Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Notulen Rapat Sekolah dan Lembaga (Organisasi)

Contoh Notulen Rapat Sekolah dan Lembaga (Organisasi) -- Notulen rapat merupakan administrasi penting disebuah sekolah, lembaga atau organisasi apapun. Notulen ini jadi bukti fisik ketika dalam rapat/musyawarah menyusun sebuah program karena didalamnya terangkum seluruh kegiatan dari awal sampai akhir. Contoh dalam akreditasi, bukti fisik pelaporan dana BOS sekolah maka notulen berikut berita acara harus ada.


Contoh Notulen Rapat Sekolah dan Lembaga (Organisasi)

Apa itu Notulen?

Notulen dapat diartikan sebagai rangkuman yang singkat, sistematis dalam suatu kegiatan rapat atau sidang. Fungsi notulen sebagai salah satu pembuktian secara tertulis, lalu tolak ukur berjalan atau tidaknya sebuah rapat, dan yang terakhir sebagai bukti fisik sebuah pelaporan program.

Siapakah yang membuat Notulen?

Dalam sebuah rapat disekolah biasanya yang membuat notulen ialah bagian Tata Usaha atau orang yang biasa sudah dipercaya untuk membuat notulen. Dalam sebuah organisasi yang membuat notulen pastinya sekretaris karena memang sudah terbiasa menulis.

Namun yang membuat notulen itu tidak hanya sekretaris disebuah organisasi atau bagian tata usaha disekolah saja, boleh sih siapa saja yang penting orang tersebut memiliki kecakapan menulis bagus, merangkum isi materi rapat, dan tentunya cekatan. Kalau cantik dan ganteng itu lebihnya, hahaha..

Maaf lupa, yang membuat notulen rapat itu namanya notulis, ingat notulis ya!

Berikut ini Saya contohkan notulen rapat disekolah yang mudah dan simpel. Misalkan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh OSIS seperti PHBI (Peringatan Hari Besar Islam).

Contoh Notulen Rapat Sekolah dan Lembaga (Organisasi)

Musyawarah Persiapan Hari Besar Islam
Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam
MTs Nurul Falah Kota Cimahi

  • Hari & Tanggal:
  • Waktu:
  • Materi Rapat: Persiapan Menyambut 1 Muharam 1439 H.
  • Notulis: Kiki Rizki
  • Pembawa Acara Rapat: Ikeu Yustianingsih
  • Susunan Materi Rapat: (sebutkan materi rapat secara terperinci)
  • Jumlah Peserta Rapat Yang Hadir:
  • Daftar Hadir Peserta Rapat:
Selanjutnya jelaskan susunan pelaksanaan rapat mulai dari pembukaan dan seterusnya:

Contoh Pelaksanaan Rapat :
  1. Kegiatan Pembukaan, dibuka oleh Pembina OSIS
  2. Sambutan Kepala Madrasah/yang mewakili
  3. Sambutan PKS Kesiswaan
  4. Acara inti, rapat persiapan 1 Muharam
Terdiri dari:
  • Pembentukan Panitia 1 Muharam. Mulai dari ketua, sekretaris, bendahara, seksi Acara, seksi humas, peralatan, dan lainnya.
  • Pembuatan Program Peringatan 1 Muharam. Seperti waktu pelaksanaan program, tempat peringatan 1 Muharam, jenis lomba yang akan dilaksanakan, penetapan dewan juri, persiapan pawai obor, anggaran biaya, dan lainnya.
  • Setelah selesai rapat, maka cantumkan nama notulis dibawah hasil rapat.
Itulah inti dari tugas notulis ketika membuat notulen rapat. Notulis mencatat seluruh rangkaian rapat dari awal sampai akhir bahkan sampai detail-detailnya rapat. Makanya tugas notulis itu menurut saya sedikitnya harus orang yang mengerti organisasi, karena membuat notulen itu tidak mudah juga. Notulis itu ibarat wartawan juga cuman skupnya kecil.

Demikian Contoh Notulen Rapat Sekolah dan sebuah Lembaga (Organisasi) ini semoga bermanfaat. Contoh notulen diatas mungkin masih banyak kekurangannya untuk itu silahkan tambahkan bilamana ada catatan yang kurang lengkap. Wassalam

Post a Comment for "Contoh Notulen Rapat Sekolah dan Lembaga (Organisasi)"