Program Pendayagunaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK)
Berikut ini contoh Program Pendayagunaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK). Dokumen ini bisa anda tambahkan sesuai dengan kebutuhan sekolah masing-masing. Selain Guru yang harus diperhatikan lainnya ialah tenaga kependidikan. Saya yakin sekolah tidak akan maju jika tidak ada tenaga kependidikan, maka perlu pihak terkait memberikan penghargaan yang setara sesuai dengan pekerjaannya.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa salah satu fungsi dan tujuan pendidikan nasional ialah untuk mengembangan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban manusia. Tuntutan perkembangan jaman mencakup politik, ekonomi, sosial dan budaya serta perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat harus diimbangi dengan peningatan kualitas kinerja para pendidik dan tenaga kependidikan. Untuk itu diperlukan program yang mewadahi kegiatan penunjang peningkatan
1.2 Dasar Hukum
1.2.1 Rencana Kerja Madrasah Tahum 2017/2018
1.3 Tujuan Kegiatan
1.3.1 Mengembangkan kreatifitas dan kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan Tugas Pokok Siswa (TUPOKSI).
1.3.2 Meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan sekolah
1.3.3 Meningkatkan keseimbangan antara kemampuan dan keterampilan pendidik dan tenaga kependidikan dengan perkembangan Teknologi Informasi dan aspek kehidupan lainnya.
1.4 Sasaran Program
Yang menjadi sasaran program ini dalah semua pendidik dan tenaga kependidikan di MTs Nurul Falah Kota Cimahi
BAB II
Program Kegiatan
2.1 Pembagian Tugas
Pembagian tugas dilakukan relevan antara tingkat pendidikan yang dimiliki dengan tugas. Berikut adalah pembagian tugas pendidik dan tenaga kependidikan MTs Nurul Falah Kota Cimahi.
Pembagian Tugas Guru Dilampirkan
2.2 Sistem Penghargaan
Pemberian penghargaan terhadap tenaga pendidik dan tenaga kependidikan didasarkan atas prestasi yang telah diperoleh. Seorang pendidik dan tenaga kependidikan dapat memperoleh penghargaan jika telah melakukan salah satu kegiatan antara lain :
- Membina siswa dalam sebuah kejuaraan / lomba hingga berpresasi minimal tingkat kabupaten/Kota.
- Menciptakan sebuah karya inovatif yang menunjang kinerja pendidik maupun tenaga kependidikan.
- Disiplin dalam segala aktifitas termasuk jam datang dan jam pulang serta kelengkapan administrasi.
Setiap pendidik maupun tenaga kependidikan berhak mendapatkan pengembangan profesi untuk menunjang tugas pokoknya. Pengembangan profesi dilakukan dengan memberikan kesempatan pada masing-masing individu untuk mengikuti diklat / workshop yang relevan dengan tupoksinya. Diklat / workshop bisa dilaksanakan secara intern di sekolah dengan narasumber rekan sejawat dan memberikan tugas kepada pendidik maupun tenaga kependidikan untuk mengikuti diklat / workshop di luar sekolah
2.4 Promosi dan penempatan
Bagi masing-masing pendidik dan tenaga kependidikan yang memperoleh prestasi kinerja yang memuaskan akan direkomendasikan untuk promosi dan penempatan tugas di tingkatan pekerjaan yang lebih tinggi. Promosi dn penempatan pendidik berprestasi serendah-rendahnya direkomendasikan menjadi guru kelas dan setinggi-tingginya direkomendasikan untuk menjadi kepala sekolah.
2.5 Mutasi
Mutasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan mutlak kewenangan induk instasi yang menaungi sekolah. Namun demikian, kepala sekolah bisa berkonsultasi dengan pemangku kepentingan di atasnya.
BAB III
Penutup
Demikian gambaran umum mengenai Program Pendayagunaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di MTs Nurul Falah Kota Cimahi. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat dan kontribusi yang baik untuk siswa siswi MTs Nurul Falah Kota Cimahi.
NO
|
NAMA
GURU
|
PENDIDIKAN
|
JABATAN
/
MATA
PELAJARAN
|
1
|
H. Deden
Ridwan, S.H.
|
S1/Hukum
|
Kepala
Madrasah/PPkn
|
2
|
Leni Abidah,
S.Ag.
|
S1/PAI
|
Fikih VII
|
3
|
Syarifudin,
S.Ag.
|
S1/PAI
|
Al Quran
Hadits VIII
|
4
|
Yudi
Yudiarputra, S.Pd.
|
S1/GOEGRAFI
|
IPS Geografi
|
5
|
Dra. Hani
Sumartini
|
S1/PAI
|
SKI VII
|
6
|
Rohati, M.Ag.
|
S1/PAI, S2,
Mag
|
IPS
|
7
|
Gunawan,
S.Pd.I.
|
S1/PAI
|
Pembina OSIS /
Fikih VIII
|
8
|
Hj. Imas
Masitoh, S.Ag.
|
S1/PAI
|
Sarpras/
Akidah Akhlak VII, VIII, IX
|
9
|
Kuat Slamet,
S.Pd.
|
S1/Matematika
|
Matematika
VIII
|
10
|
L. Siti
Juhriah, S.Pd.
|
S1/IPA
|
Bendahara/ IPA
IX
|
11
|
Dra. Hj Iis
Hermawatie
|
S1/Matematika
|
Matematika IX
|
12
|
Dra. Hj Yusni
Visa
|
S1/PAI
|
Al Quran
Hadits, VII & IX
|
13
|
Hj. Lilis
Nuraeni, S.Si.
|
S1/Matematika
|
Matematika VII
|
14
|
Wiwin Winarni,
S.Pd.
|
S1/Matematika
|
Matematiaka
VIII
|
15
|
Gugun Gumilar,
S.Pd.
|
S1/PJOK
|
PJOK
|
16
|
Hendayani
Sofia S, S.Ag.
|
S1/Sastra Arab
|
Wakamad
Kurikulum / Bahasa
Arab IX
|
17
|
Eneng Aam
Pujiawati, S.Pd.
|
S1/PAI
|
Akidah Akhlak
VIII
|
18
|
Herman
Jayawardhana, S.Pd.I.
|
S1/PAI
|
Bahasa Arab
VIII
|
19
|
Toto
Herdianto, S.Pd.I
|
S1/PAI
|
Wakamad
Kesiswaan/ Bahasa Arab
|
20
|
Dindin Zaenudin,
S.Pd.
|
S1/PJOK
|
PJOK VII
|
21
|
Drs. H. Dede
Cubarya
|
S1/
|
Bahasa Inggris
|
22
|
N. Rusliani,
S.Pd.I.
|
S1/PAI
|
Seni Budaya,
SKI
|
23
|
Anisa Nur
Aini, S.Pd.
|
S1/Bahasa
Inggris
|
Bahasa Inggris
VII
|
24
|
Nelly Kartini,
S.Pd.
|
S1/Bhs.
Indonesia
|
Bahasa
Indonesia IX
|
25
|
Sri Pangesti
Murniarti, S.Pd.
|
S1/
|
Prakarya VII,
VIII
|
26
|
Muhammad Yasin
N, S.Kom
|
S1/S.Kom
|
Prakarya IX
|
27
|
Bima Gusti
Ramadan, S.Pd.
|
S1/Matematika
|
Matematika
|
28
|
Nauval Julian
Rizki, S.Pd.
|
S1/Bhs. Sunda
|
Bahasa Sunda
IX
|
29
|
Aneu Hartiana,
S.Pd.
|
S1/Bahasa Inggris
|
Bahasa Inggris
IX
|
30
|
Adimas
Gustiana, S.Pd.
|
S1/PPkn
|
PPKn IX
|
31
|
Drs. Endang
Herwana
|
S1/IPA
|
IPA VII
|
32
|
Herlina
Febrianti, S.Pd.
|
S1/Bhs. Sunda
|
Bahasa Sunda
IX
|
33
|
Nuraeni
Maulida Azizah, S.Pd.
|
S1/Bahasa
Indonesia
|
Bahasa
Indonesia VIII
|
34
|
Pujawati,
S.Pd.
|
S1/Bhs.
Indonesia
|
Bahasa
Indonesia VIII
|
35
|
Siti Latifah,
S.Pd.
|
S1/IPA
|
IPA VIII
|
36
|
Gugun Gunawan,
S.Pd.
|
S1/Bahasa
Inggris
|
Bahasa Inggris
VII
|
37
|
Irfan Sukmana,
S.Pd.
|
S1/Seni Budaya
|
Seni Budaya IX
|
38
|
Herman Nurdin,
ST.
|
S1/Tehnik
|
Kepala TU
|
39
|
Eko Setiawan,
S.Ud
|
S1/Ushuludin
|
BP/BK
|
40
|
Putri Ushan,
S.Psi
|
S1/Psikologi
|
BP/BK
|
41
|
Dra. Khaerati
|
S1
|
Pustakawan
|
42
|
H. Andi
|
SLTA
|
Staff TU
|
43
|
Nina
|
SLTA
|
Staff TU
|
44
|
Iwa Suhendar
|
SMA
|
Tenaga
Kependidikan
|
45
|
Asep Komasudin
|
SLTP
|
Tenaga
Kependidikan
|
46
|
Deni Sobandi
|
SD
|
Tenaga
Kependidikan
|
47
|
Ade Suntaka
|
SLTP
|
Tenaga
Kependidikan
|
Demikian contoh Program Pendayagunaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK). Program ini merupakan salah satu dokumen akreditasi yang mesti ada terutama instrument yang berkaitan dengan tugas kepala sekolah. Sekian semoga bermanfaat, aamiin.
Post a Comment for "Program Pendayagunaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK)"
Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tinggalkan saran, atau masukannya