Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Fetch as Google Terbaru 2019 (Submit URL Artikel) di Webmaster Tool

Cara Fetch as Google Terbaru 2019 (Submit URL) di Webmaster Tool

Cariduit-dot -- Hello Sahabatku, kali Saya akan bahas tutorial Cara Fetch as Google Terbaru 2019 atau cara Submit URL artikel di Webmaster Tool. Kenapa cara terbaru? ya, karena cara lama lebih mudah dan simpel sudah tidak berguna lagi saat submit artikel baru. Fetch/submit artikel dengan Webmaster Tool  penting dilakukan agar mesin perayap Google lebih cepat mengindex artikel Anda dan berbagai keuntungan lainnya, seperti blog anda semakin populer.

Semenjak tahun 2018 akhir Agustusan kalau tidak salah, cara indeks artikel ke Webmaster Tool mengalami perubahan seiring dengan update tampilan dan mesin webmaster tool. Ketika Anda membuat artikel baru lalu memposting di blog, itu sebenarnya sudah cukup, namun mesin pencari Google setidaknya memerlukan waktu yang cukup lama untuk merayapi artikel tersebut.

Maka salah satu cara paling cepat agar artikel cepat terindeks Google yaitu dengan cara Fetch Google atau submit artikel di Webmaster Tool.  Cara ini paling cepat dan terbukti berhasil.

Sebelum tutorial cara Fetch a Google url artikel, terlebih dahulu Saya akan sedikit menjelaskan tentang URL dan Webmaster Tool. Pemula mungkin kebingungan dimana mencari alamat url blog atau alamat url artikel. Simpel sekali mencarinya, misal blog mempunyai 200 postingan atau artikel, maka artikel tersebut jumlahnya 200 url.

Ini adalah salah satu contoh url artikel yang akan disubmit ke webmaster tool dengan cara Fetch a Google. Contoh url: http://cariduit-dot.blogspot.com/2019/06/cara-fetch-as-google-terbaru-2019-submii-url-dengan-webmaster-tool.html

Apa itu URL, silahkan lebih lengkap penjelasannya baca disini

Adapun penjelasan lengkap tentang Webmaster Tool silahkan Anda baca disini

Cara Fetch as Google (Submit URL) di Webmaster Tool

Cara Fetch URL di Webmaster sangat mudah sekali, berikut ini penjelasan dan langkah-langkahnya:

Pertama, Masuk ke Webmaster Tool dengan alamat email Anda yang biasa digunakan sebagai alamat email akun blog/website.

Kedua, setelah masuk Webmaster Tool, disini tampilan webmaster tool masih tampak versi lama. Yups gak apa-apa lah yang penting kamu sudah masuk. Selanjutnya cari Fetch a Google, caranya: pilih crawl -- lalu fetch a Google.

Selanjutnya klik '' Goo To The New Search Console '' maka akan diarahkan ke menu Webmaster Tool versi baru

Cara Fetch as Google Terbaru 2019 (Submit URL) dengan Webmaster Tool

Ketiga, inilah tampilan baru Webmaster Tool yang lebih frees dan lebih simpel. Sudah sampai disini, silahkan cari URL Inspection, atau bisa langsung kopi paste URL artikel yang sudah Anda siapkan. Paste kan di kolom Google Seacrh Cosole Paling Atas (...............................) lihat gambar dibawah:

Cara Fetch as Google Terbaru 2019 (Submit URL Artikel) di Webmaster Tool

Keempat, tunggu beberapa saat, URL Artikel yang baru Anda masukan sedang di Fetch dengan tujuan agar lebih cepat keindex mesin pencari Google. Lihat gambar dibawah ini, URL artikel sedang dalam proses Submitting Request:

Cara Fetch as Google Terbaru 2019 (Submit URL) di Webmaster Tool

Setelah tahap request url maka akan deskripsi berisi laporan bahwa url artikel yang baru di Fetch a Google telah selesai dan berhasil, lihat:

Cara Fetch as Google Terbaru 2019 (Submit URL Artikel) di Webmaster Tool

Selesai, saatnya untuk mencoba...

Masalah Fetch a Google (Submit URL) Yang Tidak Berhasil

Pernah tidak ketika Fetch Google/Submit url atikel tidak berhasil? masalah ini yang sering dialami disaat mau submit artikel tapi tidak bisa alias Google tidak bisa index artikel. Berdasarkan pengalaman admin, masalah ini bisa diatasi dengan cara cukup mudah dan tak perlu khawatir.

Berikut ini solusinya:

Pertama, ketika selesai membuat artikel lalu publikasikan, selanjutkan tutup blog Anda, lalu cari url artikel yang baru dibuat, dan silahkan Fetch a Google seperti biasa di webmaster tool, tunggu sebentar.  Nah, apabila tidak berhasil kemudian muncul notifikasi seperti ini, itu tandanya submit artikel anda tidak berhasil.


Kalau kita terjemahkan berarti '' periksa url saat ini dipilih properti atau beralih properti '' maka saatnya lakukan cara yang kedua. Bagaimana caranya?

Kedua, Apabila submit url artikel tidak berhasil, silahkan log out terlebih dahulu dari akun blog dan webmaster. Lalu bersihkan cache/file sampah browser. Selanjutnya silahkan login kembali dengan akun webmaster, dan ikuti langkah-langkah seperti diatas, maka dijamin submit url artikel akan berhasil.

Ketiga, dalam beberapa hari kebelakang banyak blogger yang mengeluh gagal submit artikel di Webmaster Tool. Setelah saya coba submit artikel ternyata memang benar gagal submit artikel dan terdapat notifikasi "Tindakan Halaman di Non Aktifkan Sementara". Nah, apa yang harus kita lakukan jika hal ini terjadi! Tenang saja, jawabannya dibawah ini:

14 Oktober 2020, sedang berlangsung
Fitur "Minta Pengindeksan" dari Alat Inspeksi URL telah dinonaktifkan untuk membuat beberapa pembaruan teknis. Kami berharap ini dapat diaktifkan kembali dalam beberapa minggu mendatang. Sementara itu, Google terus mencari dan mengindeks konten melalui metode reguler kami, seperti yang dibahas di sini.

Catatan: login yang kedua tidak perlu masuk blogger, langsung ke webmaster tool.

Demikin cara submit url artikel (fetch Google) di webmaster tool, cara tersebut merupakan cara terbaru yang harus dilakukan bila artikel Anda ingin cepat diterima Google. Fetch a Google tidak dilakukan sekiranya trafik blog anda sudah kuat, hanya lebih fokus membuat artikel yang lucu, artikel mahal dan unik lalu posting, maka mesin pencari Google akan sendirinya merayapi artikel tersebut.

Sekian, semoga bermanfaat, aamiin.

2 comments for "Cara Fetch as Google Terbaru 2019 (Submit URL Artikel) di Webmaster Tool"

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tinggalkan saran, atau masukannya