Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengintegrasikan PPK, Literasi, 4C dan HOTS ke dalam RPP Kurikulum 2013 (revisi 2017)

Cara Mengintegrasikan (membumikan) PPK, Literasi, 4C dan HOTS kedalam RPP Kurikulum 2013 (revisi 2017) -- Setiap awal ajaran baru guru selalu disibukan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP penting sekali diperhatikan oleh seorang guru karena merupakan ruh kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu jika Anda seorang guru maka wajib hukumnya menyusun RPP sesuai mata pelajaran dikelas mana mengajar (guru kelas) di SD/MI dan untuk guru mata pelajaran yang diampunya untuk guru SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK.

Mengintegrasikan PPK, Literasi, 4C dan HOTS ke dalam RPP Kurikulum 2013 (revisi 2017)

Bisa gak menyusun RPP yang Benar ?

Rasanya pertanyaan diatas memang sulit sekali dijawab, kenapa? Ya karena menyusun RPP yang benar dan sempurna tidaklah mudah.

Gak apa sih tidak sempurna yang paling penting ketika menyusun RPP sudah sesuai dengan aturan Permendiknas….hehe intinya berusaha semaksimal mungkin, dan pasti bisa bisa bisa…

Nah, untuk menyusun RPP yang benar Anda perlu mempelajari hakikat, prinsip dan langkah-langkah penyusunan RPP yang salah satunya tertera pada Permendiknas tentang:

Pembelajaran  Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah - Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran nomor 103 Tahun 2014. Namun peraturan ini diperbaharui dengan keluarnya Permendikbud No 23 tentang standar penilaian dan panduan penilaian terbaru.

RPP Harus terintegrasi dengan PPK dan Literasi?

Salah satu revisi RPP Kurikulum 2013 tahun 2017 yaitu mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter apa saja yang harus ada? Berikut ini 5 Karakter dalam PPK yaitu:
  1. religius,
  2. nasionalis,
  3. mandiri,
  4. gotong royong,
  5. dan integritas. 
Selain Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada pembelajaran maka penting juga diintegrasikan LITERASI; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C:
  1. Creative,
  2. Critical thinking,
  3. Communicative,
  4. dan Collaborative);
dan HOTS (Higher Order Thinking Skill).

Implementasi PPK Seperti Apa?

Dalam implementasinya, PPK perlu mengintegrasikan, lalu memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang.



Mengintegrasikan PPK, Literasi, 4C dan HOTS ke dalam RPP Kurikulum 2013 (revisi 2017)

Pengintegrasian dapat berupa pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas); pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler; pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat.

Kemudian penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.

Literasi?

Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara.

Bahkan Literasi itu menurutku bukan hanya sekadar membaca dan menulis, tetapi mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori.

Penjabaran Literasi Seperti Apa?

Literasi dapat dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).

Keterampilan abad 21, atau lebih dikenal dengan istilah 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan Kurikulum 2013, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.

Apa itu HOTS?

HOTS  (Higher Order of Thinking Skill ) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan.

Mengintegrasikan PPK, Literasi, 4C dan HOTS ke dalam RPP Kurikulum 2013 (revisi 2017)

Ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Contoh RPP yang sudah terintegrasi dengan PPK, Literasi, 4C dan HOTS

Membuat RPP yang sudah terintegrasi dengan model pembelajaran abad 21 bukan perkara mudah karena memerlukan waktu dan kemampuan guru itu sendiri dalam menyusunnya. Untuk memudahkan pekerjaan tersebut berikut ini beberapa mata pelajaran yang sudah terintegrasi dengan literasi dan lainnya. Lebih lengkapnya silahkan lihat >>> DISINI<<<

Kesimpulan

Akhirnya dalam penyusunan RPP kurikulum 2013 yang akan kita buat, wajib mengintegrasikan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Oleh karena itu perlu kreatifitas tinggi seorang guru dalam meramunya. Bisa gak? Yakin pasti bisa hehehe………..sekian semoga bermanfaat.

Penulis: Toto Herdianto

Post a Comment for "Mengintegrasikan PPK, Literasi, 4C dan HOTS ke dalam RPP Kurikulum 2013 (revisi 2017)"