Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Sukses Menjalankan Bisnis Online di Internet Meskipun Basic Anda Bukan Pebisnis

cara sukses menjalankan bisnis online di internet
Cara sukses bisnis online di internet - (image:pixabay.com)
Cariduit-dot -- Minggu lalu kita sudah membahas mengenai macam-macam bisnis online yang menguntungkan dengan modal kecil. Pada kesempatan hari ini kita akan membahas lebih dalam seperti apa cara sukses menjalankan bisnis online di internet meskipun Anda tidak memiliki basic seorang pebisnis.

Pada umumnya, orang yang menjalankan bisnis online itu tahu kedepannya seperti apa karena mereka jelas sudah mempelajari strategi bisnis yang tepat, terlebih lagi menjangkau target pasar sesuai dengan usaha yang mereka buka.

Nah, pada artikel ini kita akan melihat seperti apa step by step membuka bisnis online agar lebih sukses kedepannya, meski artikel seperti ini sudah cukup umum di internet, kami berupaya memberikan pembahasan yang lebih mendetail agar mudah Anda pahami. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

Panduan Sukses Menjalankan Bisnis Online untuk Pemula

Berikut ini adalah panduan yang seringkali kami pakai dalam memulai bisnis online, meski tidak terlalu detail, namun Anda bisa menerapkannya dengan mudah.

1. Tentukan Jenis Bisnis yang akan Anda Kelola
cara sukses menjalankan bisnis online di internet
image:pixabay.com
Langkah pertama sebelum Anda memulai menjalankan bisnis online, coba pikirkan baik-baik jenis bisnis apa yang prospeknya bagus untuk beberapa tahun kedepan.

Penting sekali disini untuk kami tekankan, jangan pernah membuka bisnis kalau sekedar ikut-ikutan saja, seringkali kami melihat banyak calon pebisnis online yang sekedar mengikuti trend namun setelah itu tidak tahu arahnya mau kemana.

Jadi, ada baiknya Anda memutuskan untuk memulai bisnis dengan konsep yang tepat dan yang pasti ada prospek kedepan yang lebih baik.  Banyak sekali pelaku usaha yang harus gulung tikar karena membuka bisnis berdasarkan trend saja, selanjutnya mereka kebingungan ingin mencari peluang profit.

Ada banyak sekali jenis bisnis online yang bisa Anda buka, mulai dari menjual skill dan menjual produk / brand Anda sendiri. Peluang kedua-keduanya sangat besar sekali dalam meraup keuntungan apalagi produk tersebut adalah brand sendiri.

2. Konsep Bisnis Online Anda Seperti Apa?

cara sukses menjalankan bisnis online (konsep bisnis online)

Berikutnya yang tidak kalah penting setelah Anda sudah selesai menentukan jenis bisnis apa yang akan dikelola, sekarang Anda harus menentukan konsep penjualan nantinya seperti apa. Karena tidak mungkin kalau Anda hanya memanfaatkan sosial media saja, jelas butuh wadah yang lebih profesional lagi untuk meyakinkan calon pelanggan Anda.

Minimal Anda harus memiliki sebuah website resmi lengkap dengan informasi bisnis Anda secara terang, jadi customer akan semakin yakin dengan produk atau skill yang Anda jual, Inilah konsep bisnis yang perlu di pikirkan secara matang.

Selain itu juga, Anda harus memikirkan kelebihan dan kekurangannya, karena membuka bisnis online itu tidak selamanya akan lancar, pasti ada saja hambatan yang menimpa. Paling tidak Anda memiliki  alternatif jika suatu saat bisnis mulai perlahan meredup, buat gebrakan baru agar bisnis Anda semakin di lirik banyak calon pelanggan.

3. Media atau Sarana Bisnis yang Paling Tepat


6 Cara Sukses Menjalankan Bisnis Online di Internet Meskipun Basic Anda Bukan Pebisnis

Memanfaatkan teknologi di era modern seperti ini memang benar-benar menguntungkan. Bagi pelaku bisnis online ini merupakan sebuah kesempatan besar untuk mengembangkan bisnis dengan cepat. Berbeda dengan zaman dulu untuk mendapatkan customer harus bekerja lebih ekstra, sekarang cukup mengandalkan aplikasi media sosial atau promosi online saja, Anda bisa memasarkan brand produk atau layanan bisnis Anda dengan mudah dan cepat.

Gunakan beberapa media pendukung dan berikan sedikit fitur canggih pada bisnis online Anda, contohnya saja disini Anda menggunakan sarana website, maka buat desain web semaksimal mungkin dan paling tidak ada fitur lengkap yang mempermudah calon cust mendapatkan kesempatan berbelanja.

Selain menggunakan sarana Website, masih banyak media sosial lain yang bisa Anda jadikan tempat promosi penjualan seperti facebook, twitter, whatsapp, line, dll. Syaratnya cukup membuat akun tersebut dan Anda aktif di media sosial.

Cara seperti ini cukup populer di kalangan para pelaku bisnis online “ modern “, bisa dikatakan tidak ada campur tangan langsung dari owner, mereka memanfaatkan robot otomatis untuk memproses pesanan dari setiap customer.

4. Managemen Keuangan yang Pasti

6 Cara Sukses Menjalankan Bisnis Online di Internet Meskipun Basic Anda Bukan Pebisnis
image:pixabay.com
Sama halnya dengan bisnis offline, ketika Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis online, maka pengelolahan dana atau pendapatan itu sangatlah penting. Perkembangan bisnis Anda ditentukan dari cara managemen keuangan yang baik, kalau Anda tidak melakukan hal itu dengan benar, niscaya dalam beberapa bulan saja sudah gulung tikar.

Bisa kami katakan kalau bisnis online yang dijalankan dalam waktu kurang lebih dari 5 bulan, itu sudah baik dan kami yakin akan terus berkembang dengan tetap mempertahankan cara managemen keuangan yang benar.

Kelola keuangan dari hasil bisnis Anda dengan menggunakan tools akuntan jika perlu, kalau tidak silahkan sewa seorang yang ahli dalam hal tersebut. Jadikan bisnis online yang Anda kelola benar-benar maksimal dan membuahkan hasil di kemudian hari nantinya.

5. Buat Promosi yang Menarik dan Berilah Harga Diskon
6 Cara Sukses Menjalankan Bisnis Online di Internet Meskipun Basic Anda Bukan Pebisnis

Setiap pelanggan baru maupun pelanggan lama, tentu berharap mendapatkan promo diskon dari produk yang Anda jual. Jadi kalau masalah diskon, kami rasa Anda harus pintar-pintar memberikannya dengan tetap memperhatikan laba yang Anda dapatkan.

Diskon atau promo sebenarnya hanya sebuah stimulus untuk memancing pada pembeli memborong produk Anda, coba kemas diskon dengan kata yang benar, sehingga Anda tetap mendapatkan keuntungan.

Mungkin selama ini Anda pernah melihat penjualan online dengan penawaran diskon yang menarik, bahkan mereka “ para penjual “ membuka diskon dalam jumlah yang banyak, lantas kenapa tidak merugi ?

Nah, disanalah ada teknik marketing yang benar-benar digunakan dengan baik, cobalah belajar mengemas sebuah produk dengan harga diskon yang menarik, niscaya akan ada banyak customer yang menantikannya.

6. Upgrade Produk Berdasarkan Trend

cara sukses menjalankan bisnis online di internet

Sekali lagi kami tidak menyerankan membuka bisnis untuk mengikuti trend, disini kami hanya memberikan contoh upgrade bisnis mengikuti bukan membuka dari awal, jadi tolong di pahami dengan baik.

Contoh kalau Anda seorang penjual kaos online yang mungkin dihari biasa pendapatannya masih minim, coba ikuti trend seperti yang ada sekarang ini, yaitu menjual kaos covid-19, stay at home atau work at home dan lain sebagainya, pasti ada yang membeli nantinya. Itulah yang dinamakan upgrade produk dengan memanfaatkan trend yang populer.

Peluang Bisnis Online maupun usahan Offline yang sedang Trend tahun ini:
  • Bisnis catering
  • Bisnis pembuatan makanan ringan
  • Usaha menjual gorengan
  • Pom mini
  • Menjual pulsa dan kuota internet
  • Sewa kamera
  • JasaLaundry
  • Bisnis Travel dan Rental Mobil
  • Usaha Percetakan
  • Salon Kecantikan
  • Kursus Online
  • Jasa Pembuatan Website/blog
  • Affiliate Marketing
  • Perlengkapan sekolah seperti seragam, atribut dan lainnya
  • Kaos tentang pencegahan Covid-19
  • Saat Covid-19: Membuat masker kain, membuat disinfektan, membuat Handsanitizer
  • Jasa terjemahan
  • Kuliner Makanan dan Minuman

Nah itulah cara mudah untuk sukses dalam menjalankan bisnis online. Sebelum Anda melangkah dan terjun ke bisnis online, lakukan tips jitu yang sudah Saya jelaskan diatas mulai dari konsep menentukan jenis bisnis online, konsep bisnis online, media dan sarana yang digunakan, managemen keuangan, selanjutnya lakukan promosi dan selalu upgrdae produk Insyaa Allah dengan ilmu dan kemauan yang tinggi bisnis online Anda berhasil, Aamiin.

Sekian semoga artikel ini bermanfaat dan bisa Anda terapkan sekarang juga. Terimakasih. Silahkan share artikel ini ya ke teman-teman Anda melalui media sosial.

Post a Comment for "6 Cara Sukses Menjalankan Bisnis Online di Internet Meskipun Basic Anda Bukan Pebisnis"