Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempat Wisata Study Tour Bandung Paling Edukatif 2020

Cariduit-dot -- Liburan bukan berarti waktu nya untuk berhenti belajar. Walau kegiatan sekolah sedang libur, proses belajar mengajar bisa dilakukan dengan berbagai cara dan di mana saja, salah satunya dengan mengadakan Study Tour. Study tour dapat diartikan sebagai kegiatan belajar di luar kelas yang bertujuan menambah wawasan sekaligus pengalaman yang dilakukan dengan cara berekreasi.

Bandung merupakan salah satu kota yang memiliki destinasi wisata yang indah dan menarik. Destinasi wisata yang terdapat di Bandung bukan hanya menyediakan tempat rekreasi saja melainkan juga menyediakan tempat wisata yang edukatif. Ini lah beberapa tempat wisata study tour Bandung paling edukatif 2020 yang layak buat anda kunjungi.

1. Salasar Sunaryo

Tempat Wisata Study Tour Bandung Paling Edukatif 2020

Selasar Sunaryo merupakan sebuah galeri seni di Bandung. Tempat ini dibangun oleh seorang seniman kontemporer Bandung bernama Sunaryo. Sunaryo merupakan seorang mantan dosen seni rupa di ITB. Namanya sudah tidak asing di telinga orang orang Bandung, karena begitu banyak karya karya nya yang ikonik yang masih bisa kita saksikan saat ini, seperti Monumen Bandung Lautan Api, Patung Soekarno-Hatta di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dan karya karya lainnya.

Galeri seni Selasar Sunaryo ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat kunjungan study tour anda, karena banyak dipajang karya seni kontemporer dari seniman terkemuka, baik dari dalam maupun luar negeri dan karya karya dari Sunaryo sendiri.

Karya seni yang dipamerkan bukan hanya di dalam ruangan saja, melainkan juga di sekitar halaman Selasar Sunaryo. Di sekitar taman Selasar Sunaryo banyak terdapat Art space yang bisa dijadikan sebagai tempat pertunjukan musik, pembacaan puisi, dan kegiatan lainnya.

Hal lain yang membuat Selasar Sunaryo layak dijadikan tempat wisata study tour Bandung adalah disediakannya pondok berupa bale yang bisa dijadikan tempat diskusi dan disediakan sebuah perpustakaan yang mengoleksi lebih dari 4000 buku.

Lokasi Selasar Sunaryo sendiri berada di Jl. Bukit Pakar Timur No.100, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung. Lihat Peta disini

2. Saung Angklung Udjo

Tempat Wisata Study Tour Bandung Paling Edukatif 2020

Tempat wisata study tour Bandung lainnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Saung Angklung Udjo. Saung Angklung Udjo merupakan sebuah tempat yang cocok untuk mempelajari kesenian dan kebudayaan, khususnya kebudayaan Sunda dan mempelajari langsung alat musik angklung.

Di Saung Angklung Udjo terdapat pusat kerajinan tangan dari bambu, tempat pertunjukan, dan workshop instrumen musik yang terbuat dari bambu. Saung Angklung Udjo sangat cocok untuk anda kunjungi sebagai tempat wisata study tour karena setiap sorenya di tempat ini diadakan pertunjukan musik yang bisa anda nikmati.  Di hari hari tertentu, pertunjukan musik diadakan juga di pagi hari dan di siang hari.

Tujuan didirikannya Saung Angklung Udjo adalah sebagai tempat pelestarian dan pengembangan kebudayaan Sunda. Penyelenggaraan pertunjukan, mengadakan pelatihan dan pendidikan merupakan wujud dari pelestarian tersebut. Selain memperoleh pendidikan dan pengetahuan tentang kebudayaan Sunda, anda juga bisa membeli alat alat musik dan souvenir souvenir cantik berbahan dasar bambu di sini.

Lokasi Saung Angklung Udjo sendiri berada di Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung. Lihat Peta disini

3. Bandung Science Center

Tempat Wisata Study Tour Bandung Paling Edukatif 2020

Bandung Science Center adalah tempat wisata study tour Bandung 2020 yang sangat cocok untuk dikunjungi, karena disini anda bisa mempelajari langsung fenomena alam yang teorinya sering anda pelajari di sekolah. Tujuan Bandung Science Center dibangun adalah untuk memudahkan siswa mempelajari ilmu ilmu alam seperti ilmu fisika, kimia, matematika dengan cara menyaksikan langsung prinsip kerja ilmu alam tersebut.

Di sini anda akan diajak belajar dengan berpartisipasi secara langsung mengkaji suatu fenomena yang dihadirkan di tempat tersebut. Bandung Science Center mengijinkan anda untuk mencoba langsung setiap alat peraga yang disediakan. Sehingga pengalaman belajar akan semakin menarik dan mudah.

Di Bandung Science Center juga dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih, seperti adanya ruang robotik, ruang bumi, ruang audio visual, dan banyak lagi yang semuanya memberikan pengetahuan dan pengalaman baru bagi anda. Tempat yang satu ini sangat cocok dijadikan tempat study tour anda.

Berikut Ruang Sains Bandung Science Center:
  • Lorong Masuk (Entrance Room)
  • Ruang Bumi (Earth Room)
  • Ruang Perakitan (Assembly Hall)
  • Ruang Audio Visual (Audio Visual Room)
  • Ruang Fisika Dasar (Basic Physics Room)
  • Ruang Fisiologi (Physiology Room)
  • Ruang Robotik (Robotics Room)
  • Ruang Pertunjukan Laser (Laser Show Room)
  • Ruang Nirkabel (Wireless Room)
  • Ruang Geologi (Geologi Room)
  • Ruang Kimia (Chemistry Room)
  • Ruang Astronomy (Astronomy Room)
  • Ruang Ilusi Optik (Optical Illusion Room)
  • Ruang Elektronika (Elektronic Room)
  • Ruang Eksperimen (Experiment Room)
  • Ruang Energi (Energy Room) 

Lokasinya berada di Jl. Sirnagalih No.15, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung. Lihat Peta disini

4. Jendela Alam

Tempat Wisata Study Tour Bandung Paling Edukatif 2020

Tempat wisata study tour Bandung lain yang sangat cocok untuk anda kunjungi adalah Jendela Alam. Jendela Alam dirancang dengan konsep rekreasi edukasi. Fasilitas yang disediakan seluruhnya mengandung nilai edukasi.

Di sini anda bisa mengajak anak anak anda belajar langsung bersama alam, seperti belajar bertani, beternak, dan banyak hal lainnya. Pada fasilitas edukasi pertanian misalnya, anak anak akan diajari proses bercocok tanam secara langsung, seperti menanam padi, menanam sayur sayuran, menyirami tanaman, memberi pupuk, dan merawat tanaman tersebut. Hal ini pastinya akan memberikan pengalaman yang baik bagi anak anak.

Bukan hanya itu, anak anak juga bisa menambah wawasan soal dunia peternakan di Jendela Alam. Anak anak akan diijinkan memanen telur ayam secara langsung, dan diijinkan juga membawa pulang 1 butir telur yang dipanen. Selain itu beragam permainan edukatif juga disediakan di Jendela alam, seperti perburuan harta karun, memberi makan hewan, dan yang lainnya.

Lokasi Jendela Alam berada di Komplek Graha Puspa, Cihideung, Kec, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Lihat Peta disini

5. Observatorium Bosscha

Tempat Wisata Study Tour Bandung Paling Edukatif 2020

Kalau tempat wisata study tour yang satu ini cocok dikunjungi siang dan malam hari, namanya adalah Observatorium Bosscha. Tempat ini merupakan salah satu tempat meneropong bintang di Indonesia. Tempat ini sudah dibangun sejak jaman penjajahan Belanda, oleh karena itu ini merupakan tempat peneropong bintang tertua di Indonesia.

Di Observatorium Bosscha anda bisa melakukan berbagai aktivitas edukasi seperti mempelajari cara kerja teropong tertua Zeiss, belajar tentang dunia astronomi di ruang multimedia, dan melihat langsung bintang bintang melalui teropong. Tempat ini bisa dikunjungi pada siang hari ataupun malam hari.

Waktu paling tepat berkunjung sebenarnya pada malam hari, karena bisa melihat dengan jelas bintang bintang di langit.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di Observatorium BOsscha adalah berbelanja souvenir, karena di sini tersedia juga toko yang menjual aneka makanan khas daerah dan beragam souvenir menarik.

Ticket & Jam Kerja Bosscha

Ticket Masuk Bosscha Rp. 15.000 - 20.000 per orang. Jam kerja mulai pukul 09.00 - 14.30

Alamat Observatorium Bosscha sendiri berada di Jl. Peneropongan Bintang No. 45, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Lihat Peta disini

6. Kebun Binatang Bandung

Tempat Wisata Study Tour Bandung Paling Edukatif 2020

Setelah seharian Anda dan rombongan study tour mengunjungi tempat budaya, seni dan tempat bersejarah di Kota Bandung, saatnya mengunjungi tempat edukatif lainnya yaitu kebun binatang Bandung. Study tour ke kebun binatang Bandung cocok sekali sekaligus menambah wawasan tantang beberapa binatang langka yang jarang Anda temui.

Kebun binatang Bandung terletak di tengah kota Bandung dan berdekatan dengan salah satu perguruan tinggi terkenal di Indonesia, Institut Teknologi Bandung. Setiap harinya selalu dipenuhi wisatawan dalam atau luar kota Bandung.

Karena letaknya berdekatan dengan Institut Teknologi Bandung, maka tidak ada salahnya mengunjungi tempat ini sekaligus kunjungan kerja ke ITB terutama bagi siswa SMA atau Mahasiswa yang akan melaksanakan kunjungan ke ITB.

Ticket Terbaru & Alamat Kebun Binatang Bandung

Untuk urusan tiket, gak perlu mengeluarkan uang yang besar sangat murah sekali. Kebun binatang buka setiap Senin - Sabtu dengan biaya masuk Rp. 40.000,-. Ticket tersebut bagi dewasa dan anak-anak serta sudah termasuk wahana lainnya. Jam kerja mulai pukul 08.00 - 14.00 WIB

Alamat: Jalan Kebun Binatang No. 06, Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132 (022) 2502770. Lihat Peta disini

Itulah tempat wisata study tour Bandung 2020 yang layak anda kunjungi.

Post a Comment for "Tempat Wisata Study Tour Bandung Paling Edukatif 2020"