Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Zonasi PPDB Jawa Barat Tingkat SMA Negeri Terbaru Tahun Pelajaran 2020/2021 (Zonasi Lengkap)


Zonasi PPDB SMA Provinsi Jawa Barat 2020

Cariduit-dot -- Hai teman! Apakah sudah siap daftar ke SMA favorit Anda tahun ini? Jika sudah siap dan semua persyaratan sudah terpenuhi tunggu saja bahwa PPDB Online Jawa Barat tahun 2020 akan segera dibuka pada tanggal 8 Juni 2020. Namun perlu diketahui bahwa PPDB Online Tingkat SMA se Jawa Barat tahun 2020 sekarang salah satu jalur penerimaan peserta didik barunya masih tetap menggunakan jalur zonasi. Dengan mengetahui jalur zonasi setidaknya adik-adik sudah mengetahui sekolah mana tempat menimba di SMA.

Ada beberapa jalur PPDB SMA tahun pelajaran 2021/2022 yang bisa Anda pilih. Seperti jalur zonasi, jalur prestasi, jalur perpindahan, dan jalur KETM. Untuk itu semuanya bisa jadi pilihan sesuai dengan kesiapan dan persyaratan yang sudah disiapkan.

Jika punya prestasi bagus disekolah (SMP/MTs) namun ternyata setelah diukur jarak rumah ke SMA Negeri jauh, maka sebaiknya memakai jalur prestasi insya Allah pasti diterima. Cara ini merupakan jalan terbaik bagi siswa-siswi prestasi sekaligus sebagai jawaban bahwa putra-putrinya bisa masuk sekolah negeri.

Pengertian Jalur Zonasi PPDB Tahun Pelajaran 2020/2021, dan Tujuan Jalur Zonasi PPDB

Jalur Zonasi merupakan salah satu jalur dalam perekrutan penerimaan peserta baru (PPDB) baik tingkat SD, SMP maupun tingkat SMA/SMK. Sistem PPDB dengan jalur zonasi ini telah ditetapkan oleh peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 44 tahun 2019.

Jalur zonasi ini menggunakan sistem pembagian wilayah yang dijadikan beberapa zona dengan mempertimbangkan letak geografis, wilayah administratif dan letak sekolah.

Khusus untuk SMK sejak tahun ajaran 2019/2020 dan sekarang tahun 2020/2021 tidak menerima jalur zonasi. Jalur zonasi diperuntukkan bagi calon siswa baru yang rumahnya (berdomisili) dalam zonasi sekolah terdekat.

Aturan zonasi PPDB tahun 2020 ini sedikit berbeda dengan tahun 2019. Bahwa aturan zonasi tahun sekarang akan dihitung berdasarkan titik rumah (titik koordinat) ke sekolah. Sehingga dalam penentuan jarak lebih akurat.  Walaupun bertetangga maka siswa A dan siswa B bisa saja koordinatnya berbeda sehingga jarak kesekolah juga berbeda.

Calon siswa baru juga bisa memilih 2 sekolah SMA. Jika dalam 1 (satu) kecamatan ada 2 sekolah maka bisa memilih diantara kedua sekolah tersebut, atau kecamatan yang bersinggungan dengan kecamatan terdekat.

Apa saja yang harus dipersiapkan jika daftar melalui jalur zonasi? Calon siswa baru yang akan daftar jalur ini harus menyiapkan KK (Kartu Keluarga) minimal telah dibuat 1 (satu) tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB.

Jika belum mempunyai KK dapat menggunakan keterangan domisili dari RT/RW yang ditanda tangani lurah/kepala desa.

Adapun tujuan PPDB sistem zonasi diantaranya adalah:
  1. Mengatur kualitas pemerataan sekolah dan peserta didik
  2. Mengakomodasi ketimpangan akses dan kualitas pendidikan di berbagai daerah
  3. Memaksimalkan peran dan komposisi guru di suatu daerah 
  4. Mendekatkan peserta didik dengan sekolah
  5. Pemerataan kualitas dan kuantitas guru

Namun jika memang tidak bisa masuk sekolah SMA Negeri, jangan ragu dan jangan merasa putus asa yah karena masih banyak sekolah SMA swasta yang kualitasnya sama dengan SMA negeri.

Kuota Setiap Jalur PPDB SMA Jawa Barat

Nah, seberapa besarkah peluang masuk SMA Negeri dan berapa persen kuota setiap jalur penerimaan peserta didik baru tahun 2020/2021 masing-masing sekolah. Berikut ini kuota Penerimaan Peserta Didik Baru Tingkat SMA:
  1. Jalur Zonasi 50%
  2. Jalur KETM 20 %
  3. Jalur Perpindahan Orang Tua 5%
  4. Jalur Prestasi 25%

Kuota jalur diatas bisa saja berubah sesuai dengan kebijakan sekolah dengan syarat konfirmasi dan disetujui oleh Dinas Pendidikan terkait. Intinya jalur zonasi masih merupakan jalur kuota terbanyak.  Jika satu SMA menerima siswa baru sebanyak 600 siswa dikalikan 50% (zonasi) maka sama dengan 300 siswa yang diterima melalui jalur zonasi.

Pembagian Zonasi PPDB SMA Negeri Jawa Barat Tahun Pelajaran 2021/2022

Pembagian Zonasi PPDB SMA se Jawa Barat telah ditetapkan dan diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Zonasi PPDB tersebut telah dibagi setiap kabupaten di seluruh Jawa Barat berdasarkan wilayah Kecamatan masing-masing yang memang dekat dengan satuan pendidikan.

Contoh Zonasi PPDB di Kabupaten Bogor dibagi menjadi 8 (delapan) ZONA disebar ke 40 Kecamatan dengan menampung kurang lebih 44 sekolah SMA. Berikut ini zonasinya:

Zonasi A Kabupaten Bogor:
  1. Kecamatan Cibinong: SMA Negeri 1 Cibinong
  2. Kecamatn Citeureup: SMA Negeri 2 Cibinong
  3. Kecamatan Babakan Madang: SMA Negeri 3 Cibinong
  4. Kecamatan Sukaraja: SMA Negeri 4 Cibinong, SMA Negeri 1 Citeureup, SMAN 1 Babakan Madang, dan SMAN 1 Sukaraja


Lebih lengkapnya silahkan unduh daftar zonasi PPDB SMA se Jawa Barat Tahun Pelajaran 2020/2021 dibawah ini:

Cara Daftar Online PPDB SMA Tahun 2021

Tata cara daftar PPDB tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. PPDB tahun sekarang akan dilaksanakan serentak secara online. Perhatikan langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Siswa (i) sudah mempunyai akun yang terdiri dari username dan password. Akun tersebut dibagi oleh sekolah masing-masing
  • Cek akun masing-masing dan login disini: https://pendaftar.ppdb.disdik.jabarprov.go.id/login
  • Lengkapi biodata mulai dari nama, alamat, NIK, tanggal lahir, dan koordinat (titik rumah) 
  • Pastikan titik koordinat sesuai dengan rumah sendiri (tidak ditempat lain)
  • Masukan/upload biodata lainnya seperti dokumen prestasi dll sesuai dengan jalur pendaftaran
  • Pendaftaran online akan dibuka tahap 1 tanggal 7-11 Juni 2021
  • Pendaftaran bisa dilakukan mandiri atau sekolah
  • Link Pendaftaran mandiri disini: https://pendaftar.ppdb.disdik.jabarprov.go.id/login
  • Pantau terus link PPDB Online sampai pendaftaran dimulai
  • Informasi lebih lanjut PPDB bisa diakses di web masing-masing sekolah tujuan
  • Baca juga: Daftar SMK Negeri dan Swasta se Kota Bandung

Demikian informasi Zonasi PPDB Jawa Barat Tingkat SMA Negeri Terbaru Tahun Pelajaran 2021/2022 (Zonasi Lengkap). Untuk informasi lebih lanjut cek di website sekolah masing-masing. Bagaimana dengan juknis PPDB ? silahkan bisa baca disini.

Terima Kasih

Tag: #PPDB SMA Jabar 2020 #Zonasi SMA PPDB Jawa Barat 2020 #InformasiZonasiPPDBJabar2020 #Pembagian Zonasi PPDB Jawa Barat Terbaru 2020/2021 #Cara Daftar Online PPDB SMA/SMK Tahun 2020 #Cara Daftar SMA/SMK PPDB Jawa Barat 2020/2021

2 comments for "Inilah Zonasi PPDB Jawa Barat Tingkat SMA Negeri Terbaru Tahun Pelajaran 2020/2021 (Zonasi Lengkap)"

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tinggalkan saran, atau masukannya