Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Program Kerja PPDB SD/MI, MTs/SMP, SMA/SMK Lengkap

Contoh Program Kerja PPDB SD/MI, MTs/SMP, SMA/SMK Lengkap -- Menghadapi tahun Pelajaran Baru, setiap sekolah akan melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru sehingga dibutuhkan sebuah proposal ajuan kegiatan program PPDB. Demi kelancaran program PPDB, maka dibutuhkan sebuah planing (perencanaan) program PPDB, pelaksanaan PPDB, dan laporan PPDB yang matang sehingga hasilnya akan lebih maksimal. Didalam program tersebut sudah terencana mulai dari latar belakang PPDB, tujuan PPDB, jumlah siswa/siswi yang akan diterima PPDB, anggaran dana, piket PPDB, test siswa baru, dan lainnya.

Dengan perencanaan yang maksimal maka yakinlah sekolah tersebut akan memperoleh siswa yang banyak terutama bagi sekolah swasta karena salah satu faktor keberhasilan sekolah bisa dilihat keberadaan jumlah siswa-siswinya.

Jika siswa-siswinya banyak berarti sekolahnya berkualitas dan baik dimata masyarakat. Namun jumlah siswa belum jadi patokan bahwa sekolah tersebut maju.

Contoh Program Kerja PPDB SD/MI, MTs/SMP, SMA/SMK Lengkap
image: PPDB Siswa-siswi MTsNFC di MTs Negeri Cimahi
Musim penerimaan siswa didik baru (PPDB) merupakan ujian terutama sekolah swasta. Apalagi didaerah tersebut sudah ada sekolah Negeri. Jika tidak menyuguhkan program unggulan yang bagus maka keberadaan sekolah swasta sedikit demi sedikit akan tergerus terutama keberadaan jumlah siswa-siswi yang masuk ke sekolah swasta.

Apakah PPDB Sistem Zonasi Akan Berdampak Pada Sekolah Swasta?

Aturan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2019 tak lepas dari berbagai kontroversi di masyarakat, dengan sistem zonasi maka tidak ada lagi sekolah unggulan yang hanya bisa dinikmati sebagian siswa berpretasi saja dengan patokan nilai ujian nasional. Ide dan gagasan yang cemerlang dengan tujuan pemerataan kualitas dan kuantitas pendidikan.

Sekolah negeri maupun swasta berhak menerima siswa terbaik ataupun siswa yang secara akademik masih dibawah rata-rata. Dengan sistem zonasi, maka sekolah swasta dan negeri akan saling menguntungkan.

Sistem zonasi, keuntungan apa yang akan diterima sekolah negeri dan swasta?

Sekolah swasta kualitasnya akan terus bergerak naik, disebabkan siswa berprestasi cenderung bertambah ke swasta, sehingga akan jadi pelecut dan motivasi kepala sekolah/madrasah dan gurunya untuk lebih meningkatkan profesionalitas seorang guru.

Sebaliknya sekolah negeri akan terus meningkatkan kualitasnya dan tantangan baru kedepan, karena selama ini selalu disi oleh siswa-siswi berpredikat tinggi, baik akademik maupun non akademik. Dengan sistem zonasi tidak akan ada dikotomi sekolah yang selama ini terus terjadi. Istilah yang sudah melekat dimasyarakat dengan predikat sekolah favorit dan tidak favorit.

Namun, sistem zonasi juga jangan sampai merugikan sekolah swasta, dengan dalih yang daftar ke sekolah negeri membludak, akhirnya terus menambah rombel padahal tak jauh dari sekolah negeri ada sekolah swasta, habis tuh yang daftar ke swasta.

Tujuan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
  • Melaksanakan program pemerintah  Wajib Belajar 9 tahun Dalam hal teknis pelaksanaan penerimaan peserta didik baru.
  • Menyalurkan minat belajar siswa lulusan SD/MI untuk memperoleh Pendidikan Dasar Lanjutan
  • Wujud eksistensi sebuah sekolah/madrasah dalam melayani pendidikan dasar di masyarakat.

Kegiatan PPDB
  1. Membuat Perencanann (Program Kerja PPDB)
  2. Kerjasama/MOU dengan Kepala sekolah SD/MI disekitarnya
  3. Membagikan Brosur, spanduk, banner sekolah. Contoh Brosur PPDB bisa lihat disini. Untuk Contoh Banner silahkan bisa lihat disini. Adapun contoh Spanduk PPDB disini.
  4. Piket Penerimaan Peserta Didik Baru,
  5. dan lainnya

Nah, untuk lebih lebih lengkapnya silahkan download program PPDB baik itu SD/MI, MTs/SMP, SMA/SMK di bawah ini.
Demikianlah contoh program kerja PPDB baik itu SD/MI, MTs/SMP, SMA/SMK. Jangan lupa tinggalkan komentar di kolom komentar dan mohon maaf jika masih banyak kekurangan dari program tersebut. Program lainnya akan admin update. Terus kunjungi blog ini dan semoga bermanfaa, amiin.

5 comments for "Contoh Program Kerja PPDB SD/MI, MTs/SMP, SMA/SMK Lengkap"

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini. Mohon berkomentar yang relevan, tinggalkan saran, atau masukannya