Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Malam dan Hari Jumat

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Malam dan Hari Jumat - Surat Al Kahfi adalah salah satu surat dalam Al quran yang memiliki banyak keutamaan jika umat islam mau mengamalkan maupun membaca bahkan jika mau menghafalnya. Rasullulah SAW menganjurkan umatnya untuk membacanya di malam jum’at atau hari jum'at. Sayang sekali jika umat islam saat ini lupa mengamalkan, meninggalkannya dan enggan membacanya. Padahal Rasulullah SAW sangat menganjurkan sekali untuk membaca dan mengamalkannya.
 
Mengapa surat al Kahfi penting kita baca?

Menurut Rasulullah SAW, bahwa diakhir zaman akan ada fitnah yang amat besar sekali yaitu fitnah al Masih Dajjal. Kemunculan Dajjal buka dongeng semata, buka karangan orang terdahulu, tapi merupakan ketetaapan Allah SWT dan Rasul-Nya. Rasulullah sendiri yang akan membunuhnya apabila bertemu dengan Dajjal, namun saat akhir zaman nanti siapa yang akan menyelamatkan dan sebagai benteng perlindungan bagi kita dari fitnah Dajjal?
 
Karena yang ditakutkan Rasulullah SAW hanyalah umatnya. Terutama umat islam yang hidup di akhir zaman, yang terpeleset iman islamnya oleh fitnah Dajjal. Sungguh celaka selama-lamanya orang yang saat itu sujud kepada Dajjal, naudzubillahimindzalik. Saking sayangnya Rasulullah SAW terhadap umatnya sebagai benteng perlindungan dari fitnah Dajjal, bacalah dan amalkanlah surat al Kahfi ini.
 
Agar lebih percaya dan yakin bahwa surat al Kahfi ini penting sekali kita amalkan, berikut ini beberapa penjelasan dari hadist Rasulullah tentang Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Malam dan Hari Jumat:

"Barangsiapa membaca surat al Kahfi pada hari jumat, maka dajjal tidak bisa memudharatkannya" -- HR. Dailami

Dalam hadist lain dijelaskan tentang keutamaan membaca surat al kahfi pada malam jumat dan hari jumat:

 من قرا سورة الكهف ليلة الجمعة اضاءله من النور فيما بينه وبين البيت العتيق

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)

من قرا سورة الكهف في يوم الجمعة اضاء له من النور ما بين الجمعتين

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at” (HR. Al Baihaqi dalam Al Kubro 3: 249. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470).

Cukup sekian artikel tentang Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Malam dan Hari Jumat semoga kita dapat mengamalkan surat al Kahfi ini dengan membaca dan mengamalkannya, sehingga terhindar dari fitnah keji al Masih Dajjal, amiin.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Malam dan Hari Jumat"

  1. dengan mengetahui Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Malam dan Hari Jumat
    maka kita harus melakukannya

    ReplyDelete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tidak membuat spam, dan jangan lupa, tinggalkan saran, atau masukan teman-teman di kolom komentar. Terimakasih