Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menambah Wawasan dengan Wisata Study Tour di Bandung

Cariduit-dot -- Rekreasi sewaktu liburan adalah kegiatan yang paling menyenangkan, apalagi jika rekreasi tersebut dibarengi dengan menambah wawasan. Walau liburan kita bisa tetap mengasah otak kita untuk menambah pengetahuan. Saat ini banyak sekolah atau komunitas melakukan study tour, karena study tour dipandang sebagai kegiatan yang sangat berguna menambah pengetahuan anak. Salah satu tempat wisata yang memiliki banyak destinasi wisata study tour adalah Bandung. Di Bandung tempat wisata yang berkonsep edukatif dan menarik sangat lah banyak.

Berikut kami rangkum beberapa tempat wisata study tour Bandung yang layak untuk Anda kunjungi terutama untuk para siswa dan mahasiswa.

1. Farm House Susu Lembang

Wisata Study Tour di Bandung

Farm House Susu Lembang adalah salah satu tempat wisata yang cocok untuk study Tour. Tempat ini mulai beroperasi sejak tahun 2015. Desain bangunannya dibuat dengan gaya Eropa. Selain cocok dijadikan sebagai tempat melakukan swafoto, Farm House Susu Lembang juga cocok dijadikan sebagai tempat menambah pengetahuan. Konsep wisata di sini dibuat dengan gaya peternakan dan perkebunan khas Eropa.  

Di tempat ini juga terdapat sebuah kebun binatang yang memiliki beragam jenis hewan. Anda bisa berinteraksi langsung dengan hewan hewan yang terdapat di Farm House Susu Lembang. Hewan ternak tersebut seperti kelinci, domba, sapi, burung, iguana, dan hewan lainnya. Hal yang spesial dari tempat ini adalah anda bisa menikmati langsung susu murni dari Farm House Susu Lembang. Varian rasa susunya bermacam macam, seperti coklat, stroberi, dan rasa lainnya.

Lokasi Farm House Susu Lembang sendiri berada di Jl. Raya Lembang No. 108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

2. Museum Geologi Bandung

Wisata Study Tour di Bandung 2020

Salah satu wisata study tour yang sangat cocok dilakukan adalah mengunjungi museum, karena museum merupakan tempat penyimpanan berbagai sejarah yang sangat penting untuk kita ketahui. Museum Geologi Bandung adalah sebuah museum di Bandung yang didirikan pada tanggal 16 Mei 1928. Di Museum Geologi Bandung tersimpan berbagai materi materi geologi yang sangat melimpah seperti fosil, mineral, dan batuan. Menurut kabarnya materi materi tersebut dikumpulkan dari lapangan di Indonesia sejak tahun 1850. 

Museum Geologi Bandung sangat sering dijadikan sebagai tujuan utama wisata study tour Bandung baik sekolah sekolah di Bandung maupun sekolah dari daerah lainnya. Karena di tempat ini anda bisa mempelajari banyak hal seperti pemanfaatan sumber daya alam yang baik, mempelajari bencana alam, belajar hal hal tentang bumi, belajar cara mengolah energi, melihat fosil manusia purba, mempelajari keadaan geologi Indonesia, mempelajari sistem tata surya dan mempelajari hal lainnya.

Lokasi Museum Geologi Bandung berada di Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

3. Puspa Iptek Sundial


Wisata Study Tour di Bandung 2020

Salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan saat melakukan study tour di Bandung adalah Puspa Iptek Sundial. Puspa Iptek Sundial merupakan sebuah wahana pendidikan yang berdiri sejak tahun 2002. Nama Puspa Iptek  merupakan singkatan dari Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Sedangkan Sundial adalah arti dari jam matahari. Sesuai dengan namanya, di tempat ini terdapat sebuah jam matahari yang berukuran sangat besar. Besarnya jam matahari  tersebut sampai sampai meraih penghargaan MURI sebagai jam Matahari paling besar di Indonesia.

Puspa Iptek Sundial merupakan tempat paling tepat untuk mempelajari berbagai ilmu pengetahuan. Karena banyak tersedia peragaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bisa dicoba langsung oleh para pengunjung, seperti bola melayang, kursi paku, cermin tak hingga, waskom air mancur, dan alat peraga lainnya. Hal yang unik di tempat ini adalah terdapat sebuah bioskop 4 dimensi.  Dijamin study tour anda menarik dan kaya akan pengalaman di tempat ini.

Lokasi Puspa Iptek Sundial sendiri berada di Parahyang St. Jl. Raya Padalarang No. 427, Kertajaya, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

4. Gedung Sate Bandung

Gedung Sate Wisata Study Tour di Bandung

Salah satu kegiatan study tour yang menarik untuk dilakukan adalah mengunjungi gedung gedung bersejarah, seperti Gedung Sate Bandung. Gedung Sate Bandung bukanlah tempat penjual sate atau gedung yang berbentuk sate. Diberi nama Gedung Sate karena ciri khas gedung ini adalah pada menara sentralnya terdapat ornamen 6 tusuk sate.

Ornamen tersebut dikenal sebagai penanda atau markah tanah kota bandung. Menurut kabarnya 6 tusuk sate tersebut melambangkan biaya yang dibutuhkan untuk membangun Gedung Sate yakni sebesar 6 Juta Gulden pada masanya. Gedung ini mulai dibangun pada 27 Juli 1920 dan selesai pada bulan September 1924.

Gedung ini cocok dikunjungi sebagai tujuan wisata study tour Bandung karena memiliki nilai sejarah dan nilai budaya yang sangat berarti. Banyak orang berkunjung ke tempat ini untuk berwisata dan ber-swafoto. Gedung Sate yang memiliki bentuk arsitektur sangat indah juga memiliki taman yang tak kalah indah, senyawa dengan gedung tersebut. Oleh karena itu tak heran banyak orang berbondong bondong ingin berfoto ria di sana.

Lokasi Gedung Sate berada di Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

5. Museum Konferensi Asia Afrika


Museum Konferensi Asia Afrika Tempat Wisata Study Tour di Bandung

Satu lagi tempat wisata study tour Bandung yang sangat cocok untuk dikunjungi adalah Museum Konferensi Asia Afrika. Museum ini merupakan sebuah memorabilia (suatu peristiwa yang patut dikenang) Konferensi Asia Afrika. Tempat ini dibangun atas dasar keinginan para pemimpin bangsa bangsa di Afrika dan Asia untuk mengetahui tempat Konferensi Asia Afrika dilaksanakan.

Museum ini diresmikan bertepatan dengan peringatan 25 tahun Konferensi Asia Afrika yaitu pada 24 April 1980. 25 tahun sebelumnya yaitu pada tanggal 18-24 April 1955 para pemimpin negara-negara seluruh benua Asia dan Afrika berkumpul di Bandung untuk bekerja sama menciptakan perdamaian di dunia. Hal itu lah yang membuat gedung ini sangat bersejarah.

Museum ini berdampingan langsung dengan Gedung Merdeka. Dan pada museum tersebut terdapat sebuah perpustakaan modern yang mengoleksi berbagai buku seperti buku sejarah, politik, sosial, dan kebudayaan dari negara-negara Asia dan Afrika.

Di museum ini juga terdapat dokumen mengenai konferensi Asia-Afrika. Museum ini cocok anda kunjungi sebagai tujuan wisata study tour untuk menambah pengetahuan tentang sejarah beberapa bangsa.

Lokasi museum ini berada di Jl. Asia Afrika No. 65, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung. 

Itulah beberapa wisata study tour Bandung yang sangat cocok untuk anda kunjungi. Kawasan Asia Afrika setiap harinya tidak pernah sepi terutama siswa siswi yang sedang melaksanakan kegiatan study tour. Beberapa sekolah kebanyakan dari daerah jauh diluar Bandung, seperti Semarang, Tuban, Solo, Jogjakarta, Pati, Lampung, Palembang, dan lainnya.

Post a Comment for "Menambah Wawasan dengan Wisata Study Tour di Bandung"