Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Jitu Meningkatkan BPK (CPC) Google Adsense dan Terbukti Berhasil

Cara Ampuh Meningkatkan CPC CTR Adsense Blog

Cariduit-dot -- Helo sahabatku, kali ini Saya akan berbagi tips Cara Meningkatkan CPC (Cost Per Click) Google Adsense. Cara meningkatkan BPK atau CPC Google Adsense ini sangat simpel dan mudah, siapapun bisa melakukannya dengan tujuan agar nilai BPK atau CPC adsense tidak turun drastis. Cara ini berlaku bagi siapapun yang mempunyai website/blog dan sudah dimonetitasi (diuangkan) dengan daftar ke Google Adsense.

Meningkatkan nilai per klik (BPK) atau istilah lain Cost Per Click (CPC) Adsense penting dilakukan jika Anda ingin merasakan manisnya gajian Google AdSense setiap bulan atau setiap dua bulan sekali. Apabila tidak melakukan cara dibawah ini, maka jangan harap dapat gaji langsung dari Google AdSense.

Bagi yang belum disetujui Google Adsense tidak perlu khawatir yang penting terus konsisten berbagi ilmu melalui tulisan yang berkualitas dan bermanfaat. Jika blognya belum juga diterima Google AdSense, silahkan bisa Anda baca artikel link biwah. Semuanya butuh proses dan perjuangan.

Baca juga: Cara Cepat Blog/Wesite Diterima Google Adsense

Membahas seputar Google Adsense memang tidak akan ada habisnya, karena selalu mengupdate kebijakan dan peraturan dengan waktu yang tidak bisa diperkirakan. Salah satunya kebijakan naik turunnya BPK (Biaya Per Klik) atau CTR Adsense yang tentunya akan berpengaruh pada penghasilan dollar/rupiah blog anda.

Masa sudah ngeblog bertahun-tahun penghasilannya sangat mengkhawatirkan, akhirnya banyak blogger yang menyerah begitu saja. Akhir-akhir ini memang pendapatan Google Adsense sedang menurun karena pengaruh nilai tukar rupiah terhadap kurs dollar.

Umumnya, penurunan besar klik CPC Google Adsense disebabakan karena kebijakan para pengiklan diawal tahun yang selalu menurunkan nilai harga iklan, jumlah iklan yang terlalu banyak, share media sosial, penelusuran kata kunci non organik, niche blog rendah, dan masih banyak penyebab lainnya, sehingga berimbas pada penghasilan blog.

Coba lihat akun Adsense sobat, berapa sih Nilai BPK (CPC) Google Adsense perhari?

Nilai CPC adsense Indonesia rata-rata diangka yang sangat rendah, kisaran $0,01 - $0,10 dollar. Kalau dirupiahkan nilai BPK dengan asumsi nilai dollar saat ini, sama dengan:
  • $0,01 = 141,52 rupiah
  • $0,02 = 283,03 rupiah
  • $0,03 = 424,54 rupiah
  • $0,04 = 566,06 rupiah
  • $0,05 = 707,58 rupiah
  • $0,30 = 4254,45 rupiah

Saya kira nilai tersebut merupakan rata-rata BPK Google Adsense saat ini, kecuali website/blog punya nama dan label sultan (Blog dengan Niche harga BPK tinggi), nilai CPC/BPK nya bisa sampai $0,30 ke atas.

Jika visitor murni blog perhari 500, rasio klik iklan valid 15, nilai CPC/BPK Rp. 283,03 maka itu artinya sama dengan 15 x Rp. 283,03,- = 4.245,45,- x 30 hari = 127.363,- x 12 bulan = Rp. 1.528.350,- (satu juta lima ratus dua puluh delapan ribu tiga ratus lima puluh rupiah). 

Gaji setahun penuh, peras keringat, banting tulang cuma dapat segitu. Hitungan diatas paling simpel yang mudah dimengerti hanya dengan BPK/CPC nilai adsense.

Itulah matematika manusia, gaji yang tak semestinya diabad modern ini. Tenaang sobat bahkan ada yang lebih parah seperti itu.

Bukti klik CPC rendah:


Dengan kondisi seperti itu, bagaimana mau gajian tiap bulan, satu semester bahkan satu tahun pun belum sekali mencicipi gajian dari Google Adsense.

CPC Adsense mengalami peningkatan:



Cara meningkatkan CPC Google Adsense yang akan kita bahas dibawah ini mudah-mudahan menjadi solusi dan motivasi. Dengan konten yang menarik, konten orisinil, konten yang memberi solusi, maka akan menaikkan BPK/CTR adsense sehingga bisa gajian tiap bulan. Aamiin

Konten = Raja = Uang

Sebelumnya, saya sudah googling, mencari berbagai referensi dari berbagai sumber yang Saya kumpulkan, baik itu forum adsense, blogwalking, bagaiman sih cara meningkatkan BPK/CTR yang paling jitu dan bisa dibuktikan berhasil?

Bagaimana Cara Meningkatkan CPC Adsense Agar Terus Naik?,
Bagaimana Mendatangkan Trafik Blog Agar Bisa Gajin Tiap Bulan?


Namun, sebelum kita ulas lebih dalam cara agar ctr/bpk naik drastis, mari kita bahas dulu pengertian kedua istilah tersebut

Apa Itu CPC Adsense?

Secara sederhana Biaya Per klik (BPK) adalah jumlah yang Anda peroleh setiap kali pengunjung blog/web dengan cara mengklik iklan Adsense.

Besaran BPK iklan bukan Anda yang menentukan, tapi sudah di setting dan ditentukan oleh pengiklan (adversitor), ya.. pedagang/pengusaha lah. Sebagian pengiklan bisa jadi membayar lebih mahal per klik daripada pengiklan lainnya, tergantung produk apa yang diiklankan.

Nah, disini Saya tidak akan membahas istilah lain Google Adsense, seperti: Tampilan Halaman, Tayangan, RPM Halaman, PPS Halaman, Tampilan Aktif Terlihat, dan Penghasilan tertaksir. Penjelasan lebih lengkap silahkan baca disini.

#12 CARA AMPUH MENINGKATKAN CPC/BPK GOOGLE ADSENSE

Nah, bagaimana cara meningkatkan/menaikkan Nilai BPK atau CPC Google Adsense agar penghasilan ngeblog Anda terus meningkat? ikuti tipsnya dibawah ini:

1. Buat Blog/Website dengan Niche (Micro Niche) Berharga Tinggi

Bagi sobat yang akan membuat blog sebaiknya buat dengan tema Micro Niche. Blog dengan konten yang khusus fokus satu niche maka harga BPK nya dijamin tinggi.

Apakah Anda akan menargetkan nilai klik BPK/CPC tinggi? atau lebih menargetkan iklan dengan ribuan tanyang namun nilai yang rendah!. Inilah perbedaan mendasar antara BPK dan RKT Google Adsense.

Cara Jitu Meningkatkan BPK (CPC) Google Adsense dan Terbukti Berhasil

Bagaimana dengan niche blog gado-gado?. Rata-rata blog seperti ini nilai BPK nya rendah karena lebih menargetkan traffik dan pengunjung (visitor) banyak. Itu juga jika artikelnya selalu tampil dihalaman pertama google.

Baca Juga: Cara Agar Blog Ranking 1 Google

Namun blog gado-gado lebih tepat jika target utama adalah mendatangkan traffik yang besar ya minimal sehari bisa sampai 5000 visitor dengan rasio klik iklan 50 sampai 70 klik iklan dikalikan $0,02 sama dengan Rp. 14.000,- perhari. Setidaknya PO tidak akan menunggu waktu lama.

Ada banyak niche pilihan yang tepat buat target BPK tinggi, diantaranya:
  1. Blog Layanan Domain dan Hosting
  2. Blog yang membahas tentang Gadget
  3. Blog Tips Kesehatan
  4. Membahas Perbankan
  5. Blog yang membahas Mobil, Motor
  6. Blog Seputar Rumah
  7. Blog Niche Pakaian & Kecantikan
  8. Niche Blog Tentang Games
  9. Blogging dan Internet
  10. Blog dengan Niche Pendidikan

2. Buat Konten Yang Berkualitas

Konten dalah raja dan raja bisa mendatangkan traffik blog sangat besar sehingga artikel blog selalu tampil dihalaman pertama mesin pencari Google. Nilai biaya per klik (BPK) Google Adsense akan mahal jika kontennya berkualitas.

Ciri-ciri konten yang berkualitas bisa baca disni.

Konten yang berkualitas memudahkan pembaca menemukan solusi dan betah berlama-lama sehingga konten tersebut akan mudah dikenal.

Konten yang berkualitas ialah konten yang orisinil (bukan plagiat), konten yang selalu menarget kata kunci, konten yang menerapkan SEO, konten yang selalu di update, konten yang dibubuhi gambar dan video. Buatlah artikel atau konten diatas 1000 kata sehingga bisa menggeser artikel lain yang sama.

3. Setiap membuat Artikel selalu Menarget Kata Kunci (Keywoard)

Target Kata Kunci merupakan trik jitu agar nilai BPK Google Adsense lebih tinggi dan dibayar mahal. Cara bagaimana? caranya dengan mencari kata kunci melalui Tools seperti:
  1. Google Keyword Planner
  2. Keywordtool.io
  3. SEMrush Keyword Research
  4. Google Trend
  5. Ubber Suggest
  6. SERPs

Tools diatas merupakan tools yang direkomendasikan untuk memudahkan mentarget kata kunci sebelum membuat artikel.

Setelah kata kunci tertarget, maka lihat peta persaingan blog dengan konten yang sama agar artikel/konten blog kita bisa menggeser blog lain. Cara ini penting dilakukan setelah Optimasi SEO on page maupun off page. Setidaknya artikel kita bisa nongkrong dulu dihalaman pertama Google, nah kalau sudah dihalaman pertama, silahkan perbaiki kembali artikel sampai bisa tampil urutan ke satu paling atas.

Lihat Contoh Target Kata Kunci tentang: Fitur Baru PES 2020. Setidaknya bisa nangkring urutan ke 3 dalam SERP Google.

Bagaimana Caranya? coba terus tambah jumlah kata artikel anda sehingga melebihi jumlah artikel blog yang ditarget. Sasaran 700 kata, maka Anda harus 1000 kata. Blog sasaran 1000 kata, maka blog Anda 1500 kata. Cara ini penting bagi blog yang baru dibuat....

Gunakan tool SEOqueke untuk melihat peta persaingan konten. Insya Allah dengan cara diatas maka peluang mendatangkan traffik dan penghasilan akan mudah tercapai, terutama nilai BPK tinggi.

4. Optimasi Posisi Iklan Adsense yang Lebih Tepat

Posisi akan menentukan keberuntungan. Begitu juga dengan posisi penempatan iklan Google Adsense. Optimasi Posisi iklan sangat disarankan sekali agar BPK/CPC Google Adsense mengalami peningkatan. Lihat posisi iklan yang bisa jadi pilihan Anda.

Cara Meningkatkan BPK/CPC Google Adsense

Berdasarkan pengalaman, posisi iklan paling bagus ialah: iklan header, iklan link tautan, iklan kotak ditempatkan diawal artikel, iklan in atikel ditengan artikel, dan iklan kotak dibawah artikel. Selanjutnya iklan sidebar kanan atau kiri.

Cara Terbaik Optimasi Iklan Google Adsense

Praktik dalam penempatan posisi iklan terbaik itu berdasarkan 2 (dua) pertimbangan, yaitu: berdasarkan pengalaman para blogger dan berdasarkan kebijakan program Adsense itu sendiri.

Pertama, berdasarkan pengalaman pengguna sesuai dengan pertanyaan dibawah ini:
  • Tujuan Apa yang ingin dicapai pengguna ketika mengunjungi situs Anda?
  • Bagaimana cara mengintegrasikan iklan ke area tersebut tanpa menghalangi pengguna?
  • Bagaimana cara menjaga penampilan laman tetap bersih, rapi, dan jadi daya tarik sehingga mengundang perhatian?
Kedua, cara optimasi iklan Adsense yang bisa Anda pertimbangkan yaitu dengan menyerahkan sepenuhnya kepada Tim Google Adsense dimana penempatan iklan yang paling baik. Opsi ini bisa dilakukan dengan cara mengaktifkan iklan otomatis.

Dengan mengaktifkan iklan otomatis, maka mesin Google akan memahami susunan halaman blog Anda, mendeteksi iklan yang sudah tampil sebelumnya, dan menempatkan iklan secara otomatis sesuai dengan karakteristik tampilan blog.

5. Negara Asal Pengunjung Sangat Mempengaruhi Nilai BPK/CPC

Negara asal pengunjung sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya nilai klik BPK/CPC blog. Tidak bisa dipungkiri nilai BPK Indonesia memang saat ini masih rendah dibanding negara lain.

Solusi terbaik untuk pelaku Adsense Indonesia yaitu dengan cara mendatangkan trafik blog yang sebesar-besarnya, cara ini paling ideal dan terbaik.

Berikut ini beberapa Negara dengan BPK/CPC Google Adsense terbesar. Lengkapnya silahkan bisa baca disini.

Peringkat 5 Besar Negara dengan BPK/CPC Terbesar
  1. Amerika Serikat, dengan BPK/CPC kisaran $15 dollar
  2. Inggris, dengan BPK/CPC kisaran $9 dollar
  3. Jerman, dengan BPK/CPC kisaran $11 dollar
  4. Thailand, dengan BPK/CPC kisaran $6 dollar
  5. United Arab Emirates, dengan BPK/CPC kisaran 11$ dollar

6. Memilih Ukuran Iklan Berkinerja Baik

Selanjutnya, agar BPK/CPC Adsense meningkat yaitu dengan cara memilih ukuran iklan adsense yang berkinerja lebih baik. Sebelum Anda menempatkan iklan adsense diblog, pilih ukuran adsense sesuai dengan panduan tim Google Adsense. Berikut ini ukuran iklan Adsense yang paling direkomendasikan:


Keterangan:
  • Ukuran Iklan 728 x 90 disebut juga spanduk utama berisi iklan teks dan gambar. Paling tepat disimpan di header atau di tengah artikel.
  • Ukuran Iklan 300x250 atau disebut juga iklan kotak sedang yang berisi teks dan gambar. Paling baik disimpan didalam artikel atau di bawah artikel.
  • Ukuran Iklan 336 x 280, disebut juga kotak besar. Lebih baik disimpan diatas, ditengah dan dibawah artikel/konten.
  • Ukuran Iklan 300 x 600, disebut iklan separuh halaman. Berisi iklan teks dan gambar. Simpan di laman yang lebih luas seperti sidebar blog. Iklan ini paling cepat berkembang
  • Ukuran Iklan 320 x 100 disebut spanduk selular besar

Itulah beberapa contoh iklan berkinerja baik.  

Kok penghasilan Saya kecil amat padahal banyak yang klik iklan kotak, bahkan penempatan iklan sudah sesuai rekomendasi?

Jawab: Banyak faktor yang mempengaruhi klik BPK rendah seperti yang telah dijelaskan diatas.

Misalkan; blog baru lahir, ya jangan harap BPK nya mahal, artikel masih sedikit, artikel tidak tampil di halaman pertama Google, blog gado-gado, konten tidak berkualitas,

Maka jangan harap BPK/CPC Google Adsense mahal...

7. Blokir Sebagian Iklan Adsense

Coba blokir sebagian iklan Adsense yang tidak penting, seperti iklan yang menjurus kepada kekerasan, isu sensitif seperti agama, isu politik, iklan yang tidak senonoh, iklan pertaruhan online. Blokir juga iklan dengan BPK/CPC rendah, dan iklan yang tidak sesuai dengan niche blog.

Dengan cara memblokir iklan yang CPCnya rendah, maka iklan lain yang lebih relevan dengan niche blog lebih besar berpeluang masuk melalui lelang iklan sehingga nilai CP/BPK nya jadi tinggi.

Jangan Terlalu Sering Blokir Iklan Adsense karena pada dasarnya para pengiklanlah (adversitor) yang mengetahui performa iklan tersebut. Bisa jadi iklan yang diblokir ternyata kedepannya memberikan harga CPC/BPK tinggi.

Bagaimana Cara Blokir Iklan di Situs Adsense? 
  • Login ke akun Adsense
  • Cari dan klik kontrol pemblokiran
  • Pastikan konten dipilih
  • Pada bagian konten cari situs yang ingin di non aktifkan pemblokiran
  • dan, Klik blokir

8. Mengoptimalkan Keseimbangan (Ad Balance) Adsense

Agar CPC/BPK Google Adsense meningkat, lakukan cara menyeimbangkan iklan. Cara menyeimbangkan iklan harus Anda coba karena cara ini terbukti sukses dan terasa perubahan penghasilan setiap harinya. Pendapatan Anda akan jauh lebih besar, percaya?

Jika dalam satu hari penghasilan Adsense hanya Rp. 5.000,- maka dengan cara menyeimbangkan iklan adsense pasti akan meningkat jauh lebih besar. Contoh kasus ini bagi blog baru ya! kalau blog sultan mah sudah lah gak usah ditanya, pasti lebih dari itu.

Keseimbangan iklan ini sebenarnya agar fokus terhadap iklan yang berperforma lebih baik. Tim Adsense akan menampilkan iklan yang banyak menghasilkan uang dan membatasi iklan yang CPC/BPK nya rendah. Cara ini tak jauh berbeda dengan pemblokiran iklan, namun lebih mudah dan lebih simpel.

Eksperimen menyeimbangkan iklan Adsense:
  • Login akun Adsense,
  • Cari Iklan, lalu klik Saldo Iklan
  • Lalu gunakan penggeser untuk mengurangi jumlah iklan
  • Klik Eksperimen
Cara Meningkatkan BPK Google Adsense di Blog

Catatan: Silahkan pilih rasio iklan dengan cara menggeser. Rasio iklan yang direkomendasikan ialah 100% ke 70%. Artinya dari iklan tayang 100% hanya akan menampilkan 70% iklan paling potensial sehingga pendapatan iklan meningkat.

Pada Bulan Juni 2020 pengaturan Adbalance AdSense kan ditiadakan oleh AdSense. Jadi tidak bisa lagi menggunakan pengaturan keseimbangan iklan terutama untuk meminimalisir tampilan iklan yang CPC nya rendah.

Tak jauh berbeda dengan pemblokiran iklan

9. Jumlah Unit Iklan

Berapa jumlah iklan yang diperbolehkan tayang dalam satu halaman? Saat ini pihak Google AdSense tidak membatasi berapa unit iklan yang boleh dipasang dihalaman blog. Namun rata-rata yang Saya lihat, biasanya 5 sampai 7 unit iklan. Apakah jumlah tersebut berpengaruh terhadap CPC/BPK? yang Saya alami sedikit berpengaruh terhadap CPC. Intinya, jangan terlalu banyak menempatkan banyak iklan dalam satu halaman blog, maksimal 4 atau 5 iklan saja, Saya rasa sudah cukup.

10. Buat Blog Bule

Blog Bule atau blog berbahasa Inggris maka CPC/BPK yakin tinggi. Pada dasarnya blog bule ini berpatokan pada negara yang biaya per klik (BPK) tinggi. Misalkan negara-negara Eropa dan Amerika. Amerika BPK nya bisa mencapai 13 USD perklik.

Tidaklah muda membuat blog berbahasa Inggris karena memerlukan keterampilan khusus mahir berbahasa Inggris yang benar. Silahkan jika Anda mau mencoba membuat blog Bule

11. Mesin Pencarian Google Secara Organik

Salah satu tips jitu meningkatkan BPK/CPC Google Adsense yaitu penelusuran blog secara organik melalui mesin pencari Google (SERF GOOGLE). Artikel yang Anda buat semuanya di search secara organik/langsung Google tanpa share ke media sosial, seperti Facebook, Twitter, WhatApp, dan media sosial lainnya.

Penelusuran blog secara organik akan meningkatkan BPK secara drastis karena tanpa embel-embel bantuan tools lain. Malah sangat berbahaya jika sebuah artikel dibiasakan dibagikan secara non organik dan akan dianggap spam oleh Google.

Berbahaya pula terhadap akun Adsense jika terjadi Boom Klik karena sering sekali share ke media sosial. Akhirnya akun Adsense di banned dan apa yang terjadi.........lemas.

12. Terus Berdoa dan Berusaha.

Siapa yang tidak ingin meraup keuntungan dari blog. Segala upaya telah dilakukan namun hasilnya nihil, tidak sesuai harapan seperti blogger lain yang sudah merasakan keuntungan dari blog.

Maka jangan lupa berdoa, meminta kepada Yang Maha Kuasa agar selalu memberikan rezeki yang melimpah. Secara matematis meraup keuntungan dari blog saat ini sangat berat, namun Yang Saya rasakan terus berusaha, karena terkadang klik sedikit tapi BPK/CPC nya besar.

Kesimpulan

Jika ingin meningkatkan biaya per klik (BPK) Adsense di blog, buat blog dengan tema micro niche, konsisten menulis, buat konten berkualitas, optimasi SEO, memilih ukuran iklan berkinerja baik, penempatan iklan yang strategis, kurangi share ke media sosial (harus organik), lakukan ad Balance, dan berusaha berdoa. Isya Allah lambat laun blog bisa PO tiap bulan.

Nah, itulah tips paling jitu cara meningkatkan/menaikkan nilai BPK/CPC Google Adsense yang Saya rasa solusi terbaik dan paling tepat saat ini. Insya Allah cara diatas sudah Saya buktikan sendiri di salah satu blog Saya. Walaupun baru artikelnya masih sedikit, tapi Alhamdulillah nilai BPKnya naik dan tetap stabil.

Tag:
  • Cara Meningkatkan CPC, CTR Google Adsense pada Blog
  • Cara Jitu Meningkatkan CPC Google Adsense
  • Cara mudah meningkatkan CPC Adsense Blog
  • Cara paling ampuh menaikkan CPC Adsense
  • Cara Efektif Mingkatkan CTR/BPK Adsense Blog

22 comments for "Cara Jitu Meningkatkan BPK (CPC) Google Adsense dan Terbukti Berhasil"

  1. Mantul..
    Kunjungan balik ke jkoding.xyz
    Ada safelink textrime gratis saya bagi in..

    ReplyDelete
  2. Mantap om artikelnya, saya rasa banyak yang ingin menaikkan earning atau pendapatan adsense tapi malas ngonten dan optimasi sebagai biang kerok juga mengapa blog tidak bisa bisa menghasilkan uang dan sejenisnya.

    Makasih sudah berbagi om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas, tetap semangat dan terus update artikel, lambat laun earning naik juga ,aamiin

      Delete
  3. Makasih artikelnya min, salam blogger pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Gan smoga sukses juga. Terus Konsisten menulis dengan artikel yang berkualitas

      Delete
  4. Mas, apakah harus memblokir iklan yang punya nilai BPK rendah? Saya agak bingung dalam hal ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya tak harus memblokir iklan yang rendah Gan, bahkan kalau bisa stop dulu blokiran iklan CPC rendah. Bisa jadi yang kita blokir ternyata memberikan CPC tinggi. Jadi persekian menit/detik nilainya terus berubah. Paling tidak saran Saya blokir iklan2 yang berbau pesugihan atau dewasa yang memang tak relevan dengan web kita. Trims

      Delete
  5. Artikelnya bagus banget,komplit,jelas dan mudah di mengerti. Sukses selalu gan :)
    Jangan lupa mampir ke blog saya https://www.reangbloge.my.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kunjungannya gan semoga bermanfaat. Sama bagus juga blognya gan

      Delete
  6. Komentarin dong mas blog saya, baru banget bikin 😅

    https://mts-arabic.blogspot.com/

    (Domainnya masih yang gratisan) hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teriam kasih Mas atas kunjungannya. Gk apa apa ko yang penting terus konsisten menulis. Blog punya Mas juga keren. Sukses selalu, aamiin

      Delete
  7. informasi sangat berguna apalagi kalo dipraktikkan, cpc bisa naik

    ReplyDelete
  8. Bagaimana dengan performa iklan otomatis, biasanya iklan otomatis juga bisa meningkatkan BPK padahal penempatanya sembarang semau google.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Performa iklan otomatis setiap blog biasanya berbeda Mas, salah satunya mungkin pengaruh Niche blog sehingga BPK juga tinggi atau ada beberapa faktor lain yang mempengaruhinya.

      Delete
  9. tetap nge blog meskipun penghasilan cuma 100 perak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Gan tetap semangat lambat laun insyaAllah penghasilan juga akan naik, somoga sukses

      Delete
  10. Terimakasih tutorialnya mas, berbobot dan mudah dipahami, sukses selalu

    ReplyDelete
  11. Terimakasih atas pencerahannya mas, bermanfaat sekali untuk pemula seperti saya ini. Sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas, semoga bermanfaat dan sukses, aamiin

      Delete
  12. Saya pikir semakin banyak iklan di blog semakin cepat dapat cuan. Eh niche juga berpengaruh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gan peluang dapat uang banyak bisa lebih cepat palagi trafiknya tinggi

      Delete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tinggalkan saran, atau masukannya