Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Program Study Tour SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK Terbaru

Contoh Program Study Tour/Wisata Religi Untuk Sekolah SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK, Perguruan Tinggi, Lengkap Terbaru -- Belajar (study) sambil berwisata adalah aktivitas mencari tahu hal-hal yang baru yang perlu diexplore agar siswa-siswi tidak jenuh terus belajar di sekolah/madrasah. Belajar sambil wisata merupakan program yang paling diminati siswa disekolah, baik itu di SD, SMP/MTs, SMA/SMK, Perguruan Tinggi, maupun instansi-instansi tertentu bahkan organisasi masyarakat baik yang bergerak di bidang sosial maupun keagamaan. Dalam agama menurut saya bisa dikategorikan ibadah asal niatnya tafakur/tadabur tentang ke Maha Kuasaan Allah SWT melalui ciptaan-Nya.
Contoh Program Study Tour SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK Terbaru
Foto: Kegiatan Study Tour MTs Nurul Falah Kota Cimahi 2018, Museum Fatahillah-Jakarta
Program STUDY TOUR sendiri adalah salah satu kegiatan belajar di luar ruangan yang bertujuan untuk menambah wawasan para siswa. Jika biasanya siswa belajar di kelas, maka dengan Study Tour siswa akan lebih aktif, lebih bisa mengexplore pelajaran yang lebih nyata.

Tempat tujuan STUDY TOUR lebih ketempat bersejarah seperti ke museum, tempat budaya, tempat seni, teater, tempat iptek bahkan ketempat-tempat yang lebih religi seperti ziarah ke wali songo dan lainnya. Di Indonesia banyak sekali tempat tujuan Study Tour/Wisata Religi. Kalau di Jawa seperti Ibukota Jakarta, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Jogjakarta, Kota Malang, Kota Surabaya, dan kota-kota lainnya.

Contoh Program Study Tour SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK Terbaru

Ingin ke tempat yang lebih eksotis maka biasanya siswa lebih memilih tempat-tempat yang bernuansa air seperti ke pantai, wisata permainan air dan lainnya.

Sudah saatnya peranan dan fungsi siswa sebagai generasi muda telah mendapatkan posisi yang semakin jelas dalam gerak pembangunan bangsa, sebagai penggerak nasional, dan penerus nilai-nilai luhur budaya positif dalam rangka meningkatkan pembangunan bangsa khususnya didaerah dimana bumi Anda dipijak.

Nah, dalam contoh program Study Tour/Wisata Religi seperti biasanya terdiri dari: kata pendahuluan, landasan hukum, tujuan dilaksanakannya Study Tour, lalu tempat Tujuan Study Tour, peserta study tour, biaya/anggaran, jadwal kegiatan selama study tour, lembar kerja siswa (lks), fasilitas selama study tour (Bis, tempat menginap, makan, dll) dan yang terakhir evaluasi dan refleksi kegiatan study tour.

Contoh Program Study Tour SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK Terbaru
Karena salah satu tujuan program study tour adalah wisata edukasi, maka yang paling penting adalah siswa harus bisa membagi pengalamannya melalui hasil karya tulisan, sehingga bisa dipajang/disimpan di perpustakaan sekolah agar bisa dijadikan rujukan pembelajaran.

Lebih lengkapnya tentang Contoh Program Study Tour SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK dan perguruan tinggi, silahkan unduh di bawah ini:
Itulah Contoh Program Study Tour SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK. Program tersebut mungkin masih banyak kekurangannya, untuk itu silahkan Anda bisa tambah/dikurangi sesuai dengan kebutuhan sekolah masing-masing.

Post a Comment for "Contoh Program Study Tour SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK Terbaru"