Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Proposal Peringatan Maulid Nabi Mulia Muhammad SAW Terbaru

Proposal Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Cariduit-dot-- Assalamu'alaikum, kali ini saya akan share contoh proposal peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Sudah kita maklumi bersama sebagai seorang muslim salah satu bukti kecintaan kepada nabi Muhammad SAW adalah suka mengadakan peringatan maulid nabi. Di Indonesia peringatan maulid nabi sudah menjadi peringatan sakral mulai dari masyarakat bawah sampai kepada pemerintahan tertinggi dengan peringatan maulid nabi secara nasional di Istana Negara. Tidak ada lain bukti kecintaan umatnya kepada nabinya.

Disini saya tidsak akan membahas sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW, namun hanya sedikit memberikan contoh proposal maulid Nabi. Proposal peringatan maulid nabi perlu dibuat apabila Anda akan melaksanakan kegiatan apapun sebagai salah satu bukti tertib administrasi dan laporan kegiatan. Mudah-mudahan proposal kebaikan ini menjadi manfaat dan saksi kelak di hari aakhir, amiin. Silahkan jika Anda membutuhkannya bisa pergunakan contohnya dibawah ini.

Proposal Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini belum sempurna masih banyak kekurangannya. Bisa Anda tambah dan kurangi sesuai dengan kebutuhan. Seperti Kata Pengantar, Daftar Isi, Cover, Rincian Biaya dan lainnya. Secara garis besar poin penting proposal ini sudah mewakili poin lainnya.

Latar Belakang Masalah
Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah menganugerahkan beribu-ribu ni'mat terutama ni'mat iman dan islam dengan diturunkannya manusia paling mulia, kekasih Allah SWT, tiada lain Nabi Besar Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya, tabiin, atba'uttabiin serta seluruh umatnya yang selalu taat dan patuh akan ajarannya. Semoga kelak di hari kiamat kita mendapatkan syafaatnya, aamiin.

Pada hari senin tanggal 12 Rabiul Awwal tahun Gajah bertepatan dengan tahun 571 masehi telah lahir kedunia di tanah Arab tepatnya di Kota Mekah al Mukarramah, seorang manusia paling agung, paling mulia, kekasih Allah SWT, seorang junjunan yang akan membebaskan manusia dari alam kegelapan kea lam terang benderang, ajarannya akan diikuti mayoritas penduduk bumi, seorang paling mulia akhlaknya, wajahnya memancarkan cahaya seperti bulan purnama, kelahirannya disambut seluruh makhluk langit dan bumi, paling mencintai ummatnya sampai suatu saat dimana manusia dikumpulkan Allah SWT ada dalam kebingungan, kesedihan, mencari seorang penolong untuk memberikan syafaatnya, tiada lain Nabiyullah wa rasuulullah Muhammad SAW bin Abdullah bin Abdul Muthalib.

Karena keagungan dan kemuliaan junjunan Nabi Muhammad SAW, Allah SWT berfirman dalam salah satu hadits qudsi-Nya, “kalaulah Aku tidak ciptakan Nur Muhammad, maka Aku (Firman Allah) tidak akan ciptakan pula seluruh alam semesta”. Allahu Akbar, betapa agungnya Rasulullah SAW dihadapan Allah SWT, sampai Allah SWT dan para Malaikat mengucapkan shalawat kepada nabiku tercinta rasulullah Muhammad SAW. Mari kita lihat dan buka qolbu kita dengan rasa rendah diri di hadapan Allah SWT, bahwa kita bukan siapa-siapa dibandingkan dengan junjunan alam Muhammad Rasulullah SAW.

Peristiwa-peristiwa yang terjadi saat kelahiran Nabi Muhammad SAW. Bersamaan dengan tenggelamnya bintang Mustari, untuk kedua kalinya cahaya bersinar dari tubuh Siti Aminah, dan cahaya itu bersinar lurus ke arah tanah surya yang jauh letaknya. Kelahiran Nabi Muhammad SAW terjadi pada dini hari dan hampir bersamaan dengan munculnya bintang timur, hari senin pada tangal 12 Rabiul Awwal tahun pertama Gajah bertepatan 20 April 571 masehi.

Pada saat Rasulullah SAW lahir, tidak terdapat kotoran dan darah sedikitpun, ia pula sudah di sunat, dan tali ari-arinya dipotong oleh Malaikat Jibril. Pada saat kelahiran Nabi juga, timbul keanehan alam semesta: Danau Suwa tiba-tiba airnya kering. Danau Suwa merupakan danau terbesar di daerah Shinshu Jepang. Gempa bumi yang menyebabkan 14 balkon kekaisaran kisra yang agung runtuh. Api tempat persembahan yang sudah ribuan tahun disembah dan apinya tidak pernah padam, kala itu tiba-tiba padam. Meskipun berusaha di nyalakan oleh orang Persia yang menyembahnya tetapi tidak menyala lagi. Patung-patung berhala dimana-mana menggeletak seperti sedang sujud.

Peristiwa itu menimbulkan ketakutan orang-orang yang melihatnya dan merupakan kejadian aneh yang pernah terjadi. Di antara mereka sesungguhnya sudah ada yang mendengar dari Al-Mudzanab, yaitu tukang sihir orang Persia. Yang diberitahukan lewat mimpinya, bahwa kelak akan terjadi kejadian aneh, yang menggoncang dunia dan datangnya dari tanah Arab. Sumber: Riwayat Nabi Muhammad SAW Dan Tempat-Tempat Suci Agama Islam/ Penulis: H.M Doddy Fachrurizie, M.S., SH/ Penerbit: Angkasa, 2000

Itulah proses kelahiran (MAULID) Nabi Mulia Muhammad SAW. Peristiwa kelahiran manusia paling mulia, sampai saat ini diperingati oleh umat muslim diseluruh penjuru dunia. Memperingati maulid Nabi hanyalah salah satu bukti kecintaan umat terhadap nabinya. Semoga dengan kecintaan hakiki ini menjadikan washilah bagi siapa saja yang mengakui kenabian Nabi Muhammad SWT, ternyata menjadi jalan menuju ridha dan maghfirah Allah SWT.

Peringatan maulid Nabi bukan hanya sekedar acara seremonial belaka yang tidak kita ambil hikmah dan pelajarannya. Lebih dari itu momentum maulid Nabi harus menjadi momentum perubahan paripurna (seluruh aspek kehidupan), meningkatkan grafik ibadah terutama ibadah-ibadah sunnah yang telah Rasulullah ajarkan kepada umatnya. Melaksanakan sunnah Rasulullah SAW berarti kita sudah merayakan maulid Nabi dan proses mencintai nabinya. Maka dengan maulid Nabi, mudahan menjadi jalan kita menuju surga berkumpul kelak dengan Baginda Rasulullah SAW, aamiin.

Dalam berdakwah, Rasulullah SAW selalu melalakukan cara yang adil dan bijaksana. Lemah dan lembut terhadap orang-orang beriman dan tegas terhadap orang kafir yang memusuhinya. Prilaku ini wajib jadi contoh bagi kita semua terutama tata cara berdakwah yang baik. Dengan cara yang adil dan bijaksana maka tidak menutup kemungkinan akan membuka hidayah bagi orang-orang yang sampai saat ini belum mendapatkannya. Bagi kaum muslim, momen maulid nabi saatnya sebagai seorang muslim yang berpredikat rahmatan lil’aalamiin (rahmat bagi seluruh alam) sehingga terciptanya generasi muslimin-muslimat kaffah (paripurna dan sempurna).

Nama Kegiatan:
“Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/2019 M”

Tema/Judul Peringatan:
Silahkan bisa Anda pilih dan sempurnakan.

“Momentum Maulid Nabi Muhammad SAW 1441, Jadikan Muslimin-Muslimat Yang Rahmatan Lil’Aalamiin (Paripurna)”

“Dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Kita Tingkatkan Iman dan Taqwa Kepada ALLAH SWT”


“Kami Merindukanmu Wahai Rasulullah SAW, Kumpulkanlah Kami Bersamamu di Surga-Nya”


“Dengan Maulid Nabi Muhammad SAW, Saatnya Menjadi Siswa-Sisiwi Yang Berbakti Kepada Nusa, Bangsa dan Agama”


“Nabi Muhammad SAW adalah Suri Tauladan yang Wajib Kita Contoh Aplikasikan dalam Kehidupan Sehari-hari”


“Dengan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Semoga Menjadi Jalan Turunnya Cinta Allah SWT Kepada Bangsa dan Negara Tercinta Indonesia”


“Momonetum Maulid Nabi Muhammad SAW Mari Kita Jaga Ukhuwah Islamiyyah dan Ukhuwah Wathaniyyah”


Maksud dan Tujuan
  1. Memperingati hari lahirnya Baginda Nabi Besar Muhammad SAW.
  2. Mengingat kembali perjuangan Rasulullah SAW dan para Nabi Allah, untuk dijadikan teladan bagi seluruh umat manusia
  3. Sebagai jalan lebih mencintai Nabi Muhammad SAW dengan melaksanakan seluruh ajarannya (sunnah Rasul)
  4. Sebagai Wadah lebih mempererat tali sillaturrahim bagi warga/siswa-siswi

Penyelanggara
Kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun ….. diselenggarakan oleh Warga/Siswa MTs/SMP/SMA…………………

Waktu dan Tempat Penyelenggaraan
  • Hari & Tanggal: 12 Rabiul Awal 1442 H/
  • Waktu: Pukul 08.00 WIB s.d selesai
  • Tema:
  • Penceramah:
  • Acara: Terlampir
  • Tempat: Kampus……

Panitia Penyelenggara
Penaggung Jawab:
Ketua Panitia
Wakil Ketua:
Sekretaris:
Bendahara:
Seksi-seksi:
Seksi Akomodasi & Peralatan:
Seksi Acara:
Seksi Humas:
Seksi Keamanan:
Seksi Konsumsi:
Bagian Umum

Rencana Anggaran Dana
Biaya Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H memerlukan biaya sebesar Rp. 50.000.000,- #Terbilang:lima puluh juta rupiah# Rincian biaya terlampir

Penutup
Demikian Proposal Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini kami buat. Proposal ini masih banyak kekurangannya. Untuk itu kami tunggu saran dan masukan Bapak/Ibu. Harapan kami semoga pelaksanaan Maulid Nabi ini jadi motivasi bagi kita untuk berlomba-lomba dalam kebajikan dalam mencari ridha Allah SWT terutama dalam mendalami ilmu-ilmu islam yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW 1400 tahun silam. Menjaga ajaran dan sunah Rasulullah SAW sampai akhir hayat. Terlebih mudah-mudahan bisa meneladani akhlak mulia Rasulullah SAW terutama bagi generasi muda sekarang.

Semoga segala sesuatu yang akan kita laksanakan selalu mendapat bimbingan dan menuju ampunan dan ridha Allah SWT, aamiin.

Tanda Tangan
Ketua Panitia
Sekretaris
Mengetahui
Kepala Sekolah/Pejabat

Kesimpulan
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW boleh dilaksanakan boleh tidak sesuai dengan keilmuan dan kepercayaan masing-masing. Pada dasarnya maulid nabi bukan hanya diperingati pada tanggal 12 Rabiul Awal saja karena ini hanya sekedar acara resmi seremoni yang sudah diagendakan oleh pemerintah. Yang paling penting peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW harus diperingati setiap hari oleh sorang muslim dengan menjalankan perintah dan ajaran Rasulullah SAW dan menjauhi larangannya.

Lampiran

#Contoh Susunan Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/2019 M
  • Pembawa Acara:
  • Pembukaan: Oleh Pembawa Acara
  • Pembacaan Ayat Suci al Quran
  • Pembacaan Shalawat Nabi
  • Sambutan-sambutan: Ketua Panitia, Aparatur Negara (Ketua RW/Kepala Desa/Camat,dll)
  • Sambutan Kepala Sekolah
  • Pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW: Tim Hadroh Al Kautsar
  • Siraman Rohani
  • Doa & Tutup
  • Ramah tamah
  • Mushofahah
 
Demikian contoh Proposal Maulid Nabi Muhammad SAW ini saya tulis. Proposal Maulid Nabi Muhammad SAW ini bisa Anda gunakan untuk acara di sekolah SD/SMP/SMA dan dimasyarakat umum yang setiap tahunnya dilaksanakan.

Semoga kita dikumpulkan kelak di akhirat bersama Rasulullah SAW, aamiin

Post a Comment for "Proposal Peringatan Maulid Nabi Mulia Muhammad SAW Terbaru"