Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penting! Inilah Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 Dibanding Windows 7 dan 8

Kelebihan dan Kekuarangan Windows 10 Dibanding Windows Versi 7 dan 8

Cariduit-dot -- Berbicara soal windows 10 pastinya sudah tidak asing lagi bagi Anda, khususnya untuk anak milenial yang suka mengoperasikan komputer. Sistem operasi terbagi menjadi beberapa macam, salah satunya adalah windows. Perusahaan Microsoft sendiri telah mengeluarkan versi windows terbarunya, yakni windows 10.

Sistem operasi yang satu ini merupakan tingkatan dari windows sebelumnya yang dibuat lebih baik. Hal ini bertujuan agar setiap pengguna komputer dapat mengoperasikan berbagai macam software yang ada di dalam komputer dengan mudah.

Anda akan merasakan perbedaannya sendiri antara sistem operasi windows 10 dibandingkan dengan sistem operasi sebelumnya yaitu Windows 7 dan 8.

Bagi Anda yang belum memilikinya, Anda bisa menginstall windows 10 di PC atau Laptop. Anda juga bisa mendapatkannya secara gratis dengan cara mendowload di situs resmi Windows 10. Jika Anda penasaran mau update versi sebelumnya ke Windows 10 silahkan unduh disini.

Biasanya ada situs yang memberikan file secara gratis untuk Anda gunakan pada komputer yang dimiliki. Menggunakan sistem operasi windows 10 pastinya akan membuat Anda puas dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya.

Adapun kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda dapatkan di sistem operasi windows 10 ini yaitu sebagai berikut!

Kelebihan Windows 10

1. Kompatibel di Semua Perangkat

Kelebihan yang pertama bisa Anda dapatkan bila menggunakan sistem operasi yang satu ini adalah lebih kompatibel. Berbagai macam aplikasi yang ada di dalamnya dapat Anda jalankan dengan mudah melalui windows 10. Seperti yang Anda ketahui, windows 10 dapat diterapkan di komputer, laptop, smartphone maupun tablet.

Adanya kelebihan yang satu ini tentu menjadikan pengembang aplikasi dapat membuat aplikasi yang lebih responsif. Selain itu, aplikasi yang dibuatnya juga dapat disesuaikan dengan berbagai macam perangkat yang berbeda-beda.

2. Fitur Modern

Perkembangan jaman yang semakin modern, teknologi juga mengalami perkembangan yang semakin pesat. Begitu juga terjadi pada windows yang mengembangkan versi terbarunya yaitu windows 10. Berbagai macam fitur menarik bisa Anda gunakan. Fitur yang ada di dalamnya menyesuaikan perkembangan di jaman sekarang ini.

Selain itu, windows 10 juga memiliki fitur Andalan modern yaut OneDrive. Dimana Anda memungkinkan program sinkronisasi data dengan cloud. Dengan adanya konsep always sync juga menjadi kelebihan tersendiri pada windows 10 yang dapat memudahkan penggunanya dalam mengoperasikan komputer.

3. Keamanan Lebih Terjamin

Dari segi keamanan juga menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh windows 10. Salah satunya terdapat fitur Hello yang menyuguhkan fingerprint atau retina scanner yang dapat digunakan untuk mengamankan privasi penggunanya. Bukan itu saja, windwos 10 bahkan dapat dibuka dengan menggunakan fingerprint smartphone Samsung.

Selain itu, keamanan lainnya yang bisa Anda dapatkan yaitu terhindar dari serangan virus berbahaya seperti malware. Seperti yang Anda ketahui, malware seringkali merusak sistem komputer, bahkan data-data yang ada di dalamnya sering disembunyikan. Dengan adanya fitur windwos defender yang ada di windows 10 ini akan membuat komputer aman dari serangan virus apapun.

4. Cocok Untuk Bermain Game

Bermain game selalu jadi acuan Anda untuk segera update dan upgrade komputer maupun laptop, salah satunya ialah update versi windows 7 dan 8 ke Windows 10. Tak lain karena kelebihan windows 10 dalam permainan game berat saat ini.

Bagi Anda yang suka bermain game, windows 10 dirancang khusus untuk para penggemar game juga. Salah satunya adalah DirectX 12 yang sudah powerful dan teroptimasi untuk hardware saat ini.

Anda juga dapat meningkatkan performa saat bermain game dengan menyetting pengaturan yang ada di dalamnya. Anda bisa memainkan game apapun dengan sangat mudah melalui sistem operasi windows 10.

5. Menu Start Yang Lebih Praktis

Kelebihan yang bisa Anda dapatkan selanjutnya adalah menu start yang lebih praktis dibandingkan dengan sistem operasi sebelumnya. Jika Anda melihat sistem operasi pada windows 8 sebelumnya akan terlihat kurang efektif saat memasuki menu start yang ada di dalamnya.

Berbeda dengan fitur yang ada di windows 10 dimana Anda akan mendapatkan fitur start yang lebih praktis dan juga dinamis. Kelebihan yang satu ini tentu akan memudahkan Anda ketika ingin mengakses berbagai macam menu yang ada di dalam start.

Kekurangan Windows 10

1. Sering Terjadi Kesalahan Saat Pembaruan

Kekurangan yang ada pada windows 10 salah satunya adalah terjadi kesalahan saat melakukan pembaruan. Untuk menghadirkan sistem operasi yang canggih, secara rutin Microsoft meluncurkan pembaharuan untuk windows 10.

Sangat disayangkan terdapat pembaharuan pada nomer 1809 dimana terdapat insiden terjadinya kehilangan data pengguna. Hal ini seringkali disebabkan oleh beberapa persen yang memasng sistem operasi ini. Hal ini menjadikan kekurangan bagi pengguna windows 10.


Namun kekurangan atau bug yang terjadi pada Windows 10 selalu diperbaiki dengan pembaruan system terbaru.

2. Sulit Dioperasikan

Munculnya sistem operasi windows 10 terbaru ini tentu membuat banyak orang masih bingung saat mengoperasikannya. Memang membutuhkan waktu untuk mempelajari sistem operasi windows 10. Bagi yang baru pertama kali menggunakannya pasti akan merasa kurang nyaman. Bagi orang yang masih awam, sistem operasi windows 10 menjadi kendala bagi mereka.

3. Sering Update

Salah satu kekurangan lainnya yang ada pada windows 10 yaitu terletak pada sistem operasi yang sering melakukan update. Hal ini dikarenakan pembaharuan pada sistem operasi yang satu ini belum terselesaikan secara sempurna.

Windows yang satu ini masih sering melakukan pembaharuan yang akan muncul secara tiba-tiba. Tapi Anda bisa mengakalinya dengan fitur non aktifkan update otomatis pada Wondows 10.

Karena sering melakukan pembaruan, hal ini juga menjadikan performa dalam menjalankan sistem operasi windows kurang maksimal.

Pembaruan seringkali terjadi beberapa bulan sekali pada sistem operasi windows 10. Melihat itu, akan kurang nyaman bila update terus saja terjadi pada windows yang satu ini.

Bagaimana cara update Windows 10? silahkan ikuti panduan lengkapnya disini.


4. Aplikasinya Masih Sedikit

Kekurangan sistem operasi windows 10 yang selanjutnya yaitu sedikitnya aplikasi yang ada di dalamnya. Masih dalam jumlah sedikit aplikasi yang ada di windows store yang merupakan aplikasi UWP. Aplikasi yang satu ini dapat memungkinkan penggunanya untuk melihat aplikasi lainnya yang sedang dijalankan. Selain itu, Anda juga dapat menjalankan semua program yang ada pada tampilan layar.

5. Boros Kuota

Jika Anda membandingkan antara windows 10 dengan keluaran sebelumnya versi 7 dan 8, akan lebih boros kuota untuk penggunaan windows 10. Anda bisa mengeceknya sendiri dengan cara mengoneksikan ke hp Anda. Pastinya akan lebih boros jika Anda menggunakan sistem operasi windows.

Itulah beberapa informasi mengenai kelebihan dan kekurangan pada sistem operasi windows 10. Anda bisa menerapkan windows 10 pada komputer milik Anda. Sebelum itu, Anda bisa mempertimbangkan terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangan windows 10 sebelum memasangnya.

Post a Comment for "Penting! Inilah Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 Dibanding Windows 7 dan 8"