Contoh RPP Bahasa Arab Kelas 7, 8, 9 Qiraah Kurikulum 2013 Revisi 2017
Contoh RPP Bahasa Arab Kelas 7, 8, 9 Materi Qiraah Kurtilas/K13 Revisi Terbaru Tahun 2017 - Jika anda masih bingung dengan cara pembuatan RPP Edisi revisi terbaru Kurikulum 2013, Saya kasih contoh lanjutan untuk kelas 7, 8. dan 9. Membuat RPP Bahasa Arab pada dasarnnya sama dengan kelas 8, dan 9 yang paling penting seorang guru harus mempunyai buku pegangan Guru dan Siswa, selanjutnya kita mengolah sendiri sesuai dengan jumlah Babnya.
Dalam Revisi RPP K13 Tahun 2018 maka RPP harus terintegrasi dengan PPK, Literasi, 4C dan HOTS. Nah bagaimana contoh rpp khususnya bahasa arab yang sudah terintegrasi dengan pembelajaran tersebut, silahkan anda bisa download link dibawah.
Dalam Revisi RPP K13 Tahun 2018 maka RPP harus terintegrasi dengan PPK, Literasi, 4C dan HOTS. Nah bagaimana contoh rpp khususnya bahasa arab yang sudah terintegrasi dengan pembelajaran tersebut, silahkan anda bisa download link dibawah.
Dan jangan lupa sebelum membuat RPP coba anda lihat dulu di Silabusnya. Karena silabus merupakan patokan untuk membuat RPP. Ok, berikut ini contoh RPP Bahasa Arab kelas 7 dengan materi Membaca/Qiraah revisi terbaru tahun pelajaran 2017/2018:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
- Madrasah : MTs Nurul Falah Kota Cimahi
- Mata Pelajaran : Bahasa Arab
- Kelas/Semester : VII / I
- Materi : Membaca (Al Qiroah) tentang: التعريف بالفس
- Alokasi waktu : 3 x 40 menit (satu pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu memahami serta dapat :
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu memahami serta dapat :
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
- Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan tema التعريف بالفس
- Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan tema التعريف بالفس
- Menerjemahkan teks qira’ah tentang التعريف بالفس
- Menjawab pertanyaan tentang isi kandungan teks qira’ah tentang التعريف بالفس dengan baik dan benar.
B. KOMPTENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2 Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan tema
التعريف بالفس
2.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan tema التعريف بالفس
Indikator Pencapaian Kompetensi
Membaca teks qira’ah tentang التعريف بالفس
1. Dengan makkhraj yang benar serta lancar.
2. Menerjemahkan teks qira’ah tentang التعريف بالفس
3. Menjawab pertanyaan tentang isi kandungan teks qira’ah tentang التعريف بالفس
dengan baik dan benar.
C. MATERI PEMBELAJARAN
Keterampilan Membaca tentang topik التعريف بالفس yang menceritakan Kegiatan sehari-hari
• أَنَا طَالِب ، اِسْمِي عَزَّام . وَهذَا مَحْمُوْد .هُوَ طَالِب . هُوَ صَدِيْقِي .
• أَنَا طَالِبَة ، اِسْمِي حِلْيَة . وَهذِهِ رَفِيْدَة .هِيَ طَالِبَة . هِيَ صَدِيْقَتِي .
• مَنْ هذَا؟ هذَا طَالِب . هُوَ فَوْزَان. هُوَ صَدِيْقِي .
• مَنْ هذِهِ ؟ هذِهِ طَالِبَة. هِيَ قَانِتَة ، هِيَ صَدِيْقَتِي .
• أَنْتَ صَدِيْقِي يَا مَحْمُوْد ! وَأَنْتَ صَدِيْقِي يَا فَوْزَان .
• أَنْتِ صَدِيْقَتِي يَا رَفِيْدَة ! وَأَنْتِ صَدِيْقَتِي يَا قَانِتَة
D. METODE : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan pemecahan masalah
E. MEDIA : Laptop, infokus dan lembar kerja
F. SUMBER : Buku Paket Bahasa Arab kelas VIII dan Kamus Bahasa Arab
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN,
Untuk Kegiatan Pembelajaran, Lihat dibawah ini:
H. PENILAIAN HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1. Bentuk penilaian :
- Tugas individu
- Tugas Kelompok
- Individu : Tes tertulis (terlampir)
- Kelompok : Penugasan (terlampir)
Selanjutnya Tanda-tangan Guru Mata Pelajaran dan Kepala Sekolah atau Kepala Madrasah
Setelah Tanda-tangan mulailah dengan membuat Lembar Kerja Siswa. Silahkan lihat Contoh dibawah ini Contoh LKS Sederhana untuk Bahasa Arab: Jangan lupa jika membuat soal kunci jawabannya hehe ...
LEMBAR KERJA SISWA
TUGAS INDIVIDU
1. Bacalah Teks Qiro’ah di bawah ini dengan pelafalan dan intonasi yang baik !
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله !
• أَنَا طَالِب ، اِسْمِي عَزَّام . وَهذَا مَحْمُوْد .هُوَ طَالِب . هُوَ صَدِيْقِي .
• أَنَا طَالِبَة ، اِسْمِي حِلْيَة . وَهذِهِ رَفِيْدَة .هِيَ طَالِبَة . هِيَ صَدِيْقَتِي .
• مَنْ هذَا؟ هذَا طَالِب . هُوَ فَوْزَان. هُوَ صَدِيْقِي .
• مَنْ هذِهِ ؟ هذِهِ طَالِبَة. هِيَ قَانِتَة ، هِيَ صَدِيْقَتِي .
• أَنْتَ صَدِيْقِي يَا مَحْمُوْد ! وَأَنْتَ صَدِيْقِي يَا فَوْزَان .
• أَنْتِ صَدِيْقَتِي يَا رَفِيْدَة ! وَأَنْتِ صَدِيْقَتِي يَا قَانِتَة
2. Jawablah dengan benar sesuai dengan tema qiroah diatas!
أ. اِخْتَرْ أَصَحَّ الأجوبة وَفْقًا لِنَصِّ القِرَاءَة السَّابِق !
1. اِسْمِي ... . أَنَا طَالِب
أ. عَزَّام ب. مَحْمُوْد ج. فَوْزَان د. صَدِيْقِي
2. اِسْمِي حِلْيَة . أَنَا ...
أ. طَالِبَة ب. رَفِيْدَة ج. قَانِتَة د. صَدِيْقَتِي
3. مَنْ هذَا؟ ...
أ. اِسْمِي ب. هذَا صَدِيْقِي ج. هُوَ فَوْزَان د. عَزَّام
4. ... ؟ هِىَ طَالِبَة
أ. مَنْ هِىَ ب. مَنْ هذَا ج. مَنْ أَنْتَ د. مَنْ أَنَا
5. ... ؟ أنا طَالِبَة
أ. مَنْ هذِهِ ب. مَنْ هذَا ج. مَنْ أَنْتِ د. مَنْ أَنَا
6. أَنَا مَحْمُوْد ....
أ. أَنْتَ صَدِيْقِي ب. اِسْمِي أَحْمَد ج. هذَا مَحْمُوْد د. أَنَا طَالِب
7. يَا رَفِيْدَة ! ...
أ. أَنَا صَدِيْقَتِي ب. أَنْتِ صَدِيْقَتِي ج. هِيَ صَدِيْقَتِي د. أَنَا صَدِيْقِي
8. يَا فَوْزَان ! ...
أ. أَنْتِ صَدِيْقَتِي ب.أَنَا صَدِيْقِي ج. أَنْتَ صَدِيْقِي د. هُوَ صَدِيْقِي
9. يَا ... ! أَنْتِ صَدِيْقَتِي
أ. عَزَّام ب. مَحْمُوْد ج. فَوْزَان د. قَانِتَة
10. يَا ... ! أَنْتَ صَدِيْقِي
أ. مَحْمُوْد ب. رَفِيْدَة ج. قَانِتَة د. صَدِيْقَتِي
Kunci Jawaban:
1. عزام
2. طالبة
3.هذا صديقي
4.من هي
5.من انت
6.انت صديقي
7.انت صديقتي
8.انت صديقي
9.قا نتة
10.محمود
TUGAS KELOMPOK
1. Terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia dengan baik dan benar!
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله !
• أَنَا طَالِب ، اِسْمِي عَزَّام . وَهذَا مَحْمُوْد .هُوَ طَالِب . هُوَ صَدِيْقِي .
• أَنَا طَالِبَة ، اِسْمِي حِلْيَة . وَهذِهِ رَفِيْدَة .هِيَ طَالِبَة . هِيَ صَدِيْقَتِي .
• مَنْ هذَا؟ هذَا طَالِب . هُوَ فَوْزَان. هُوَ صَدِيْقِي .
• مَنْ هذِهِ ؟ هذِهِ طَالِبَة. هِيَ قَانِتَة ، هِيَ صَدِيْقَتِي .
• أَنْتَ صَدِيْقِي يَا مَحْمُوْد ! وَأَنْتَ صَدِيْقِي يَا فَوْزَان .
• أَنْتِ صَدِيْقَتِي يَا رَفِيْدَة ! وَأَنْتِ صَدِيْقَتِي يَا قَانِتَة
Jawaban:
- Saya seorang siswa, nama saya azam, dan ini Mahmud, dia seorang siswa dia teman laki laki ku
- Saya seorang siswa, nama saya Hilyah, dan ini Rofidah, dia seorang siswi, dia teman perempuanku
- Siapakah ini/lk ? Ini siswa dia Fauzan, dan dia temanku
- Siapakah ini/pr ? dia siswi, dia Qonitah, dia teman perempuanku
- Kamu temanku hei Mahmud! Dan kamu temanku hei Fauzan
- Kamu teman perempuanku hei rufaidah! Kamu temanku hei Qonitah
Lihat contoh format penilaian dibawah ini:
a. Remedial
Bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik. Berdasar dari identifikasi itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada materi yang dianggap sulit oleh peserta didik.
Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada saat jam belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit setelah jam belajar selesai). Penilaian dilakukan dengan tipe soal sejenis.
b. Pengayaan.Bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik. Berdasar dari identifikasi itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada materi yang dianggap sulit oleh peserta didik.
Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada saat jam belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit setelah jam belajar selesai). Penilaian dilakukan dengan tipe soal sejenis.
Bagi peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran, diminta untuk mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan). Siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan kesempatan untuk memperbaikinya sesuai dengan indikator pembelajaran yang belum tercapai baik dengan cara dibrikan tugas atau dengan mengulang tes. Jika didapati banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar maka guru wajib memberikan pembelajaran ulang sesuai dengan indikator yang belum tercapai oleh kebanyakan siswa (remedial teaching), selanjutnya guru melakukan penilaian kembali dengan indikator soal yang sejenis. Remedial pembelajaran dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu atas kesepakataan antara siswa dan guru.
- Untuk lebih lengkapnya RPP RPP Bahasa Arab Kelas 7, 8, 9 Qiraah Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan download disini.
Baca Juga:
Nah, itulah contoh Contoh RPP Bahasa Arab Kelas 7, 8, 9 Materi Qiraah Kurtilas/K13 Revisi Terbaru Tahun 2017. Mudah bukan, untuk Contoh RPP mata pelajaran lainnya insya Allah akan saya update pada waktu dan kesempatan berikutnya, terima kasih semoga bermanfaat.
Post a Comment for "Contoh RPP Bahasa Arab Kelas 7, 8, 9 Qiraah Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tinggalkan saran, atau masukannya