara Optimasi SEO On Page Blog Mudah dan Berkualitas

15 Cara Optimasi SEO On Page Blog Mudah Berkualitas - Apabila blog anda ingin tampil halaman pertama mesin pencari Google, maka anda harus memaksimalkan SEO onpage. Karena seo on page merupakan salah satu faktor untuk  meningkatkan page rank blog, disamping faktor lainnya seperti seo of page. Semakin baik memaksimalkan seo onpage, maka semakin besar pula blog anda tampil di halaman pertama google. Keuntungannya blog akan semakin banyak pengunjung dan mudah terkenal. Tentunya penghasilan juga akan semakin bertambah.


Banyak cara optimasi seo on page yang bisa kita terapkan pada blog, namun alangkah bagusnya memaksimalkan usaha kita sendiri. Buktinya para mastah seo berhasil juga dengan cara-cara yang sudah diterapkan umumnya pada blog. 

15 Cara Optimasi SEO On Page Blog Mudah dan Berkualitas

Sebenarnya cara optimasi seo on page cukup mudah dan bisa kita ikuti walaupun blogger pemula, yang paling penting konsistensi menulis artikel dengan gaya kita sendiri, tidak kopi paste, dan menerapkan cara seo onpagenya. Cara ini sudah terbukti dan teruji, misalkan web mas sugeng, panduanIM, strukturcode, sangat simpel dan mudah dicerna.

15 Cara optimasi SEO ON PAGE

Hal yang perlu anda perhatikan dalam memaksimalkan optimasi seo on page pada blog tidak terlepas dari poin-poin berikut ini:
  1. Judul artikel
  2. Kata kunci
  3. Style bold, underline, italic
  4. Keyword dengan style bold (B), underline (U) dan italic (I) 
  5. Heading tag H1,H2 dan H3
  6. Keyword density 
  7. Jumlah kata
  8. Outbond link 
  9. Internal link
  10. Keyword muncul di akhir
  11. Gambar mengandung alt
  12. Meta deskripsi
  13. URL mengandung keyword
  14. Template
  15. Kualitas artikel
1. Judul artikel
Judul artikel harus mengandung kata kunci, karena judul hal yang sangat vital sekali dalam SEO. Judul harus menarik pengunjung, menarik emosi pembaca, baik rasa penasaran, merasa senang, merasa sedih, bahkan merasa pengunjung kalau bisa merasa kesal. Dan judul diusahakan di awal kata kunci.

2. Kata kunci
Gunakan kata kunci diawal judul, dan turunan daripada kata kunci. Munculkan pula kata kunci pada pragraf pertama ketika membuat artikel, atau sepuluh kata pertama, karena akan semakin memudahkan mesin pencari untuk mengindex kata kunci tersebut.

3. Style bold, underline, italic
Ini yang sering kita lupakan dalam membuat artikel. Pada cara ini dapat mempengaruhi seo on page blog anda. Jelas para pakar seo selalu memakai style bold, underline, dan italic.

4. Keyword dengan style bold (B), underline (U) dan italic (I) 
Keyword dengan style bold (B), underline (U) dan italic (I) diusahakan muncul lebih dari satu dan jangan terlau banyak maksimal 2 kali dalam setiap membuat artikel.

5. Heading tag H1,H2 dan H3 yang mengandung keyword
Biasanya heading tag H1 itu sudah pasti tentu diterapkan kepada Judul Artikel, namun h2 dan h3 digunakan pada sub sub judul pada artikel. Cara ini biasanya digunakan untuk artikel yang lumayan panjang pembahasannya.

6. Keyword density
Suatu kata bisa disebut sebagai keyword/kata kunci jika kata tersebut diulang lebih dari 1 kali pada artikel. Paling tidak anda perlu mengulang keyword yang ditargetkan itu minimal 3, dan maksimal  5 keyword untuk setiap kali artikel dibuat. Untuk ngecek keyword density silahkan anda menuju ke situs keyworddensity.com.

7. Jumlah kata
Jumlah kata yang baik dalam sebuah artikel adalah minimal 500 kata. Karena jumlah kata yang maksimal akan bagus dalam optimasi seo on page dimata mesin pencari google dan dimata pengunjung blog anda, sehingga kesannya menjadi baik dan memberi solusi, sehingga pengunjung akan betah membaca artikel anda.

8. Outbond link
Outbond link ini sangat penting sekali untuk seo on page. Caranya coba terapkan salah satu kata keyword yang ingin Anda capai mengandung outbond link ke situs terpercaya, dengan syarat bahasannya harus sama dengan artikel yang sedang dibuat. Contohnya bisa situs Wikipedia dan situs terpercaya lainnya. Mengapa harus bahasan sama? Karena google mengeluarkan algoritma terbaru yang bila Anda tidak melink ke situs yang bahasannya sama, maka situs anda kemungkinan akan mendapatkan blacklist, atau prediket di mata google menjadi turun. Jelas bahaya sekali jika tidak mengikuti aturan algoritma google.

9. Internal link
Berikan internal link ke artikel yang lain, dengan topik dan bahasan yang relevan. Jika artikel tidak mengandung bahasan yang sama dengan keyword, bisa anda link ke artikel itu sendiri. Tujuannya agar google Ini terus menerus berkeliling diblog Anda.

10. Keyword muncul di akhir artikel
Keyword juga tidak hanya terletak diawal dan ditengah artikel, tapi terapkan juga keyword dengan menggunakan keyword style bold (B), underline (U) dan italic (I) di akhir artikel, karena cara ini baik untuk algoritma google.

11. Gambar mengandung alt
Cara ini penting untuk seo on page, karena gambar yang memakai alt akan menjadi identitas artikel/postingan anda. Sebaiknya gunakan gambar yang asli dari sumbernya, jangan menggunakan gambar hasil copi paste dari blog lain. Jika tidak bisa minimal foto gambar tersebut dengan aplikasi foto, lalu edit ukuran dan lainnya. Jika tidak mematuhi aturan tentang gambar, maka tunggu blog anda di banned adsense jika sudah memakai iklan adsen.

12. Meta vtag dan Meta deskripsi
Usahakan keyword berada di awal kata meta tag dan meta description. Selain judul artikel, meta description pun harus memancing rasa penasaran orang yang mencari itu untuk mengunjungi ertikel anda. Panjang deskripsi bisa sampai 100 karakter lebih.

13. URL mengandung keyword
Yang jelas jika judul sudah mengandung keyword maka secara otomatis url akan sama dengan judulnya. Ini seperti fitur permalink dan judul sewaktu-waktu bisa anda ubah.

14. Template
Untuk lebih memaksimalkan optimasi seo onpage sebaiknya anda jangan sering mengganti template, karena bisa berakibat pengunjung blog anda turun, dan ciri khas blognya akan hilang. Namun jika mengganti template satu atau dua kali rasanya pengaruhnya kecil, terlebih jika banyak eror pada template sebelumnya.

15. Kualitas artikel
Rasanya inilah cara optimasi seo on page yang paling utama dan paling maksimal. Karena kualitas artikel ini bisa mengalahkan cara seo lainnya. Berarti seo tidak diperlukan! SEO perlu namun kualitas artikel lebih utama, karena artikel yang berkualitas pasti didalamnya sudah diterapkan optimasi seo on page nya.

Demikian artikel 15 cara optimasi seo on page blog mudah dan berkualitas. Cara diatas sebenarnya cara yang paling banyak digunakan selain cara yang lainnya. Semoga bermanfaat


Subscribe to receive free email updates:

28 Responses to "15 Cara Optimasi SEO On Page Blog Mudah dan Berkualitas"

  1. ini sama halnya seperti seo yoast plugin pada wordpress ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya memang sama penerapan di blog atau wordpress

      Delete
  2. Kualitas artikel itu relatif gan..
    Kualitas yang kayak gimana yang agan maksud??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan relatif, artikel panjang gayabhasa sendiri,terapkan seoonpage n of page, saya rasa itu gan hehe

      Delete
  3. Gambar yang mengandung alt itu maksudnya gimana ya gan?

    ReplyDelete
  4. wah artikel yang sangat bermanfaat, terima kasih bang

    ReplyDelete
  5. sangat lengkap dan sangat jelas , aku mau coba terapin ke blog ku

    ReplyDelete
  6. apakah dengan membuat artikel seperti , contoh : "10 Hal blaa blaa blaa" termasuk optiomasi seo ?

    ReplyDelete
  7. Gan metavtag itu gimana ya ? Cara menerPkan nya

    ReplyDelete
  8. ini nih yang penting banget, thanks gan :D

    ReplyDelete
  9. gan.. mau tanya nih tenteang gambar di tiap artikel.. maksudnya ukurannya gimna yak?? tentang banyaknya atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk gambar diusahakan asli punya, atau dari sumber lain tapi ubah ukurannya. Ya dlm 1 artikel dua gambar cukup gan

      Delete
  10. mantap tipsnya gan, blog ane masih baru butuh banget info kaya gini biar ada di page one hehe

    ReplyDelete
  11. banyak juga yang harus dibenahi dari segi onpage meski belu terbiasa

    ReplyDelete
  12. banyak juga yang harus dibenahi dari segi seo onpage meskipun belum terbiasa kedepanya akan dimaksimalin biar traffic juga maksimal

    ReplyDelete
  13. Makasih info nya gan..langsung dicba...

    ReplyDelete
  14. Mantap gan karena saya lagi nyari pengunjung dari google

    ReplyDelete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tidak membuat spam, dan jangan lupa, tinggalkan saran, atau masukan teman-teman di kolom komentar. Terimakasih