Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Tips Perawatan Baterai HP Android Agar Tahan Lama dan Tidak Cepat Rusak

9 Tips Cara Merawat Baterai HP Android Agar Tahan Lama dan Tidak Cepat Rusak - Baterai HP Smartphone merupakan komponen yang paling penting yang harus diperhatikan penggunaannya agar baterai tersebut tahan lama dan berumur panjang. Baterai HP tak ubahnya nyawa Android yang harus dirawat. Tidak sedikit HP baru karena tidak benar perawatannya maka tiba-tiba baterai tersebut ngehang bahkan ada yang meledak.


Saat ini pabrikan HP Android berlomba-lomba untuk menarik konsumen mengeluarkan Smartphone dengan kapasitas daya baterai yang besar, ya tujuannya agar HP tersebut tahan lama dan leluasa memakainya terutama saat bepergian jauh. Beberapa merek HP Android terbaru keluaran tahun 2019 dengan kapasitas baterai yang besar seperti:
  • ASUS Zenphone Max Pro M2 dengan kapasitas baterai 5000 mAh
  • Samsung M2 dengan baterai 5000 mAh
  • Xiomi Mi Max2 dengan baterai 5300 mAh
  • Xiomi Redmi Note 7 dengan kapasitas baterai 4000 mAh
  • Samsung Galaxy A50 dengan kapasitas baterai 4000 mAh
  • Power 5 dengan kapasitas baterai jumbo 13000 mAh
Nah, merek HP diatas semuanya menggunakan baterai yang besar dengan teknologi past charging sehingga ketika mengecas HP tidak memerlukan waktu lama, keren broo..

Cara Merawat Baterai Android Agar Tahan Lama

Namun apa guna baterai yang besar jika sama sekali tidak bisa merawat kekuatan baterai agar tahan lama dan berumur panjang. Ok, berikut ini beberapa tips bagaimana cara merawat baterai Android Anda tahan lama? mari kita lihat solusi dibawah ini:

  1. Perhatikan port pengisian baterai apakah kering atau kena air? jika port pengisian baterai basah, silahkan guncangkan/keringkan terlebih dahulu sebelum dicolokan ke pengisi daya. Anda bisa menggunakan pengering rambut atau dijemur untuk mengeringkannya, tapi jangan buru-buru digunakan saat panas.
  2. Jika berencana untuk tidak menggunakan HP dalam waktu lama, sebaiknya isi daya hanya sampai 80 - 90 %, lalu matikan ponsel dan simpan dalam suhu ruangan. Artinya HP jangan diisi sampai 100 % lebih, lama-lama bisa meledak juga
  3. Batasi penggunaan HP terlalu lama di suhu panas sehingga dapat menurunkan kekuatan baterai dan tidak tahan lama
  4. Ketika mengecas HP selalu menggunakan Charger Asli bawaan HP yang anda beli. Masalahnya jika menggunakan Charger lain pasti daya ampere nya akan berbeda
  5. Untuk perawatan HP yang benar biasakan mengisi daya baterai sebelum benar-benar habis, misalkan 20 % (pokoknya jangan sampai habis sampai 0 %).
  6. Selalu mematikan ponsel saat ngecas.
  7. Apabila ngecas dalam keadaan hidup, maka turunkan kontras layar HP.
  8. Jangan sering-sering menggunakan Power Bank saat mengisi daya yang langsung ke HP anda
  9. Hindari ngecas HP via Port USB PC Komputer/Laptop dan suhu terbaik untuk ngecas HP kisaran 10 - 40 derajat celsius.

Itulah beberapa tips yang paling direkomendasikan cara merawat baterai HP agar tahan lama dan tidak cepat rusak. Cara-cara diatas merupakan tips pemeliharaan HP yang memang sudah menjadi aturan pabrik. Lakukan cara diatas agar baterai tahan lama, apalagi HP baru hehe.

Silahkan share tips diatas dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "9 Tips Perawatan Baterai HP Android Agar Tahan Lama dan Tidak Cepat Rusak"