Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Memulai Bisnis Online dari Instagram Untuk Pemula dan Tentunya Gratis

cara memulai bisnis online dari instagram untuk pemula
Bisnis Online dari Instagram
Cariduit-dot -- Instagram merupakan salah satu sosial media yang paling populer di jagad raya, terbukti dengan pengguna lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia, menjadikan sosial media satu ini benar-benar multifungsional. Selain di pakai untuk berkomunikasi dan berbagi informasi berupa gambar dan video, instagram juga dimanfaatkan sebagai aplikasi bisnis bagi para pelaku usaha dan terbukti prospek yang didapatkan benar-benar sesuai dengan harapan.

Nah, pada kesempatan yang indah ini kami akan berbagi informasi penting terkait penggunaan instagram sebagai salah satu aplikasi bisnis online demi menunjang penjualan anda di internet. Penasaran seperti apa ? Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

Mengapa Menggunakan Instagram ?

Sebelum kami lanjutkan pembahasan di artikel ini, ada baiknya anda tahu terlebih dahulu mengapa kami pilih instagram sebagai sarana berbisnis. Padahal banyak sekali aplikasi lain yang bisa dipakai seperti whatsapp, facebook, twitter dan lain-lainnya.

Berikut ini adalah jawabannya.

Pertama, instagram mendukung penggunaan gambar yang mana secara umum lebih mudah dalam mempromosikan ke pengguna, terlebih lagi follower yang akan langsung melihatnya dan,

kedua anda bisa berkreasi dengan feed instagram sebagai tempat untuk jualan online. Selengkapnya anda bisa lihat dibawah ini informasinya.

#Keunggulan Menggunakan Instagram Untuk Membuka Bisnis Online


1. Tidak perlu website karena sudah memiliki fitur lengkap

Menggunakan instagram untuk menjalankan bisnis online itu sangatlah mudah, biasanya anda membutuhkan sebuah website untuk memberikan informasi lengkap kepada banyak orang dengan menu-menu yang ada.

Sama dengan instragam, anda hanya cukup memasang story dan beberapa label pada tempat yang sudah disediakan, sedangkan pada bagian feed ini bisa anda isi dengan produk beserta deskripsinya. Sedangkan informasi lain yang ingin ditunjukkan kepada pengguna seperti contoh testimoni, proses pengiriman, cara order, kontak, portofolio dan lain-lain bisa ditempatkan pada bagian sorotan. Nah, dengan begitu pelanggan atau follower anda bisa melihatnya secara lengkap.

2. Gratis dan tidak berbayar

Berikutnya keunggulan menggunakan aplikasi instagram untuk berbisnis itu tidak membutuhkan modal sama sekali, kecuali kalau anda akan menggunakan fitur berbayar ( promosi ) akan kita bahas nanti. Anda benar-benar akan dibebaskan dari biaya dalam menggunakan aplikasi instagram, sehingga bisa sepuas mungkin untuk mencari pendapatkan dari bisnis yang anda jalankan. Itulah kenapa, aplikasi ini benar-benar disukai banyak orang, karena gratis digunakan untuk keperluan bisnis dan personal.

3. Terdapat dua akun berbeda di instagram

Bagi anda yang selama ini hanya tahu kalau instagram itu satu versi saja, sebenarnya ada dua jenis akun yang bisa anda pilih. Pertama adalah akun personal untuk kebutuhan pribadi dan kedua akun bisnis untuk anda yang ingin berjualan online di IG. Keduanya jelas memiliki perbedaan dari segi fitur yang ditawarkan, sehingga tidak bisa dicampur adukkan.

4. Terdapat fitur promosi menarik

Salah satu daya tarik dari aplikasi IG di kalangan pebisnis online, itu terletak dari fitur promosi yang mempermudah penjual untuk memasarkan produk mereka secara luas ke berbagai pengguna di seluruh Indonesia atau sampai luar negeri sekalipun. Memanfaatkan fitur promosi ini jelas berbayar, hanya saja anda akan mendapatkan keuntungan yang sesuai.

Nah itulah beberapa contoh keunggulan dari aplikasi instagram yang mungkin bisa membantu anda mengembangkan bisnis disosial media. Berikut ini kami akan memberikan panduan awal untuk anda yang ingin menjalankan usaha atau bisnis online lewat aplikasi instagram.

#Cara Menjalankan Bisnis Online lewat Instagram

1.  Silahkan daftar di IG bisnis terlebih dahulu


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendaftar atau membuat akun di instagram bisnis terlebih dahulu. Pastikan gunakan email resmi dan nama toko yang sesuai. Pada bagian deskripsi alamat dll, harap di isi sebaik mungkin sesuai dengan data yang valid. Karena ini untuk kebutuhan bisnis, harap semuanya di isi dengan benar.

2. Sesuaikan tampilan Instagram bisnis anda

Berikutnya yang kedua adalah menyesuaikan tampilan ig bisnis, tampilan bisa dimulai dari nama toko anda dan kemudian upload gambar profil. Hal ini diperlukan untuk meyakinkan calon pembeli nantinya. Selain itu juga, dengan adanya foto profil bisa memberikan idenditas resmi sebagai toko di instagram.

Kemudian tampilan berikutnya yang tidak boleh di lupakan adalah di bagian sorotan, ini penting sebagai pengganti menu di halaman website. Silahkan isi dengan informasi lengkap seperti ( Kontak, cara order, portofolio, paket harga jika ada, testimoni pelanggan, proses pengiriman, dan lain-lain ) yang mendukung penjualan dan membuat pelanggan anda menjadi percaya.

Inilah gunanya fitur sorotan di aplikasi instagram, pahami dengan baik cara kerjanya. Kemudian yang ketiga adalah tampilan pada feed ig, usahakan harus rapi dan menarik, gunakan ciri khas sendiri yang berbeda dengan akun bisnis online lainnya. Contohnya gunakan graident warna kuning, hitam atau biru yang membuat produk anda terlihat menarik. Ini penting sekali.

3. Manfaatkan fitur promosi untuk mendapatkan follower

Biasanya kalau akun ig anda masih baru, cukup sulit untuk mendapatkan pelanggan dalam waktu yang cepat, maka dari itu kami sarankan untuk menggunakan fitur promosi yang mempermudah anda untuk memasarkan produk atau layanan secara masal sesuai dengan target audience yang anda inginkan.

Contoh kalau anda jualan kaos laki-laki, maka setting saja ke pengguna dengan minat fashion laki-laki, sesuaikan lokasi dan demografi lainnya. Kemudian jangan lupa, siapkan budget yang sesuai. Mudah bukan ? Minimal postingan yang paling menarik dan bagus, bisa anda promosikan.

4. Gunakan metode tag untuk mendapatkan follower

Cara lain untuk memaksimalkan penjualan atau bisnis di instagram, anda bisa menggunakan metode tag yang mana setiap kali anda memposting gambar. Silahkan berikan tag dan arahkan ke bisnis yang sejenis atau target tag yang populer. Contoh anda jualan kaos laki-laki, coba berikan hastag seperti ini #jualkaospria, #kaosbandungcowok , #kaospriamurah dan lain-lain.

Nah itulah cara memulai bisnis online di instagram, semoga bermanfaat untuk teman-teman yang akan memulai merintis bisnis di tahun 2020 ini. Terimakasih.

Tag: #cara memulai bisnis online dari nol #cara memulai bisnis online shop baju #cara bisnis online shop tanpa modal #cara kerja bisnis online di instagram #cara jualan baju online #usaha online yang menguntungkan #cara jualan online tanpa modal #daftar bisnis online #memulaibisnis online dari instagram step by step #Tips sederhana belaja bisnis dari instagram

Post a Comment for "4 Cara Memulai Bisnis Online dari Instagram Untuk Pemula dan Tentunya Gratis"