Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gajian Tiap Bulan dari Google Adsense (Solusi Terbaik Bagi Blogger Pemula)


Cara Gajian Tiap Bulan Google AdSense


Cara Gajian Tiap Bulan dari Google Adsense (Solusi Terbaik Bagi Blogger Pemula) - Menerima gaji tiap bulan dari Google AdSense merupakan nilai plus bagi para blogger terutama blogger pemula. Saat ini menerima gaji tiap bulan dari google AdSense bukan perkara mudah perlu perjuangan yang lebih ekstra karena ketatnya persaingan di dunia blog. Mungkin dibenak teman yang blogger terbesit dalam hati bahwa menerima gajian tiap bulan dari google AdSense hanyalah mimpi belaka yang sepertinya mustahil terealisasi.

Namun mimpi tersebut bisa jadi kenyataan asal terus belajar dari pengalaman para blogger yang memang sudah merasakan manisnya gajian tiap bulan dari Google AdSense. Selanjutnya lebih tekun, fokus, konsisten dan tentunya jangan lupa berdoa kepada Allah SWT agar selalu dimudahkan rejeki terutama yang sedang berjuang didunia blog dan Google AdSense.

Oke teman, diatas hanyalah prolog yang mudah-mudahan bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi blogger pemula untuk meraih target yang diinginkan sehingga terget tersebut benar-benar terwujud bukan hanya impian belaka.

Untuk mewujudkan target tersebut semuanya kembali ketujuan awal, apakah negblog itu hanya sekedar hobi, atau sekedar mengisi waktu luang sehingga gak perlu repot-repot punya target harus dapat gaji tiap bulan? atau ngeblog itu sudah menjadi pekerjaan utama namun dengan penghasilan minim?

Jika ngeblog saat ini sudah menjadi profesi utama maka ada baiknya penghasilan tiap bulan harus segera ditarget saat ini juga sehingga Anda semakin profesional dan menjadi blogger yang sukses, Aamiin.

Apakah Bisa Gajian Tiap Bulan dari Google AdSense?

Tentu sangat bisa dan tidak ada yang mustahil didunia ini. Kuncinya tetap fokus dan konsisten. Disini penulis sedikit bagi-bagi tips dan pengalaman saja yang mudah-mudahan jadi solusi terbaik bagi para blogger pemula yang ingin nerima gaji minimal 2 bulan, atau 3 bulan sekali bahkan bisa 1 bulan sekali.

Jangan sampai hanya mendapatkan nominal Rp. 1.300.000,- (nilai ambang batas pembayaran minimum) dari google AdSense memerlukan tiga kali ketemu lebaran haha... akhirnya jadi putus asa dan istri cemberut lagi hihi....

Sebagaimana sudah maklum, bahwa ambang batas pembayaran dari Google AdSense minimal mencapai Rp. 1.300.000,- (dalam hitungan rupiah) atau 100 USD. Uang tersebut akan dikirim via Bank atau metode pembayaran lainnya sesuai setingan sebelumnya di akun AdSense. Bisa jadi hanya memerlukan satu minggu sudah mencapai ambang batas pembayaran atau bahkan memerlukan waktu satu tahun baru mencapai nominal pembayaran.

Jika ambang batas pembayaran (gajian dari AdSense) minimal sebesar Rp. 1.300.000,- maka pendapatan Anda dari ngeblog sudah pasti harus mencapai Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) setiap harinya.

Berarti Rp. 50.000,- x 30 (hari) = 1.500.000,-

Maka Rp. 50.000,- adalah uang yang harus anda usahakan masuk ke penghasilan AdSense tipa hari bagaimanapun caranya. Menghasilkan uang sebesar 50.000,- per hari, jika dilihat dari nominal saat ini terbilang kecil, terutama yang bergelut didunia blog yang memang susahnya minta ampun. Berbeda jika profesi anda seorang pedagang, PNS dan lainnya.

Nah, bagaimana cara mendapatkan Rp. 50.000,- dalam sehari?

Di dunia blog, kita kenal istilah trafik blog. Trafik blog merupakan data statistik pengunjung/visitor yang membuka/mengunjungi artikel blog yang sudah kita posting sebelumnya.

Nah, kaitan jumlah trafik blog dalam satu hari dengan penghasilan inilah menghasilan rupiah/dollar yang bisa jadi penyebab kecilnya pendapatan atau bahkan besarnya pendapatan disamping beberapa faktor lainnya.

Mari sejenak analisa berapa trafik/jumlah pengunjung blog Anda dalam sehari? apakah jumlah pengunjungnya hanya 100, 200, 500, 1000, 4000, atau 10000 perhari. Kira-kira berapa jumlah visitor murni (organik) dalam satu hari yang setara dengan Rp. 50.000,-?

Contoh analisa penghasilan salah satu blog penulis

Disini penulis sedikit menganalisa salah satu trafik blog gado-gado serta berapa nilai BPK/CPC Google Adsense!!!

Berikut penghasilan tertaksir dalam satu hari:

Cara Gajian Tiap Bulan dari Google Adsense


Keterangan:
Pada tanggal 31 Juli 2019 penghasilan tertaksir Google Adsense sebesar Rp. 29.177,- dengan jumlah klik iklan sebanyak 98 klik valid. Sedangkan pada tanggal 5 September 2019 penghasilan AdSense mengalami penurunan hanya Rp. 21.423, - dengan jumlah klik iklan 72.

Jika rata-rata dalam 1 hari mendapatkan 29.000 x 30 (hari) maka penghasilan satu bulan sebesar Rp. 870.000,- (delapan ratus tujuh puluh ribu rupiah) itu artinya hanya memerlukan waktu 2 bulan saja gajian dari AdSense. Dengan catatan ini hanyalah blog gado-gado yang lebih menargetkan jumlah trafik blog walaupun CPC nya sangat rendah.

Kira-kira berapa CPC blog gad-gado? Cara menghitung paling mudah seperti ini: Rp. 29.177 : 98 (klik) = 298/klik iklan AdSense. Rendah kan! Kenapa rendah? ya itu tadi resiko blog gado-gado. Coba saja kalo CPC nya tinggi misalkan 600 x 98 = Rp. 58.800,-

Wajib baca: Cara Jitu Meningkatkan CPC/BPK Google AdSense pada Blog

Kira-kira berapa trafik blog dengan penghasilan 50.000,-? 

Silahkan lihat dan analisa berapa trafik blog yang ideal untuk mendapatkan uang Rp. 29.000,-. per hari. Caranya buka akun webmaster tool anda, lihat berapa jumlah klik pengunjung rata-rata dalam sehari.


Pada tanggal 5 Agustus 2019 jumlah visitor/trafik blog sebanyak 1.431 dengan rasio jumlah klik iklan 72 dan jumlah penghasilan AdSense tertaksir sebesar Rp. 21.000,-

Maka dapat kita asumsikan apabila dalam sehari ingin mencapai Rp. 50.000 dari Google AdSense, setidaknya blog anda harus sudah mencapai ambang batas dibawah ini:
  • Jumlah Visitor Blog 1.431 x 2 = 2.862 trafik perhari (idealnya minimal 4000 perhari)
  • Rasio Jumlah Klik iklan 90 x 2 = 180 klik iklan perhari
  • Nilai BPK/CPC = 292 (harga per klik)
  • Jumlah penghasilan: 292 x 180 = Rp. 52.560 x 30 hari = Rp. 1.576.800,- per bulan

Dengan estimasi jumlah visitor blog, jumlah klik iklan, dan besaran CPC/BPK Google AdSense diatas setidaknya ada gambaran hitungan diatas kertas bahwa blog anda sudah bisa gajian tiap bulan dari Google AdSense.

Sekali lagi diatas hanyalah hitungan kasar dan sekedar contoh, berapa pun penghasilan yang Anda terima saat ini bisa jadi lebih besar atau sama sekali lebih rendah. Nilai BPK/CPC AdSense paling pengaruh terhadap besar kecilnya penghasilan perhari dan tidak bisa ditebak berapa nominalnya.

Setelah menganalisa, mengkaji dan mencari solusi terbaik bagaimana cara agar bisa gajian dari Google AdSense ? Hemat penulis, terutama bagi teman-teman pemula yang baru terjun kedunia blog adalah sebagai berikut:

💦 Pertama, dengan meningkatkan trafik/jumlah pengunjung blog setiap harinya.
💦 Kedua, meningkatkan BPK/CPC Google AdSense agar terus naik dan dibayar mahal.

Dari dua poin besar diatas mari kita kemukakan satu persatu faktor apa saja yang mempengaruhinya dan solusi terbaik jalan yang paling ideal agar trafik blog meningkat dan CPC/BPK AdSense juga meningkat drastis.

Pertama, Blog Gado-gado Bisa Menjadi Solusi

Istilah blog gado-gado saat ini semakin populer dikalangan blogger -- terlebih dengan target mencari trafik yang tinggi. Blog gado-gado berisikan beberapa tema sesuai dengan kemampuan si penulis itu sendiri. 

Seabreg artikel dan materi bisa Anda cari di blog ini, baik materi seputar blog, internet, HP, pendidikan dan lainnya. Banyak sekali contoh blog gado-gado yang sukses meraup keuntungan salah satunya blog mastimon. Walaupun dengan CPC rendah tapi trafik tinggi maka penghasilannya cukup besar pula.

Coba Anda hitung apabila jumlah visitor perhari mencapai 7000 dengan rasio klik iklan 400 x 200 = 80.000 perhari x 30 = 2.400.000 Gaji yang sama dengan PNS Golongan III. Itu jika hanya satu blog. Bagaimana jika anda mempunyai 2 atau 3 blog maka dipastikan penghasilan jauh lebih lebih besar.

Blog bertema makro nice ini solusi terbaik bagi blogger pemula jika blog bertemakan mikro nice (tema khusus) sulit bersaing dengan blogger lainnya yang sudah populer.

Kedua, Artikel Blog 50% Tampil Halaman Pertama Google

Artikel atau konten inilah faktor paling krusial yang mempengaruhi pendapatan anda rendah selama menjadi blogger. Bagaimana mau mendapatkan penghasilan dari AdSene jika tidak ada satupun artikel yang tampil di halaman pertama google. 

Idealnya 50% dari jumlah artikel yang ada di blog tampil halaman pertama. Konten adalah raja, konten adalah modal jualan anda dalam sebuah postingan di website atau media apapun.

Konten = trafik = dollar

Bagaimana agar konten/artikel blog selalu ranking 1 Google?

Jawabannya:

  • Buatlah artikel original (alias lolos copi paste)
  • Target kata kunci (judul artikel) yang peta pesaingnya masih rendah (resiko CPC rendah)
  • Terapkan Tehnik SEO On Page
  • Terapkan Tehnik SEO Of Page
  • Maksimalkan jumlah kata dalam 1 artikel minimal 1000 kata (maksimal terserah anda)
  • Gunakan Backlink yang sesuai dengan aturan
  • dan tehnik lainnya

Baca Juga:  Ciri Artikel Yang Berkualitas Pada Blog

Insya Allah apabila cara-cara diatas sudah Anda maksimalkan maka konten akan selalu dihalaman pertama Google walaupun tidak dalam posisi paling atas.

Ketiga, Terus Konsisten Menulis Artikel yang Berkualitas

Update artikel secara berkala dan konsisten merupakan cara paling ampuh menaikkan trafik blog. Trafik yang tinggi merupakan salah satu strategi paling jitu mendulang penghasilan. Strategi ini kerap diterapkan para blogger pemula yang baru terjun kedunia bisnis internet melalui blog.

Update artikel paling ideal adalah satu artikel setiap hari. Dengan update artikel setiap hari maka peringkat blog akan terus naik dalam ranking alexa. Jika Alexa blog ramping maka semakin populer juga blog Anda dan tentunya baik dimata google dan para blogger ternama lainnya. 

Coba cek ranking blog anda di aplikasi alexa. Anda juga bisa melihat ranking alexa blog kompetitor disaat akan membuat konten yang temanya sama.

Cara melihat ranking blog sendiri dan blog kompetitor anda, silahkan download dan integrasikan aplikasi SEOquake dengan browser mozilla atau chrome. Contoh melihat blog kompetitor anda dibawah ini:

Cara Gajian Tiap Bulan dari Google Adsense


Keempat, Selalu Menarget Kata Kunci dengan CPC/BPK yang Lebih Tinggi

Membuat konten/artikel murah sangat mudah sekali. Cara ini penulis lakukan disaat malas menulis, kehabisan ide terutama apabila persaingannya sangat ketat. Dalam satu hari bisa lho membuat lima artikel namun kadang-kadang tidak memperhatikan kata kunci (keyword) yang terencana. Yah ceritanya asal membuat artikel dengan tujuan hanya sekedar menambah jumlah artikel yang sudah ada. Cara ini selalu dilakukan blogger pemula guna memenuhi minimal 40 artikel agar bisa daftar Google AdSense.

Namun cara diatas ternyata kurang maksimal apabila tujuannya memaksimalkan pendapatan dari google AdSense karena nilai CPC/BPK sangat rendah sekali. Menulis artikel dengan tidak menargetkan kata kunci sah-sah saja apabila tujuannya hanya mendatangkan trafik/jumlah visitor blog saja namun tentunya penghasilan akan mengkhawatirkan.

Banyak sekali aplikasi mentarget kata kunci yang dibayar mahal, salah satunya dengan keyword planner, atau yang paling mudah dengan Keyword Everywhere. Segera install aplikasi tersebut di browser anda untuk lebih mendulang dollar/rupiah hehe.

Untuk mendapatkan trafik blog melimpah anda bisa mencari kata kunci emas (Golden Keyword) dengan persaingan rendah, namun CPC/BPK resikonya rendah.

Baca Juga: Cara Mencari Kata Kunci Golden Keyword untuk Meningkatkan Trafik Blog

Kelima, Terapkan AdBalance Pada Google AdSense

Untuk mengoptimalkan pendapatan Google AdSense perharinya pengaturan adbalance pada AdSense merupakan opsi wajib dilakukan. Walaupun tidak signifikan setidaknya penghasilan perhari tidak akan mengkhawatirkan. Cara ini yang dilakukan penulis dan alhamdulillah berhasil.

Sayangnya opsi AdBalance AdSense tahun 2020 sudah tidak berlaku lagi. Sebagaimana notif dari pihak Google AdSense bahwa mulai Mei 2020 Adbalance AdSense ditiadakan.

Jika Adbalance AdSense dihilangkan, maka masih ada opsi lain untuk meminimalisir tampilnya iklan yang CPC/BPK nya rendah, yaitu dengan cara memblokir beberapa iklan yang CPC nya rendah.

Keenam, Lakukan Cara Agar Nilai CPC/BPK Google AdSense Blog Anda Meningkat

Cara meningkatkan pendapatan salah satunya dengan tehnik menaikkan nilai CPC Google AdSense. InsyaAllah sedikit demi sedikit penghasilan anda akan berubah.

Nah, bagaimana cara menaikkan CPC Google AdSense? simak penjelasan lengkapnya disini.

Kesimpulan

Setidaknya ada 6 (enam) poin penting solusi terbaik khususnya bagi blogger pemula apabila ingin gajian tiap bulan dari Google AdSense. Meningkatkan trafik merupakan solusi paling jitu untuk mendapatkan penghasilan besar setiap harinya terutama blog dengan tema gado-gado. Dengan trafik blog tinggi maka insya Allah target Anda akan tercapai. Setidaknya dalam satu hari visitor murni blog harus bisa mencapai 2000 klik. Dengan jumlah tersebut Saya yakin bisa gajian tiap bulan dari Google AdSense.

Bagi blogger pemula carilah beberapa kata kunci dengan persaingan yang lebih rendah, yang penting targetkan terlebih dahulu agar blog tampil dihalaman pertama Google. Selanjutnya silahkan selalu optimasi blog baik SEO on Page maupun Off Page.

Demikian artikel Cara Gajian Tiap Bulan dari Google Adsense. Semoga bermanfaat dan menjadi metivasi bagi teman-teman dimanapun berada.

Penulis: Aidan Kamil

6 comments for "Cara Gajian Tiap Bulan dari Google Adsense (Solusi Terbaik Bagi Blogger Pemula)"

  1. sangat menginspirasi mas, salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Kunjungannya Mas semoga jadi motivasi juga buat semuanya

      Delete
  2. Belum pernah dapet duit dari adsense jadi punya sedikit gambaran dibuatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gan semoga jadi motivasi saja intinya silagi berusaha pasti selalu diberikan jalan dan dimudahkan, semoga sukses. Trims kunjungannya

      Delete
  3. Mantep min artikelnya, sangat bermanfaat supaya saya tambah semangat lagi ngeblog nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, tetap semangat Mas dan terus konsisten ngisi konten bermanfaat

      Delete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tinggalkan saran, atau masukannya