Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Jitu Meningkatkan CPC Blog Indonesia yang Rendah, Tapi Penghasilan Google AdSense Tetap Melimpah

cara meningkatkan CPC Blog Indonesia

Cariduit-dot -- CPC atau cost per klik rata-rata blog berbahasa Indonesia kurang lebih kisaran 200 - 800 perak. Kenyataannya, tidak ada nominal yang pasti berapa besaran CPC Google AdSense disetiap situs. Karena tidak ada angka yang pasti, maka nominal disetiap situs juga akan berbeda.

Bisa jadi saat ini CPC AdSense blog Anda jauh lebih besar dibanding blog lain. Atau sebaliknya kemungkinan CPC situs Anda jauh lebih kecil dibanding situs lain. Tinggi dan rendahnya CPC bisa berubah tiba-tiba secara drastis.

Bingung, Apa Itu CTR dan CPC?

CTR (Click Through rate) atau Rasio Klik Tayang adalah persentase orang yang mengklik iklan Adsense di situs web. Misalnya CPC (biaya per klik iklan) rata-rata iklan Anda adalah $ 0,2 (Rp.300) dan jika Anda mendapat rata-rata 12.500 klik, Anda akan menerima sekitar Rp. 3.500.000.

Sekarang, jika CPC Anda adalah $ 0,3 (Rp.420) dengan jumlah klik yang sama, Anda dapat menghasilkan Rp. 5.040.000. Bandingkan, hanya dengan kenaikan $ 0,1, Anda dapat menghasilkan uang tambahan sebesar Rp. 1.500.000 .

Ini adalah alasan utama mengapa Anda harus fokus pada peningkatan CTR dan CPC pada situs web selain berfokus mendapatkan lebih banyak klik iklan tayang.

Untuk mencapai target tersebut tidaklah mudah, perlu waktu, skill SEO, membaca peluang dan konsisten dalam membangun situs web.

Jika situs web Anda Indonesia, tenang saja tak perlu khawatir walaupun tak bisa dipungkiri bahwa nilai CPC AdSense web indo saat ini kalah bersaing dengan Negara Eropa dan Amerika.

Mari kita bahasa satu persatu bagaimana cara meningkatkan CPC Blog berbahasa Indonesia yang CPC Google AdSensenya masih kalah rendah dibanding negara lain. Namun walaupun  CPC Blog Indo rendah, tapi penghasilan dari AdSense tetap besar. Ikuti tipsnya dibawah ini:

1. Tingkatkan Traffik Situs Web

Sebelum Anda memikirkan bagaimana cara lain agar CTR dan CPC tinggi, lakukan terlebih dahulu satu hal penting dalam sebuah situs yaitu mengoptimalkan serta mendongkrak pendapatan melalui traffik.

Traffik adalah seberapa banyak jumlah visitor situs web atau youtube yang mengunjungi web Anda dalam setiap harinya.

Karakter visitor juga berbeda-beda. Ada visitor organik yaitu visitor yang memang benar-benar sedang mencari informasi penting melalui mesin pencari Google.

Karakter visitor inilah yang harus jadi target utama pemilik situs web dalam medongkrak dan mendatangkan traffik blog.

Salah satu trik cepat mendapatkan traffik tinggi pada blog adalah Anda harus membuat konten/artikel yang saat ini sedang viral.  Konten tersebut biasanya berisi berita hangat dan viral yang banyak dicari di berbagai media. Contohnya saja Anda sekarang membuat konten berita tentang Covid-19 dijamin mendapatkan traffik tinggi. 

Contoh kata kunci Covid-19. Maka Anda bisa membuat kata kunci turunan sehingga berkembang menjadi beberapa kata kunci lain. Misalkan menjadi "Kumpulan poster pencegahan Covid-19 paling edukatif".

Namun jangan salah, konten- konten tersebut hanya dikonsumsi publik sesaat saja, setelah itu akan segera kadaluarsa.

Walaupun sekarang masih pandemi Covid-19, terus Anda buat beberapa konten relevan dengan Covid-19, jangan harap visitor akan bulak-balik membaca berita tersebut. Alasannya, karena ketika mengkonsumsi satu informasi berita mereka merasa sudah cukup dan memahaminya. Akhirnya informasi tersebut jadi basi dan membosankan.

Coba Anda perhatikan dengan cermat, disaat grafik penyebaran Covid-19 terus meningkat, masyarakat lebih cenderung mulai merasa bosan dengan berita Covid-19 dan lebih fokus pada ekonomi.

Dongkrak Traffik Situs Web Anda Secara Permanen

Ada tips jitu bagaimana mendatangkan traffik blog secara permanen. Cara ini sering dibahas dibeberapa situs dan berbagai forum blogger. Bolehlah mulai terapkan saat ini juga di situs Anda.

Bagaimana Caranya? 

Buatlah konten atau artikel yang pokok bahasanya tentang cara atau tutorial.

Apapun itu konten yang Anda bahas, baik konten pendidikan, blog, Google AdSense, Komputer, Android, Furniture, Burung, Perumahan, Teknologi, games, Pariwisata, Jual beli, Agama dan lainnya.

Percaya gak! Hanya dengan satu artikel tutorial saja bisa mendatangkan ratusan hingga ribuan visitor murni dalam sehari.

Ilustrasi:

1 artikel tutorial = 500 visitor murni/hari. Jika artikel turorial jumlahnya 10 x 500 = 5000 visitor organik/hari. 

Bayangkan saja kalau 100 x 500 visitor organik berarti dalam satu hari saja situs web atau youtube Anda sudah ditonton 50.000 orang setiap harinya. Mantapp...

Penasaran ya kira-kira dapat uang berapa jika dalam 1 hari visitor Blog Anda 50.000?

Jika rasio klik iklan dari visitor perhari 50.000 = 2500 klik iklan x 500 CPC = Rp. 1.275.000 (penghasilan setiap hari). Berarti satu bulan Anda mendapatkan Rp. 38.250.000 

Mudah kan ya kalo hitung-hitungan mah. Sebenarnya angka diatas bisa jauh lebih besar atau sebaliknya lebih kecil. Maka tak heran penghasilan youtuber dan blogger kelas sultan dalam satu bulan mendapatkan uang ratusan juta hingga milyaran.

Sorry ya teman-teman disini Saya baru menjelaskan sedikit tentang traffik dulu ... haha. Belum ke pembahasan utama. Anggap saja inimah tulisan ngalor ngidul Saya sambil nyeruput kopi hitam tambah hui Cilembu dari Sumedang, haha...

Kenapa dengan traffik? 

Ya karena inilah kuncinya. Gak ada pengunjung (visitor) maka percaya deh duit juga mampet.

Jika Anda baru terjun ke dunia youtube atau baru saja membuat blog, sementara ini buang jauh-jauh dulu pikiran ingin langsung mendapatkan untung. Perlu kerja keras, sabar dan konsisten.

Mendatangkan traffik itu kan susah, apalagi buat blogger pemula. Apakah ada tips dan trik lain yang peluangnya jauh lebih besar?

Sebenarnya banyak jalan jika situs web Anda ingin benar cepat naik. Namun saran Saya lakukan cara kita sendiri agar lebih puas dan kebanggaan tersendiri.

Caranya;

Jika Anda sudah mempunyai blog atau baru daftar blog, silahkan pakai template premium.

Kenapa Harus Template Premium? 

Banyak sekali keunggulannya dibanding template ilegal asal comot tanpa tau siapa pemilik aslinya.
Keunggulan template itu bisa di lihat dari beberapa faktor seperti kecepatan dan optimasi SEO yang sudah disetting pemiliknya. Dengan template seperti ini Blog Anda akan bisa bersaing memdatangkan traffik dengan kompetitor.

Jika mau beli template premium seperti web Saya ini, silahkan order disini.

Setelah template, lalu ...

Isi dengan artikel tutorial. Kontennya terserah Anda yang penting konten yang paling Anda kuasai. 
Kan Saya blogger pemula, jika membuat konten dengan niche populer dan high keyword, maka peluang tampil dihalaman pertama atau pageone sangat kecil!!!

Baca Juga: Cara Agar Artikel Tampil di Halaman Pertama Google, Dijamin Berhasil!

Untuk itu menurut Saya buatlah artikel dengan keyword saingan rendah dulu. Yang penting target utama adalah meningkatkan traffik.

Cari Traffik?

Betul, fokus Anda sekarang adalah membuat beberapa artikel dengan kata kunci yang saingannya rendah, sehingga peluang tampil page one jauh lebih besar ketimbang keyword tinggi tapi nangkrong di halaman 10 google.

Perlu Bukti? 

Jika Anda buat 10 artikel dengan keyword rendah, terus ternyata memang betul bisa tampil di halaman pertama Google, maka traffik lama-lama jadi tinggi juga ya.

Jika keyword rendah, berarti permintaan juga rendah. Betul kan?

Betul. Tapi artikel dengan pencarian atau permintaan rendah belum tentu akan selamanya rendah, bahkan CPC AdSensenya juga rendah.

Bisa naik juga kok! Caranya bagaimana?

Jadi kuncinya disini. Seorang penulis artikel atau pembuat konten youtube itu harus jeli dalam menganalisa peluang kedepan yang memang diprediksi akan terjadi.

Disitulah peluang Anda untuk membuat konten atau artikel yang memang orang lain belum terfikirkan sebelumnya.

Dengan cara ini Saya jamin artikel Anda akan tampil page one dan dihujani traffik tinggi hingga ribuan setiap harinya.

Jika satu artikel saja traffiknya tinggi maka tidak mustahil CPC AdSense juga bisa jadi tinggi walaupun blog indo. Artinya, para pengiklan (Adversitor) juga akan menaikkan CPC tinggi juga jika permintaan lebih dalam satu artikel.

Bagaimana cara memantau visitor blog?

Silahkan daftarkan terlebih dahulu situs web Anda ke Google Analytic. Bisa juga daftarkan ke Histast.

Dengan situs yang traffiknya tinggi peluang mendapatkan penghasilan dollar semakin besar walaupun Blog Indonesia yang CPC nya rendah, namun CPC AdSense bisa naik drastis.

2. Buat Artikel Berbahasa Inggris

CPC AdSense blog Indonesia rendah? Point kedua inilah salah satu solusinya.

Kenapa harus berbahasa inggris, apakah bisa dengan bahasa lain?

Bisa, bahasa apapun yang Anda tulis dalam sebuah situs web pasti selalu ada visitornya. Namun apakah CPC lebih tinggi jika dibandingkan dengan bahasa Inggris.

Apakah Boleh blog indo diisi artikel berbahasa inggris?

Boleh saja, siapa yang melarang kok. Yang penting ketika Anda membuat artikel bahasa inggris selalu optimasi SEO, lolos copi paste (orisinil) dan tentunya menggunakan bahasa inggris yang baik dan benar.

Jangan merasa cukup membuat artikel bahasa indonesia lalu gunakan aplikasi translite bahasa inggris sehingga timbul kesan kurang baik dimata Google.

Menurut hemat penulis, jika blog Anda berbahasa indonesia, maka peluang CPC dibayar besar sangat terbuka lebar walapun mayoritas artikel berbahasa indonesia sedangkan artikel lain berbahasa inggris.

Apakah dari awal Anda harus membuat blog bule?

Idealnya seperti itu. Namun tak ada salahnya lakukan cara seperti yang sudah Saya jelaskan diatas.

Kenapa blog berbahasa luar negeri atau bahasa inggris dibayar mahal?

Sebenarnya faktor utama CPC bisa dibayar mahal adalah tergantung dari negara mana asal visitor tersebut. Bukan semata karena bahasa inggrisnya.

Cara mengetahui CPC luar negeri dibayar mahal?

Mudah sekali caranya. Apabila blog Anda sudah berkerjasama dengan pengiklan seperti Google AdSense dan iklan sudah tampil, silahkan ikuti cara berikut ini:
  • Login ke Google AdSense dengan akun Anda
  • Akan tampil beberapa menu utama seperti: beranda, iklan, situs, kontrol pemblokiran, laporan, pengoptimalan, pembayaran, akun dan masukan. Lalu pilih laporan
  • Pilih negara. Nah, disini terpampang statistik negara asal pengunjung blog Anda yang mengklik iklan AdSense.
  • Jika blog berbahasa indonesia, Saya yakin mayoritas klik iklan pasti dari Indonesia. Namun tak menutup kemungkinan ada visitor luar negeri dan klik iklan.
  • Untuk melihat secara keseluruhan, tampilkan laporan statistik negara selama satu bulan berjalan agar diketahui negara manakah dengan CPC tertinggi.
Contoh statistik asal negara pengunjung:

Cara Jitu Meningkatkan CPC Blog Indonesia yang Rendah



Dari data statistik diatas mayoritas pengunjung dari Indonesia ditambah negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia dan Singapura. CPC nya juga masih kalah jauh dibanding megara Amerika.

Jika penghasilan tertaksir dari jumlah klik pengunjung asal Indonesia dalam dua minggu sebesar RP. 1.454.000 : 4000 (jumlah klik) = 363.5 (besaran CPC/klik).

Sebenarnya sudah bisa gajian dalam satu bulan, tapi tetap masih kurang sih haha. Bersyukur aja, yang penting berusaha insyaa Allah penghasilan juga akan terus naik, Aamiin.

Sebaliknya CPC negara asal pengunjung dari Amerika lumayan besar sekali untuk ukuran blog gado-gado berbahasa Indonesia. Coba perhatikan 1 klik iklan CPC nya sebesar Rp. 11.666.

Jika CPC 11.000 x 20 klik iklan saja berarti sama dengan Rp. 220.000 dalam sehari x 30 = 6.600.000 perbulan. Angka yang cukup besar jika dalam 1 hari mendapatkan 200.000.

Itulah mengapa Saya sarankan buatlah artikel berbahasa inggris, walaupun hanya beberapa artikel saja tapi tetap harus maksimalkan teknik SEO sehingga bisa bersaing dengan situs lain.

3. Buat Visitor Betah dengan Artikel Anda

Coba rata-rata berapa menit pengunjung (visitor) yang datang ke situs Anda. Statistik ini bisa Anda cek sendiri di Google Analytic atau Histast. Jika pengunjung memerlukan waktu 5 menit saja berada di blog Anda itu artinya bagus juga.

Idealnya pengunjung betah berlama-lama ketika membaca satu artikel di situs Anda. Bahkan sampai 10 menit, 20 menit sampai berjam-jam juga.

Blog yang bagus dimata pengunjung adalah blog yang diisi artikel berkualitas, memberikan solusi, lolos kopipaste dan tentunya selalu optimasi SEO.

Jika Anda terapkan tehnik diatas, maka pengunjung bisa berulang kali membuka web Anda. Keuntungannya web Anda jadi populer dimata Google dan tentunya para pengunjung setia Anda.

Apakah kita bisa cek persentase pengunjung blog?

Bisa. Kita bisa cek para pengunjung darimana saja, lalu mereka sedang membuka artikel apa dan persentase pengunjung baru serta pengunjung lama yang balik lagi.

Silahkan cek di Google Analytic. Jika belum daftar, silahkan daftarkan terlebih dahulu.

Bagaimana dengan visitor yang masuk ke situs kita terus langsung keluar lagi, apakah berdampak pada nilai CPC Google AdSense?

Jika pengunjung blog Anda masuk, namun tak perlu waktu lama langsung keluar lagi mungkin akan memberikan pertanda buruk bagi situs Anda dan tentunya para pengiklan (Adversiter).

Mungkin Anda pernah dengar kedua istilah ini, Bounce Rate dan Pogo Sticking.

Bounce Rate didefinisikan begini "persentase pengunjung yang hanya mengunjungi satu halaman saja". Karakter pengunjung seperti ini mungkin saja sudah cukup dengan satu halaman. Artinya bahwa yang ia cari jawabannya sudah ditemukan pada halaman itu. Ia tidak menggali halaman lainnya disaat mengunjungi sebuah blog.

Saya rasa Bounce Sticking tak terlalu mempengaruhi besar dan rendahnya CPC Google AdSense. Karena ketika membaca satu artikel mungkin saja memerlukan waktu lama.

Bagaimana dengan Pogo Sticking?

Begini, jika user atau pengunjung sedang searching Google, lalu menemukan apa yang ia cari dan membukanya, namun secepat kilat melakukan klik "back" ke halaman pencarian Google dan melakukan pencarian kehalaman berbeda, maka tipe user seperti inilah bisa mempengaruhi nilai CPC Google AdSense menjadi lebih rendah.

Kenapa?

Ya karena ada ketidakpuasan tersendiri.

4. Peningkatan CPC/BPK AdSense dipengaruhi Hari?

Maksudnya begini, biasanya CPC AdSense harganya naik pada hari kerja mulai hari senin sampai dengan jum'at. Itu artinya pada hari kerja CPC mengalami kenaikan walaupun tidak terlalu signifikan.

Berarti hari Sabtu dan Minggu CPC turun?

Ya itulah salah satu prilaku CPC AdSense di akun yang Saya punya. Silahkan periksa akun masing-masing dalam satu minggu. Apakah memang hari libur penghasilan sedikit landai atau bahkan terjun bebas. Jika tidak berarti para pengiklan sudah berani membayar mahal sesuai dengan kualitas dan niche blog Anda.

Kenapa CPC Indo turun pada hari libur?

Saya kira pada hari libur para pengunjung (visitor) lebih konsentrasi mengisi kegiatan liburannya bersama keluarga di rumah dibanding search di internet.

Dampaknya jika permintaan turun maka harga komisi yang diberikan oleh para pengiklan juga dikurangi. Oleh karena itu sangat berpengaruh terhadap traffik blog dan penghasilan dari AdSense juga cenderung turun.

5. Selalu Mentarget Kata Kunci (Keyword)

Maksudnya begini, artikel apapun yang akan anda tulis hari ini, besok dan seterusnya tulislah artikel dengan cara riset kata kunci. Apapun niche blog yang anda buat maka penuhi dengan tulisan-tulisan yang mengandung kata kunci. Jika cara ini anda lakukan, maka harga halaman blog tentu dibayar mahal oleh pengiklan sehingga mempengaruhi besar kecilnya pendapatan.

Biasanya apabila keyword yang anda target ternyata saingannya sangat berat, nah disini anda akan diuji, apakah anda menyerah atau tetap membuat artikel tersebut. Padahal keyword yang sudah anda target yakin mampu membuatnya bahkan kualitasnya bisa lebih bagus daripada kompetitor. Saran saya, inilah kesempatan anda untuk unjuk gigi membuat artikel lebih bagus dari saingan anda dan tentunya dibayar mahal oleh AdSense.

Google itu selalu mengupdate algoritmanya, sehingga ada peluang dan potensinya cukup besar, bahwa artikel yang anda buat bisa saja posisinya berubah yang asalnya halaman dua menjadi halaman pertama. Artinya, disini Google lebih mengutamakan artikel yang lebih berkualitas daripada artikel yang dibuat asal-asalan.

Beberapa aplikasi atau tool untuk riset kata kunci yang paling populer seperti Ubersuggest ini bisa anda gunakan dengan gratis syaratnya hanya login dengan akun email. Silahkan manfaatkan tools tersebut untuk riset keyword agar artikel-artikel yang anda buat lebih berkualitas dan produktif.

Kesimpulan

Tips dan trik cara meningkatkan BPK/CPC blog berbahasa indonesia yang sudah Saya jelaskan diatas adalah analisa Saya sendiri berdasarkan pengalaman selama ini. Mungkin ada trik dan cara lain yang lebih jitu yang lebih berdampak pada CPC AdSense. Sebenarnya masih banyak tips yang nanti akan Saya jelaskan pada kesempatan lain.

Demikian penjelasan mengenai bagaimana cara meningkatkan CPC AdSense Blog berbahasa indonesia. Silahkan lakukan cara-cara diatas semoga berhasil, Aamiin.

3 comments for "Cara Jitu Meningkatkan CPC Blog Indonesia yang Rendah, Tapi Penghasilan Google AdSense Tetap Melimpah"

  1. mencoba pengalaman dari masi ini, semoga saya sukses mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Sama-sama Mas sukses selalu. Ya itumah hanya sekedar pengalaman semoga bermanfaat juga

      Delete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tinggalkan saran, atau masukannya