Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download RPP IPS 1 Lembar Untuk SMP/MTs Kelas 7, 8, 9 Versi Terbaru 2020

Download RPP IPS 1 Lembar Untuk SMP/MTs Kelas 7, 8, 9 Versi Terbaru 2020

Cariduit-dot -- Walaupun masih dalam keadaan pandemi Covid-19, sebentar lagi tahun ajaran baru 2020/2021 dimana semua jenjang pendidikan mulai tingkat usia dini, tingkat dasar, tingkat menengah, tingkat atas dan perguruan tinggi akan memulai aktivitas kegiatan belajar mengajar dengan keadaan "new normal". Sebuah prilaku hidup era baru yang lebih mengedepankan kedisiplinan terutama dalam prilaku hidup bersih dan sehat.

Walaupun proses belajar mengajar belum tentu dimulai tahun ajaran baru tahun ini (Juli2020), tapi administrasi pendidikan salah satunya RPP harus disiapkan dari sekarang. Disini Saya akan share beberapa RPP IPS untuk SMP/MTs versi 1 (satu) lembar.

Dasar Hukum RPP 1 (satu lembar) Sebagaimana surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 14 tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Perangkat Pembelajaran (RPP).

Nah, sebelum Saya share RPP IPS SMP/MTs 1 lembar alangkah baiknya kita ketahui dulu 3 (tiga) komponen penyusunan RPP revisi terbaru 2020.

3 (tiga) Komponen RPP satu lembar:

A. Tujuan Pembelajaran

RPP harus memuat tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran merupakan target proses kegiatan belajar dalam satu, dua, atau tiga pertemuan. Tujuan pembelajaran tersebut berpatokan pada kompetensi dasar materi pembelajaran.

Dalam perspektif kebijakan Pendidikan Nasional yang dituangkan dalam Permendiknas RI No. 41 Tahun 2008 tentang Standar Proses disebutkan bahwa salah satu komponen dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu adanya tujuan pembelajaran yang di dalamnya menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.

Tujuan pembelajaran juga hendaknya dijadikan titik tolak berfikir guru dalam menyusun Rencana Pembelajaran, yang akan mewarnai komponen-komponen perencanan lainnya.

B. Langkah Pembelajaran

Langkah-langkah pembelajaran merupakan cara atau metode pembelajaran yang didalamnya terdapat langkah pembelajaran sesuai dengan pendekatan metode pembelajaran yang dipakai guru dalam RPP agar proses pembelajaran siswa berhasil.

Ada beberapa metode dan model pembelajaran yang sering digunakan guru dalam proses belajar mengajar, diantaranya:
  1. Model saintifik (scientific approach). Model pembelajaran ini menggunakan kaidah-kaidah keilmuan yang memuat serangkaian aktivitas pengumpulan. data melalui observasi, menanya, eksperimen, mengolah informasi atau data, kemudian mengkomunikasikan (Kemendikbud, 2014).
  2. Model pembelajaran berbasis proyek dalam bahasa Inggris disebut Project Based Learning yang dapat pula disingkat PjBL. Berdasarkan namanya itu dapatlah kita mengetahui bahwa model pembelajaran ini adalah sebuah model pembelajaran yang desainnya didasarkan pada sebuah tugas proyek yang harus dikerjakan oleh siswa melalui kegiatan pembelajaran.
  3. Model Lainnya

C. Assessmen (Penilaian)

Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur sejauhmana ketercapaian hasil belajar peserta didik. Sedangkan tujuan penilaian ini dilakukan untuk memantau kemauan belajar siswa, memantau hasil belajar, baik dari aspek sikap, pengetahuan maupun keterampilan siswa.

Sebelum melakukan penilaian terhapad siswa, guru harus memperhatikan beberapa prinsip penilaian, seperti:
  1. Penilaian harus berpatokan pada kemampuan dasar yang diukur
  2. Penilaian harus objektif, sesuai dengan kriteria yang jelas tanpa ada intervensi dari luar,
  3. Penilaian harus didasari rasa adil. Artinya guru tidak boleh menguntungkan atau merugikan sebelah pihak saja, karena latar belakang siswa itu pasti berbeda-beda baik suku, agama, dll.
  4. Transparan, menyeluruh dan berkesinambungan mencakup beberapa aspek penilaian.
  5. Penilaian juga harus dilakukan secara terencana, sistematis (secara bertahap) sesuai dengan langkah-langkah yang sudah baku.
  6. Akuntabel. Artinya ketika guru memberikan nilai 90 terhadap siswa, maka nilai 90 tersebut bisa dipertanggungjawabkan oleh guru itu sendiri.
  7. Harus edukatif. Pada dasarnya semua penilaian yang dilakukan guru adalah menjalankan amanah pendidikan yaitu untuk memajukan siswa-siswinya agar sukses dimasa mendatang.

#3 (tiga) Aspek Penilaian dalam Proses Belajar Mengajar

1. Penilaian Sikap
  • Contoh Penilaian Muatan Kompetensi Inti 1 (KI-1) yaitu: Penilaian Ketaatan Beribadah, Berperilaku Syukur, Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan belajar, Toleransi dalam beribadah
  • Contoh Penilaian Muatan Kompetensi Inti 2 (KI-2) yaitu: Jujur, Disiplin, Tanggung jawab, Santun, Peduli, Percaya diri, dan lainnya bisa dikembangkan oleh guru
  • Cara penilaian sikap tersebut bisa dilakukan dengan teknik: Observasi, Penilaian diri, Penilaian antar teman, maupun Jurnal catatan guru.

2. Penilaian Pengetahuan
  1. Tes tulis (Ap aitu Tes Tulis? Tes tulis adalah tes yang soal dan jawabannya tertulis berupa pilihan ganda, isian, menjodohkan, dan soal-soal uraian).
  2. Tes Lisan (Tes lisan merupakan Teknik penilaian yang diberikan guru secara lisan (oral) sehingga peserta didik dapat merespon pertanyaan tersebut secara lisan juga, sehingga menimbulkan keberanian. Jawaban dapat berupa kata, frase, kalimat maupun faragraf yang diucapkan.
  3. Penugasan (Penugasan adalah penilaian yang dilakukan oleh guru berupa pekerjaan rumah baik secara individu ataupun).

3. Penilaian Keterampilan


Aspek Penilaian Keterampilan bisa dilakukakan dengan Teknik sebagai berikut:
  • Kinerja atau Performance. Adalah penilaian yang meminta siswa untuk melakukan suatu tugas pada situasi yang sesungguhnya yang mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan. Misalnya tugas memainkan alat musik, membuat artikel, membuat puisi, membuat percakapan, menyanyi, bermain peran, menari.
  • Projek. Penilaian Projek merupakan penilaian terhadap tugas investigasi dan harus diselesaikan dalam waktu tertentu. Tugas tersebut meliputi perencanaan, pelaksanaan, pelaporan. Penilaian projek sangat dianjurkan karena membantu mengembangkan keterampilan berpikir tinggi (berpikir kritis, pemecahan masalah, dan berpikir kreatif. Contoh tugas Projek seperti membuat laporan pemanfaatan energy di dalam kehidupan, membuat laporan hasil pengamatan pertumbuhan tanaman.
  • Portofolio. Penilaian dengan memanfaatkan Portofolio merupakan penilaian melalui sekumpulan karya peserta didik yang tersusun secara sistematis dan terorganisasi yang dilakukan selama kurun waktu tertentu. Portofolio digunakan oleh guru dan peserta didik untuk memantau secara terus menerus perkembangan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam bidang tertentu. Dengan demikian penilaian portofolio memberikan gambaran secara menyeluruh tentang proses & pencapaian hasil belajar peserta didik.

DOWNLOAD RPP IPS SMP/MTs TERBARU 2020 1 (SATU) LEMBAR

>> DAFTAR ISI RPP IPS SMP/MTs Semester 1
  • RPP IPS KD1 Pertemuan 1 tentang Interaksi antar negara Asia dan negara lain
  • RPP IPS KD1 Pertemuan 2 tentang Interaksi antar negara Asia dan negara lain
  • RPP IPS KD1 Pertemuan 3 tentang Interaksi antar negara Asia dan negara lain
  • RPP IPS KD1 Pertemuan 4 tentang Interaksi antar negara Asia dan negara lain
  • RPP IPS KD1 Pertemuan 5 tentang Interaksi antar negara Asia dan negara lain
  • RPP IPS KD1 Pertemuan 6 tentang Interaksi antar negara Asia dan negara lain
  • RPP IPS KD1 Pertemuan 7 tentang Interaksi antar negara Asia dan negara lain
  • RPP IPS KD1 Pertemuan 8 tentang Interaksi antar negara Asia dan negara lain
  • RPP IPS KD1 Pertemuan 9 tentang Interaksi antar negara Asia dan negara lain
  • RPP IPS KD1 Pertemuan 10 tentang Interaksi antar negara Asia dan negara lain
  • RPP IPS KD1 Pertemuan 11 tentang Interaksi antar negara Asia dan negara lain
  • RPP IPS KD1 Pertemuan 12 tentang Interaksi antar negara Asia dan negara lain
  • RPP IPS KD1 Pertemuan 13 tentang Interaksi antar negara Asia dan negara lain
  • RPP IPS KD1 Pertemuan 14 tentang Interaksi antar negara Asia dan negara lain
  • RPP IPS KD1 Pertemuan 15 tentang Interaksi antar negara Asia dan negara lain
  • RPP IPS KD1 Pertemuan 16 tentang Interaksi antar negara Asia dan negara lain
  • RPP IPS KD 2 Pertemuan 1 tentang Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi
  • RPP IPS KD 2 Pertemuan 2 tentang Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi
  • RPP IPS KD 2 Pertemuan 3 tentang Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi
  • dst.

Cara Download:
  • Install terlebih dahulu aplikasi Winrar di PC/Laptop atau di HP
  • Download file RPP IPS secara otomatis diarahkan ke Google Drive
  • Silahkan unduh. Setelah unduh buka file tersebut dan Ekstrax dengan Winrar
  • Masukan password
  • Selesai

Demikian beberapa contoh RPP IPS 1 Lembar Untuk SMP/MTs Kelas 7, 8, 9 Versi Terbaru 2020 yang bisa Saya share. Dalam tujuan RPP silahkan sesuaikan dan kondisikan dengan metode pembelajaran sekarang disaat pandemi Covid-19. Lalu jangan lupa komponen RPP lainnya sesuaikan juga. Kenapa? karena sekarang guru dan murid lebih banyak belajar daring (online).

Terima kasih atas kunjungan teman-teman semua, semoga blog ini selalu menjadi solusi dan bermanfaat. Silahkan share blog ini melalui media sosial, baik melalui grup Whatsapp, Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya agar situs ini semakin berkembang, Aamiin

Post a Comment for "Download RPP IPS 1 Lembar Untuk SMP/MTs Kelas 7, 8, 9 Versi Terbaru 2020"