Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyambungkan/Koneksi Internet Via Tethering Hotspot dari HP ke HP Lain

Cara Mudah Koneksi Internet Via Tethering Hotspot dari HP ke HP Lain

Cariduit-dot -- Hello sahabatku, Bagaimana cara menyambungkan/koneksi internet via hotspot dari HP ke HP Lain?. Mudah sekali caranya, yang penting kamu punya kuota internet dan punya dua HP. Smartphone yang satu masih ada kuaota internet sedangkan yang satunya lagi habis kuota. Cara ini solusi jika ada 2 HP keduanya sangat penting sekali dipakai internetan, atau rebutan HP dengan anak Anda.

Jika mau internetan, disaat punya beberapa HP namun miskin kuota, sebenarnya gak usah bingung mudah sih cara nyambungin ke internet dengan membeli modem Wi-fi baik itu yang CDMA atau yang GSM banyak beredar dipasaran. Dengan satu modem, maka bisa koneksi internet dengan beberapa HP.

Jika punya dua HP Smartphone atau HP jadul yang sudah menggunakan sistem android, jika ingin internetan namun miskin kuota, maka caranya sangat mudah dan simpel sekali, yaitu dengan cara koneksi internet melalui Tethering Hotspot.

Pengertian Thetering dan Hotspot 

Apa sih tethering hotspot itu? tethering dan hotspot sebenarnya dua kata yang artinya berbeda, namun kayaknya sama saja karena memang sudah seperti satu. Coba kita cek apa perbedaanya!

Tethering

Dalam bahasa Indonesia tethering diartikan sebagai penambatan. Penambatan adalah penggunaan telepon seluler dengan akses internet ke layanan 3G, 4G atau 5G sebagai gerbang/pintu utama internet. Dengan kata lain tethering ialah cara mengakses internet melalui perangkat Smartphone, Tablet melalui perangkat lainnya.

Hotspot

Nah, bagaimana dengan pengertian Hotspot? Hotspot bisa diartikan sebagai penyedia akses internet yang terkoneksi tanpa kabel (wireless) untuk perangkat seperti smartphone, komputer, laptop, usb, dan perangkat lainnya.

Ok, bagaimana Cara Paling Mudah Koneksi Internet Via Tethering Hotspot dari HP ke HP Lain? mari ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

Disini Saya menggunakan 2 (dua) HP yang satu Smartphone Andromax 4G LTE yang satunya lagi Samsung Galaxy A50 baru beli yang sekarang lagi booming. Lihat Spesifikasi Samsung A50 jika Anda mau beli juga, disini.

Kebetulan sehari-hari internetan memakai kartu smartfren, maka HP Andromax sebagai HP utama,  ya karena kuota lumayan besar apalagi kuota malam 15GB yang susah habisnya, hehe. Maka silahkan setting dan aktifkan terlebih dahulu hotspot HP kesatu,

Caranya:

Pertama, Buka menu setelan -- lalu pilih lainnya -- kemudian pilih menambatkan & hotspot portabel . Disana ada 4 menu pilihan, yaitu:
  • -- Penambatan USB
  • -- Hotspot Wi-fi Portable
  • -- Siapkan Hotspot Wi-Fi
  • -- Penambatan Bluetooth
Karena akses internet akan melalui Wi-Fi (bukan dengan USB) maka Pilih dan aktifkan saja Hotspot Wi-fi Portable. Selanjutnya...

Kedua, siapkan HP satunya lagi (Samsung Galaxy A50). Selanjutnya pilih Pengaturan, cari menu Koneksi (wifi, bloetooth, penggunaan data, mode terbang).

Cara Paling Mudah Koneksi Internet Via Tethering Hotspot dari HP ke HP Lain

Ketiga, Cari Hotspot Seluler dan Penambatan, silahkan pilih dan klik.


Keempat, setelah terbuka, aktifkan Hotspot Seluler. Maka akses internet sudah aktif


Pilih Tipe Android (HP) pertama sekaligus Kata Sandi. Klik dan akses internet anda sudah benar-benar aktif.


Mudah sekali bukan gak usah ribet-ribet. Silahkan bisa pakai kuota smartfren sepuasnya. Cara-cara diatas sama saja apapun HPnya, cuman beda sedikit bahasa saja.

Demikian Cara menyambungkan atau koneksi Internet Via Tethering Hotspot dari HP ke HP Lain, semoga bermanfaat, aamiin.


1 comment for "Cara Menyambungkan/Koneksi Internet Via Tethering Hotspot dari HP ke HP Lain"

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tinggalkan saran, atau masukannya