Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Link/Url Rusak (Broken Link) di Blog dan Memperbaikinya dengan Broken Link Checker

cara cek link atau url rusak pada blog dengan brokenlinkchecker

Cariduit-dot – Bagaimana cara mengecek internal link maupun eksternal link blog yang sudah rusak (Broken Link), apakah kita harus cek satu persatu secara manual? Apakah berpengaruh juga terhadap performa blog terutama terhadap mesin perayap seperti Google, Bing, dan Yahoo? Tentu harus segera diperbaiki dari sekarang karena berpengaruh juga terhadap kesehatan blog anda.

Performa dan kesehatan blog harus selalu kita cek setiap saat agar kualitas blog kita selalu terjaga baik dimata mesin pencari maupun para pengunjung setia blog. Para pengunjung blog target utama konten yang kita tulis namun ketika mereka menemukan link mati (broken link) didalam artikel, tentu akan merasa tertipu dengan link tersebut. Kesalahan ini biasanya anda lakukan ketika menulis artikel lalu membuat tautan link eksternal yang mengarah ke situs lain atau link internal yang mengarah ke situs sendiri.

Tak hanya eksternal link yang anda tautkan kedalam blog, beberapa link dari para pengunjung yang melakukan blogwalking di kolom komentar harus anda cek juga, apakah masih aktif atau tidak. Biasanya jika kita cek satu persatu siapa saja yang berkomentar di blog, ternyata ketika kita membuka link asal pengunjung tersebut sudah tidak aktif.

Pengalaman saya ketika cek link mati (broken link) di beberapa halaman blog ternyata link tersebut bersumber dari beberapa pengunjung blog yang menulis komentar, setelah ditelusuri ternyata sudah tak aktif. Jumlah link mati tersebut mencapai ratusan hingga ribuan. 

Lalu apa yang harus sobat blogger lakukan dan bagaimana cara memperbaiki link halaman blog tersebut yang sudah tidak aktifa alias mati? 

Tenang saja, yang pasti setiap masalah pasti ada solusinya. Disini saya merekomendasikan salah satu aplikasi terbaik, gratis dan mudah digunakan. Aplikasi ini fungsinya untuk mendeteksi beberapa link mati (broken link) di blog dan cara memperbaikinya, yaitu BROKENLINKCHECK.

Fungsi Brokenlinkcheck Online

  • Memindai halaman web untuk menemukan hyperlink yang mati/rusak
  • Dapat menganalisis halaman dalam jumlah tak terbatas * 
  • Berguna untuk pengoptimalan SEO 
  • Memeriksa URL internal (lokal) dan eksternal (keluar) ** dan menemukan yang sudah basi 
  • Melaporkan lokasi tautan buruk di kode HTML Anda 
  • Memvalidasi situs web online: cara yang sama seperti bagaimana pengguna dan Mesin Pencari Anda melihatnya 
  • Mendeteksi masalah lain dari integritas situs web 
  • Mendukung sub-domain 
  • Bekerja secara online sehingga dapat digunakan di Windows, Mac OSX, Linux, iOS, Android dan OS lainnya 
  • Menampilkan kesalahan 404 dan kode tanggapan HTTP lainnya yang tidak berhasil - untuk setiap hyperlink yang mati atau bermasalah

Berikut ini cara cek link mati di blog:

1. Silahkan anda kunjungi langsung ke situs: Brokenlinkcheck.com

2. Isikan alamat URL blog/website anda. Lalu klik temukan beberapa link yang rusak (Find Broken Links)

cara cek link atau url rusak pada blog dengan brokenlinkchecker

3. Kemudian masukan kode pengaman sesuai dengan kode yang sudah tersedia. Selanjutnya pilih Report distinct broken links onliy atau Report all. Apabila pilih Report distinct berarti hanya cek beberapa tautan/link yang rusak. Sedangkan jika anda pilih Report All maka akan dicek seluruh link yang mati, namun perlu waktu lama dalam proses scannya. Silahkan pilih sesuai kebutuhan anda

cara cek link atau url rusak pada blog dengan brokenlinkchecker

4. Selanjutnya klik “ Find broken links now! Tunggu beberapa saat proses pengecekan atau penemuan link rusak. 

5. Setelah proses pengecekan/penemuan link rusak selesai, tahap selanjutnya adalah memperbaikinya. Memperbaiki link rusak akan memerlukan waktu lama jadi saran saya perlu waktu luang untuk memperbaikinya. Pada tampilan laporan link rusak ada beberapa data utama yang anda harus perhatikan yaitu: Broken Link (Daftar link yang rusak), Link Text (Teks tautan/link yang rusak) dan Page Where Found (halaman tempat ditemukan link rusak). Lihat gambar:

cara cek link atau url rusak pada blog dengan brokenlinkchecker

6. Untuk mengetahui link mana yang rusak atau mati, pada menu Page Where Found silahkan klik URL. Nah, disini anda akan diarahkan menuju halaman artikel blog yang linknya mati. 

7. Selanjutnya masuk ke blogger dan masuk ke postingan untuk memperbaiki beberapa link yang rusak atau sebaliknya menghapusnya.

8. Selesai sudah….

Demikian cara mudah cek link atau URL yang rusak dan memperbaikinya. Silahkan segera cek kesehatan blog anda dengan cara diatas agar blog anda selalu baik dimata mesin pencari dan tentunya para pengunjung setia blog anda. Tak hanya itu, dengan cek link atau beberapa URL yang rusak setiap saat akan memperbaiki performa blog anda dan tentunya sangat baik untuk SEO blog. Terima kasih semoga bermanfaat, aamiin.

2 comments for " Cara Cek Link/Url Rusak (Broken Link) di Blog dan Memperbaikinya dengan Broken Link Checker"

  1. Tempat beli backlink yang terpercaya dan bagus dimana ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banayk sih Mas, salah satunya bisa cek di Rajabacklink atau dewabiz Mas.

      Delete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tinggalkan saran, atau masukannya