Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Soal Ulangan Online (Daring) di Google Form dengan Batasan Waktu

Cara Membuat Soal Ulangan Online (Daring) di Google Form dengan Batasan Waktu

Cariduit-dotMembuat soal ulangan online dengan batasan waktu (limit waktu) sebenanya mudah sekali yang penting anda sudah punya dasar cara menggunakan aplikasi Google Form maupun Classroom. Dengan adanya wabah pandemi Covid 19 mau tidak mau dan apapun profesinya harus mengenal lebih dekat dengan beberapa aplikasi belajar online, salah satunya Google Form dan Classroom. Kenapa! Karena hampir seluruh aktivitas belajar dan bekerja dikerjakan di rumah masing-masing.

Jika teman-teman baru mengenal aplikasi belajar online dan ingin mempelajarinya, silahkan bisa baca di beberapa artikel seputar Google Classrooom dan Google Formulir. Salah satu materi yang sudah saya tulis seperti: cara membuat soal ulangan online dengan bentuk kuis, cara menambahkan gambar pada Google Form, cara membuat kelas online, cara membuat absensi online, cara memberikan tugas online, cara menjadi anggota kelas online, dan lainnya.

Lebih lengkapnya materi-materi yang berkaitan dengan Google Classroom dan Google Formulir silahkan bisa anda pelajari di label/kategori blog tentang Google Classroom dan Formulir.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat soal ulangan online di Google Form dengan batasan waktu atau limit waktu. Apakah memang perlu membatas waktu saat ulangan online? Membatasi waktu saat ujian online sebenarnya adalah hak guru itu sendiri, apakah ia akan menerapkannya atau tidak? Yang pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Namun idealnya pembatasan waktu pada soal sebaiknya di berlakukan saat ujian akhir tahun atau ujian nasional saja.

Alasannya, jika pembatasan waktu selalu anda terapkan saat ulangan harian kemungkinan nilai siswa tidak akan maksimal.  Sedangkan proses kegiatan belajar saat ini serba terbatas dan sulitnya tatap muka antara guru dan murid. Bagaimana siswa mau mengerti dan memahami materi 100%, jika proses belajar mengajarnya juga hanya dilakukan jarak jauh (daring). Inilah kendala pembelajaran daring yang dirasakan siswa saat ini sehingga berpengaruh juga terhadap kualitas pendidikan.

Untuk itu disaat melaksanakan ulangan harian guru juga harus paham keadaan siswanya dan tak perlu ideal-ideal gitu 😀😀, toh mereka sudah mengikuti ulangan saja sudah cukup dan dapat nilai. Sebaliknya jika pembatasan waktu saat ulangan atau ujian semester diaktifkan maka banyak manfaat kelebihannya. Kelebihan ini semata hanya untuk memicu dan memotivasi siswa agar belajar lebih rajin.

Manfaat Membatasi Waktu saat Ulangan/Ujian

1. Meminimalisir dan Mempersempit Kecurangan Siswa saat Ujian


Bukan berarti mau mendiskreditkan kemampuan siswa. Namun saat pelaksanaan ujian yang sifatnya resmi guru harus mengantisipasi kecurangan tersebut dengan cara membatasi waktu saat ujian sehingga ruang gerak siswa walaupun ujiannya di rumah semakin sempit. Berbagai cara akan dilakukan saat ujian dengan tujuan mendapatkan nilai baik.

2. Memotivasi Siswa Lebih Giat Belajar

Jika siswa mengetahui bahwa pelaksanaan ulangan atau ujian nasional dengan pembatasan waktu maka mereka akan terpacu dan termotivasi untuk belajar lebih rajin. Akan tertanam pada dirinya rasa tanggung jawab dan selalu mematuhi aturan saat ujian berlangsung sehingga tak ada kemauan sedikitpun dalam dirinya untuk melakukan hal tidak terpuji.

3. Pelaksanaan Ujian Lebih Terukur


Sebaik dan seketat apapun pelaksanaan ujian online maka peluang untuk nyontek sekecil apapun akan dilakukan. Namun setidaknya dengan pembatasan waktu pelaksanaan ujian akan lebih terukur walaupun tak maksimal baik dari kemampuan siswa maupun proses pelaksanaan ujian seeprti durasi waktu dan lainnya.

Cara Membuat Soal Online dengan Batasan Waktu (Form Limiter)

Selain Google Classroom, Google Formulir merupakan aplikasi belajar online yang banyak digunakan saat ini. Salah satu fungsi google form yang paling banyak digunakan adalah membuat soal ujian online berbasis kuis yaitu soal pilihan ganda. Soal pilihan ganda merupakan pilihan utama saat ujian karena proses penilaiannya lebih terukur. Berbeda dengan soal essai yang proses penilainnya tidak terukur. 

Selesai ujian, anda tak perlu ribet memeriksa hasil ulangan kemudian menilainya satu persatu. Namun untuk setting pembatasan waktu saat ujian online harus menambahkan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini harus anda unduh terlebih dahulu melalui add on Google Form. Setelah diunduh maka akan terintegrasi dengan Google Form.

Beberapa aplikasi pengaya yang bisa anda download serta install di Google Form yaitu: Form Limiter dan Former Timify.me. Kedua aplikasi tersebut paling banyak digunakan saat ini untuk setting pembatasan waktu. Disini saya hanya akan ngasi tutor menambahkan dan setting waktu dengan Form Limiter.

Cara kerja Form Limiter ini simpel dan mudah digunakan. Dengan Form Limiter anda bisa menentukan waktu pelaksanaan ujian sesuai dengan keinginan. Misal waktu ujian mulai pukul 09.00 pagi sampai dengan 10.00 pagi. Berarti limit waktu ujian hanya 1 jam. Setelah itu siswa tidak dapat mengikuti ujian lagi. Link ujian yang di share ke semua siswa cukup satu (tak perlu banyak link).

Kalau mau menggunakan Form limiter sebaiknya ujian dibagi dua sesi. Cara ini untuk mengantisipasi siswa yang terlambat ujian. Kecuali siswa sudah benar-benar dikondisikan siap mengikuti ulangan sesuai waktu yang telah ditentukan.

Bagaimana cara kerja Timify.com?

Cara kerjanya sedikit berbeda dengan form limiter. Timify.com merupakan aplikasi setting waktu mundur (penghitung waktu mundur). Limit waktunya juga bisa ditampilkan di halaman soal ulangan. Peserta ujian dapat melihat waktu secara langsung yang ia butuhkan selama ujian. Durasi waktunya dimulai saat siswa membuka soal ulangan sehingga siswa dapat memulai dan mengakhiri dengan waktu yang berbeda dengan siswa lain. Aplikasi ini cocok untuk pelaksanaan ujian nasional dan ujian negara seperti ujian CPNS. Namun link yang dibagikan harus berbeda sesuai dengan jumlah peserta ujian.

Materi tentang Timify.com insyaAllah akan segera dibuat…

Ok, selanjutnya kita langsung praktik bagaimana cara membuat soal ulangan online (daring) di Google Formulir dengan batasan waktu dengan pengaya Form Limiter. 

Berikut langkah-langkahnya: 

1. Silahkan login terlebih dahulu melalui akun email masing-masing. Lalu masuk ke Google Drive dan buka soal ulangan yang sudah anda buat di Google Formulir. Jika belum membuat soal ulangan, cek tutorialnya disini.

2. Setelah soal ulangan dibuka, cari menu titik tiga disebelah kanan menu Google Formulir lalu pilih Add-on

Cara Membuat Soal Ulangan Online (Daring) di Google Form dengan Batasan Waktu

3. Anda akan diarahkan ke beberapa aplikasi pengaya yang bisa dintegrasikan dengan Google Formulir. Pilih Form Limiter kemudian Install. 

Cara Membuat Soal Ulangan Online (Daring) di Google Form dengan Batasan Waktu

4. Form limiter memerlukan izin Anda untuk memulai pemasangan >> Bersiaplah memasang dan klik lanjutkan. Install sampai selesai dengan memakai akun email anda

5. Selesai install, refresh Google Formulir dengan menekan CTRL+R untuk mengecek Form Limiter benar-benar sudah terinstall. Bukti sudah terinstall

Cara Membuat Soal Ulangan Online (Daring) di Google Form dengan Batasan Waktu

6. Selanjutnya silahkan klik pilihan Form Limiter Prod


Cara Membuat Soal Ulangan Online (Daring) di Google Form dengan Batasan Waktu

7. Saatnya setting Form limiter dengan Klik Set Limit

Cara Membuat Soal Ulangan Online (Daring) di Google Form dengan Batasan Waktu

8. Setelah tampil aplikasi Form Limiter silahkan seting sesuai kebutuhan anda. Pada Limit Type pilih data and time. Kemudian tentukan tanggal, jam dan pesan untuk siswa ketika waktu ujian sudah habis. Contoh penulisan jam: 10: 30 AM (Pagi). Untuk format jam menggunakan format Eropa & Amerika yaitu 12 jam. Jam 11.59 malam – 11.59 Siang (AM), sedangkan 12.00 siang – 11.59 malam (PM). Silahkan tentukan sesuai dengan pelaksanaan ujian

Cara Membuat Soal Ulangan Online (Daring) di Google Form dengan Batasan Waktu

9. Setelah selesai setting tanggal, waktu dan lainnya klik Save and Enable.

10. Selanjutnya silahkan anda kirim seperti biasa link ujian /ulangan melalui menu KIRIM. Lalu bagikan link ke Classroom atau grup media sosial pembelajaran. Selesai

Demikian cara membuat soal ulangan online di Google Formulir dengan batasan waktu. Mudah bukan! Cara tersebut bisa bapak/ibu coba ketika pelaksanaan ulangan harian atau ujian lainnya. Membatasi waktu saat ulangan merupakan cara efektif untuk mengantisipasi dan meminimalisir contekan saat ujian. Sehingga peserta ujian dituntut lebih fokus mengerjakan soal ujian ketimbang cari jawaban lewat HP atau media lainnya yang akhirnya pengerjaan soal tidak selesai. Jika waktu ujian sudah habis maka peserta ujian tidak bisa mengirim jawaban. Demikian semoga bermanfaat, Aamiin.

Post a Comment for " Cara Membuat Soal Ulangan Online (Daring) di Google Form dengan Batasan Waktu"