Perhatikan! 3 Tanda Kemunculan Imam Mahdi

Perhatikan! 3 Tanda Kemunculan Imam Mahdi -- Kemunculan Imam Mahdi selalu menjadi tanda tanya besar bagi kaum muslimin di seluruh penjuru dunia. Karena kemunculan Imam Mahdi adalah sudah menjadi keyakinan tersendiri dalam aqidah umat islam, bahkan kalau tidak mempercayai kemunculan Imam Mahdi, maka akan disangsikan iman islamnya orang tersebut. Lalu kapan Imam Mahdi akan muncul dan memimpin umat islam, dan bagaimana tanda kemunculan Imam Mahdi. 

Tentunya ketika menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas tidak semudah yang kita bayangkan, karena perkara tersebut adalah rahasia Allah SWT dan Rasul-Nya. Kita tidak bisa berangan-angan, tidak bisa berspekulasi membahas perkara tersebut tanpa argumen yang sangat kuat. Untuk itu mari kita kembalikan urusan ini kepada Allah dan sumber-sumber hukum dari hadits Rasulullah saw.
 
Saudaraku, Rasululullah saw telah mengisyaratkan bahwa Imam Mahdi akan muncul pada akhir zaman. Imam Mahdi akan dibaiat oleh orang-orang muslim diantara hajar aswad dan maqom Ibrahim, kemudian akan menjadi khalifah dan memimpin umat muslim untuk menegakkan keadilan di bumi ini.
 
Dalam sebuah hadits Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam telah memberikan gambaran secara umum berbagai indikasi kedatangan Imam Mahdi. Imam Mahdi akan diutus ke muka bumi bilamana perselisihan antar-manusia telah bergejolak dengan hebat dan banyak gempa-gempa terjadi. Dan kedua fenomena sosial dan fenomena alam ini telah menjadi semarak di berbagai negeri dewasa ini.

أُبَشِّرُكُمْ بِالْمَهْدِيِّ يُبْعَثُ فِي أُمَّتِي عَلَى اخْتِلَافٍ مِنْ النَّاسِ

وَزَلَازِلَ فَيَمْلَأُ الْأَرْضَ قِسْطًا وَعَدْلًا كَمَا مُلِئَتْ جَوْرًا وَظُلْمًا
 
“Aku kabarkan berita gembira mengenai Al-Mahdi yang diutus Allah ke tengah ummatku ketika banyak terjadi perselisihan antar-manusia dan gempa-gempa. Ia akan penuhi bumi dengan keadilan dan kejujuran sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kesewenang-wenangan dan kezaliman.” (HR Ahmad 10898)
 
Saudaraku, Hadits berikut ini bahkan memberikan kita gambaran bahwa kedatangan Imam Mahdi akan disertai 3 (tiga) kejadian penting, dimana kejadian tersebut akan terjadi didaerah Arab dan kejadian tersebut akan berkaitan satu sama lain. Inilah 3 kejadian yang berhubungan dengan kemunculan Imam Mahdi:
  • Pertama, perselisihan berkepanjangan sesudah kematian seorang khalifah/pemimpin.
  • Kedua, dibai’atnya seorang lelaki (Imam Mahdi) secara paksa di depan Ka’bah.
  • Ketiga, terbenamnya pasukan yang ditugaskan untuk menangkap Imam Mahdi

يَكُونُ اخْتِلَافٌ عِنْدَ مَوْتِ خَلِيفَةٍ فَيَخْرُجُ رَجُلٌ مِنْ أَهْلِ الْمَدِينَةِ هَارِبًا إِلَى مَكَّةَ فَيَأْتِيهِنَاسٌ مِنْ أَهْلِ مَكَّةَ فَيُخْرِجُونَهُ وَهُوَ كَارِهٌ فَيُبَايِعُونَهُ بَيْنَ الرُّكْنِ وَالْمَقَامِوَيُبْعَثُ إِلَيْهِ بَعْثٌ مِنْ أَهْلِ الشَّامِ فَيُخْسَفُ بِهِمْ بِالْبَيْدَاءِ بَيْنَ مَكَّةَ وَالْمَدِينَةِ
 
“Akan terjadi perselisihan setelah wafatnya seorang pemimpin, maka keluarlah seorang lelaki dari penduduk Madinah mencari perlindungan ke Mekah, lalu datanglah kepada lelaki ini beberapa orang dari penduduk Mekkah, lalu mereka membai’at Imam Mahdi secara paksa, maka ia dibai’at di antara Rukun dengan Maqam Ibrahim (di depan Ka’bah). Kemudian diutuslah sepasukan manusia dari penduduk Syam, maka mereka dibenamkan di sebuah daerah bernama Al-Baida yang berada di antara Mekkah dan Madinah.” (HR Abu Dawud 3737)
 
Dari hadits diatas sangat jelas sekali bahwa nubuat akhir zaman yang diberitakan Rasulullah SAW pada 1400 tahun yang lalu benar adanya, dan akan terbukti pada saat-saat ini. Apabila dari salah satu kejadian yang tiga tersebut sudah muncul, maka kejadian yang berikutnya akan terus berkaitan. Berikut dibawah ini adalah analisa 3 (tiga) tanda kemunculan Imam Mahdi:
 
1. Perselisihan berkepanjangan sesudah kematian seorang khalifah
 
Perselisihan dikeluarga kerajaan memang sudah menjadi sunnatilah, termasuk keluarga kerajaan Arab Saudi. Perselisihan ini tidak terbantahkan lagi karena faktor kekuasaan yang melatar belakanginya. Dari hadits diatas jelaslah bahwa kemunculan Imam Mahdi ada kaitannya dengan seorang khalifah/pemimpin yang mati sehingga akan terjadi perselisihan kekuasan diantara anak-anaknya.

Dan memang benar, bahwa seorang Raja Arab telah wafat, lama sekali. Namun mungkin kita tak menyadari karena bukankah kematian memang sudah sebuah keniscayaan? Nyatanya raja tersebut kebetulan menguasai Arab.

Ya, beliau adalah Raja Abdullah, yang memiliki saudara sebagai penerus tahta kerajaan bernama Salman bin Abdul Aziz, Thalal bin Abdul Aziz, dan Mukrim bin Abdul Aziz.

Saat ini Arab dipimpin oleh raja yang alim, sholeh, dan hafidz Qur’an bernama Pangeran Salman. Namun saudaranya bernama Thalal walaupun dia kaya raya, akan tetapi dia adalah seorang ahli maksiat. Tidak jauh beda dengan Pangeran Mukrim, yang ternyata sangat mendukung musuh-musuh Islam. 

Pada akhirnya, Raja Salman mengusir Thalal dari Arab dan memutuskan garis warisan tahta kerajaan Arab dari Mukrim. Hubungan mereka sangat tidak baik karena perbedaan prinsip hidup tersebut.

Apakah Raja Salman akan menjadi raja terakhir Arab Saudi?
Perhatikan! 3 Tanda Kemunculan Imam Mahdi
King Salman
Raja Salman tidak pernah disebutkan oleh Nabi dalam banyak nubuatnya mengenai akhir zaman. Justru Raja Abdullah yang beberapa kali di sebutkan oleh Nabi sebagai penanda kedatangan Al Mahdi.
Dari Abu Bashir, dia mengatakan, aku mendengar Abu Abdullah, yakni Al-Imam Ash-Shadiq Alaihissalam, dia berkata, “Siapa yang memberi jaminan kepada saya bahwa kematian Abdullah (Raja Saudi) membuat keadaan menjadi aman?” Dia lalu berkata, “Apabila Abdullah meninggal dunia, manusia tidak akan bersatu untuk menyetujui seorang pun sebagai raja yang menggantikannya. Urusan ini tidak akan bisa diselesaikan oleh orang selain sahabat kalian (Al-Mahdi) Insya Allah. Raja yang memerintah bertahun-tahun akan meninggal, dan akan digantikan oleh raja yang memerintah hanya dalam hitungan bulan dan hari.” Aku (Abu Bashir) bertanya, “Apakah itu akan berlangsung lama?” Al-Imam Ash-Shadiq menjawab, “Tidak akan lama.”
Riwayat ini jarang kita dengar, namun bisa jadi benar bahwa Raja Salman akan menjadi raja terakhir, dan karena masa berkuasanya yang hanya dalam masa sangat singkat, maka Nabi Muhammad sampai tidak menyebut namanya dalam berbagai Nubuat Akhir zaman, dan hanya menyebut Raja Abdullah sebagai raja terakhir yang kematiannya akan memunculkan Al Mahdi. Wallohu a’lam bish showwab

2. Dibaiatnya seorang lelaki secara paksa didepan ka’bah
 
Sabda Rasulullah saw, Akan dibaiat seorang laki-laki antara maqam Ibrahim dengan sudut ka’bah. (HR. Ahmad)
 
Baca juga: Pembaiatan Imam Mahdi (proses dan tempatnya)

3. Terbenamnya pasukan yang ditugaskan untuk menangkap Imam Mahdi
 
Perhatikan! 3 Tanda Kemunculan Imam Mahdi

Kemunculan Imam Mahdi akan di dahului oleh beberapa tanda-tanda sebagaimana yang disebutkan dalam beberapa hadits berikut:
 
Telah bersabda Rasullah SAW:
 
“ Sungguh, Baitullah ini akan diserang oleh suatu pasukan, sehingga apabila pasukan tersebut telah sampai pada sebuah padang pasir, maka bagian tengah pasukan itu ditelan bumi. Maka berteriaklah pasukan bagian depan kepada pasukan bagian belakang, dimana kemudian semua mereka ditenggelamkan bumi dan tidak ada yang tersisa, kecuali seseorang yang selamat, yang akan mengabarkan tentang kejadian yang menimpa mereka. (HR. Muslim, Ahmad, Nasai, dan Ibnu Majah)
 
Aisyah Ummul Mukminin RA telah berkata:
“ Pada suatu hari tubuh Rasulullah SAW bergetar dalam tidurnya. Lalu kami bertanya, 'Mengapa engkau melakukan sesuatu yang belum pernah engkau lakukan wahai Rasulullah?' Rasulullah SAW menjawab, 'Akan terjadi suatu keanehan, yaitu bahwa sekelompok orang dari umatku akan berangkat menuju baitullah (Ka'bah) untuk memburu seorang laki-laki Quraisy yang pergi mengungsi ke Ka'bah. Sehingga apabila orang-orang tersebut telah sampai ke padang pasir, maka mereka ditelan bumi.' Kemudian kami bertanya, 'Bukankah di jalan padang pasir itu terdapat bermacam-macam orang?' Beliau menjawab, 'Benar, di antara mereka yang ditelan bumi tersebut ada yang sengaja pergi untuk berperang, dan ada pula yang dipaksa untuk berperang, serta ada pula orang yang sedang berada dalam suatu perjalanan, akan tetapi mereka binasa dalam satu waktu dan tempat yang sama. Sedangkan mereka berasal dari arah (niat) yang berbeda-beda. Kemudian Allah SWT akan membangkitkan mereka pada hari berbangkit, menurut niat mereka masing-masing. (HR. Bukhary, Muslim) ”
Siapakah pasukan yang akan ditelan bumi menurut hadits Nabi SAW diatas? Akan dibahas pada artikel berikutnya …….
 
Nah, itulah 3 tanda kemunculan Imam Mahdi. Apabila tanda-tanda tersebut sudah muncul, berarti Umat Islam di seluruh penjuru dunia harus sudah siap untuk menyambut kedatangannya. Dan apabila telah menjadi jelas, maka kita pun terikat dengan pesan Nabi shollallahu ’alaih wa sallam sebagai berikut:

فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُ فَبَايِعُوهُ وَلَوْ حَبْوًا عَلَى الثَّلْجِ فَإِنَّهُ خَلِيفَةُ اللَّهِ الْمَهْدِيُّ

“Ketika kalian melihatnya (kehadiran Imam Mahdi), maka berbai’at-lah dengannya walaupun harus merangkak-rangkak di atas salju karena sesungguhnya dia adalah Khalifatullah Al-Mahdi.” (HR Abu Dawud 4074)
 
Ya Allah, izinkanlah kami menjadi pasukannya, anugerahkanlah rezeki untuk berjihad di jalan-Mu bersamanya, sehingga akan memperoleh salah satu dari dua kebaikan: ’isy kariman (hidup mulia di bawah naungan syariat Allah) atau mut syahidan (mati syahid). Amin… yaa robbal ‘aalamiin.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Perhatikan! 3 Tanda Kemunculan Imam Mahdi"

  1. menambah Wawasan banget inimah jadi tau imam mahdi

    ReplyDelete
  2. Tanda-tandanya ternyata begitu menyakinkan

    ReplyDelete
  3. Subhanallah,,, tanda"nya sepertinya sudah bisa dirasakan pada zaman ini..

    ReplyDelete

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tidak membuat spam, dan jangan lupa, tinggalkan saran, atau masukan teman-teman di kolom komentar. Terimakasih