Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terbaru! RPP Matematika SMP/MTs 1 Lembar Kelas 7,8,9 Semester 1 & 2 Revisi 2020

Terbaru! RPP Matematika SMP/MTs 1 Lembar Kelas 7,8,9 Semester 1 & 2 Revisi 2020

Cariduit-dot -- Kali ini Saya akan share contoh RPP mata pelajaran Matematika 1 lembar untuk SMP/MTs kelas 7, 8 dan 9. RPP Matematika revisi tahun 2020 ini hanya satu lembar saja sesuai dengan panduan atau juknis revisi terbaru 2020. RPP 1 lembar ini dibuat simpel sehingga memudahkan guru untuk menyusun dan mengaplikasikannya dikelas.

RPP merupakan perangkat pembelajaran guru yang wajib disiapkan terlebih dulu sebelum masuk dalam proses pembelajaran, baik pembalajaran secara luring maupun daring. Karena situasi saat ini masih pandemi Covid-19 dan proses PBM dilakukan secara daring, maka media pembelajaran juga harus menyesuaikan dengan metode pembelajaran jarak jauh (daring).

Tahun ini RPP lebih disederhanakan. Penyederhanaan RPP setidaknya akan mangurangi beban kerja guru yang setiap tahun ajaran baru selalu sibuk membuat RPP panjang, sehingga menjadi sebuah slogan, bahwa, beban kerja membuat RPP jauh lebih berat daripada beban kerja guru berinteraksi dengan murid dikelas. Saya rasa semua guru bisa merasakannya, termasuk admin.

Baca Juga: Cara Menyusun dan Mendesain RPP Abad 21 (RPP 1 Lembar)

Guru sebagai ujung tombak pendidikan yang seharusnya 90% berinteraksi dengan siswa, malah waktunya terkuras hanya karena terlalu fokus membuat sebuah konsep yang belum tentu cocok diterapkan disekolahnya masing-masing.

Sebelum Saya share alangkah baiknya guru terlebih dahulu mengetahui dan memahami 3 komponen dalam penyusunan RPP 1 lembar.

3 ( TIGA) KOMPONEN RPP 1 LEMBAR  REVISI 2020


A. Tujuan Pembelajaran

RPP harus memuat tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran merupakan target proses kegiatan belajar dalam satu, dua, atau tiga pertemuan. Tujuan pembelajaran tersebut berpatokan pada kompetensi dasar materi pembelajaran.

Dalam perspektif kebijakan Pendidikan Nasional yang dituangkan dalam Permendiknas RI No. 41 Tahun 2008 tentang Standar Proses disebutkan bahwa salah satu komponen dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu adanya tujuan pembelajaran yang di dalamnya menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.

Tujuan pembelajaran juga hendaknya dijadikan titik tolak berfikir guru dalam menyusun Rencana Pembelajaran, yang akan mewarnai komponen-komponen perencanan lainnya.

B. Langkah Pembelajaran

Langkah-langkah pembelajaran merupakan cara atau metode pembelajaran yang didalamnya terdapat langkah pembelajaran sesuai dengan pendekatan metode pembelajaran yang dipakai guru dalam RPP agar proses pembelajaran siswa berhasil.
Ada beberapa metode dan model pembelajaran yang sering digunakan guru dalam proses belajar mengajar, diantaranya:
  1. Model saintifik (scientific approach). Model pembelajaran ini menggunakan kaidah-kaidah keilmuan yang memuat serangkaian aktivitas pengumpulan. data melalui observasi, menanya, eksperimen, mengolah informasi atau data, kemudian mengkomunikasikan (Kemendikbud, 2014).
  2. Model pembelajaran berbasis proyek dalam bahasa Inggris disebut Project Based Learning yang dapat pula disingkat PjBL. Berdasarkan namanya itu dapatlah kita mengetahui bahwa model pembelajaran ini adalah sebuah model pembelajaran yang desainnya didasarkan pada sebuah tugas proyek yang harus dikerjakan oleh siswa melalui kegiatan pembelajaran.
  3. Model lainnya

C. Assessmen (Penilaian)

A. Pengertian Penilaian

Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur sejauhmana ketercapaian hasil belajar peserta didik. Sedangkan tujuan penilaian ini dilakukan untuk memantau kemauan belajar siswa, memantau hasil belajar, baik dari aspek sikap, pengetahuan maupun keterampilan siswa.

B. Prinsip Penilaian

Sebelum melakukan penilaian terhapad siswa, guru harus memperhatikan beberapa prinsip penilaian, seperti:
  1. Penilaian harus berpatokan pada kemampuan dasar yang diukur
  2. Penilaian harus objektif, sesuai dengan kriteria yang jelas tanpa ada intervensi dari luar,
  3. Penilaian harus didasari rasa adil. Artinya guru tidak boleh menguntungkan atau merugikan sebelah pihak saja, karena latar belakang siswa itu pasti berbeda-beda baik suku, agama, dll.
  4. Transparan, menyeluruh dan berkesinambungan mencakup beberapa aspek penilaian.
  5. Penilaian juga harus dilakukan secara terencana, sistematis (secara bertahap) sesuai dengan langkah-langkah yang sudah baku.
  6. Akuntabel. Artinya ketika guru memberikan nilai 90 terhadap siswa, maka nilai 90 tersebut bisa dipertanggungjawabkan oleh guru itu sendiri.
  7. Harus edukatif. Pada dasarnya semua penilaian yang dilakukan guru adalah menjalankan amanah pendidikan yaitu untuk memajukan siswa-siswinya agar sukses dimasa mendatang.

C. 3 Aspek Penilaian dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar

Penilaian Sikap

a. Contoh Penilaian Muatan Kompetensi Inti 1 (KI-1)
  • Penilaian Ketaatan Beribadah
  • Berperilaku Syukur
  • Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan belajar
  • Toleransi dalam beribadah

b.  Contoh Penilaian Muatan Kompetensi Inti 2 (KI-2)
  • Jujur
  • Disiplin
  • Tanggung jawab
  • Santun
  • Peduli
  • Percaya diri, dan lainnya bisa dikembangkan oleh guru
Cara penilaian sikap tersebut bisa dilakukan dengan teknik Observasi, Penilaian diri, Penilaian antar teman, maupun Jurnal catatan guru.

Penilaian Pengetahuan

Aspek Pengetahuan bisa dinilai melalui:

a.Tes tulis (Ap aitu Tes Tulis? Tes tulis adalah tes yang soal dan jawabannya tertulis berupa pilihan ganda, isian, menjodohkan, dan soal-soal uraian).

b.Tes Lisan (Tes lisan merupakan Teknik penilaian yang diberikan guru secara lisan (oral) sehingga peserta didik dapat merespon pertanyaan tersebut secara lisan juga, sehingga menimbulkan keberanian. Jawaban dapat berupa kata, frase, kalimat maupun faragraf yang diucapkan.

c. Penugasan (Penugasan adalah penilaian yang dilakukan oleh guru berupa pekerjaan rumah baik secara individu ataupun).

Penilaian Keterampilan

Aspek Penilaian Keterampilan bisa dilakukaka dengan Teknik:

a. Kinerja atau Performance 

adalah penilaian yang meminta siswa untuk melakukan suatu tugas pada situasi yang sesungguhnya yang mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan. Misalnya tugas memainkan alat musik, membuat artikel, membuat puisi, membuat percakapan, menyanyi, bermain peran, menari.

b. Projek


Penilaian Projek merupakan penilaian terhadap tugas investigasi dan harus diselesaikan dalam waktu tertentu. Tugas tersebut meliputi perencanaan, pelaksanaan, pelaporan. Penilaian projek sangat dianjurkan karena membantu mengembangkan keterampilan berpikir tinggi (berpikir kritis, pemecahan masalah, dan berpikir kreatif. Contoh tugas Projek seperti membuat laporan pemanfaatan energy di dalam kehidupan, membuat laporan hasil pengamatan pertumbuhan tanaman.

c. Portofolio 

Penilaian dengan memanfaatkan Portofolio merupakan penilaian melalui sekumpulan karya peserta didik yang tersusun secara sistematis dan terorganisasi yang dilakukan selama kurun waktu tertentu. Portofolio digunakan oleh guru dan peserta didik untuk memantau secara terus menerus perkembangan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam bidang tertentu. Dengan demikian penilaian portofolio memberikan gambaran secara menyeluruh tentang proses & pencapaian hasil belajar peserta didik. (sumber:tulisanguruku.blogspot.com)

Dwonload RPP Matematika 1 Lembar SMP/MTs 2020

RPP Matematika kelas 7

Berikut ini daftar isi RPP Matematika 1 lembar kelas 7:
  • RPP matematika Kelas 7 SMP/MTs tentang Bilangan semester 1
  • RPP matematika Kelas 7 SMP/MTs tentang Himpunan semester 1
  • RPP matematika Kelas 7 SMP/MTs tentang Persamaan dan Pertidaksamaan Linear satu variabel semester 1
  • RPP matematika Kelas 7 SMP/MTs tentang Perbandingan semester 2
  • RPP matematika Kelas 7 SMP/MTs tentang Aritmatika Sosial semester 2
  • RPP matematika Kelas 7 SMP/MTs tentang Garis dan Sudut semester 2
  • RPP matematika Kelas 7 SMP/MTs tentang Segi empat dan segitiga semester 2

RPP Matematika kelas 9

Berikut ini daftar isi RPP Matematika 1 lembar kelas 7:
  • RPP matematika Kelas 9 SMP/MTs tentang Perpangkalan dan Bentuk Akar semester 1
  • RPP matematika Kelas 9 SMP/MTs tentang Persamaan dan Fungsi Kuadrat semester 1
  • RPP matematika Kelas 9 SMP/MTs tentang Kokongruenan dan Kesebangunan semester 2
  • RPP matematika Kelas 9 SMP/MTs tentang Bangun Ruang dan Sisi Lengkung semester 2

Download RPP Matematika
  • Download RPP Matematika 1 Lembar Kelas 7 Semester 2, DISINI
  • Download RPP Matematika 1 Lembar Kelas 7 Semester 1, DISINI
  • Download RPP Matematika 1 Lembar Kelas 9, DISINI

Demikian artikel tentang RPP Matematika SMP/MTs 1 Lembar Kelas 7,8,9 Semester 1 & 2 Revisi 2020 yang bisa Saya share. Untuk RPP Matematika kelas 8 1 lembar saat ini belum bisa Saya share. Silahkan kembangkan dan perbaiki contoh RPP matematika diatas jikalau masih belum lengkap sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

7 comments for "Terbaru! RPP Matematika SMP/MTs 1 Lembar Kelas 7,8,9 Semester 1 & 2 Revisi 2020"

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tinggalkan saran, atau masukannya