Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal KSMO MTs IPS Terintegrasi PAI Tingkat Nasional Terbaru 2020/2021

Contoh Soal KSMO MTs IPS Terintegrasi PAI Tingkat Nasional Terbaru 2020/2021

Cariduit-dot -- Soal-soal KSM (Kompetensi Sains Madrasah) atau KSMO Online harus dipelajari oleh siswa dan guru melalui pembinaan dan bimbingan yang sudah dijadwalkan di sekolah masing-masing. Alasannya, karena KSM merupakan program lomba sains madrasah yang dilaksanakan setiap tahun. Sebagai gambaran berikut ini contoh soal KSMO tingkat nasional mata pelajaran IPS terintegrasi dengan Pendidikan Agama Islam

Contoh Soal KSMO IPS Nasional MTs

1. The knowledge and material culture, developed during the Hindu-Buddhist era and later transformed during the Islamic period, showed the inclusive character of Indonesian society. One form of this transformation can be seen in some mosque domes and wayang stories. From this phenomenon, it can be concluded that …

  • a. Hindu Buddhist elements can still be identified within the Islamic context
  • b. The disappearance of all elements of knowledge, which was replaced with Islam
  • c. Hindu-Buddhist elements run parallel to Islam
  • d. Material culture and Hindu-Buddhist

2. Economic activities in the form of production, comsumption, and distribution within the society can run bacause there is an exchange in society. Apart from encouraging economic motives, this form of exchange can be based on the direct benefits of implementing Islamic teachings as in Al Baqarah; 110 …..

The order referred to in this verse and which has a direct impact on the community’s economiy is …

  • a. Haji and Umrah
  • b. Sholat (Prayer) must be offered
  • c. Zakat and Alms
  • d. The prohibition of Bank Interest

3. Table: Population based on working/productive and nonworking/unproduvtive age

No, Categories, Age

  • Unproductive/Nonworking 0 - 14 th
  • Productive/Working 15 - 64 th
  • Unproductive/Nonworking >65

Based on the table, the most appropriate governmaent program for categories 3 is to provide …

  • a. Adequate secondary school education facilities
  • b. Adequate and ample eceonomic facilities
  • c. Adequate and proper religious facilities

4. As one of the administrators of Islamic organizations, Mr. Muhtadi is aware that it is not easy to manage and develop an Islamic organization into a strong and profesional organization that is able to benefit the community. Insights, skills and even organizational maturity are needed to make these things happen. Based on this situation, the Islamic values in the Koran that can be used as guidance for Mr. Muhtadi are …

  • a. (QS. Al Shaad: 24)
  • b. (QS. Al Syura: 13)
  • c. (QS. Ali Imran: 110)

5. Dominasi ekonomi oleh warga Eropa dan Asia Timur mendorong terbentuknya organisasi Serikat Dagang Islam (SDI) dikalangan muslim pada zaman kolonial Belanda. Berlatar pada latar pendirian ini, tindakan yang dapat dilakukan oleh SDI adalah untuk menggerakan aktivitas usaha anggotanya dan tidak bertentangan dengan Q.S Al Baqarah ayat 275, adalah ….

  • a. Memberikan diskon untuk setiap transaksi
  • b. Mengenakan bungan untuk setiap peminjaman
  • c. Membuka ruang persaingan usaha yang lebar
  • d. Memberikan fasilitas proteksi untuk usaha

6. Surat al Maidah ayat 27 menjelaskan persembahan yang dilakukan oleh anak Nabi Adam as. “Ceritakanlah kepada mereka dua putra Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan kurban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil)”. Jika ditelaah terdapat persamaan persembahan sebagai wujud kehidupan yang dijalani Habil dan Qabil dengan ciri-ciri kehidupan perkembangan masyarakat pada …

  • a. Masa Food hunting and gathering awal
  • b. Masa Food producing
  • c. Masa Food hunting and gathering lanjut
  • d. Masa Food Consuming

7. Sebagai ibukota propinsi, Surabaya menyadari bahwa keberadaan kabupaten Sidoarjo dan Gresik dapat dijadikan penyangga bagi pengembangan bisnis dan jasa di kota Surabaya. Dalam perspektif interaksi antar ruang, kasus kota Surabaya tersebut dikenal sebagai …

  • a. Komplementaritas
  • b. Transferabilitas
  • c. Koneksivitas
  • d. Opportunitas

8. Perhatikan terjemah ayat berikut!

“ Sesungguhnya yang mewajibkan atasmu (melaksanakan hukum-hukum) Al Quran, benar-benar akan mengembalikan kamu ke tempat kembali. Katakanlah: “Tuhanku mengetahui orang yang membawa petunjuk dan orang yang dalam kesesatan yang nyata “ (Al Qashash: 85)

  • a. Bergabungnya para santri pondok pada laskar-laskar pejuangan bangsa
  • b. Pemimpin Islam melakukan perjanjian gencatan senjata dengan Belanda
  • c. Kewajiban para santri untuk lebih mencintai produk buatan negeri sendiri
  • d. Bahwa nasionalisme yang disampaikan Hadratus Syekh Kh. Hasyim Asy’ari

9. Pengetahuan dan budaya material yang berkembang pada masa Hindu-Budha dan kemudian ditransformasikan pada masa Islam menunjukkan karakter inklusif masyarakat Indonesia. Salah satu bentuk transformasi ini terlihat pada beberapa kubah masjid dan cerita wayang. Dari fenomena tersebut dapat disimpulkan bahwa…

  • a. Unsur-unsur Hindu Buddha masih dapat diidentifikasi dalam konteks Islam
  • b. Hilangnya semua unsur ilmu, yang tergantikan dengan Islam
  • c. Elemen Hindu-Budha berjalan sejajar dengan Islam
  • d. Budaya material dan Hindu-Budha

10. As the provincial capital, Surabaya realizes that the existence of Sidoarjo and Gresik districts can be used as a buffer for the development of business and services in the city of Surabaya. In the perspective of the interaction between spaces, the Surabaya city case is known as ...

a. Complementarity

b. Transferability

c. Connectivity

d. Opportunity

Demikian contoh soal Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) mata pelajaran IPS terintegrasi dengan Pendidikan Agama Islam tingkat nasional. 

Post a Comment for "Contoh Soal KSMO MTs IPS Terintegrasi PAI Tingkat Nasional Terbaru 2020/2021"